Sebanyak 119 item atau buku ditemukan

Model Filantropi Nahdliyin : Menghimpun Infak Menebar Manfaat Melalui Gerakan Koin NU

Judul : Model Filantropi Nahdliyin : Menghimpun Infak Menebar Manfaat Melalui Gerakan Koin NU Penulis : Nur Kasanah Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 154 Halaman ISBN : 978-623-6233-70-2 Buku int mencatet dengan runut, bagaimane Gerakan Koin NU - khusuenye di Kabupaten Sragerr sebagai impiementes! dari pilar filantropi tclam yakni infek dimenajement dengan beik. Argumentasi, pelaksanaan, kendala dan seran disajiken secere sistematis. Tehap demi tahap manajemen mulal deri pengumpulen, pengelolaan, penyaluran hingga pelaporan dijaberkan Gengan detail. Herapannya, pola manajemen infek Gerakan Koin NU yang ada @ Kabupaten Sragen ini dapat diedopsi di daerah lainnya tentunya dengan memperhatikan kekhasan mesing-masing tanpe mengurang substansi pokok KH. Ma’ruf Islamuddin Inisiator Gerakan Koin NU Ada beberape instrumen filantropi islam; zakat, wakaf, dan sedekah & infek. Budas ini menewarkan salah satu manajemen filamtropi melahul gerakan totek infak yang legi ngetren di lingkungan NU dengan name Koin NU. Bulus ini enenark untuk dibaca dan dijadikan referensi mahasiswe meupun pegiat @iertropi, kerena menyajikan fakta empisis yang dilakukan NU Care LAZISNU Keb. Sragen, dengen focal wisdomnya dalam melakukan menajemen @lertropi melas gerakan Koin NU. Semwanya disajikan secera detail, berdeserken uruten isonologis bagaimana gerakan tersebut dimulai H. Luthfi Hadi Aminuddin, M. Ag. Deken Fakultas Ekonomi dan Bisnis islam, IAIN Ponorogo Buiy ini bisa menjadi saish setu penduen NU Care LAZISNU dalam menjalenkan menejemen infak khusuenye di lingkungen Nehdilyin supaye tepet sesaran. Kite juge blea memahami makne den erqumenasi Mantropi dalam gerakan Koln NU. Gemue beghy jeles disajikan, tinggal menyecusikan dengan keerifan iokal di lingkungaen kita sehingge manfaatnye depet dirasakan jama‘ah dan jam'iyah Edy Prasetyo Susilo, S. E. Ketua NU Cere LAZISNU Kota Madiun

Judul : Model Filantropi Nahdliyin : Menghimpun Infak Menebar Manfaat Melalui Gerakan Koin NU Penulis : Nur Kasanah Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 154 Halaman ISBN : 978-623-6233-70-2 Buku int mencatet dengan runut, bagaimane Gerakan Koin NU ...

Modul Pembelajaran Ilmu Perlindungan Hutan : Penyebaran Hama Hutan

Judul : Modul Pembelajaran Ilmu Perlindungan Hutan : Penyebaran Hama Hutan Penulis : Dr. Ir. Fransina.S. Latumahina.S.Hut.MP.IPP Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 100 Halaman Cover : Soft Cover ISBN : 978-623-68728-8-8 SINOPSIS Modul pembelajaran dibuat sebagai pegangan tambahan selain buku ajar yang disiapkan kepada mahasiswa untuk lebih memahami mengenai perlindungan hutan secara umum dan hama hutan secara khusus. Kesadaran tentang pentingnya perlindungan dalam pengelolaan hutan baru muncul ketika pembangunan hutan tanaman dilakukan dalam skala besar. Di Amerika pada pertengahan abad 20, ketika hutan tanaman dibangun secara luas, kerusakan hutan mulai dirasakan merupakan salah satu masalah yang terpenting, karena banyak di antaranya yang menyebabkan kematian tanaman hutan. Kondisi yang sama terjadi di Indonesia pada tahun 1980an yaitu pada saat dimulainya program pembangunan hutan tanaman industri (HTI). Perkembangan pembangunan HTI menunjukkan bahwa masing-masing daerah pengembangan HTI mempunyai masalah kerusakan hutan yang berbeda-beda, walaupun secara umum mulai dapat dikenali penyebab-penyebab kerusakan potensial, yaitu kebakaran, hama dan penyakit serta cekaman faktor Iingkungan tempat tumbuh.

Hama boktor dikenal dengan beberapa nama daerah, antara lain wowolan, oleng-oleng/olan-olan, nggik-nggikan (Jawa), uter-uter (Sunda). Namun, nama boktor sendiri sebenarnya berasal dari Bahasa Belanda. Serangan hama boktor pada tanaman ...

Memahami Bimbingan dan Konseling Belajar : Teori dan Aplikasi Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling Belajar.

Judul :Memahami Bimbingan dan Konseling Belajar : Teori dan Aplikasi Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling Belajar. Penulis : Fuadi Totok Agus Suryanto, M.Si Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 185 Halaman ISBN : 978-623-68729-7-0 Bimbingan dan konseling belajar merupakan proses pemberian bantuan yang dilakukan via wawancara konseling oleh konselor kepada peserta didik, atau suatu interaksi atara konselor dan konseli secara face to face atau lainnya untuk membantu memahami, menganalisa dan mengatasi masalah sehingga kemudian konseli dapat berkembang secara optimal. Setiap manusia memiliki permasalahan-permasalahan pada dirinya, baik pribadi, kelompok, sosial, belajar maupun karier. Namun jamak manusia yang tidak dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut, sehingga diperlukan bantuan dari seorang di luar dirinya yang disebut konselor. Lebih khusus lagi, bimbingan dan konseling belajar merupakan proses pemberian bantuan terhadap peserta didik yang sedang mengalami gangguan atau permasalahan-permasalahan pada dirinya sehingga hal itu dapat menghambat terhadap proses pembelajaran secara maksimal. Sementara itu, tujuan bimbingan konseling secara umum, yaitu untuk membantu individu dalam mengembangkan diri secara optimal sesuai dengan tahap perkembangan yang dimilikinya, berbagai latar belakang yang ada sesuai dengan tuntutan positif lingkungan. Tujuan bimbingan konseling secara khusus, yaitu penjabaran dari tujuan secara umum yang dikaitkan langsung dengan permasalahan yang dialami oleh peserta didik, dari aspek pribadi, sosial, belajar dan karier. Buku ini berusaha menggambarkan tentang bimbingan dan konseling belajar mulai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, hingga pendidikan di Perguruan Tinggi, serta tidak luput juga bimbingan dan konseling bagi anak berkebutuhan khusus, dan yang terakhir e-counseling yang lagi ngetren akhir-kahir ini.

Judul :Memahami Bimbingan dan Konseling Belajar : Teori dan Aplikasi Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling Belajar.

SEJARAH SOSIAL PENDIDIKAN ISLAM

Penulis : Dr.SAMSUL BAHRI,MA Ukuran : 15,5 cm x 23 cm Tebal : 183 Halaman ISBN : 978-623-79439-9-0 BLUR : Perjalanan dan dinamika pertumbuhan dan perkembangan pendidikan dalam Islam merupakan sejarah panjang yang banyak memperikan pelajaran berharga mulai zaman Nabi Muhammad SAW, zaman Sahabat, Dinasty Ummayyah dan Dinasty Abbasiyah sampai di Indonesia untuk dijadikan momentum dalam memajukan pendidikan Islam. Buku ini menarik untuk dijadikan amunisi dalam perkembangan dunia pendidikan Islam menghadapi era globasiasi dan berusaha menata masa depan lembaga pendidikan Islam dengan berpegang pada tradisi pendidikan Islam yang dibangun Nabi Muhammad SAW. Dan pada zaman keemasan Islam. Buku ini sangat menarik karena memakai pendekatan sejarah dan ilmu sosial, dalam mengkaji pendidikan Islam. Akhirnya Buku ini menjadi acuan pokok bagi mahasiswa Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (UIN, IAIN, dan STAIN) khususnya pada prodi pendidikan Islam.

Penulis : Dr.SAMSUL BAHRI,MA Ukuran : 15,5 cm x 23 cm Tebal : 183 Halaman ISBN : 978-623-79439-9-0 BLUR : Perjalanan dan dinamika pertumbuhan dan perkembangan pendidikan dalam Islam merupakan sejarah panjang yang banyak memperikan pelajaran ...

Micro Teaching Berbasis Pendekatan Ilmiah

Judul : Micro Teaching Berbasis Pendekatan Ilmiah Penulis : Albert Efendi Pohan, S. Pd., M. Pd Desma Yulia, S. Pd., M. Pd Asmaul Husna, S. Pd., M. Pd Ukuran : 21 cm x 14,5 cm Tebal : 235 Halaman ISBN : 978-623-79437-4-7 Sinopsis: Buku berjudul Micro Teaching berbasis Pendekatan Ilmiah ini adalah buku ajar untuk mahasiswa semester VI Fakultas Keguguran dan Ilmu Pendidikan. Buku ini dikembangkan berdasarkan berdasarkan kurikulum 2013 dengan pendekatan ilmiah. Melalui buku ini, mahasiswa akan menguasai keterampilan-keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh mahasiswa sebagai calon guru. Buku ini juga memaparkan konsep pengembangan rencana pembelajaran, menerapkan keterampilan dasar guru dalam proses pembelajaran, proses pembelajaran dalam jaringan, konsep penilain pembelajaran, dan pengembangan soal-soal berbasis HOTS. Materi ajar di dalam buku ini dikembangkan agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan mengajar sesuai dengan konsep pengajaran yang relevan di lapangan. Buku berjudul Micro Teaching berbasis Pendekatan Ilmiah ini adalah buku ajar untuk mahasiswa semester VI Fakultas Keguguran dan Ilmu Pendidikan. Buku ini dikembangkan berdasarkan berdasarkan kurikulum 2013 dengan pendekatan ilmiah. Melalui buku ini, mahasiswa sebagai calon guru PPL akan mampu menguasai keterampilan-keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh mahasiswa saat melakukan praktek pengajaran di lapangan. Buku ini juga memaparkan secara sistematik konsep pengembangan rencana pembelajaran berbasis pendekatan ilmiah, menerapkan keterampilan dasar guru dalam proses pembelajaran, proses pembelajaran dalam jaringan, konsep penilain pembelajaran, dan pengembangan soal-soal berbasis HOTS. Materi ajar di dalam buku ini dikembangkan agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan mengajar sesuai dengan konsep pengajaran yang relevan di lapangan pada saat ini. Proses pembelajaran yang dirancang di dalam buku ini akan mendorong terciptanya proses pembelajaran yang berpusat pada siswa. Sehingga out-putnya siswa dapat mengembangkan konsep berpikir kritis dan solving problem.

Judul : Micro Teaching Berbasis Pendekatan Ilmiah Penulis : Albert Efendi Pohan, S. Pd., M. Pd Desma Yulia, S. Pd., M. Pd Asmaul Husna, S. Pd., M. Pd Ukuran : 21 cm x 14,5 cm Tebal : 235 Halaman ISBN : 978-623-79437-4-7 Sinopsis: Buku ...

Teori Dan Model Pembelajaran

Judul : Teori Dan Model Pembelajaran Penulis : Jeditia Taliak, M.Pd.K Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 130 Halaman ISBN : 978-623-62333-1-3 Profile Penulis JEDITIA TALIAK, M.Pd.K. Lahir di Emplawas, Tahun 1968. Tamat SD 1983 di SD Negeri Emplawas, Tamat SMP Negeri Tepa Tahun 1987, Tamat PGAKP Tual Tahun 1990, D2 PAK, STAKPN-Ambon Tahun, 1999, S1 PAK, STAKPN-Ambon, Tahun 2003, dan Tahun 2006, diangkat sebagai tenaga pengajar (Dosen) pada STAKPN-Ambon, dan melanjutkan study S2 PAK STAKPN Ambon, Tahun 2010. Pengembangan profesi ketika diangkat sebagai tenaga pengajar dengan fungsional Dosen, Mata Kuliah; Teori Belajar Dalam PAK, dan Mata Kuliah tambahan, Kateketik. Selanjutnya dengan berjalannya waktu dalam pengembangan profesi masi tetap dengan Mata Kuliah Fungsional Dosen, Teori Belajar Dalam PAK dan tambahan Mata Kuliah Etika. Jabatan yang pernah di emban sebagai Sekertaris Prodi S2 PAK STAKPN Ambon, dan juga sebagai sekertaris pengelola jurnal Mara Christy pada STAKPN Ambon. Pada Tahun 2018 ketika STAKPN Ambon beralih status menjadi IAKN-Ambon. Saya diberi tanggungjawab sebagai Kaprodi PSM (Pendidikan Seni Musik) dengan Mata Kuliah, Teori Dan Model Pembelajaran, dan tambahan Mata Kuliah; PAK (Pendidikan Agama Kristen). Sekarang tetap sebagai staf pengajar pada Prodi PSM (Pendidikan Seni Musik) Fakultas Seni Keagamaan Kristen dan Prodi PAK (Pendidikan Agama Kristen) Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen, Pada IAKN-Ambon. Jabatan Saat ini masi sebagai Kaprodi PSM-FSKK-IAKN Ambon.

Judul : Teori Dan Model Pembelajaran Penulis : Jeditia Taliak, M.Pd.K Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 130 Halaman ISBN : 978-623-62333-1-3 Profile Penulis JEDITIA TALIAK, M.Pd.K. Lahir di Emplawas, Tahun 1968.

BERPIKIR KRITIS (Tinjauan Melalui Kemandirian Belajar, Kemampuan Akademik dan Efikasi Diri)

Judul : BERPIKIR KRITIS (Tinjauan Melalui Kemandirian Belajar, Kemampuan Akademik dan Efikasi Diri) Penulis : Wira Suciono Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 130 Halaman ISBN : 978-623-68729-6-3 Buku ini membahas tentang Berpikir Kritis (Tinjauan Melalui Kemandirian Belajar, Kemampuan Akademik dan Efikasi Diri). Buku ini penulis kontribusikan untuk dunia masyarakat Indonesia dan dunia pendidikan pada khususnya. Buku ini terdiri dari lima bab. Bab pertama tentang Kemandirian Belajar yang meliputi Pengertian Kemandirian Belajar, Aspek-Aspek Kemandirian Belajar, Karakteristik Kemandirian Belajar, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemandirian Belajar dan Strategi Kemandirian Belajar. Bab kedua membahas tentang Kemampuan Akademik yang meliputi Pengertian Kemampuan Akademik, Variasi Kemampuan Akademik dan Meningkatkan Kemampuan Akademik Siswa. Bab ketiga membahas tentang Efikasi Diri yang meliputi Pengertian Efikasi Diri, Aspek-Aspek Efikasi Diri, dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Efikasi diri. Bab keempat tentang Kemampuan Berpikir Kritis yang meliputi Pengertian Kemampuan Berpikir Kritis, Berpikir Kritis dan Pembelajaran, Karakteristik Kemampuan Berpikir Kritis, Indikator Kemampuan Berpikir Kritis dan Langkah-Langkah Kemampuan Berpikir Kritis. Bab kelima tentang Studi Kasus Kemampuan Berpikir Kritis ditinjau dari Kemandirian Belajar, Kemampuan Akademik dan Efikasi Diri yang meliputi Pendahuluan, Rumusan Masalah, Teknik Pengumpulan Data, Populasi dan Sampel, Teknik Analisis Data dan Pengujian Hipotesis, Hasil Penelitiaan dan Pembahasan dan Simpulan.

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar ... belajar dan kemampuan critical thinking mahasiswa di era digital.

MANAJEMEN DAN KEPEMIMPINAN DALAM KEPERAWATAN

Penulis : Nurman Hidaya, S.Kep.,Ns., M.Kep. Alfianur, S.Kep.,Ns., M.Kep. Fitriya Handayani, S.Kep.,Ns., M.Kep. Ukuran : 21 cm x 14,5 cm Tebal : 155 Halaman ISBN : 978-623-68722-3-9 SINOPSIS Saat ini anda sedang membaca Buku Manajemen Keperawatan. Buku ini akan memudahkan mahasiswa dalam memahami teori dan konsep manajemen keperawatan serta akan menuntun manajer perawat ataupun perawat pelaksana dalam melaksanakan manajemen pelayanan dan manajemen asuhan keperawatan sesuai dengan job description di rumah sakit. Buku ini dilengkapi dengan Indikator mutu pelayanan keperawatan beserta rumus dan contoh yang akan memudahkan dalam menentukan mutu dan menentukan kebutuhan jumlah tenaga perawat di rumah sakit. Buku ini terdiri dari 9 BAB disesuaikan dengan capaian pembelajaran mahasiswa beserta dengan mempertimbangkan kebutuhan manajemen perawat di rumah sakit yaitu: 1. BAB 1 Konsep Manajemen Keperawatan 2. BAB 2 Konsep Dasar Kepemimpinan 3. BAB 3 Standar Pelayanan Keperawatan 4. BAB 4 Perencanaan dalam Manajemen Keperawatan 5. BAB 5 Pengorganisasian dalam Manajemen Keperawatan 6. BAB 6 Pengarahan dalam Manajemen Keperawatan 7. BAB 7 Pengendalian dalam Manajemen Keperawatan 8. BAB 8 Manajemen Konflik 9. BAB 9 Mutu Pelayanan Keperawatan Buku ini disusun dengan menggunakan berbagai sumber yang telah ditelaah oleh tim penulis. Buku ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar tentang manajemen keperawatan dan diharapkan juga dapat membantu pihak manajemen perawat di rumah sakit dalam melaksanakan manajemen pelayanan dan manajemen asuhan keperawatan sehingga mampu meningkatkan mutu pelayanan yang ada di rumah sakit.

Penulis : Nurman Hidaya, S.Kep.,Ns., M.Kep. Alfianur, S.Kep.,Ns., M.Kep. Fitriya Handayani, S.Kep.,Ns., M.Kep.

Modul Pembelajaran Mata Kuliah Perhutanan Sosial Untuk Mahasiswa Pascasarjana Manajemen Hutan Topik : Agroforestry dalam Perhutanan Sosia

Judul : Modul Pembelajaran Mata Kuliah Perhutanan Sosial Untuk Mahasiswa Pascasarjana Manajemen Hutan Topik : Agroforestry dalam Perhutanan Sosial Penulis : Dr. Ir. Fransina Latumahina,S.Hut.MP.IPU Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 140 Halaman No ISBN : 978-623-6233-22-1 Perkembangan sejarah tentang Perhutanan Sosial, diawali dengan catatan adanya perubahan paradigma pengelolaan hutan dari pengelolaan hutan oleh negara (forest management by state) ke arah pengelolaan hutan bersama masyarakat, yaitu pengelolaan hutan yang harus melibatkan dan mensejahterakan masyarakat sekitar hutan. Kebijakan tersebut, saat ini dikenal sebagai Hutan Kemasyarakatan (HKm). Hal mendasar yang diamanahkan dalam kebijakan HKm adalah Hak Pengusahaan Hutan Kemasyarakatan (HPHKm) berbentuk Izin Pemanfaatan Hutan Kemasyarakatan dan mewajibkan pemegang izin untuk menyusun Rencana Pemanfaatan yang dapat dinilai oleh pemerintah, lembaga kemasyarakatan lain dan masyarakat umum. Modul ini secara khusus memberikan gambaran tentang masyarakat sebagai subjek dalam implementasi program Perhutanan Sosial, menjadi perhatian khusus untuk pengelolaan hutan lestari. Penerimaan masyarakat atas program Perhutanan Sosial menjadi salah satu tujuan dalam implementasi Perhutanan Sosial. Pemahaman masyarakat atas program PS menjadi salah satu indicator keberhasilan sosialisasi program Perhutanan Sosial. Tanpa ada pemahanan yang kuat dari masyarakat sulit untuk masyarakat berpartisipasi secara sukarela atau mandiri. Hal tersebut menjadi indicator keberlanjutan pengelolaan lahan dengan pemberian akses legal. Masyarakat memahami bahwa program perhutanan Sosial adalah program untuk masyarakat memperoleh manfaat hasil hutan dengan bantuan pemerintah.

Judul : Modul Pembelajaran Mata Kuliah Perhutanan Sosial Untuk Mahasiswa Pascasarjana Manajemen Hutan Topik : Agroforestry dalam Perhutanan Sosial Penulis : Dr. Ir. Fransina Latumahina,S.Hut.MP.IPU Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 140 Halaman ...

PERILAKU DAN BUDAYA ORGANISASI

Penulis : Irwan Fathurrochman, S.Pd.I., M.Pd Ukuran : 21 cm x 14,5 cm Tebal : 100 Halaman ISBN : 978-623-79438-8-4 blurb : Pemimpin yang memiliki perilaku positif senantiasa mampu mengarahkan dan mempengaruhi perilaku setiap anggota organisasi, sehingga sangat penting memiliki pemahaman yang baik, dan menyeluruh mengenai mengapa dan bagaimana seseorang berperilaku dalam organisasi. Buku ini membahas setiap detail yang diperlukan untuk menjadi pemimpin yang visioner dan memiliki wawasan mendalam, sehingga strategi menuju kesuksesan memimpin dan mengarahkan organisasi menjadi lebih terarah. Buku Perilaku dan Budaya Organisasi ini berisi materi yang membahas bagaimana seorang manajer mampu menunjukkan perilaku yang mencerminkan contoh yang baik, sehingga mampu menghadirkan budaya positif bagi suatu organisasi, buku ini hadir untuk memperkaya kahazanah kelimuan. Secara khusus, buku ini dapat menunjang efektivitas pembelajaran dan menjadi referensi penting dalam bidang ilmu Manajemen Pendidikan. Buku ini hadir untuk menjawab kebutuhan perilaku dan budaya organisasi dewasa ini. Selain memberikan wawasan dan informasi baru bagi pemimpin dan perilaku organisasi mengenai strategi efektivitas directing untuk mencapai visi dan misi organisasi, buku ini juga membahas mengenai teori-teori kepemimpinan yang berkembang dan aplikatif untuk mengambil tindakan yang tepat dengan menunjukkan perilaku yang positif sehingga mampu mempengaruhi perilaku dan budaya organisasi.

Penulis : Irwan Fathurrochman, S.Pd.I., M.Pd Ukuran : 21 cm x 14,5 cm Tebal : 100 Halaman ISBN : 978-623-79438-8-4 blurb : Pemimpin yang memiliki perilaku positif senantiasa mampu mengarahkan dan mempengaruhi perilaku setiap anggota ...