Sebanyak 42 item atau buku ditemukan

Membangun Karakter Anak dengan Alquran

Buku ini merupakan hasil penelitian penulis dari tesis yang berjudul “Manajemen Pembentukan Karakter Anak dalam Perspektif Alquran” yang menguraikan sudut pandang/pandangan Alquran tentang manajemen dalam pembentukan karakter anak, di mana Alquran menguraikan bagaimana mengatur pembentukan karakter anak mulai dari lingkungan keluarga sampai dengan lingkungan masyarakat. Paparan Alquran tentang pembentukan karakter anak dalam hal pendidikan meliputi ruang lingkup pendidikan anak, dalam hal ini ada tiga, yaitu: pendidikan informal, formal dan nonformal. Periodesasi pendidikan anak dalam perspektif Alquran bisa dikategorikan lengkap. Hal ini bisa dilihat dari periodesasi pendidikan anak mulai dari prakonsepsi, pranatal, pascanatal dan remaja. Di sinilah peran orang tua untuk membentuk karakter anaknya sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran. Jika orang tua dapat untuk mengaplikasikan dan memosisikan diri sesuai dengan yang ada dalam Alquran, maka akan terbentuk generasi-generasi berkarakter Qurani. Metode yang digunakan dalam penelitian buku ini adalah metode library research yaitu suatu metode untuk dapat memperoleh data dengan mempelajari buku-buku dari literatur/perpustakaan. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif.

Buku ini merupakan hasil penelitian penulis dari tesis yang berjudul “Manajemen Pembentukan Karakter Anak dalam Perspektif Alquran” yang menguraikan sudut pandang/pandangan Alquran tentang manajemen dalam pembentukan karakter anak, di ...

Penyempurnaan Sistem Bikameral Indonesia & Sinergitas DPD dengan DPR

Buku ini merupakan lahir dari penelitian. Ya, buku ini lahir dari embrio disertasi bertajuk “Sengketa Kewenangan Lembaga Negara dalam Penerapan Sistem Bikameral di Indonesia Studi terhadap Sengketa Kewenangan DPD-RI (DPD) dengan DPR-RI (DPR) dalam Pelaksanaan Fungsi Legislasi”. Penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak yang mengantarkan riset ini menjadi sebuah buku. Disusun berdasarkan pengalaman empiris bekerja di DPR maupun DPD dan merasakan suasana kebatinan yang timbul dalam dinamika hubungan kedua lembaga dalam pelaksanaan tugas, fungsi dan kewenangannya terutama pada fungsi legislasi. Sebagai sebuah refleksi empiris yang berada dalam dua lembaga tersebut, bahan terakhir penulis menjadi anggota DPD sehingga dapat menjadi rujukan dalam memahami relasi DPD dengan DPR dalam kurun waktu dulu, kini, dank ke depan. Secara teoretis, diharapkan buku ini dapat meberikan kegunaan bagi pengembangan teori ilmu hukum, khususnya hukum tata negara, yaitu berupa kerangka teoritik hubungan lembaga negara dan sengketa lembaga negara khususnya dalam pelaksanaan fungsi legislasi pada parlemen yang menggunakan sistem bikameral. Secara praktis diharapkan memberikan sumbangan bagi perbaikan penanganan sengketa lembaga negara dan pelaksanaan fungsi legislasi yang melibatkan DPD dan DPR, agar dapat berjalan secara sinergis dan pada giliranya akan mampu meningkatkan kinerja legislasi dalam kerangka penerapan sistem bikameral. Penelitian dan penulisan buku hasil riset ini menggunakan paradigma konstruktif. Menurut Thomas S. Kun,[1] paradigma ilmiah adalah contoh-contoh praktik ilmiah yang aktual dan dapat diterima. Contoh tersebut mencakup undang-undang, teori, penerapan, dan instrumentasi secara bersama-memberikan model yang darinya timbul tradisi penelitian ilmiah khusus yang koheran. Paradigma adalah cara kita memahami kehidupan, seperti air bagi ikan. Paradigma menjelaskan kehidupan ini kepada kita dan memudahkan kita untuk mengira-ngira perilakunya. Dalam pemahaman yang lain menegaskan bahwa paradigma adalah kerangka kerja dari pikiran, skema untuk memahami dan menjelaskan aspek tertentu dari kehidupan ini. Pengertian paradigma juga dimaknai sebagai seperangkat kepercayaan atau keyakinan dasar yang menuntun seseorang dalam bertindak dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam penyelidikan ilmiah.[2] Kaum konstruktivisme berpendirian bahwa manusia pada dasarnya mengkonstruksi dan memodifikasi konsep, model, realitas, termasuk pengetahuan dan kebenaran hukum. Dalam mengembangkan suatu paradigma khususnya paradigma konstruktif harus didasarkan pada aspek filosofi dan metodologis yang meliputi dimensi:[3] Ontologis, yaitu realitas merupakan konstruksi sosial, kebenaran suatu realitas bersifat relatif, berlaku sesuai kontek spesifik yang dinilai relevan pelaku sosial. Epistemologis, yaitu transaksional/subjektif : Pemahaman tentang suatu realitas, atau temuan suatu penelitian merupakan produk interaksi antara yang meneliti dan yang diteliti. Metodologis, terutama pendekatan reflective/dialectical menekankan empati dan intraksi dialektik antara peneliti-responden untuk merekonstruksi realitas diteliti melalui metode-metode kualitatif.

Bahkan lebih dari itu, salah satu persyaratan anggota DPRGR yang untuk dapat diangkat semua anggta DPR harus menyetujui Undang-Undang Dasar, dan Sosialisme Indonesia, Demokrasi Terpimpin, Ekonomi Terpimpin dan Kepribadian Indonesia ...

KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN : Panduan Lengkap bagi Guru Profesional

Pembelajaran merupakan aktivitas (proses) yang sistematis yang terdiri atas banyak komponen. Masing-masing komponen pembelajaran tidak bersifat parsial (terpisah) atau berjalan sendiri-sendiri, tetapi berjalan secara teratur, saling membutuhkan, komplementer dan berkesinambungan. Untuk itu, diperlukan pemahaman yang komprehensif berkenaan dengan kurikulum dan pembelajaran yang baik. Buku ini berjudul Kurikulum dan Pembelajaran: Panduan Lengkap bagi Guru Profesional, dimaksudkan memberikan wawasan pengetahuan bagi setiap guru dan calon guru saat ini mengenai pentingnya memahami kurikulum dan pembelajaran sesuai dengan konteks kekinian ilmu pendidikan di Indonesia. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan buku ini masih jauh dari sempurna, di sana sini masih banyak kekurangan dan kesalahan. Untuk itu semua guna perbaikan ke depan, penulis mengharapkan kritik dan saran kontruktif dari semua pembaca. Semoga buku menjadi amal jariah bagi penulis dan bernilai pahala di sisi Allah SWT. Amin Ya Rabbal’alamin!

Buku ini berjudul Kurikulum dan Pembelajaran: Panduan Lengkap bagi Guru Profesional, dimaksudkan memberikan wawasan pengetahuan bagi setiap guru dan calon guru saat ini mengenai pentingnya memahami kurikulum dan pembelajaran sesuai dengan ...

Belajar Energi Bunyi dengan KIT IPA

Media pembelajaran KIT IPA ini memberikan kesempatan siswa belajar eksperimen menggunakan KIT IPA untuk membuktikan Energi Bunyi dengan cara yang menarik bersama teman-teman di kelas. Dengan adanya praktikum menggunakan KIT IPA tentang energi bunyi, guru lebih mudah menumbuhkan ketuntasan belajar anak, sehingga anak memperoleh pengalaman langsung. Dengan media KIT IPA, siswa yang tadinya merasa malas ketika mendengarkan materi tentang energi panas dan bunyi, menjadi lebih semangat dalam memahami isi materi pelajaran. Buku ini merupakan hasil riset penelitian tindakan kelas yang memberikan dampak secara teoretis maupun praktis untuk peningkatan kualitas pendidikan. Penulis mengucapkan banyak terima kasih karena banyak pihak yang membantu menyukseskan penerbitan buku ini. Semoga buku ini bermanfaat bagi guru dan utamanya bagi kemajuan pendidikan di Indonesia.

Media pembelajaran KIT IPA ini memberikan kesempatan siswa belajar eksperimen menggunakan KIT IPA untuk membuktikan Energi Bunyi dengan cara yang menarik bersama teman-teman di kelas.

Pembinaan Keahlian Perawatan Jenazah bagi Mujahizah: Studi Kasus di Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung

Buku hasil dari pengabdian kepada masyarakat dengan judul “Pembinaan Keahlian Perawatan Jenazah bagi Mujahizah di Wilayah Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung” ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas mujahizah (perawat jenazah perempuan) di wilayah Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung, khususnya dalam hal memandikan dan mengafani jenazah. Metode yang diterapkan oleh pendamping adalah ABCD (Asset Based Community Development), di mana pelatihan perawatan jenazah dilakukan melalui langkah-langkah 1) Discovery (Menemukan), 2) Dream (Impian), 3) Design (Merancang), 4) Define (Menentukan), dan 5) Destiny (Lakukan). Pelaksanaan kegiatan pembinaan keahlian perawatan jenazah berupa FGD, pelatihan, pendampingan, monitoring dan evaluasi, dan ekspose hasil. Target pembinaan keahlian perawatan jenazah tersebut adalah mujahizah semakin membuka wawasan dan pengetahuan tentang bagaimana memperlakuan orang menjelang sakaratul maut, memperlakukan orang yang yang sudah meninggal dunia, memandikan, mengafani, menyalati dan mengubur jenazah. Sementara itu, pendampingan dilakukan dengan memberikan dorongan dan motivasi agar mereka mampu mempraktikkan perawatan jenazah melalui video tutorial hingga praktik menghadapi jenazah yang sesungguhnya. Program pengabdian ini menginspirasi terbentuknya pendampingan perawatan jenazah melalui pendidikan perawatan jenazah, kerja sama Tim Pengabdian dengan Jurusan Syariah STAINU Temanggung, yang dinamai dengan sebutan Tadrisul Janazah.

Buku hasil dari pengabdian kepada masyarakat dengan judul “Pembinaan Keahlian Perawatan Jenazah bagi Mujahizah di Wilayah Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung” ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas mujahizah (perawat jenazah ...

FIKIH HAID: Ilustrasi dan Permasalahannya

Agama Islam dengan syariatnya telah mengatur segala aspek kehidupan, termasuk pribadi kaum hawa. Tanpa mereka sadari aturan syariat yang seakan banyak mengekang dan membatasi mereka justru sebenarnya merupakan perhatian yang lebih dari agama ini terhadap kaum wanita. Di antara hal yang menjadi perhatian syariat Islam terhadap diri wanita adalah permasalahan haid. Di masyarakat umum haid dikenal dengan istilah menstruasi. Kebiasaan yang alami ini oleh mereka hanya dihubungkan dengan kesehatan semata, padahal dalam Islam masalah haid sangatlah erat hubungannya dengan Ibadah. Oleh karenanya, seorang muslimah harus mempunyai pengetahuan ekstra tentang masalah ini, karena nantinya akan berkaitan dengan masalah salat, puasanya dan ibadah-ibadah yang lain. Para ulama telah membahas dan mengkaji masalah haid dengan secara seksama. Melalui riset (istiqra’) Imam Syafi’i ditemukanlah metode yang menjadi standar untuk mengetahui mana itu haid dan mana itu darah yang bukan haid secara lebih rinci, sehingga pada perkembangannya permasalahan haid menjadi lebih mudah dikaji dan dipahami. Sebenarnya sudah banyak buku-buku Islami yang membahas tentang haid, intinya mudah dan praktis untuk dipelajari. Namun, permasalahan dalam haid itu sendiri jika kita telaah secara mendalam akan kita temui banyak permasalahan yang butuh dikaji, sehingga tidak akan cukup kiranya jika hanya ditulis dalam satu atau dua jilid buku. Untuk itu, hadirlah di tangan saudara-saudari buku “Fikih Haid, Ilustrasi dan Permasalahannya”. Dibahas di dalamnya tentang haid, nifas dan istihadlah serta kasus-kasus pelik yang kadang luput dari perhatian kita. Untuk lebih memudahkan memahaminya, sengaja penulis cantumkan ilustrasi sebagai pendukung. Buku ini mengacu pada karya-karya ulama salaf dari kitab-kitab yang mu’tabar di lingkungan mazhab Syafi’i dalam rangka usaha penulis untuk ikut serta dalam tebar ilmu dan khususnya mengambil berkah dari ilmu dan ulamanya. Semoga buku ini mampu menghilangkan dahaga para pembaca akan ilmu agama dan melengkapi lembar-lembar yang masih tertinggal dari khazanah buku Islam. Harapan penulis, buku ini dapat bermanfaat dan menjadi tabungan pahala yang mengalir tak ada putusnya, untuk diri penulis, guru dan kedua orang tua yang dengan sebab mereka buku ini bisa terwujud. Amin.

Agama Islam dengan syariatnya telah mengatur segala aspek kehidupan, termasuk pribadi kaum hawa.

Menyusun RPP Kurikulum 2013 (Strategi Peningkatan Keterampilan Guru SMP Menyusun RPP Melalui In House Training)

Buku ini merupakan hasil riset yang bertajuk “Peningkatan Kemampuan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui In House Training Bagi Guru SMP di Wilayah Binaan Tahun 2018”. Penulis memanjatkan segala puji kepada Tuhan Yang Mahakuasa, karena atas limpahan rahmat dan nikmat-Nya, akhirnya buku hasil riset ini dapat diselesaikan. Buku hasil penelitian tindakan sekolah ini berangkat dari penelitian bertajuk “Peningkatan Kemampuan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Melalui In House Training Bagi Guru SMP di Wilayah Binaan Tahun 2018” yang dilaksanakan dalam rangka mengembangkan kemampuan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013. Hal ini sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Penertiban Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, yang mewajibkan tenaga pendidik menyusun perangkat pembelajaran. Tujuan penelitian yang termuat dalam buku ini untuk meningkatkan kemampuan menyusun RPP melalui kegiatan In House Training bagi guru pada SMP di wilayah binaan tahun 2018. Penelitian dilaksanakan terhadap guru PKn SMP wilayah binaan dengan mengambil tempat pertemuan di SMP Negeri 1 Kaloran. Waktu penelitian pada semester 2 tahun pelajaran 2017/2018. Sumber datanya berasal dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Dalam pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, tes dan observasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan melakukan dua tindakan dalam dua siklus. Hasil kegiatan guru dianalisis menggunakan analisis deskriptif komparatif yang dilanjutkan dengan refleksi, sedangkan aktivitas dalam kegiatan dianalisis dengan deskriptif kualitatif yang dilanjutkan dengan refleksi.

Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis Paikem. Semarang:Rasail Media Group. Khaeruddin .2007. KTSP Konsep dan Implementasinya di Madrasah. Semarang:Pilar Media. Kusmianto.1997. Panduan Pembinaan Guru Oleh Pengawas. Jakarta.

Nilai-nilai Pendidikan Anak

Buku ini memberikan penjelasan pentingnya menanamkan nilai-nilai positif pada anak didik sejak dini. Dengan disertai pendekatan yang efektif untuk menanamkan nilai-nilai luhur dan pendidikan pada jiwa anak. Mengingat, pada beberapa dasawarsa terakhir ini terjadi kecenderungan baru di dunia yaitu tumbuhnya kembali kesadaran nilai. Kecenderungan ini terjadi secara global yang dapat digambarkan sebagai sebuah titik balik dalam peradaban manusia. Di mana-mana orang berbicara tentang nilai dan dalam banyak kesempatan tema-tema tentang nilai atau yang terkait dengan nilai dibahas. Menelaah nilai sebagai tema abstrak memang tidak sederhana. Konsep tentang penyadaran nilai dapat kita definisikan dengan cerdas tetapi ketika menjawab implementasi penyadaran nilai agar berlangsung secara optimal maka terkadang yang terjadi adalah kesulitan dalam menjelaskannya. Maka diperlukan ilmu yang memadai untuk bisa menerangkan nilai-nilai sebagai suatu sistem yang objektif dan universal. Pendidikan yang baik dan tepat sasaran akan membawa sistem nilai tidak hanya bersifat teoretis akan tetapi secara praktis dapat diterapkan.

adalah pendidikan anak yang islami, antara lain36 : a. Pendidikan Ibadah Aspek pendidikan ibadah ini ... 36 Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009), hlm. 321. 37 Departemen Agama, Al-Qur'ān dan ...

Pembelajaran Bahasa Indonesia

Puji Syukur Penulis sampaikan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Buku Ajar ini dengan baik dan tepat waktu. Dengan dibuatnya Buku Ajar ini penulis berharap agar dapat bermanfaat dan membantu dalam memahami materi Bahasa Indonesia.Selanjutnya rasa terimakasih yang penulis ucapkan kepada semua pihak yang membantu dalam penyelesaian buku ajar ini. Penulis sangat menyadari sekali bahwa buku ajar ini masih jauh dari kesempurnaan, maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran pembaca demi kesempurnaan Buku Ajar ini kedepannya.Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih.Mudah-mudahan bermanfaat bagi para pembaca.

Puji Syukur Penulis sampaikan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Buku Ajar ini dengan baik dan tepat waktu.

Metodologi penelitian kuantitatif

Penyajian topik bahasan pada buku ini disajikan secara runtut, mulai dari pembahasan tentang definisi penelitian, kemudian topik penelitian kunatitaif hingga tekhnik dalam melakukan analisis dan penyajian data kuantitatif. Selain itu, tata cara penyusunan laporan penelitian dimulai dari penulisan judul hingga penyusunan sumber rujukan juga dibahas dalam buku ini secara ringkas dan jelas. Penyusunan buku ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari banyak pihak. Untuk itu, dengan segala kerendahan hati dan rasa hormat penulis menghaturkan terimakasih yang sebesar- besarnya kepada Dr. Ahmad Sultra Rustan, M.Si selaku Rektor IAIN Parepare yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk ikut ambil bagian dalam program penulisan buku ajar di lingkungan IAIN Parepare. Ucapan terimakasih juga penulis sampaikan kepada Dekan FUAD, Dr. H. Abd. Halim K, M.A karena telah mempercayakan penulis mengampu mata kuliah metodologi penelitian kuantitatif. Tak lupa pula ucapan terimakasih penulis sampaikan kepada Ketua Prodi Pengembangan Masyarakat Islam, Dr. Hj. Sitti Aminah, M.Pd untuk segala dukungan yang diberikan kepada penulis dalam menyelesaikan buku ini. Penulis menyadari bahwa buku ini masih jauh dari sempurna, untuk itu dengan segala kerendahan hati penulis harapkan adanya kritikan dan saran demi kesempurnaan buku ini. Mudah-mudahan buku ini dapat memberikan manfaat, khususnya dalam peningkatan mutu pendidikan.

Ucapan terimakasih juga penulis sampaikan kepada Dekan FUAD, Dr. H. Abd. Halim K, M.A karena telah mempercayakan penulis mengampu mata kuliah metodologi penelitian kuantitatif.