Sebanyak 3 item atau buku ditemukan

Mengembangkan Kawasan Perdesaan Kampung Inggris Kediri menjadi Desa Wisata Bersama

Kesederhanaan proses pelayanan bisa diawali dari sikap perilaku original masyarakat desa yang selalu menerapkan konsep 4S ... Dengan demikian proses layanan pada desa wisata meliputi: (a) Keterlibatan pelanggan akan didapat ketika ...

PENGEMBANGAN DESA WISATA (MODEL PENGEMBANGAN KATTASIKUNG DI JAWA TIMUR)

Desa Wisata KatTaSiKung adalah gagasan pengembangan desa wisata yang memperhatikan aspek: pendekatan, tahapan, strategi pemasaran dan sistem pendukung. Pendekatan pengembangan desa wisata dalam gagasan ini meliputi: (a) pendekatan pariwisata berkelanjutan; (b) pendekatan pemberdayaan masyarakat; dan (c) pendekatan kreatif, inovatif dan kewirausahaan. Tahapan pengembangan desa wisata meliputi: (a) pembentukan dan pengukuhan pokdarwis; (b) pengembangan masyarakat sadar wisata; serta (c) pendirian dan pengukuhan desa wisata. Strategi pemasaran desa wisata, meliputi strategi dalam hal : (a) pengembangan produk; (b) penetapan harga; (c) distribusi produk; (d) promosi; (e) pengembangan SDM; (f) bukti fisik; (g) proses; (h) kemitraan; dan (i) pemilihan pasar. Sistem pendukung pengembangan desa wisata meliputi: (a) sistem bisnis dan investasi; (b) pengembangan SDM fronliner; dan (c) kebijakan dan program pengembangan.

Desa Wisata KatTaSiKung adalah gagasan pengembangan desa wisata yang memperhatikan aspek: pendekatan, tahapan, strategi pemasaran dan sistem pendukung.

Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Penguatan Kemitraan Usaha UMKM, Koperasi dan Korporasi

Secara umum sektor UMKM masih memiliki sejumlah persoalan, antara lain: keterbatasan modal kerja maupun investasi, kesulitan dalam pemasaran, distribusi dan pengadaan bahan baku dan input lainnya, keterbatasan akses informasi mengenai peluang pasar dan lainnya, keterbatasan pekerja dengan keahlian tinggi (kualitas SDM rendah) dan kemampuan teknologi. Melalui kemitraan antara UMKM dengan Koperasi dan Korporasi di-harapkan dapat menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi UMKM. Di sisi lain, dengan bergabungnya UMKM pada usaha koperasi juga akan memperkokoh usaha koperasi. Demikian pula dengan bekerjasamanya UMKM dalam memasok usaha hulu korporasi, diharapkan korporasi dapat mengembangkan usahanya pada aspek-aspek bisnis lainnya. Sehingga melalui kemitraan UMKM, Koperasi dan Korporasi yang sinergis akan memperkuat ekonomi masyarakat dengan terbukanya lapangan kerja dan lapangan berusaha yang lebih luas. Kiranya buku ini dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi pengembangan ekonomi masyakat ke depan.

Secara umum sektor UMKM masih memiliki sejumlah persoalan, antara lain: keterbatasan modal kerja maupun investasi, kesulitan dalam pemasaran, distribusi dan pengadaan bahan baku dan input lainnya, keterbatasan akses informasi mengenai ...