Sebanyak 3423 item atau buku ditemukan

Islam dan problema-problema kemasyarakatan

Collection of articles previously published in Suara Masjid and Panji Masyarakat.

(2) Islam-phobie Perkataan phobie atau phobi yang berasal dari bahasa Griek
phobos artinya ialah takut, rasa takut. Jadi, Islam-phobie ialah perasaan takut
terhadap Islam. Rasa takut terhadap Islam itu bukanlah dalam arti segan karena
 ...

Sumber daya manusia untuk Indonesia masa depan

himpunan makalah dari Seminar Nasional Sumber Daya Manusia yang diselenggarakan ICMI, FCHI, KCBI, dan PIKI

Human resources development, views from Indonesian Muslim, Buddhist, Hindu, and Christian intellectuals, papers of a seminar.

Kemudian untuk umat-umat yang lain seperti telah diteladankan oleh para '
ulama' dan 'umat' Islam zaman klasik, dapat ... jalan terang, dan yang digunakan
sebagai sumber hukum bagi kaum Yahudi oleh mereka yang pasrah kepada
Tuhan, ...

Etika Bisnis Islam Seni Berbisnis Keberkahan

Etika bisnis merupakan komponen penting dalam aktivitas bisnis. Ketiadaan etika bisnis akan menyebabkan terjadinya konflik dan ketidakharmonisan dalam aktivitas bisnis. Etika Bisnis Islam merupakan aturan-aturan bisnis yang dikonsep oleh nilai-nilai ajaran Islam. Digunakan tidak saja demi menjaga berbagai kepentingan dalam bisnis, melainkan lebih dari itu pelaksanaannya memberikan jaminan kepada pihak-pihak yang terlibat dalam bisnis memperoleh keberkahan dari bisnisnya. Buku Etika Bisnis Islam Seni Berbisnis Keberkahan merupakan ikhtiar penulis untuk menghadirkan etikaetika bisnis Islam dalam aktivis bisnis mulai dari bekerja, berkonsumsi, bersaing, melakukan pemasaran bisnis dan lain sebagainya. Buku ini dikonsep dalam 9 (sembilan) bab yang ditulis secara sistematis sehingga diharapkan memudahkan pembaca dalam memahami dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-har Etika Bisnis Islam Seni Berbisnis Keberkahan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Buku Etika Bisnis Islam Seni Berbisnis Keberkahan merupakan ikhtiar penulis untuk menghadirkan etikaetika bisnis Islam dalam aktivis bisnis mulai dari bekerja, berkonsumsi, bersaing, melakukan pemasaran bisnis dan lain sebagainya.

ETIKA BISNIS ISLAM

Manusia hanya akan menjadi manusia bila mampu menyadari eksistensi dirinya sebagai makhluk Tuhan yang harus tunduk pada ajaran-Nya. Manusia sebagai khalifah fil ardl bertugas mengelola kehidupan di bumi untuk mencapai tujuan kehidupan yang mendasar yaitu kebahagiaan lahir batin, dunia sampai kelak di akhirat. Setelah menyadari hal tersebut maka manusia harus berusaha secara sistematis dengan mengerahkan seluruh potensi diri (spiritual, intelektual dan amal-fisikal) dan mengintegrasikannya dengan pemanfaatan sumber daya alam dan sosial yang ada. Dengan demikian perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup dengan berbisnis apapun, tidak bisa lepas dari relasi dirinya dengan Tuhan, manusia dan alam. Pola relasional antara komponen diri dan aspek-aspek kehidupan tersebut melahirkan suatu tata nilai yang harus dipahami dan dijalankan secara rasional dan penuh tanggung jawab untuk menjamin keberlangsungan hidup secara harmonis dan saling melengkapi satu dengan yang lainnya. Itulah etika bisnis yang dalam ajaran Islam menjadi pedoman bagi terwujudnya kemanusiaan yang bermartabat dengan mengacu kepada prinsip kemashlahatan berbagai aspek. Setiap muslim wajib untuk menerapkan prinsip-prinsip etis dalam berbisnis dan sebaliknya harus menghindari berbagai perilaku yang bertentangan dengan prinsip-prinsip etis. Buku ini membahas bangunan kesadaran etis dan tidak etis sehingga dengan memahaminya dapat mengantarkan kepada peningkatan perilaku dan tindakan yang bertanggung jawab, adil dan sejahtera secara personal maupun sosial.

Musa Asy'arie, Filsafat Ekonomi Islam, (Yogyakarta: LESFI, 2015), hlm. 55-56. 8
Secara detil, Musa Asy'arie menjelaskan bahwa dimensi ekonomi dalam Islam
pada dasarnya tidak bisa dilepaskan dari integralisme tauhid dalam realitas ...

Etika Bisnis dalam Islam

Bisnis adalah pertukaran barang, jasa, atau uang yang saling menguntungkan atau memberikan manfaat. Menurut arti dasarnya, bisnis memiliki makna sebagai “the buying and selling of goods and services.” Bisnis berlangsung karena adanya kebergantungan antarindividu, adanya peluang internasional, usaha untuk mempertahankan dan meningkatkan standar hidup, dan lain sebagainya.1 Bisnis juga dipahami dengan suatu kegiatan usaha individu (privat) yang terorganisasi atau melembaga, untuk menghasilkan dan menjual barang atau jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.2 Bisnis dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan (profit), mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, pertumbuhan sosial, dan tanggung jawab sosial. Dari sekian banyak tujuan yang ada dalam bisnis, profit memegang peranan yang sangat berarti dan banyak dijadikan alasan tunggal di dalam memulai bisnis Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Dr. Ika Yunia Fauzia, Lc., M.E.I.. F. Periodisasi Pemikiran Ekonom Muslim Untuk
mengetahui sumbangsih para ekonom Muslim dalam perekonomian Islam, maka
akan ditampilkan periodisasi pemikiran ekonom Muslim. Hal ini dilakukan untuk
 ...

IMPLEMENTASI ETIKA ISLAM DALAM DUNIA BISNIS

Buku ini ditujukan untuk kalangan akademisi yang interes terhadap kajian etika islam dalam dunia bisnis Buku ini diharapkan dapat memberikan sumbangan terhadap keilmuan di bidang etika dunia bisnis, buku ini dirancang dengan sistematika kajian teoritis dan disadur dari berbagai hasil penelitian, buku dan jurnal sehingga memudahkan khalayak keilmuan dan masyarakat di Indonesia yang membaca buku ini.

Buku ini ditujukan untuk kalangan akademisi yang interes terhadap kajian etika islam dalam dunia bisnis Buku ini diharapkan dapat memberikan sumbangan terhadap keilmuan di bidang etika dunia bisnis, buku ini dirancang dengan sistematika ...

5 Maqashid Syariah dalam Asuransi Syariah

Sebagai bagian dari generasi mandiri yang telah memiliki penghasilan sendiri, kita sadar betul bahwa proteksi hidup sangat penting. Di sisi lain, kita juga ingin menjadi orang yang bermanfaat bagi sesama. Melindungi diri sekaligus menolong orang lain bukanlah hal sulit. Hadirnya asuransi syariah adalah untuk menjadi solusi. Namun, perlu pengenalan lebih lanjut tentang apa itu asuransi syariah dan bagaimana konsepnya. Tak kenal maka tak sayang, oleh karena itu buku Asuransi Syariah is Cool series hadir sebagai media pengenalan asuransi syariah. Melalui buku series berisi 16 chapter ini, kita akan mengenal dan memahami dengan baik seberapa penting, bermanfaatnya asuransi syariah untuk hidup kita dan orang lain. Asuransi Syariah is for the coolest people! Buku persembahan penerbit NaratamaGroup

... Syariah by Cases di Allianz tahun 2018 . Sering diundang ke beberapa agensi untuk berbagi konsep asuransi syariah , menjadi pembicara di Seminar Akbar Allianz Syariah pada 2017 dan 2018 , serta di Sharia Insurance Convention and Award ...

Tempe Sumber Zat Gizi dan Komponen Bioaktif untuk Kesehatan

Buku ini disusun sebagai salah satu bentuk kebanggaan kami sebagai anak bangsa untuk turut melestarikan tempe sebagai warisan budaya. Penulis berharap semoga buku ini bermanfaat bagi pembaca untuk kembali ke pola makan yang sehat. Buku ini juga akan dijadikan pedoman untuk pembinaan pengrajin tempe agar produk yang dihasilkannya dapat memenuhi standar mutu tempe nasional (SNI) dan standar mutu tempe internasional (Codex).

Buku ini juga akan dijadikan pedoman untuk pembinaan pengrajin tempe agar produk yang dihasilkannya dapat memenuhi standar mutu tempe nasional (SNI) dan standar mutu tempe internasional (Codex).

Ekonomi Pancasila dalam Pusaran Globalisasi

Bianglala Catatan Harian Facebook Didin S. Damanhuri 2014-2019 Buku 2

Buku kedua yang ditulis bersama Ahmad Erani Yustika ini dapat membuat pembaca menemukan benang merah seutuhnya terkait apa, mengapa, dan bagaimana tantangan Sistem Ekonomi Pancasila (SEP) dan dialektiknya dengan arus globalisasi serta revolusi industri 4.0 yang menandai dekade terakhir ini.

Buku kedua yang ditulis bersama Ahmad Erani Yustika ini dapat membuat pembaca menemukan benang merah seutuhnya terkait apa, mengapa, dan bagaimana tantangan Sistem Ekonomi Pancasila (SEP) dan dialektiknya dengan arus globalisasi serta ...

Pengantar Manajemen

Manajemen adalah bidang keilmuan yang menarik untuk dibahas dan dipelajari, khususnya oleh mahasiswa, akademisi, dan para praktisi bisnis profesional, yaitu para pemangku kepentingan, owner, direksi, manajer, supervisor, team leader, ataupun pihak mana pun yang membutuhkan panduan tentang ilmu manajemen. Agar mudah dipahami dalam buku ini menggunakan bahasa sederhana, penjelasan yang detail, dan disertai contoh-contoh, sehingga pembaca akan mendapatkan kemudahan berupa gambaran yang jelas bagaimana mengimplementasikan isi materi buku ini dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini mengajarkan tentang bagaimana memahami konsep ilmu manajemen, seperti apa menjalankan fungsi-fungsi manajemen POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controling), dan kemampuan dalam memformulasikan visi misi organisasi serta mengimplementasikan rencana organisasi dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki perusahaan secara efektif dan efisien. Selain itu, secara mendalam juga terdapat pembahasan yang komprehensif tentang kepemimpinan, motivasi, komunikasi, interpersonal, budaya organisasi, konflik, negosiasi, dan pengambilan keputusan yang efektif dalam membangun organisasi. Materi yang dibahas di buku ini mencakup antara lain: BAB 1 KONSEP MANAJEMEN BAB 2 SEJARAH ILMU MANAJEMEN BAB 3 PENETAPAN VISI, MISI, DAN TUJUAN ORGANISASI BAB 4 DESAIN DAN STRUKTUR ORGANISASI BAB 5 PENYUSUNAN PERSONALIA BAB 6 KEPEMIMPINAN BAB 7 BUDAYA ORGANISASI BAB 8 MOTIVASI BAB 9 KOMUNIKASI DAN INTERPERSONAL BAB 10 KONFLIK BAB 11 NEGOSIASI BAB 12 PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Manajemen adalah bidang keilmuan yang menarik untuk dibahas dan dipelajari, khususnya oleh mahasiswa, akademisi, dan para praktisi bisnis profesional, yaitu para pemangku kepentingan, owner, direksi, manajer, supervisor, team leader, ...