Sebanyak 17 item atau buku ditemukan

Studi Ilmu Dakwah Kontemporer

Buku ini mampu menjadi sedikit wawasan kepada kita untuk memahami aspek aspek penting dalam memahami ilmu dakwah, teori teori dakwah, problematika dakwah, strategi dakwah modern, dan dakwah melalui media elektronik media masa dan media sosial serta memberikan sedikit gambaran tentang pandangan ilmu dakwah secara kontemporer, dan juga memberikan dasar dan arah pijakan bagi penyampaian dakwah serta menambah wawasan bagi kita selaku juru dakwah

Buku ini mampu menjadi sedikit wawasan kepada kita untuk memahami aspek aspek penting dalam memahami ilmu dakwah, teori teori dakwah, problematika dakwah, strategi dakwah modern, dan dakwah melalui media elektronik media masa dan media ...

Fenomologi

Dalam Penelitian Ilmu Sosial

Buku ini berisi serangkaian telaah mendalam tentang fenomena dunia sosial yang terhampar luas. Dengan menggunakan pisau analisis fenomenologis, para penulis berupaya menyuguhi pemahaman tentang aneka peristiwa keseharian yang menjadi milik setiap orang, di mana pengalaman subjek sebagai yang utama, dan validitas kebenarannya bersumber dari dan dalam pengetahuan-pengalaman hidupnya. Fenomenologi adalah filsafat tentang fenomena, tetapi bukan sekadar renungan filsafati. Fenomena dalam cermatan fenomenologis memaksudkan sebuah peristiwa tentang pengalaman hidup sehari-hari. Edmund Husserl menyebutnya Lebenswelt atau “dunia kehidupan”. Martin Heidegger menegaskannya dalam being in the world, atau pengalaman hidup manusia yang sekaligus wilayah pengetahuannya. Dan Alfred Schutz memperkenalkan ide tentang social-world. Pemeriksaan yang rigid terhadap pengalaman hidup dan kesadaran individu menempatkan frame-analitik fenomenologis menjadi sesuatu yang penting diperhitungkan dalam diskursus metodologis, karenanya diperlukan bagi peneliti mana pun yang menghendaki prinsip-prinsip teknis-metodis bagaimana pengetahuan diperoleh secara pasti. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Fenomenologi adalah filsafat tentang fenomena, tetapi bukan sekadar renungan filsafati. Fenomena dalam cermatan fenomenologis memaksudkan sebuah peristiwa tentang pengalaman hidup sehari-hari.

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WIDYA WISATA

Buku ini sebagai khazanah keilmuan dengan maksud membantu mahasiswa khususnya jurusan PAI serta Fakultas Agama Islam memahami, membuat, dan menggunakan media pembelajaran dengan sebaik-baiknya. Mudah-mudahan buku ini bermanfaat untuk semua pihak yang peduli untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar mengajar.

Buku ini sebagai khazanah keilmuan dengan maksud membantu mahasiswa khususnya jurusan PAI serta Fakultas Agama Islam memahami, membuat, dan menggunakan media pembelajaran dengan sebaik-baiknya.

METODOLOGI STUDI ISLAM

Tujuan studi Islam adalah untuk memahami dan mendalami serta membahas ajaran-ajaran Islam sebagai wacana ilmiah yang dapat diterima oleh berbagai kalangan. Aspek-aspek sasaran studi Islam yaitu aspek keagamaan dan aspek keilmuwan. Dari sisi pengertian studi islam secara sederhana adalah usaha mendasar dan sistematis untuk mengetahui, memahami dan membahas secara mendalam seluk beluk yang berhubungan dengan agama Islam, baik ajaran maupun praktek pelaksanaannya secara nyata dalam kehidupan sehari-hari sepanjang sejarah.

Tujuan studi Islam adalah untuk memahami dan mendalami serta membahas ajaran-ajaran Islam sebagai wacana ilmiah yang dapat diterima oleh berbagai kalangan.

Ragam Pendekatan Studi Islam

Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah dan inayah-nya kepada kita semua, sehingga tebitnya buku yang berjudul “Ragam Pendekatan Studi Islam”. Maksud penulis adalah buku ini mampu menjadi sedikit wawasan kepada kita untuk memahami aspek aspek penting dalam memahami islam dan juga memberikan dasar dan arah pijakan bagi pemahaman keislaman serta menambah wawasan bagi kita selaku umat Islam. Sebagai hamba Allah yang memiliki kelebihan dan kekurangan, penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam menyelesaikan penulisan buku ini bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Namun dengan petunjuk dan hidayah dari Allah SWT dan didorong rasa tanggung jawab serta bantuan dan bimbingan serta fasilitas yang diberikan oleh semua pihak sehingga buku ini dapat diselesaikan sebagaimana mestinya.

Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah dan inayah-nya kepada kita semua, sehingga tebitnya buku yang berjudul “Ragam Pendekatan Studi Islam”.

Konsep Dasar dan Pengembangan Pembelajaran PPKn untuk MI/SD

Buku ini berisi tentang konsep dan pengembangan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada jenjang MI/SD. Konsep yang dikembangkan telah sesuai dengan Kurikulum 2013 revisi terbaru. Terdapat muatan materi mencangkup hakekat PPKn untuk jenjang MI/SD, sejarah PPKn, perkembangan PPKn di berbagai negara, Paradigma baru PPKn, serta kajian pedagogis PPKn pada jenjang MI/SD. Buku ini juga menguraikan pembahasan materi pokok PPKn pada kurikulum 2013 jenjang MI/SD. Buku ini terdapat pula metode, model dan media pembelajaran yang tepat dan mudah digunakan untuk mengajarkan muatan PPKn pada siswa jenjang MI/SD. Buku ini juga telah memuat tentang perkembangan PPKn pada jenjang MI/SD dalam kesiapan kita membentuk warga negara muda/siswa pada jenjang sekolah dasar sesuai dengan kecakapan warganegara pada abad 21. Kemampuan dalam berfikir tingkat tinggi yang dipadukan dengan penguatan pendidikan karakter serta budaya literasi yang telah mengembangkan konsep 4 C (komunikasi, berfikir kritis, kreatif dan kolaborasi). Buku ini juga telah mengembangkan perpaduan integrasi nilai-nilai Islam setiap pengembangan materi sehingga sesuai untuk pengajaran pada jenjang Madrasah Ibtidaiyyah. Selain itu, materi yang dikembangkan juga diberikan cara dalam mengembangkan evaluasi untuk mengukur ketercapaian dalam pembelajaran PPKn pada jengjang MI/SD. Terdapat pula latihan dan disertai dengan contoh-contoh dalam setiap praktiknya dalam pembelajaran.

Hal ini diartikan, bahwa tujuan PPKn untuk SD/MI adalah membentuk siswa menjadi warga negara yang baik, yaitu warga negara yang akidah serta akhlak yang baik, yang memiliki jiwa yang merdeka, memahami dan ...