Sebanyak 37 item atau buku ditemukan

MSDM

Artificial Intelligence dan Ekonomi Kreatif

Inovasi kini menjadi kata kunci, tak hanya menjanjikan pertumbuhan inovasi juga menjadi faktor kesinambungan bahkan mendisrubsi kemapanan. Di semua lini ekonomi, termasuk pariwisata dan ekonomi kreatif adalah sektor yang kini membutuhkan sentuhan inovasi. Semata karena Pariwisata dan Ekonomi Kreatif adalah sektor andalan pencetak lapangan kerja yang cepat dan luas. Di tahun 2019 kita mencatat lebih dari 34 juta orang menggantungkan hidup di sektor parekraf, dan tak kurang dari 90 juta orang yang terkait dan menikmati manfaat. Sektor pariwisata punya daya ungkit ekonomi yang dahsyat, tantangan menghadap, akibat pandemic COVID-19 Pariwisata dan Ekonomi Kreatif justru kini menjadi sektor yang paling terdampak wabah. Wabah yang terjadi membutuhkan respon kedaruratan, penerapan protokol Kesehatan menjadi hal utama yang wajib dilakukan Pemerintah telah melakukan emergency responses, membangun ketahanan dan menyelamatkan perekonomian lewat beragam program seperti perlindungan sosial, stimulus dan padat karya. Untuk bertahan dan memulihkan ekosistem, pasar pariwisata dan ekonomi kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengembangkan sejumlah program membantu pelaku parekraf tetap dapat menjalankan usahanya diantaranya melalui program pemberian subsidi, bantuan, dan hibah. Disadari bahwa, ditengah dan seusai pandemic, kita semua akan hidup dengan cara baru. Untuk itu saya telah meletakkan tiga platform kerja Kemenparekraf, yaitu inovasi, adaptasi dan kolaborasi. Dimana inovasi dan faktor fundamental merespon perubahan, menjadi pijakan untuk bangkit dari keterpurukan. Buku ini menggali betapa inovasi lewat teknologi kecerdasan buatan (AI Artificial Intelligence) telah jauh melangkah, masuk ke banyak sektor dan lini kehidupan kita. Pariwisata dan ekonomi kreatif pun ikut menjadi wahana penerapan AI. Diawali dengan laju digitalisasi dan pemanfaatan big data yang tak terbendung, AI menggenapi sebagai sistem yang intelijen dan independent. Sektor pariwisata harus mengambil manfaat optimal, berupa penguatan interaksi digital, personalisasi, untuk pengalaman para wisatawan. AI pun akan melahirkan lapangan pekerjaan baru, lewat peningkatan produktivitas secara luas, produk dan layanan baru, hingga profesi baru yang berkualitas. Untuk itu pemerintah, dunia usaha, dan dunia Pendidikan harus berkolaborasi tak hanya menjadi target pasar bagi teknologi AI, namun bersiap jadi pelaku dan penentu. Menjadikan inovasi termasuk AI sebagai media untuk menggarap potensi pasar yang dinamis. Menyambut masa depan, menyiapkan sumber daya insani, dan membuka lapangan kerja baru seluas-luasnya. Selamat membaca, jadikan buku ini sebagai pemantik inspirasi, saatnya gerak cepat untuk berinovasi. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr. H. Sandiaga Salahudin Uno, B.B.A., M.B.A

Inovasi kini menjadi kata kunci, tak hanya menjanjikan pertumbuhan inovasi juga menjadi faktor kesinambungan bahkan mendisrubsi kemapanan.

Menuju Kesejahteraan Berkelanjutan Pemahaman Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Klasik, Neoklasik, Islam, Green Economy, dan Blue Economy

Pertumbuhan ekonomi telah menjadi pusat perhatian para pemikir ekonomi, pembuat kebijakan, dan masyarakat umum selama berabad- abad. Dalam buku ini, kita akan merenungkan bagaimana pemikiran klasik seperti Adam Smith dan David Ricardo membentuk landasan teoritis pertumbuhan ekonomi yang pertama. Kita juga akan menjelajahi perdebatan antara pendekatan klasik dan neo-klasik serta bagaimana teori Keynes mempengaruhi pandangan kita tentang peran pemerintah dalam mengelola ekonomi. Namun, perkembangan ekonomi modern tidak hanya tentang pertumbuhan yang tidak terbatas. Buku ini juga akan membahas paradigma baru dalam ekonomi yang menekankan pentingnya keberlanjutan, yakni konsep pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dalam jangka panjang. Selain itu, kita akan membahas peran ekonomi biru, yang melibatkan pemanfaatan sumber daya laut secara berkelanjutan, serta ekonomi hijau yang berfokus pada solusi ramah lingkungan untuk pertumbuhan ekonomi.

... Monetary System," yang menyoroti permasalahan keuangan Islam dan mencoba menggabungkan prinsip-prinsip Islam dalam sistem moneter global yang ada 2. Muhammad Taqi Usmani (Lahir pada Tahun 1943) ... Islam, Green Economy, dan Blue Economy.

Filsafat Auditing

Buku adalah gagasan untuk membangun filsafat audit, dalam kaitan dengan pendekatan filsafat yakni Dialektika, Fenomenologi, Hermeneutika, Semiotika, dan Etnografi. Terima kasih semua pihak yang telah membantu, dan berpartisipasi dalam penelitian sehingga terbitnya Buku dengan Judul Episteme Auditing. Penelitian ini merupakan upaya pencapaian road map penelitian untuk periode 2003-2036 sehingga akhirnya dapat memperoleh pengakuan dunia internasional dan memungkinkan memperoleh Nobel dalam bidang ilmu sosial humaniora. Pada bidang epistime ilmu Auditing disusun konstruksi dengan pemikiran filsafat Episteme Platon, Immanuel Kant (1727-1804), Benedictus Baruch de Spinoza (1632-1677), Friedrich Wilhelm Joseph Schelling (1775 -1854), Episteme Johann Gottlieb Fichte (1762-1814). Dalam bidang dialekta ilmu Auditing akan disusun kontruksi dengan pemikiran filsafat George Wilhelm Friedrich Hegel 1770-1831), Sorean Aabye Kierkegaard [1813-1855]. Pada bidang fenomenologi ilmu audit disusun konstruksi dengan pemikiran filsafat Fenomenologi Edmund Husserl (1859-1938), Fenomenologi-Ontologi Martin Heidegger (1889-1976), Fenomenologi Max Scheler (1874-1928) Fenomenologi Maurice Merleau Ponty (1908-1961). Pada bidang hermenutika episteme audit disusun konstruksi dengan pemikiran filsafat Friedrich Daniel Ernst Schleiermacher (1768-1834), Wilhelm Dilthey (1833-1911) Hermeneutika Romantis-Historis, Martin Heidegger (1889-1976) Hermeneutika Fenomenologis Dasein, Hans-Georg Gadamer (1900-1998), Hermeneutika Dialogis, Jurgen Habermas Hermeneutika Kritis (1929), Hermeneutika Emilio Betti (1890-1968, Paul Ricoeur (1913-2005) Hermeneutika Fenomenologis Strukturalis, Ludwig Wittgenstein (1889-1951) Hermeneutika, Gianni Vattimo Hermeneutika Mencari Makna, Richard McKay Rorty Hermeneutika Philosophy and the Mirror of Nature, Jacques Derrida Hermeneutika, Dekonstruksi, Hermeneutika Rudolf Karl Bultmann (1884 - 1976). Pada bidang semiotika ilmu Auditing disusun konstruksi dengan pemikiran filsafat Charles Sander Pierce (1839-1914), Ferdinan de Saussure (1857-1913), Roland Barthes (1915- ), Roman Jakobson (1896- 1982), Louis Hjelmslev (1889-1966), Susanne Katherina Langer (1895- 1985), Umberto Eco (1932- ), Ogden dan Richards (1923), George Herbert Mead, Erving Goffman (1922-), Charles Horton Cooley (1864 -1929), Herbert Blumer (1900- 1987). Tema Episteme Auditing adalah ilmu, seni proses kegiatan kritik logika, dan dialectic pada isi tulisan klien dengan memahami kembali seluruh fenomena, noumena makna konteks, Text, kemudian menulis isi penilaian dalam bentuk opini (auditor melakukan proses membaca ke menulis). Auditing adalah proses dialektika antara penulis laporan keuangan (klien) sebagai tesis, dengan pembaca laporan keuangan (auditor) sebagai antithesis, dan menghasilkan sintesis baru laporan keuangan yang reliable, relevan sebagai hasil dialog antara penulis dan pembaca, (2) Auditing adalah proses dialektika antara pemikiran dalam SAK dengan pemikiran SPAP untuk menghasilkan laporan keuangan bagi stakeholders sebagai sintesis absolut, (3) pada intinya sintesis absolut merupakan gambaran integritas atau tidak adanya integritas antara auditor dan auditee, (4) dialektika merupakan antara auditor dan auditee gambaran totalitas secara mikro dan sekaligus gambaran makro suatu masyarakat keseluruhan, (5) pada struktur SAK, dengan SPAP dialektika terjadi perubahan seperti tambah tebalnya buku SAK, dan SPAP.

... General Methodology of the Sciences of the Spirit,. Copyright Year; Bruns, Gerald. 1992., Hermeneutics. Ancient and ... Philosophy, Semiotics, and the Work of Fiction. WileyBlackwel Cain, R Bensen .2007.,The Socratic Method: Plato's Use ...

Sistem informasi penjaminan mutu Universitas Kristen Indonesia Paulus

Adapun tujuan dari disusunnya buku ini yaitu sebagai referensi dan panduan penggunaan Sistem Informasi Penjaminan Mutu Perguruan UKI Paulus bagi Badan Penjaminan Mutu, Pimpinan Unit, dan staf yang menangani sistem informasi di UKI Paulus. Buku ini berisi tentang standar-standar penjaminan mutu perguruan tinggi, instalasi dan konfigurasi sistem, prosedure penggunaan sistem informasi audit mutu internal dan prosedure penggunaan sistem informasi akreditasi

Adapun tujuan dari disusunnya buku ini yaitu sebagai referensi dan panduan penggunaan Sistem Informasi Penjaminan Mutu Perguruan UKI Paulus bagi Badan Penjaminan Mutu, Pimpinan Unit, dan staf yang menangani sistem informasi di UKI Paulus.

Korelasi Kejahatan Siber dan Kejahatan Agresi Dalam Perkembangan Hukum Internasional

Hal terpenting dan utama dalam kejahatan siber dan kejahatan agresi adalah Kejahatan agresi telah memiliki sejarah panjang dalam perkembangan hukum internasional, sementara itu kejahatan siber merupakan bentuk kejahatan baru yang perkembangannya beriringan dengan perkembangan teknologi. Dalam konteks ini haruslah dipahami bahwa terdapat relasi yang sangat erat antara perkembangan kejahatan agresi yang saat ini telah menggunakan teknologi siber dalam aktivitasnya. Buku referensi ini merupakan bagian dari hasil penelitian terkait dengan artikulasi hubungan kejahatan siber dan kejahatan agresi yang memberikan bukti bahwa perkembangan kejahatan agresi telah menggunakan teknologi sebagai alat dalam melakukan aktivitas agresi terhadap suatu negara. Tentunya, buku referensi ini diharapkan akan bermanfaat dalam menyediakan informasi baik dalam bentuk teks maupun konteks dalam memahami kejahatan agresi dan kejahatan siber. Di samping itu, buku referensi ini diharapkan berkontribusi bagi pengajaran Hukum Kejahatan Internasional dan Hukum Telematika untuk diajarkan pada mahasiswa program sarjana dan pascasarjana.

... vital yang diperuntukkan lebih dari satu negara seperti fasilitas perbankan dan perdagangan lintas negara. ... mudah digunakan saat ini dengan pertimbangan perkembangan massif informasi dan teknologi yang tak dapat dielakkan lagi.

Manajemen Mutu Terpadu

Abad milenial yang ditandai pemanfaatan teknologi digital mengharuskan peningkatan dalam Manajemen Mutu Terpadu (MMT) sebagai perbaikan terus-menerus untuk kinerja proses dalam suatu organisasi dan dalam mutu produk dan jasa yang merupakan output dari proses ini. MMT sangat penting karena tidak hanya meningkatkan daya saing dan efektivitas organisasi, tetapi juga meningkatkan mutu produk dan kinerja organisasi. MMT menjadikan proses produksi efisien dengan mengurangi limbah, biaya, kesalahan, pengerjaan ulang, penundaan, meningkatkan proses, menghilangkan kesalahan dan memuaskan pelanggan. MMT membantu menciptakan visi yang memungkinkan semua anggota dalam suatu perusahaan fokus pada mutu. Dalam rangka tuntutan pelanggan pada mutu dan meningkatnya persaingan global, MMT penting bagi hubungan dan kemitraan dengan pelanggan dan pemasok. Ini menunjukkan praktik-praktik mutu manajemen dan jaminan mutu suatu perusahaan menginisiasi dan membangun kepercayaan di antara pelanggan dan stakeholder. MMT memiliki dampak positif pada kepuasan pelanggan dan keunggulan kompetitif, yang membantu peningkatan produktivitas. Sehubungan dengan MMT, W. Edward Deming mengintroduksi 14 butir program mutu produk/jasa. Sementara Joseph Juran mengenalkan trilogi mutu (quality trilogi), sedangkan Philip Crosby menguraikan tentang pelaksanaan advokasi dari MMT itu sendiri. MMT sebagai strategi yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan kinerja organisasi dengan menyediakan produk dan layanan bermutu tinggi melalui partisipasi dan kolaborasi semua pemangku kepentingan, masukan dan kecakapan dengan menerapkan teknik dan alat yang tepat.

Abad milenial yang ditandai pemanfaatan teknologi digital mengharuskan peningkatan dalam Manajemen Mutu Terpadu (MMT) sebagai perbaikan terus-menerus untuk kinerja proses dalam suatu organisasi dan dalam mutu produk dan jasa yang merupakan ...

Semua Tentang Merek

Buku berjudul “Semua Tentang Merek” ini dimaksudkan untuk menambah perbendaharaan literatur pemasaran, khususnya tentang merek. Topik merek atau brand mungkin menjadi topik yang paling banyak dipilih untuk dikaji, dibahas, diteliti dalam penulisan karya ilmiah seperti skripsi, tesis, disertasi, dan artikel ilmiah. Buku ini diharapkan dapat membantu siapapun yang menjadikan merek sebagai topik penelitiannya, terutama mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Penulis menambahkan sebuah lampiran yang isinya memuat 27 kuesioner berbagai topik merek untuk memudahkan mahasiswa menyusun kuesioner penelitiannya. Dalam prakteknya, mahasiswa yang dibimbing penulis banyak yang mengalami kesulitan ketika menyusun pernyataan untuk kuesioner di skripsinya yang mengambil variabel penelitian merek. Jika kita membaca artikel di jurnal ilmiah ataupun di internet, topik merek yang menggunakan istilah brand image, brand awareness, brand equity, brand loyalty, dan sejenisnya sangat banyak, mungkin bisa lebih dari 40-an istilah. Setelah membaca berbagai referensi tentang merek, penulis menyajikan 6 istilah merek dalam 6 bab, mulai bab 1 sampai bab 6, dan 22 istilah merek lainnya dalam 1 bab yaitu bab 7. Dalam bab 7, setiap topik merek hanya dibahas singkat saja kurang lebih 1 halaman karena keterbatasan materi untuk setiap topik.

Buku berjudul “Semua Tentang Merek” ini dimaksudkan untuk menambah perbendaharaan literatur pemasaran, khususnya tentang merek.

Perencanaan Struktur Kayu Berdasarkan SNI 7973 2013

Buku ajar ini berjudul Perencanaan Struktur Kayu Berdasarkan SNI 7973-2013, merupakan buku yang memuat secara lengkap mengenai pengetahuan material kayu dan perencanaan elemen struktur pada kostruksi kayu berdasarkan peraturan terbaru yaitu SNI 7973-2013. Buku ini berisi teori, pembahasan dan contoh soal berbagai kasus dari elemen yang ditinjau. Pembahasan dalam buku ini adalah sebagai berikut: ▪ Kayu sebagai bahan konstruksi ▪ Perkembangan struktur kayu ▪ Spesifikasi desian konstruksi ▪ Analisa dan desain elemen batang tarik ▪ Analisa dan desain elemen batang tekan ▪ Analisa dan desain elemen batang lentur ▪ Konsep perencanaan sambungan ▪ Analisa dan desain sambungan baut ▪ Analisa dan desain sambungan paku ▪ Perencanaan konstruksi kuda-kuda

Buku ajar ini berjudul Perencanaan Struktur Kayu Berdasarkan SNI 7973-2013, merupakan buku yang memuat secara lengkap mengenai pengetahuan material kayu dan perencanaan elemen struktur pada kostruksi kayu berdasarkan peraturan terbaru yaitu ...

Event Organizer

Teori dan Praktek

Buku berjudul “Event Organizer (Teori dan Praktek)” ini dipersembahkan bagi para pembaca dalam ilmu pengetahuan terapan di bidang manajemen dan administrasi perkantoran. Buku tersebut mengacu pada dasar teori dan praktek dalam event organizer. Adapu sistematika buku tersusun dari 11 BAB yang terdiri dari Konsep Dasar Event Organizer; Perkembangan Event Organizer; Stakeholder Event; Pengelolaan Arsip Event; Studi Kelayakan Event; Publikasi dan Promosi Event; Legalitas Event; Penyusunan Proposal Event; Perencanaan Event; Pelaksanaan Event; Evaluasi dan Laporan Event.

Adapu sistematika buku tersusun dari 11 BAB yang terdiri dari Konsep Dasar Event Organizer; Perkembangan Event Organizer; Stakeholder Event; Pengelolaan Arsip Event; Studi Kelayakan Event; Publikasi dan Promosi Event; Legalitas Event; ...

Komunikasi Bisnis Teori dan Praktik

Buku yang tersaji di hadapan para pembaca ini berawal dari buah pikiran dan hasil diskusi bersama rekan-rekan praktisi bisnis. Banyak pendapat dari para praktisi bisnis bahwa komunikasi adalah awal dari segala hubungan antar manusia, terutama dalam mengawali, menjalin ataupun mempertahankan suatu bisnis. Gagalnya suatu komunikasi diantara mereka akan menimbulkan akibat yang fatal berupa kerugian materiil dan imateriel. Buku ini disusun secara sederhana dan sistematis sehingga dapat digunakan dan dipahami sebagai bahan pembelajaran bagi kalangan mahasiswa, profesional, atau peminat bidang sosial lainnya. Pada umumnya, komunikasi bisnis terjalin secara efektif apabila para pihak memiliki kemampuan menyampaikan pesan bisnis secara tulisan dan lisan, juga menerima suatu pesan dengan mendengarkan dan membaca.

Di era digital saat ini, komunikasi bisnis memiliki peran penting karena arus perkembangan teknologi informasi semakin maju. Industri bisnis kini dituntut untuk merencakan strategi yang tepat agar mampu menghadapi persaingan di pasar ...