Sebanyak 3423 item atau buku ditemukan

KONSEP UANG DALAM AL-QUR’AN : Telaah Tafsir Kontemporer dan Tafsir Klasik

Buku ini merupakan salah satu awalan untuk bisa mendalami kandungan ayat yang berkaitan dengan ekonomi, salah satunya tentang uang. Kesulitan dalam mengampu matakuliah tafsir ayat ini karena minimnya referensi tentang ayat yang menjelaskan tentang ekonomi. Oleh karena itu penulis mencari referensi dari penafsiran klasik yang dibandingkan dengan penafsir kontemporer.

Buku ini merupakan salah satu awalan untuk bisa mendalami kandungan ayat yang berkaitan dengan ekonomi, salah satunya tentang uang.

Pengembangan Sektor Unggulan Di Kalimantan Timur

Strategi pembangunan seharusnya dikonsentrasikan pada sektor-sektor yang relatif sedikit daripada banyak sektor yang tersebar. Sektor yang dimaksud adalah sektor kunci atau sektor unggulan. Peranan sektor-sektor ekonomi dalam struktur perekonomian daerah termasuk di Provinsi Kalimantan Timur dicerminkan oleh besarnya kontribusi dalam pendapatan regional bruto (PDRB), peningkatan laju pertumbuhan ekonomi dan pendapatan secara agregat atau per kapita. Hal ini membuat konsentrasi pemerintah daerah mengarahkan pengembangan sektor lebih kearah sektor yang memberikan kontribusi tersebut. Strategi npengembangan sektor tersebut belumlah cukup, perlu juga memperhatikan sektor-sektor ekonomi mana mempunyai efek pengganda output, pendapatan dan tenaga kerja yang relatif besar; sektor-sektor mana yang mempunyai keterkaitan langsung maupun tidak langsung ke depan dan kearah yang relatif besar; atau sektorsektor mana yang mempunyai derajat kepekaan dan indeks derajat penyebaran yang relatif besar. Di samping itu, sektor ekonomi yang akan dikembangkan adalah sektor yang mampu memperbaiki distribusi pendapatan dari berbagai golongan masyarakat di suatu daerah sehingga kesejahteraan masyarakat tercapai.

Buku Pengembangan Sektor Unggulan Di Kalimantan Timur ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Strategi Pengembangan Kelembagaan UMKM - Bintang Pustaka

UMKM di Indonesia masih dihadapkan pada permasalahan pasar dan pemasaran, modal atau pembiayaan, bahan baku, teknologi, SDM, kewirausahaan, manajemen, birokrasi, infrastruktur, kemitraan, dan kelembagaan, ditambah lagi dampak Covid-19 menambah berat tangtangan bagi UMKM. Kondisi ini bukan pilihan, tapi harus dihadapi untuk meningkatngkan daya saing, dengan mengikuti perubahan dan tuntutan pasar. UMKM tidak akan mampu meningkatakan kapasitas dan daya saingnya tanpa keterlibatan semua pihak, yang utama dan pertama adalah pemerintah melalui kebijakan yang mendukung bagi pengembangan kelembagaan UMKM, agar mampu berkembang dan tercapainya daya saing UKM, baik di level nasional maupun dalam pasar global.

UMKM di Indonesia masih dihadapkan pada permasalahan pasar dan pemasaran, modal atau pembiayaan, bahan baku, teknologi, SDM, kewirausahaan, manajemen, birokrasi, infrastruktur, kemitraan, dan kelembagaan, ditambah lagi dampak Covid-19 ...

PENGEMBANGAN DESA WISATA (MODEL PENGEMBANGAN KATTASIKUNG DI JAWA TIMUR)

Desa Wisata KatTaSiKung adalah gagasan pengembangan desa wisata yang memperhatikan aspek: pendekatan, tahapan, strategi pemasaran dan sistem pendukung. Pendekatan pengembangan desa wisata dalam gagasan ini meliputi: (a) pendekatan pariwisata berkelanjutan; (b) pendekatan pemberdayaan masyarakat; dan (c) pendekatan kreatif, inovatif dan kewirausahaan. Tahapan pengembangan desa wisata meliputi: (a) pembentukan dan pengukuhan pokdarwis; (b) pengembangan masyarakat sadar wisata; serta (c) pendirian dan pengukuhan desa wisata. Strategi pemasaran desa wisata, meliputi strategi dalam hal : (a) pengembangan produk; (b) penetapan harga; (c) distribusi produk; (d) promosi; (e) pengembangan SDM; (f) bukti fisik; (g) proses; (h) kemitraan; dan (i) pemilihan pasar. Sistem pendukung pengembangan desa wisata meliputi: (a) sistem bisnis dan investasi; (b) pengembangan SDM fronliner; dan (c) kebijakan dan program pengembangan.

Desa Wisata KatTaSiKung adalah gagasan pengembangan desa wisata yang memperhatikan aspek: pendekatan, tahapan, strategi pemasaran dan sistem pendukung.

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN Konsep, Implementasi & Pengembangan

Judul : SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN Konsep, Implementasi & Pengembangan Penulis : Andereas Andoyo, Elishabeth Yunaeti Angraeni, Ahmad Khumaidi, Adi Prasetia Nanda, Agus Suryana, Sucipto, Andino Maseleno, Panji Andhika Pratomo, Suyono, Satria Abadi Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 208 Halaman ISBN : 978-623-68728-2-6 Sistem pendukung keputusan (SPK) atau Decision Support System (DSS) dikenalkan pertama kali oleh Michael S. Scoot pada tahuan 1970-an. Sistem tersebut merupakan sistem yang berbasis komputer yang dapat membantu pengambil keputusan dengan memanfaatkan data dan model tertentu untuk memecahkan berbagai pesoalan yang bersifat semi terstruktur. Pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini, didukung perkembangan metode-metode komputasi menjadikan SPK suatu sistem yang sangat dibutuhkan baik disektor bisnis, pemerintah maupun industri. Decision Support System (DSS) mampu mendorong keputusan lebih cepat, lebih cerdas yang tidak didasarkan pada naluri pribadi manusia yang cenderung subyektif, tetapi berdasarkan data yang obyektif. SPK juga merupakan suatu keunggulan kompetitif bagi organisasi yang menggunakannya, karena dapat membantu tata kelola organisasi yang berkembang sangat cepat, dan mampu memberikan nilai akurasi, serta presisi model-model sebagai problem solving solution yang sangat dibutuhkan dalam manajemen modern. Buku ini sangat penting dimiliki karena menyajikan berbagai materi yang berkaitan dengan Sistem pendukung keputusan (SPK), antara lain Konsep Sistem Pendukung Keputusan, Manajemen Data, Decision Support System (DSS) dan Membangun DSS, Management Support System, Optimasi dan Metode Optimasi, Analitical Hirarchy Process (AHP), Fuzzy Logic, Fuzzy-AHP, Exceutive Information, dan Data Engineering, serta Organizational DSS dan Topik Pengembangan Riset DSS.

Judul : SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN Konsep, Implementasi & Pengembangan Penulis : Andereas Andoyo, Elishabeth Yunaeti Angraeni, Ahmad Khumaidi, Adi Prasetia Nanda, Agus Suryana, Sucipto, Andino Maseleno, Panji Andhika Pratomo, Suyono, Satria ...

Manajemen Pemasaran Pariwisata- Pengembangan Potensi Produk Wisata Perdesaan

Buku ini dibuat berdasarkan penelitian yang dilakukan pada Desa Wanagiri Kauh, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan Bali pada Tahun ke-2. Penelitian ini didanai oleh DRPM-Ristek Dikti sebagai Penelitian Terapan Kompetitif Nasional Tahun Anggaran 2020. Buku ajar ini sekaligus merupakan hasil luaran yang direncanakan. Rencana penelitian tahun ke-3 pada Desa Belimbing, Kecamatan Pupuan, Tabanan Bali. Buku ini merupakan kelanjutan dari buku Manajemen Pemasaran Pariwisata – Model Brand Loyalty Pengembangan Potensi Wisata di Kawasan Perdesaan, yang merupakan luaran penelitian pada Tahun pertama (2019) yang membahas konsep inti pemasaran, konsep pemasaran, marketing mix, atribut daya tarik wisata, dan perilaku wisatawan. Buku ini menambahkan materi mengenai karakteristik wisatawan, produk wisata, wisata pedesaan, desa wisata, karakteristik wisatawan, dan loyalitas wisatawan langsung dengan contoh yang teraplikasi dalam riset pemasaran pada Bab VII. Sementara detail dari hasil riset dipresentasikan pada Seminar Internasional ICISTSD 2020 Universitas Mahasaraswati Denpasar pada 14 Oktober 2020 memperkaya buku ini disampaikan pada bagian lampiran. Manajemen Pemasaran Pariwisata- Pengembangan Potensi Produk Wisata Perdesaan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Manajemen Pemasaran Pariwisata- Pengembangan Potensi Produk Wisata Perdesaan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Pengembangan Industri Tekstil Nasional

Kebijakan Inovasi & Pengelolaan Menuju Peningkatan Daya Saing

Hadirnya buku Pengembangan Industri Tekstil Nasional: Kebijakan Inovasi dan Pengelolaan Menuju Peningkatan Daya Saing dinilai relevan dan kontekstual terkait dengan percepatan pemerataan pembangunan melalui perluasan kesempatan berusaha. Pengembangan industri tekstil dan produk tekstil (TPT) berperan signifikan dalam pencapaian pertumbuhan berkualitas dengan mendorong kesempatan kerja dan peningkatan pendapatan.Buku ini membahas lima aspek penting pengembangan TPT yang mencakup kontribusinya terhadap perekonomian nasional, sistem inovasi, pengelolaan pengembangan, akses pembiayaan dan revitalisasi industri, serta kendala pengembangan menuju peningkatan daya saing industri tekstil nasional. Kelima aspek tersebut memiliki sekuensi dan konektivitas yang baik untuk menjawab tema utama buku ini, yaitu perumusan kebijakan pengembangan industri TPT menuju peningkatan daya saing dalam perspektif globalisasi ekonomi.Peran inovasi (teknis, sosial ekonomi, kelembagaan, dan kebijakan) dan pilihan pengelolaan (swasembada kapas dan/atau industri berbasis impor) menjadi sangat urgen bila dikaitkan dengan percepatan pembangunan yang berkeadilan dalam konteks keterbukaan ekonomi dunia. Bagi pengembangan industri tekstil yang didominasi oleh usaha kecil dan menengah, maka akses pembiayaan, keberhasilan program revitalisasi, dan solusi kendala pengembangan lainnya menjadi sangat penting dalam upaya peningkatan daya saing industri di pasar domestik dan ekspor.

Hadirnya buku Pengembangan Industri Tekstil Nasional: Kebijakan Inovasi dan Pengelolaan Menuju Peningkatan Daya Saing dinilai relevan dan kontekstual terkait dengan percepatan pemerataan pembangunan melalui perluasan kesempatan berusaha.