Sebanyak 115 item atau buku ditemukan

Total Quality Management

untuk Organisasi Pendidikan

Kualitas merupakan keseluruhan karakteristik yang melekat pada sebuah produk (barang atau jasa) yang mampu memuaskan pelanggan. Dalam konteks pendidikan kualitas dikaitkan dengan upaya mentransformasikan seorang manusia yang paripurna. Manusia yang berpengetahuan (to know), manusia yang mampu melakukan tugas dan tanggung jawabnya (to do), manusia yang menjadi dirinya sendiri seutuhnya (to be), dan manusia yang mampu hidup dalam keragaman dalam masyarakat (to live together). Dalam konsep manajemen kualitas dikenal konsep Total Quality Management (TQM), yaitu pengelolaan kualitas yang melibatkan seluruh pihak dalam organisasi. Buku ini diberi judul Total Quality Management untuk Organisasi Pendidikan, dengan maksud memberikan pencerahan bagi pembaca yang tertarik dengan konsep TQM dalam dunia pendidikan, khususnya bagi mereka yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan sistem penjaminan mutu internal pada institusi pendidikan formal, seperti sekolah dan perguruan tinggi. Buku ini ditulis berdasarkan pemahaman teoritis dan empiris terkait implementasi TQM bagi organisasi pendidikan berdasarkan kerangka dasar model TQM, yaitu aspek nilai dan budaya, aspek sistem dan standar, serta alat dan metode peningkatan kualitas.

Buku ini diberi judul Total Quality Management untuk Organisasi Pendidikan, dengan maksud memberikan pencerahan bagi pembaca yang tertarik dengan konsep TQM dalam dunia pendidikan, khususnya bagi mereka yang bertanggung jawab terhadap ...

Membangun Karakter Tenaga Kesehatan yang Berbasis I-CARE

Akan tetapi hanya Tuhanlah yang mengetahui, betapa banyak jerih payah harus kami alami sehingga kebahagiaan ini dapat dilimpahkan kepada para penderita yang malang ini. (EG, 109). Kalimat itu mengungkapkan semangat melakukan pelayanan yang berbela rasa dan demi keselamatan jiwa para penderita. Hingga saat ini semangat pelayanan itu terus-menerus diwariskan agar dihayati dan dihidupi, khususnya para praktisi yang melayani di bidang kesehatan. Namun, upaya tersebut tidak hanya berhenti pada para praktisi saja melainkan juga kepada pihak lain yang tergerak untuk berdinamika dalam bidang pelayanan kesehatan. Upaya meneruskan warisan rohani itu agar makin kontekstual juga dilakukan dengan menyusun buku Pendidikan Karakter Mahasiswa Berbasis I-CARE (Integrity, Compassion, Assurance, Respect, Embrace Innovation). Buku ini bisa digunakan sebagai inspirasi oleh seluruh karya pelayanan pendidikan kesehatan sebagai nilai-nilai pokok yang menjiwai serta menjadi ciri khas yang didalami serta dihidupi oleh unit-unit pelayanan kesehatan dan pendidikan kesehatan. Diharapkan buku ini membantu dalam mewujudkan pelayanan kesehatan dan pendidikan kesehatan yang profesional dan berbela rasa sesuai dengan tuntutan zaman.

Akan tetapi hanya Tuhanlah yang mengetahui, betapa banyak jerih payah harus kami alami sehingga kebahagiaan ini dapat dilimpahkan kepada para penderita yang malang ini. (EG, 109).

Zaman teknologi menantang pewartaan iman

JAMES J. SPILLANE SJ I. PENGANTAR Tujuan pokok pendidikan adalah mempersiapkan generasi muda yang akan menjadi warga negara yang baik . Dengan pendidikan yang lebih tinggi diharapkan bahwa nantinya generasi muda ini akan mendapatkan ...

Peningkatan Nilai Andaliman

Rantai Pasok, Produk Turunan, dan Teknologi Tepat Guna

Andaliman (Zanthoxylum acanthopodium) adalah sejenis tanaman endemik yang tumbuh baik di kawasan Danau Toba. Terdapat berbagai keunikan baik dari segi rasa, aroma, dan khasiat yang diperoleh setiap bagian dari tanaman andaliman. Biji andaliman secara tradisional telah dimanfaatkan sebagai bumbu penyedap kuliner khas masyarakat di Kawasan Danau Toba seperti arsik, naniura, natinombur, dan lain-lain. Bagian daun andaliman telah digunakan untuk menambah aroma, dekorasi (hiasan), dan bumbu pada makanan langsung. Sesuai dengan manfaatnya sebagai bumbu masak, biji andaliman telah lama diperdagangkan sebagai komoditas pada pasar-pasar tradisional. Bertitik tolak dari fakta-fakta mengenai manfaat andaliman baik sebagai bumbu masakan eksotis, maupun kandungan andaliman yang berpotensi dimanfaatkan sebagai bahan baku senyawa antioksidan bagi industri pangan, dapat disimpulkan bahwa tanaman andaliman memiliki nilai ekonomis tinggi dan usaha tani andaliman merupakan hal yang menjanjikan bagi pelakunya. Tulisan yang tersaji dalam buku ini diharapkan menjadi dokumentasi atas upaya yang telah dilakukan dan inspirasi dalam mengembangkan kegiatan-kegiatan selanjutnya dalam pengembangan produk berbasis andaliman. Buku ini ditujukan untuk semua orang yang memiliki perhatian, kepekaan, dan kecintaan terhadap pengembangan masyarakat, khususnya masyarakat pembudi daya, petani, pengolah, dan pemilik usaha andaliman. Buku ini juga ditujukan untuk para pemelajar yang tertarik mengenal lebih jauh mengenai perancangan produk turunan dan pengembangan teknologi tepat guna.

Andaliman (Zanthoxylum acanthopodium) adalah sejenis tanaman endemik yang tumbuh baik di kawasan Danau Toba.

Implementasi Kurikulum Integratif Pendidikan Nilai CHYBK dalam Pembelajaran

Institusi formal tempat manusia belajar untuk mengembangkan pribadinya adalah satuan pendidikan atau sekolah. Lepas dari semua tanggung jawab administratif dan regulative dalam mengelola sekolah, lembaga pendidikan mengemban tanggung jawab prinsipiil yakni mengembangkan pribadi setiap anak sesuai dengan maksud Penciptanya. Tuhan menciptakan setiap orang dengan kondisi seperti sekarang ini (apa pun kondisinya) sempurna dan dengan maksud tertentu, dan sekolah sebagai lembaga pendidikan memiliki tanggung jawab untuk mewujudkan itu. Tanggung jawab ini dapat terwujud melalui penyediaan pengalaman belajar yang mendukung setiap siswa untuk berkembang secara maksimal. Kurikulum Integratif Pendidikan Nilai CHYBK dalam lembaga pendidikan Katolik bertujuan untuk “mewujudkan lulusan yang ber-CHYBK”. CHYBK merupakan singkatan dari Cerdas, Humanis, Yakin akan Penyelenggaaraan Ilahi, Berkarakter, dan Kebersamaan. Kurikulum ini dikembangka nmenggunakan pendekatan integratif karena dinilai paling relevan dengan tujuan layanan lembaga pendidikan. Kehadiran buku ini diharapkan mampu memberikan informasi yang utuh tentang pengimplementasian Kurikulum Integratif Pendidikan Nilai CHYBK dalam pembelajaran. Selamat membaca dan mengaplikasikan buku ini!

Institusi formal tempat manusia belajar untuk mengembangkan pribadinya adalah satuan pendidikan atau sekolah.

Daya Pikat dan Daya Ubah Cerita Alkitab

Pengantar Tafsir Naratif

Buku ini berisikan penjelasan tentang tahap-tahap menganalis cerita-cerita dalam Alkitab. Meskipun metode atau pendekatan naratif ini sudah cukup lama dikenal dalam dunia tafsir Alkitab, namun buku pengantar tentang pendekatan ini masih langka dalam bahasa Indonesia. Kehadiran buku ini diharapkan dapat mengisi kebutuhan itu. Di dalam buku ini, pendekatan naratif itu diberikan dalam langkah-langkah yang berfokus pada: alur-cerita (plot), pelaku-cerita (actor), latar-cerita (setting), si pencerita (narrator) dan pembaca (reader). Tujuannya agar: pembaca masa-kini dapat menikmati pesona dan daya pikat cerita-cerita Alkitab, sekaligus membiarkan dirinya dituntun dan diubah oleh para penceritanya, atau pun mencurigai dan mempertanyakan bias dan agenda mereka.

Buku ini berisikan penjelasan tentang tahap-tahap menganalis cerita-cerita dalam Alkitab.

Pembaruan Logoterapi Viktor Frankl

Pencarian Makna Hidup melalui Interpretasi Hermeneutika Naratif Restoratif

Logoterapi melihat manusia sebagai makhluk yang memiliki perhatian utama dalam hidupnya untuk mencari makna. Dalam logoterapi, manusia memiliki kebebasan dalam arti memiliki kemampuan mengambil jarak dari kondisi-kondisi fisik dan psikologisnya. Manusia juga memiliki kebebasan menemukan makna hidupnyasendiri.Namun demikian,logoterapi masih memiliki sejumlah kekurangan dan bahkan kontradiktif. Dari contoh-contoh praktis yang ditulis Frankl, logoterapi melanggar peran tanggung jawab pribadi pada diri pasien. Frankl cenderung mengarahkan pasiennya secara langsung dalam proses penemuan makna. Fakta ini memperlihatkan penyederhanaan terapi yang dilakukan Frankl. Paul Ricoeur menawarkan gagasan tentang cara menafsir tanda dan simbol untuk menafsir manusia dengan menggunakan tanda-tanda itu. Metode yang ia tawarkan adalah merestorasi makna dari simbol-simbol yang digunakan manusia. Dalam hal ini, Ricoeur dapat melengkapi gagasan Frankl yang belum memadai dalam teknik logoterapinya. Pemikiran Ricoeur dapat memberikan payung teoretis untuk melengkapi teknik logoterapi Frankl. Kita dapat menjadikan cerita pasien Frankl sebagai teks dalam pemikiran Ricoeur yang kemudian kita gunakan untuk menafsirkan cerita pasien dalam proses menemukan makna hidup pasien tersebut. Dengan demikian narasi restoratif dalam hermeneutika Ricoeur dapat dijadikan teknik yang mampu melengkapi kekurangan dalam teknik logoterapi Frankl. Teknik logoterapi dengan hermeneutika narasi restoratif Ricoeur ini tidak hanya mampu membantu pasien menemukan makna situasional dari tragedi yang dialami sesuai dengan tujuan logoterapi Frankl, tetapi dapat digunakan untuk memberdayakan pasien menemukan makna hidup yang lebih luas, baik pada masa lalu, kini, dan merencanakan narasi untuk masa depan. Tentunya, teknik ini juga membantu psikoterapis melihat pasien secara lebih utuh dan menyeluruh dalam temporalitas waktu. Stimulasi kognitif dengan teknik narasi ini ternyata mengaktifkan struktur-struktur otak yang berperan dalam pemahaman dan pembentukan narasi sehingga dapat merangsang neuroplastisitas yang baik pada sel-sel saraf. Teknik logoterapi naratif restoratif ini juga dapat melengkapi teknik standar psikoterapi berbasis bukti seperti Cognitive Behavior Therapy (CBT) atau Rational Emotive Behavior Therapy (REBT).

Logoterapi melihat manusia sebagai makhluk yang memiliki perhatian utama dalam hidupnya untuk mencari makna.

Posisi dan Peran Manusia dalam Alam

Menurut Deep Ecology Arne Naess (Tanggapan atas Kritik Al Gore)

Di satu sisi, krisis ekologis, yang berwajahkan banjir, longsor, kekeringan dan pemanasan global, menyengsarakan karena menghadirkan penderitaan bagi manusia. Di lain pihak, krisis tersebut adalah berkat karena mendorong manusia untuk berpikir dan bertanya tentang keberadaan dan kedudukannya dalam alam. Di manakah posisi dan peran manusia dalam alam? Apakah manusia adalah bagian integral dari alam dan karena itu memiliki tugas dan tanggung jawab untuk merawat dan memelihara alam atau sebaliknya terpisah dari alam dan karena itu merasa berkuasa untuk mengeksploitasi alam? Buku ini adalah upaya untuk menjawab pertanyaan ini. Berangkat dari paparan tentang ekosofi menurut Arne Naess, pemikiran ekologis Al Gore dan kritiknya atas ekologi-dalam Naess disusul tanggapan penulis atas kritik Al Gore, buku ini tiba pada kesimpulan bahwa kendati berbeda pendapat, Naess dan Gore sepakat bahwa manusia adalah bagian integral dari alam. Manusia adalah satu keluarga dengan alam. Oleh karena itu, manusia memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menjaga, merawat dan memelihara alam. Demikian, semoga buku ini membantu kita melakukan pertobatan ekologis guna merawat lingkungan alam dan lingkungan sosial menjadi rumah kita bersama dengan mengubah gaya hidup yang bukan hanya tidak ramah lingkungan, tetapi juga telah meningkatkan pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup. Tanpa komitmen bersama dari semua pihak dan pelbagai negara di dunia, krisis ekologis yang semakin kompleks dan mengancam kelestarian bumi rumah tinggal kita bersama, bukannya semakin berkurang, melainkan akan semakin meningkat. Semoga semakin banyak orang dan banyak pihak tergugah untuk sungguh berkomitmen peduli-lingkungan hidup.

Chamber of Commerce, National Association of Manufacture), Conservative Foundations (antara lain: Koch and Scaife ... 316 Uraian lengkap lihat Riley E. Dunlap dan Aaron M. McCright, “Organized Climate Change Denial,” dalam The Oxford ...

Deskripsi Kata Sifat dalam Bahasa Balim

Mengenal Bahasa Balim 3

Masalah bahasa dan sastra di Indonesia berkenaan dengan tiga masalah pokok yaitu masalah bahasa nasional pada umumnya, bahasa daerah, dan bahasa asing. Dari ketiga masalah pokok tersebut perlu digarap dengan sungguh-sungguh dan terencana dalam rangka pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia. Pembinaan bahasa ditujukan pada peningkatan kualitas pemakaian bahasa yang baik dan benar. Pengembangan bahasa ditujukan pada pemenuhan fungsi bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi nasional dan sebagai wahana pengungkapan nilai rasa bahasa dalam kehidupan sosial dan bermasyarakat sesuai dengan perkembangan zaman. Dalam rangka upaya pencapaian tujuannya itu, maka perlu dilakukan penelitian atau penulisan untuk mendeskripsikan aspek-aspek bahasa daerah, bahasa Indonesia, maupun bahasa asing. Bahasa daerah Balim merupakan salah satu bahasa daerah yang ada di Indonesia pada umumnya dan bahasa daerah di Papua pada khususnya. Oleh karena itu, bahasa daerah Balim ini perlu diangkat ke permukaan sehingga mampu bersaing dengan bahasa daerah lain yang ada di Indonesia. Kehadiran buku Deskripsi Kata Sifat Bahasa Balim merupakan salah satu upaya penulis dalam rangka melestarikan bahasa daerah Balim agar tidak mengalami kepunahan dan diharapkan tetap dapat dipertahankan dan dikembangkan oleh para penutur-penuturnya.

D. Kata Sifat Perulangan Kata Majemuk dalam Bahasa Balim Kata sifat yang ditulis dalam kalimat-kalimat di bawah ini merupakan kata-kata perulangan (= reduplikasi) kata majemuk dalam bahasa Balim. Kata-kata majemuk reduplikasi merupakan ...

Bahasa Balim dalam Antropologi Budaya

Mengenal Bahasa Balim 4

Masalah bahasa dan sastra di Indonesia berkenaan dengan tiga masalah pokok yaitu masalah bahasa nasional pada umumnya, bahasa daerah, dan bahasa asing. Dari ketiga masalah pokok tersebut perlu digarap dengan sungguh-sungguh dan terencana dalam rangka pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia. Pembinaan bahasa ditujukan pada peningkatan kualitas pemakaian bahasa yang baik dan benar. Pengembangan bahasa ditujukan pada pemenuhan fungsi bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi nasional dan sebagai wahana pengungkapan nilai rasa bahasa dalam kehidupan sosial dan bermasyarakat sesuai dengan perkembangan zaman. Dalam rangka upaya pencapaian tujuannya itu, maka perlu dilakukan penelitian atau penulisan untuk mendeskripsikan aspek-aspek bahasa daerah, bahasa Indonesia, maupun bahasa asing. Bahasa daerah Balim merupakan salah satu bahasa daerah yang ada di Indonesia pada umumnya dan bahasa daerah di Papua pada khususnya. Oleh karena itu, bahasa daerah Balim ini perlu diangkat ke permukaan sehingga mampu bersaing dengan bahasa daerah lain yang ada di Indonesia. Kehadiran buku Deskripsi Kata Sifat Bahasa Balim merupakan salah satu upaya penulis dalam rangka melestarikan bahasa daerah Balim agar tidak mengalami kepunahan dan diharapkan tetap dapat dipertahankan dan dikembangkan oleh para penutur-penuturnya.

Masalah bahasa dan sastra di Indonesia berkenaan dengan tiga masalah pokok yaitu masalah bahasa nasional pada umumnya, bahasa daerah, dan bahasa asing.