Sebanyak 4 item atau buku ditemukan

Etika Bisnis dalam Islam

Bisnis adalah pertukaran barang, jasa, atau uang yang saling menguntungkan atau memberikan manfaat. Menurut arti dasarnya, bisnis memiliki makna sebagai “the buying and selling of goods and services.” Bisnis berlangsung karena adanya kebergantungan antarindividu, adanya peluang internasional, usaha untuk mempertahankan dan meningkatkan standar hidup, dan lain sebagainya.1 Bisnis juga dipahami dengan suatu kegiatan usaha individu (privat) yang terorganisasi atau melembaga, untuk menghasilkan dan menjual barang atau jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.2 Bisnis dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan (profit), mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, pertumbuhan sosial, dan tanggung jawab sosial. Dari sekian banyak tujuan yang ada dalam bisnis, profit memegang peranan yang sangat berarti dan banyak dijadikan alasan tunggal di dalam memulai bisnis Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Dr. Ika Yunia Fauzia, Lc., M.E.I.. F. Periodisasi Pemikiran Ekonom Muslim Untuk
mengetahui sumbangsih para ekonom Muslim dalam perekonomian Islam, maka
akan ditampilkan periodisasi pemikiran ekonom Muslim. Hal ini dilakukan untuk
 ...

Bahasa arab Untuk Bisnis

Buku ini merupakan buku pertama dari 2 seri buku pembelajaran bahasa Arab, yaitu ÒBahasa arab untuk BisnisÓ dan ÒBahasa Arab untuk Perbankan SyariahÓ. Kedua buku ini diharapkan nantinya bisa bermanfaat bagi mahasiswa Ekonomi Islam di seluruh PTN-PTS di Indonesia.ÊUntuk materi yang ada di dalamnya, penulis sangat selektif sekali dengan memunculkan hal-hal yang terkait dengan bisnis saja. Maka dari itu, pada pertemuan 1-3 akan dibahas tentang Jual Beli di Pasar (dengan kasus yang berbeda), pertemuan ke-4 akan dibahas tentang Harga-harga di Pasar, pertemuan ke-5 tentang Sewa-Menyewa di Pasar, pertemuan ke-6 tentang Musyarakah di Pasar, pertemuan ke-7 tentang Mudharabah di Pasar, pertemuan ke-8 tentang IstisnaÕ dan Salam di Pasar, pertemuan ke-9 tentang Perintah Berbisnis, pertemuan ke-10 tentang Jual Beli Online, pertemuan ke-11 tentang Sewa dan Pengupahan Tenaga Kerja, pertemuan ke-12 tentang Laba dan Rugi dalam Bisnis, pertemuan ke-13 tentang Akuntansi dalam Bisnis dan pertemuan ke-14 tentang Kecurangan dan Penipuan dalam Bisnis. *** Persembahan penerbit Kencana (Prenadamedia Group)

Buku ini merupakan buku pertama dari 2 seri buku pembelajaran bahasa Arab, yaitu ÒBahasa arab untuk BisnisÓ dan ÒBahasa Arab untuk Perbankan SyariahÓ.

Prinsip Dasar Ekonomi Islam Perspektif Maqashid Al-Syariah

Pada dasarnya maqashid al-syariah merupakan dasar ekonomi Islam yang berasal dari Allah SWT yang bertujuan memberikan kemaslahatan kepada manusia, berupa kebutuhan daruriyah, hajiyah , dan tahsiniyah supaya manusia dapat hidup dalam kebaikan dan menjadi hamba-Nya yang baik. Produksi barang kebutuhan dasar secara khusus dipandang sebagai kewajiban sosial ( fard al-kifayah ) sehingga dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui keadilan pendistribusian. Prinsip dasar ekonomi Islam dalam perspektif maqashid al-syariah ini tidak hanya populer di kalangan akademisi, tapi juga populer di kalangan praktisi ekonomi Islam. Prinsip dasar ekonomi Islam ini tidak saja menjadi tujuan dan esensi ekonomi Islam, tetapi juga sebagai dasar bangunan ekonomi Islam. Semakin populernya prinsip ekonomi Islam dalam kegiatan bisnis di Indonesia saat ini, maka dibutuhkan aturan hukum (Islam) yang lugas dan prinsipil bagi masyarakat. Buku ini menyajikan dan membahas kaidah penting seputar prinsip dasar ekonomi Islam dalam perspektif maqashid al-syariah , dengan harapan bisa menginspirasi para akademisi, praktisi bisnis dan keuangan, mahasiswa studi ekonomi dan hukum Islam, serta bagi masyarakat pada umumnya. Buku persembahan penerbit Prenada Media Group.

... Maqâshid al-Âmmah li al- Syarî'ah al-Islâmiyah. Kairo: Dâr al-Shafwah li al-Thabâ'ah wa al-Nasyr wa al-Tauzî'. Djamil, Fathurrahman. 1999. Filsafat Hukum Islam ... Sharia Economic, Pengantar Ekonomi Islam. Jakarta: 297 DAFTAR PUSTAKA.