Sebanyak 1608 item atau buku ditemukan

Metodologi Tafsir Tarbawi

Alquran sebagai sumber primer pendidikan Islam memerlukan pengkajian dan analisis mendalam. Untuk itu, diperlukan metode tafsir khusus yang dapat mengupas kandungan Alquran yang berkaitan dengan pendidikan. Buku ini memuat langkah-langkah metodologis-aplikatif tafsir tarbawi dalam mengkaji ayat-ayat pendidikan. Metodologi ini menggunakan metode tafsir tematik Al-Farmawi sebagai kerangka teoretis. Selain itu, buku ini menjadikan perpaduan analisis tafsir lughawi, tafsir tahlili, dan tafsir tarbawi sebagai pisau analisis. Buku ini sangat tepat dijadikan referensi bagi mahasiswa, khususnya yang sedang mengkaji tentang pendidikan perspektif Alquran. Bagi praktisi pendidikan Islam, buku ini akan memperdalam pengetahuan terhadap ayat-ayat Alquran mengenai pendidikan

... . Pembahasan Allah Ø berfirman dalam Surah Al-'Alaq: 1–5: Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan 98 Metodologi Tafsir Tarbawi Bab 5 Contoh Produk Tafsir Tarbawi Untuk Kepentingan Nonakademik.

TEOLOGI MULTIKULTURAL Tafsir Tematik Ayat-Ayat Multikulturalisme

Diskursus multikulturalisme di negara kita akhir-akhir ini terlihat menggembirakan. Banyak sarjana muslim telah mencurahkan pemikirannya untuk mengkaji aspek-aspek tersebut dalam konteks keindonesiaan. Multikulturalisme membicarakan tatanan ideologi yang menghendaki persamaan dan persatuan di tengah pusaran keanekaragaman kebudayaan, pluralisme, inklusivisme, moderatisme, dan lain sebagainya. Fenomena ini telah dimulai sejak masa kemerdekaan. Para sarjana terus-menerus memikirkan secara akademis sebagai upaya merekatkan rakyat Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku, budaya, agama, dan bahasa dalam satu wadah toleransi dan saling menghargai. Mungkin, pada masa pemerintahan Abdurrahman Wahid tema diskusi ini cukup berperan besar.

Ayumardi Azra mengatakan bahwa pendidikan multikultural dapat didefinisikan sebagai “pendidikan untuk atau tentang keragaman budaya dalam merespons perubahan dengan demografis dan kultural lingkungan masyarakat tertentu bahkan dunia ...

KARAKTERISTIK TAFSIR DI INDONESIA

Analisis terhadap Tafsir Juz ‘Amma Risālat al-Qawl al-Bayān dan Kitāb al- Burhān

Buku ini berisi tentang kajian karakteristik tafsir, ditinjau dari bagaimana aplikasi sumber, metode dan corak tafsir dalam kitab Risālat al-Qawl al-Bayān karangan Sulaiman al-Rasuli dan Kitāb al-Burhān karya Abdul Karim Amrullah. Selain itu disertasi ini juga mengkaji perbedaan penafsiran yang terdapat dalam kedua kitab tafsir tersebut. Buku ini merupakan hasil penelitian dengan sumber primer kitab tafsir Risālat al-Qawl al-Bayānkarya Sulaiman al-Rasuli dan Kitāb Tafsīr Al-Burhān karya Abdul Karim Amrullah. Sumber sekunder penelitian ini adalah kitab-kitab tafsir karya berbagai mufassīr dan buku teks yang berhubungan dengan penelitian. Kesimpulan penulis adalah penafsiran tekstual antara tradisionalis dengan modernis berbeda. Tekstual tradisionalis adalah menafsirkan al-Qur’an secara lahiriah dan memberi penafsiran secara harfiah. Sedangkan penafsiran tekstual modernis merupakan penafsiran yang tidak terlepas dari penafsiran harfiyah namun di dalamnya juga menggunakan nalar aqliyah. Perbedaan penafsiran antara kedua mufassīr tersebut bersifat variatif bukan kontradiktif.

Di antara ulama yang terkenal dengan keahlian di bidan ilmu hadits, tafsir dan faraidh adalah Tuanku Sumanik.19 Sebelum dirangsang perkembangan pendidikan umum yang bernama sekolah, sistem pendidikan surau masih tetap aman.

Tafsir Kewajiban Dakwah: Studi Komparatif Panggung Belakang Penafsiran Ibn Katsir dan M. Quraish Shihab

Buku ini adalah hasil gubahan penulis sendiri dari tesis penulis yang berhasil dipertahankan di hadapan dewan penguji di Program Pascasarjana Institut (Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an) PTIQ Jakarta dengan judul tesis asli “Kewajiban Dakwah dalam Al-Qur’an antara Fardu Ain dan Fardu Kifayah (Studi Komparatif atas Tafsîr Ibn Katsîr dan Tafsîr Al-Mishbâh)”.

Belum lagi pendidikan keseharian yang ditanamkan oleh ayah dan ibunya di rumah pendidikan keluarga yang tegas namun humanis diterima langsung oleh M. Quraish dari ayahnya Abdurrahman Shihab. Setiap maghrib semua putra-putrinya tanpa ...

Tafsir Tematik-Sosial

Studi atas Ensiklopedi al-Qur'an dan Paradigma al-Qur'an Karya M. Dawam Rahardjo

Diskursus tafsir tematik sebagai tafsir ideal era kontemporer di Indonesia telah sampai pada pembagian dua arah penafsiran, yaitu dari teks ke realitas dan dari realitas ke teks. Pemilihan salah satu dari dua arah penafsiran tersebut dianggap menentukan hasil penafsiran yang aplikatif dalam menjawab problematika sosial di masyarakat. Beberapa penelitian terakhir menunjukkan bahwa arah penafsiran dari realitas ke teks lebih diminati oleh para pengkaji tafsir karena dianggap sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Buku ini menyimpulkan bahwa tafsir tematik yang digagas M. Dawam Rahardjo dalam Ensiklopedi Al-Qur'an dan Paradigma Al-Qur'an adalah tafsir tematik-sosial yang menjadikan realitas sosial sebagai titik tolak penafsiran. Dengan bentuk tafsir ensiklopedis yang menjadikan kata-kata kunci sebagai pijakannya, tafsir tematik-sosial ini mempunyai tiga titik tolak, yaitu: konsep ilmu-ilmu sosial dan budaya, istilah-istilah al-Qur'an, dan istilah-istilah keilmuan Islam klasik. Pemilihan konsep tersebut ditentukan berdasarkan permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat. Oleh karena itu, tafsir tematik-sosial menggunakan pendekatan kontekstual berupa pendekatan sosial-historis untuk mendialogkan teks dengan realitas.

Pendidikan Sebagaimana diuraikan di atas, M. Dawam Rahardjo telah mendapatkan pendidikan dasar dari keluarganya secara langsung. Kondisi ekonomi keluarga yang tergolong mampu dan berpendidikan turut membangun karakter serta kepribadian ...

Tafsir surah Al-Fatihah

Hanya hamdalah sebagai bentuk ucapan syukur yang dapat menggambarkan pengagungan Allah terhadap segenap nikmat-Nya. Hal itu merupakan simpul rasa syukur dan pangagungan terhadap Zat yang Mahaagung dan Maha segalanya. Demikianlah hamdalah sebaiknya dipraktikkan dalam beragam aktivitas manusia dan jin sebagai wujud penghambaan mereka kepada Allah. Hamdalah ini diturunkan oleh Allah kepada seluruh Hamba-Nya sebagaimana termaktub dalam Surah Al-Fatihah, surah yang menjadi fokus utama buku ini. Manusia diciptakan untuk disayangi oleh Allah, bahkan semua isi kandungan Alquran yang tersimpul dalam Surah Al-Fatihah merupakan bentuk kecintaan-Nya kepada para hamba. Realitas Allah memutlakkan lahirnya kesimpulan utama bagi manusia sebagai hamba, yaitu hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan. Pertolongan yang menjadi prioritas bagi hamba adalah mendapatkan hidayah menuju jalan lurus, yaitu jalan yang mencakup ilmu yang benar dan amal yang tepat berdasarkan Alquran dan sunnah. Kesatuan ilmu dan amal merupakan jalan lurus yang seharusnya ditempuh oleh umat Islam agar terhindar dari kemurkaan dan kesesatan. Sasaran pembaca buku ini adalah mahasiswa, pelajar, guru agama, pemerhati tafsir Alquran, masyarakat umum yang peduli terhadap isu-isu keislaman, serta mereka yang telah memiliki basis pemahaman keislaman yang cukup mendasar.

Perhatian ini dapat dikatakan sebagai pendidikan yang diberikan Allah terhadap ciptaan-Nya. Dengan demikian, pendidikan seringkali disebut tarbiyah yang merupakan pecahan (derivasi) dari kata “rab”. Pendidikan dalam Islam diartikan ...

Basic Bible Interpretation

A Practical Guide to Discovering Biblical Truth

A hermeneutics book for the common person. Readers will appreciate the scholarly, yet readable style of Roy Zuck, former Professor of Bible Exposition at Dallas Theological Seminary.

A hermeneutics book for the common person. Readers will appreciate the scholarly, yet readable style of Roy Zuck, former Professor of Bible Exposition at Dallas Theological Seminary.

Dictionary for Theological Interpretation of the Bible

This groundbreaking reference tool introduces key names, theories, and concepts for interpreting Scripture.

This groundbreaking reference tool introduces key names, theories, and concepts for interpreting Scripture.

Interpretation, Complete Series Set

This set contians all forty-three volumes in the Interpretation series. Interpretation: A Bible Commentary for Teaching and Preaching is a distinctive resource for those who interpret the Bible in the church. It bridges the gap between critical and expository commentaries and combines exciting biblical scholarship with illuminating textual expositions. Planned and written specifically for teaching and preaching needs, this critically acclaimed biblical commentary is a major contribution to scholarship and ministry.

This set contians all forty-three volumes in the Interpretation series. Interpretation: A Bible Commentary for Teaching and Preaching is a distinctive resource for those who interpret the Bible in the church.

Biblical Interpretation

An Integrated Approach

This comprehensive exploration of the interpretive process, now available in paperback, has served as a successful textbook. It focuses on the three "worlds" of biblical interpretation--the world of the author, the world of the text, and the world of the reader--to help students develop an integrated hermeneutical strategy. The book offers clear explanations of interpretive approaches, which are supported by helpful biblical examples, and succinct synopses of various interpretive methods. Pedagogical aids include end-of-chapter review and study sections with key terms, study questions, and suggestions for further reading.

"Tate offers an informed and balanced study of variety in biblical interpretation. His command of primary and secondary sources and his clarity of presentation make this book a vade mecum for students and teachers.