Sebanyak 14 item atau buku ditemukan

Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Matematika Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa

Kemampuan berpikir kreatif selalu menjadi tujuan pendidikan dari masa ke masa. Kreativitas seseorang itulah yang mengubah peradaban. Restorasi, revolusi, atau inovasi memerlukan kemampuan berpikir kreatif di luar kebiasaan. Seseorang perlu terbuka, berpikir independen, fleksibel dan imajinatif untuk mewujudkan perubahan yang orisinal dan “baru” tetapi tetap bermanfaat di bidangnya. Dalam belajar matematika, seorang siswa perlu dibekali tidak hanya pemahaman dan keterampilan matematika tetapi juga kemampuan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah matematika. Kebiasaan itu diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dewasa ini perkembangan teknologi seakan mengejar semua sistem kehidupan manusia, termasuk pendidikan matematika. Integrasi dalam kehidupan maupun pembelajaran tidak dapat dielakkan lagi. Sementara, guru belajar satu teknologi maka teknologi lain bermunculan yang lebih canggih, efektif, dan efisien. Adaptasi guru dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran diperlukan terus menerus dan berkesinambungan. Peserta didik rata-rata dilahirkan dalam lingkungan teknologi yang canggih, sehingga adaptasi dan keterampilannya dalam berteknologi lebih baik. Agar pembelajaran tetap menarik dan memotivasi peserta didik, serta menumbuhkan kemampuan berpikir kreatifnya, maka integrasi teknologi itu semakin diperlukan. Untuk itu perlu dikembangkan model intrgrasinya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa

Kompetensi professional guru seharusnya meliputi penguasaan materi (subject matter knowledge) dan kemampuan mendesain ... studi yang lebih baru telah mengalihkan fokus ke pengembangan pengetahuan guru mereka (Clark-Wilson, Robutti, ...

Banting stir politik pertahanan/keamanan, susunan A. H. Nasution

Concept of self-reliance in defense policy and security.

Concept of self-reliance in defense policy and security.

Filsafat Ilmu

Filsafat yang dalam bahasa Arab Falsafah, inggris Philosopy, Yunani Philosophia. Filsafat merupakan salah satu bidang ilmu yang mengkaji cara berpikir secara mendalam tentang sesuatu. Pengertian ilmu berasal dari kata bahasa Arab ‘ilmu, Inggris science, Belanda watenchap, dan Jerman wissenchap. Pengetahuan dapat menjadi ilmu apabila mempunyai bidang garapan filsafat ilmu terutama diarahkan pada komponenkomponen yang menjadi tiang penyangga bagi eksistensi ilmu, yang penyangga itu ada 3 macam yaitu Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi. Di dalam bidang ilmu ada 2 macam objek filsafat; yaitu objek material filsafat ilmu, merupakan suatu bahan yang menjadi tinjauan penelitian atau pembentukan pengetahuan atau hal yang diselidiki dan objek formal filsafat ilmu, merupakan sudut pandang darimana sang subjek menelaah objek materialnya. Filsafat ilmu adalah tinjauan kritis tentang pendapat ilmiah dengan menilai metode- metode pemikirannya secara netral dalam kerangka umum cabang pengetahuan intelektual. Filsafat Ilmu Pengetahuan berusaha membahas ilmu pengetahuan seba- gai obyeknya secara rasional (kritis, logis, dan sistematis), menyeluruh dan mendasar. Kami menyadari bahwa Buku ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan buku ini. Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan Buku ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi segala usaha kita. Amin.

Filsafat ilmu adalah tinjauan kritis tentang pendapat ilmiah dengan menilai metode- metode pemikirannya secara netral dalam kerangka umum cabang pengetahuan intelektual.

Perencanaan & Pengembangan Sumber Daya Manusia Tinjauan Teoritis dan Praktik

Perencanaan dan Pengembangan sumber daya manusia dalam dunia kerja mengalami perubahan yang mendasar karena tuntutan target yang harus dipenuhi oleh perusahaan sebagai produsen yang memproduk barang atau jasa dituntut serba cepat dan membutuhkan tenaga kerja kompeten. Banyak perusahaan membuat Visi dan Misi tetapi belum mengimplementasikan, juga belum didukung oleh sebagian karyawan bahkan di level pimpinan hanya sekedar bekerja saja. Beberapa hal kenapa karyawan belum mendukung, mungkin karena kurang memberikan sosialisasi tentang rencana kerja, atau rencana terlalu tinggi Buku ini berisikan tentang Pentingnya perencanaan SDM, Tujuan perencanaan SDM, Fungsi Perencanaan SDM, Sumber Perencanaan SDM, Pengembangan Perencanaan SDM, Meritoktasi Sistem, Dsb. Yang sangat dibutuhkan bagi Mahasiswa, Dosen, Perusahaan maupun Umum sebagai buku refensi di dunia bisnis yang semakin berkembang dan maju.

Perencanaan dan Pengembangan sumber daya manusia dalam dunia kerja mengalami perubahan yang mendasar karena tuntutan target yang harus dipenuhi oleh perusahaan sebagai produsen yang memproduk barang atau jasa dituntut serba cepat dan ...

The Dark Continent: Sejarah Afrika

Buku ini terdiri dari 8 BAB yang secara garis besar berisi tentang kehidupan bangsa Afrika sejak zaman Pra-Aksara hingga zaman Afrika Modern. Adapun konten dari setiap BAB adalah hasil library research penulis dikolaborasikan dengan hasil penelitian dari peneliti/penulis lain kemudian disunting secara kritis, komparatif dan komprehensif sehingga menghasilkan sebuah buku ajar Sejarah Afrika yang relevan. BAB I secara umum memberikan gambaran tentang geografis Afrika, demografi Afrika dan pola kehidupan masyarakat Afrika secara umum. BAB II menguraikan tentang berbagai temuan-temuan arkeologis di Afrika dibeberapa tempat yang menggambarkan pola kehidupan Pra-Aksara di Afrika hingga lahirnya Peradaban Mesir Kuno. BAB III menceritakan tentang kerajaan-kerajaan tradisional di Afrika (Pasca Runtuhnya Mesir) berdasarkan catatan-catatan sejarah penting dari beberapa tokoh yang hidup dilingkungan kerajaan-kerajaan Afrika tersebut. BAB IV dan BAB V berisi tentang sejarah perkembangan Islam di Afrika dan kehidupan bangsa-bangsa Afrika sebelum Imperialisme bangsa Eropa di abad 19. BAB VI menguraikan sejarah muncul dan berkembangnya imperialisme Eropa di Afrika yang menandai adanya perubahan hubungan antara bangsa Afrika dan Eropa pada abad XIX. BAB VII menggambarkan secara umum perjuangan Bangsa-bangsa Afrika dalam melepaskan diri dari kolonialisme dan imperialisme bangsa-bangsa Eropa. Terakhir, pada BAB VIII berisi uraian tentang sepak terjang Bangsa Afrika Pada Peristiwa Perang Dunia I dan II.

Buku ini terdiri dari 8 BAB yang secara garis besar berisi tentang kehidupan bangsa Afrika sejak zaman Pra-Aksara hingga zaman Afrika Modern.

Pendekatan Pembelajaran Guru

Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai tolak ukur atau sudut pandang seseorang terhadap proses pembelajaran, hal ini merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoritis tertentu. Dilihat dari pendekatannya, pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, yaitu: (1) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach) dan (2) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach). Lebih jelasnya, buku ini akan membahas tentang : Bab 1 Pendekatan Induktif Bab 2 Pendekatan Deduktif Bab 3 Pendekatan Inkuiri Bab 4 Pendekatan Discovery Learning (PDL) Bab 5 Pendekatan Lingkungan Bab 6 Pendekatan Konsep Bab 7 Pendekatan CBSA Bab 8 Pendekatan Pemecahan Masalah Bab 9 Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Bab 10 Pendekatan Mutual Adaptasi (PMA) Dalam Pembelajaran

Dilihat dari pendekatannya, pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, yaitu: (1) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach) dan (2) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau ...