Sebanyak 18 item atau buku ditemukan

Bahasa Indonesia Akademik: Penulisan Laporan Ilmiah

Buku ini berjudul Bahasa Indonesia Akademik: Penulisan Laporan Ilmiah. Buku ini terdiri dari 10 bab yaitu: Bab 1 Konsep Dasar Bahasa Bab 2 Ejaan Dalam Karya Ilmiah Bab 3 Diksi Dalam Karya Ilmiah Bab 4 Penggunaan Kata dan Kalimat Bab 5 Penggunaan Huruf Bab 6 Penulisan Singkatan dan Akronim Bab 7 Penyusunan Paragraf Dalam Karya Ilmiah Bab 8 Pengembangan Paragraf Dalam Karya Ilmiah Bab 9 Abstrak dan Daftar Pustaka Bab 10 Penulisan Karya Ilmiah

Buku ini berjudul Bahasa Indonesia Akademik: Penulisan Laporan Ilmiah.

Pengembangan Media dan Teknologi Pembelajaran

Media pembelajaran merupakan segala bentuk peralatan yang digunakan dalam membantu seseorang atau individu dalam proses pembelajaran. Saat ini media pembelajaran banyak dikembangkan melalui berbagai teknologi yang didesain dan dikembangkan sesuai dengan pemanfaatannya. Media pembelajaran dikelola dan dievaluasi untuk mewujudkan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Pengembangan media dan teknologi pembelajaran dapat didesain berupa peralatan fisik maupun dalam bentuk simulasi untuk memperagakan materi pelajaran yang bersifat abstrak. Buku ini membahas tentang : Bab 1 Konsep Dasar Teori Belajar dan Pembelajaran Bab 2 Model dan Desain Pembelajaran Bab 3 Jenis dan Karakteristik Teknologi dan Media Pembelajaran Bab 4 Pendekatan dan Strategi Pembelajaran Bab 5 Metode-Metode Pembelajaran Bab 6 Sumber Belajar Sebagai Komponen Media Pembelajaran Bab 7 Media Dalam Pembelajaran Bab 8 Integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Bab 9 Kriteria Pengembangan Media Pembelajaran Bab 10 Langkah-Langkah Pengembangan Media Pembelajaran Bab 11 Tren Penggunaan Teknologi Pembelajaran

Pengembangan media dan teknologi pembelajaran dapat didesain berupa peralatan fisik maupun dalam bentuk simulasi untuk memperagakan materi pelajaran yang bersifat abstrak.

Manajemen Sistem Pembelajaran

Penulisan buku MANAJEMEN SISTEM PEMEBELAJARAN bertujuan untuk memperkaya referensi di bidang manajemen sistem pembelajaran. Di samping itu, buku ini juga dimaksudkan untuk membina dan mengembangkan kemampuan mahasiswa calon pendidik, praktisi pendidikan, mulai dari pendidik, dosen, penilik, pengawas, penentu kebijakan serta siapa saja yang menaruh minat dalam bidang pendidikan untuk menambah wawasan tentang apa, mengapa, dan bagaimana pendidik dalam mengimplementasikan pembelajaran di dalam kelas. Buku MANAJEMEN SISTEM PEMBELAJARAN ini terdiri dari 12 bab yaitu: BAB 1 Konsep Manajemen Sistem Pembelajaran BAB 2 Pendekatan Sistem Pembelajaran BAB 3 Fungsi-Fungsi Manajemen Sistem Pembelajaran BAB 4 Model Sistem Manajemen Pembelajaran BAB 5 Perencanaan Sistem pembelajaran BAB 6 Pengorganisasian Sistem pembelajaran BAB 7 Pengembangan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran BAB 8 Menajemen Sistem Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran BAB 9 Pengembangan Media dan Sumber Belajar BAB 10 Manajemen Sistem Pengembangan Kurikulum BAB 11 Manajemen Sistem Supervisi Pembelajaran BAB 12 Sistem Evaluasi/Penilaian Pembelajaran

Buku MANAJEMEN SISTEM PEMBELAJARAN ini terdiri dari 12 bab yaitu: BAB 1 Konsep Manajemen Sistem Pembelajaran BAB 2 Pendekatan Sistem Pembelajaran BAB 3 Fungsi-Fungsi Manajemen Sistem Pembelajaran BAB 4 Model Sistem Manajemen Pembelajaran ...

Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter merupakan aspek yang penting bagi generasi penerus. Seorang individu tidak cukup hanya diberi bekal pembelajaran dalam hal intelektual belaka tetapi juga harus diberi hal dalam segi moral dan spiritualnya, seharusnya pendidikan karakter harus diberi seiring dengan perkembangan intelektualnya yang dalam hal ini harus dimulai sejak dini khususnya dilembaga pendidikan. Pendidikan karakter di sekolah dapat dimulai dengan memberikan contoh yang dapat dijadikan teladan bagi murid dengan diiringi pemberian pembelajaran seperti keagamaan dan kewarganegaraan sehingga dapat membentuk individu yang berjiwa sosial, berpikir kritis, memiliki dan mengembangkan cita-cita luhur, mencintai dan menghormati orang lain, serta adil dalam segala hal. Buku Pendidikan Karakter ini berisi tentang: Bab 1 Konsep Dasar Pendidikan Berkarakter Bab 2 Dimensi-Dimensi Karakter Yang Baik Bab 3 Sumber-Sumber Pendidikan Karakter Bab 4 Proses Pembentukan Karakter Bab 5 Pendidikan Karakter Sebagai Pedagogi Bab 6 Budaya Dan Karakter Bangsa Bab 7 Konsep Dasar Masyarakat Berkarakter Bab 8 Tantangan Pembentukan Karakter Bab 9 Pengembangan Sekolah Berkarakter Bab 10 Pengembangan Ruang Kelas Berkarakter Bab 11 Penilaian Otentik Dalam Konteks Penilaian Karakter

Pendidikan karakter merupakan aspek yang penting bagi generasi penerus.

Metodologi Penelitian Pendidikan

Buku Metodologi Penelitian Pendidikan ini dibuat sebagai bahan referensi dan juga memberikan wawasan tambahan kepada pembaca perihal perkembangan Metodologi Penelitian Pendidikan yang ada pada masyarakat revolusi industri 4.0. Sejalan dengan modernisasi pendidikan serta kemajuan teknologi yang menyertainya, buku ini dapat dijadikan solusi terbaik sehingga tujuan dan manfaat dapat dicapai dengan maksimal. Secara detail pembahasan buku ini meliputi: Bab 1 Hakikat Penelitian Pendidikan dan Paradigma Penelitian Bab 2 Ruang Lingkup dan Kontribusi Penelitian Terhadap Pengetahuan dan Pendidikan Bab 3 Etika, Legalitas dan Hubungan Manusia dalam Penelitian Bab 4 Klasifikasi Jenis-Jenis Penelitian Bab 5 Judul, Masalah, Tujuan, dan Manfaat Penelitian Bab 6 Review Literatur dan Hipotesis Penelitian Bab 7 Variabel, Data, Populasi, Sampel dan Setting Penelitian Bab 8 Teknik dan Instrumen Pengumpulan Data Penelitian Bab 9 Metode atau Teknik Analisa Data Penelitian Kesembilan materi pokok tersebut dikemas sedemikian rupa sehingga setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan buku ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami metodologi-metodologi penelitian pendidikan terkini dengan baik dan benar secara utuh.

Buku Metodologi Penelitian Pendidikan ini dibuat sebagai bahan referensi dan juga memberikan wawasan tambahan kepada pembaca perihal perkembangan Metodologi Penelitian Pendidikan yang ada pada masyarakat revolusi industri 4.0.

Pendidikan Kewirausahaan

Pendidikan kewirausahaan diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar pada seluruh tahapan pendidikan dimulai dari Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Perguruan Tinggi agar dapat memberikan pemahaman dan keterampilan,membangun harapan dimasa akan datang dengan munculnya generasi wirausahawan muda sebagai penerus bangsa yang kreatif dan berbeda. Pembahasan dalam buku ini mencakup: Bab 1 Hakikat Dan Konsep Pendidikan Kewirausahaan Bab 2 Pendidikan Kewirausahaan Di Sekolah Bab 3 Latar Belakang Dan Esensi Kewirausahaan Bab 4 Pengertian Dan Ciri-Ciri Kewirausahaan Bab 5 Model Proses Kewirausahaan Untuk Anak Usia Dini Bab 6 Kurikulum Berorientasi Pada Kecakapan Hidup Bab 7 Life Skill Sebagai Unsur Dalam Bidang Kewirausahaan Bab 8 Konsep Dan Strategi Pelaksanaan Pendidikan Kewirausahaan

Pendidikan kewirausahaan diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar pada seluruh tahapan pendidikan dimulai dari Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Perguruan Tinggi agar dapat memberikan pemahaman dan keterampilan,membangun harapan dimasa ...

Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan

Buku Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan ini dibuat sebagai referensi dan juga memberikan wawasan tambahan lebih rinci mengenai proses kegiatan mempersiapkan keputusan dan kebijaksanaan sebagai panduan bagi pelaksanaan, pengendalian, dan pengawasan penyelenggaraan pendidikan yang berkaitan dengan tujuan yang akan dicapai. Sejalan dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, perencanaan pendidikan harus mengantisipasi dan beradaptasi dalam mempersiapkan solusi terbaik sehingga tujuan dari perencanaan dapat dicapai dengan maksimal. Secara detail pembahasan buku ini meliputi : Wawasan dasar Pendidikan Administrasi pendidikan dan perencanaan pendidikan Problema dan tantangan dalam pembangunan, serta peran dan fungsi perencanaan dalam pembangunan pendidikan Definisi, karakteristik, dan prinsip-prinsip perencanaan pendidikan Nomenklatur, struktur/tingkatan, jenis dan bentuk perencanaan pendidikan Pendekatan, metode dan teknik-teknik yang digunakan dalam perencanaan pendidikan Proses perencanaan pendidikan Keterkaitan perencanaan pendidikan dengan aspek demografi Keterkaitan perencanaan pendidikan dengan aspek sosial-ekonomi Keterkaitan perencanaan pendidikan dengan aspek sumber daya manusia Keterkaitan perencanaan pendidikan dengan aspek sumber daya keuangan Keterkaitan sistem perencanaan dengan penganggaran dalam pendidikan Pengenalan model manajemen stratejik, perencanaan stratejik dan program stratejik, serta politik perencanaan pendidikan Pengenalan kasus tentang sistem perencanaan pembangunan pendidikan nasional di Indonesia

Buku Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan ini dibuat sebagai referensi dan juga memberikan wawasan tambahan lebih rinci mengenai proses kegiatan mempersiapkan keputusan dan kebijaksanaan sebagai panduan bagi pelaksanaan, pengendalian, dan ...

Teori Manajemen Pendidikan

Buku Teori Manajemen Pendidikan ini penting dipelajari karena manajemen sebagai suatu seni dan ilmu pengetahuan telah dipelajari sejak lama dan telah diorganisasikan menjadi suatu teori. Dalam Teori Manajemen Pendidikan dijelaskan bagaimana mengelola institusi pendidikan agar dapat mewujudkan tujuan pendidikan sehingga manajemen pendidikan sebagai suatu seni harus dapat mengelola kelangsungan pendidikan agar dapat memberikan impact yang diinginkan terhadap pendidikan, karena masih banyak institusi pendidikan yang belum memiliki manajemen yang baik dalam pengelolaan pendidikannya. Struktur penyajian buku ini terbangun atas sembilan bab yang menjelaskan secara komprehensif tentang: Bab 1. Pandangan tentang Manajemen Pendidikan. Bab 2. Karakteristik Konsep Manajemen Pendidikan. Bab 3. Berbagai Pendekatan dalam Manajemen Pendidikan. Bab 4. Perkembangan Teori Ilmu Manajemen. Bab 5. Fungsi-fungsi Dasar Manajemen. Bab 6. Bidang Garapan Manajemen Pendidikan. Bab 7. Inovasi dalam Manajemen Pendidikan. Bab 8. Model-model Manajemen Sekolah, dan Bab 9. Analisis Kebijakan dalam Pengelolaan Pendidikan. Buku ini sangat berguna untuk menambah pengetahuan bagi mahasiswa, guru, dosen, kepala sekolah, pengawas pendidikan, birokrasi pendidikan, dan pemerhati dalam bidang pendidikan dan manajemen.

Menurut Hakim (2012), salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk menentukan kualitas proses pendidikan adalah pendekatan sistem. Me lalui pendekatan sistem, dapat dilihat berbagai aspek yang mem pe- nga ruhi keberhasilan suatu ...