Sebanyak 3606 item atau buku ditemukan

Pedoman Dan Penyusunan Pengembangan Diri Bagi Guru

Laporan Pengembangan Diri (PD) sifatnya wajib dilakukan, karena dari kegiatan pengembangan diri tersebut dapat dilihat kompentensi seseorang. Pengembangan diri adalah merupakan usaha yang dilakukan dan diarahkan untuk memperoleh sesuatu yang dicapai diri sendiri untuk mengembangkan pengetahuan, ketrampilan, dan kemampuan dari masing-masing individu dalam menentukan satu langkah yang seimbang melalui hati, pikiran, ucapan dan tindakan harus satu. Salah satu hal yang mendasari kita untuk mempelajari segala ilmu terkait pengembangan diri dan motivasi yakni dengan mengetahui rangkaian manfaat dan tujuan didalamnya

Laporan Pengembangan Diri (PD) sifatnya wajib dilakukan, karena dari kegiatan pengembangan diri tersebut dapat dilihat kompentensi seseorang.

Mencari strategi pengembangan pendidikan nasional menjelang abad XXI

Development of education in Indonesia towards the 21st century; papers of a seminar.

Dalam rangka menciptakan sistem penghargaan yang menarik dan
membetahkan bagi jajaran guru yang profesional , perlu ... Penelitian
permasalahan profesi keguruan yang ditujukan untuk mengembangkan ilmu dan
teknologi keguruan ...

Classroom Action Research Pengembangan Kompetensi Guru

Dalam buku Classroom Action Research ini secara utuh membahas tentang hakikat penelitian tindakan kelas, model penelitian tindakan kelas, pengembangan kompetensi guru melalui penelitian tindakan kelas, instrumen pengumpulan data penelitian tindakan kelas, analisis data penelitian tindakan kelas, sistematika penelitian tindakan kelas.

Dalam buku Classroom Action Research ini secara utuh membahas tentang hakikat penelitian tindakan kelas, model penelitian tindakan kelas, pengembangan kompetensi guru melalui penelitian tindakan kelas, instrumen pengumpulan data penelitian ...

Sari laporan penelitian & pengembangan agama

... sedangkan pengadaannya dengan cara mempromosikan guru agama SD / MI
yang berpengalaman , mengangkat guru ... Integrasi pendidikan agama ke
dalam pendidikan nasional baru akan terwujud jika telah terdapat kurikulum ,
materi ...

Al-Qur'an Hadis Madrasah Tsanawiyah Kelas IX

Bismillahirrahmanirrahim Buku pelajaran Al-Qur'an Hadis untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kelas IX ini disusun tetap berdasarkan Kurikulum Madrasah yang dikeluarkan Menteri Agama RI Tahun 2013, yang dalam pelaksanaannya berpedoman kepada Keputusan Menteri Agama RI No. 165 Tahun 2014, dan Surat Edaran Dirjen Pendis Kemenag RI Tahun 2015, terdiri atas 8 Bab. Setiap bab mengandung: Uraian materi pelajaran, rangkuman, evaluasi dan tugas dari bab yang bersangkutan.

Bismillahirrahmanirrahim Buku pelajaran Al-Qur'an Hadis untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kelas IX ini disusun tetap berdasarkan Kurikulum Madrasah yang dikeluarkan Menteri Agama RI Tahun 2013, yang dalam pelaksanaannya berpedoman kepada ...

STUDI KITAB HADIS: Dari Muwaththa' Imam Malik hingga Mustadrak Al Hakim

Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya atas setiap pertolongan yang Ia berikan kepada penulis. Tak lupa penulis ucapkan sholawat serta salam kepada junjungan kita, Nabi Agung, Nabi Muhammad SAW yang selalu kita nanti-nantikan syafaatnya di yaumul akhir nanti. Atas segala pertolongan-Nya, penulis dapat menyelesaikan buku yang berjudul Studi Kitab Hadis: dari AlMuwaththa’ Imam Malik hingga Mustadrak Al-Hakim tepat pada waktunya. Buku Studi Kitab Hadis: dari al-Muwaththa’ Imam Malik hingga Mustadrak Al-Hakim ini pada awalnya merupakan hasil diskusi di kelas Kajian Kitab Hadis Primer. Hasil diskusi ini selanjutnya dirangkai dalam satu buku utuh. Buku ini memuat beberapa kumpulan tulisan, dimulai dari penjelasan potret sejarah hadis (versi Sunni dan Syiah), dilanjutkan kajian Kitab Al-Muwaththa’ yang dinilai sebagai kitab hadis pertama yang disusun rapi, lalu Musnad Imam Ahmad, dilanjutkan Sunan AdDarimi, Shahih Bukhari, Shahih Muslim, hingga masa Mustadrak Al-Hakim. Hadirnya buku Studi Kitab Hadis: dari Al-Muwaththa’ Imam Malik hingga Mustadrak Al-Hakim diharapkan menjadi wawasan sekaligus sebagai bahan referensi pada kajian kitab-kitab hadis yang ada. Penyusunan bab-bab di dalam buku ini diurutkan berdasarkan tahun penyusunan kitab sehingga bukan Shahih Bukhari yang didahulukan, melainkan Muwaththa’ Imam Malik Tim Penulis mengucapkan terima kasih banyak kepada temanteman yang telah membantu dalam pembuatan buku ini, baik secara langsung maupun tidak langsung. Kami menyadari dalam penulisan buku ini, masih banyak kekurangan dan belum bisa dikatakan sempurna. leh karena itu, segala kritik yang bersifat membangun akan penulis terima dengan tangan terbuka. Akhir kata, semoga buku ini dapat memberi banyak manfaat dan menginspirasi bagi para pembaca. Kudus,

Tak lupa penulis ucapkan sholawat serta salam kepada junjungan kita, Nabi Agung, Nabi Muhammad SAW yang selalu kita nanti-nantikan syafaatnya di yaumul akhir nanti.

Pengantar Metodologi Penelitian

Contoh-contoh yang diberikan lebih banyak tentang ilmu-ilmu pertanian (khususnya kehutanan) karena di sanalah saya berkiprah. Namun tidak berarti bahwa buku ini khusus untuk mahasiswa bidang ilmu-ilmu pertanian karena saya yakin buku ini juga berguna bagi mahasiswa bidang ilmu lainnya. Dalam buku ini belum dibahas secara lengkap segala macam hal mengenai metodologi penelitian. Namun demikian, semoga buku ini dapat memberikan manfaat bagi para mahasiswa.

Contoh-contoh yang diberikan lebih banyak tentang ilmu-ilmu pertanian (khususnya kehutanan) karena di sanalah saya berkiprah.

SEMIOTIK METODOLOGI PENELITIAN

Pendekatan semiotik akan menghasilkan penafsiran yang ‘liar’, sehingga simbol-simbol yang terkandung dalam objek penelitian dapat tersingkap. Sebagai satu model baca, semiotik tidak sekedar menafsirkan teks—memperlakukan teks sebagai teks—tetapi membuat teks berbicara, bahkan tentang hal di luar dirinya. Semiotik sebagai ‘metode pembacaan’ sangat mungkin digunakan dalam mengkaji objek penelitian, terutama teks. Terlebih lagi, dewasa ini ada kecenderungan untuk memandang berbagai wacana sosial, politik, ekonomi, budaya, seni dan tentu saja teks sebagai fenomena bahasa. Dalam pandangan semiotik, bila seluruh praktik sosial dapat dianggap sebagai fenomena bahasa, ia dapat pula dipandang sebagai ‘tanda’. Buku tipis ini merupakan ikhtisar tentang ilmu semiotik dan model aplikasinya untuk penelitian teks atau fenomena tanda-bahasa-makna

Pendekatan semiotik akan menghasilkan penafsiran yang ‘liar’, sehingga simbol-simbol yang terkandung dalam objek penelitian dapat tersingkap.

Riset Kualitatif

Buku riset kualitatif ini membahas mengenai bagaimana melakukan penelitian kualitatif dengan baik dan benar dengan penjelasan lengkap dan cukup mendalam tentang berbagai aspek riset kualitatif. Pertimbangan penyusunan buku ini adalah karena kebanyakan buku teks riset kualitatif yang ada di Indonesia saat ini justru dirasakan lebih banyak menimbulkan kebingungan, alih-alih memberikan pencerahan dan kejelasan. Penulis sering kali menemukan begitu banyak perbedaan pandangan di antara para sarjana sosial mengenai bagaimana melakukan penelitian kualitatif. Masalah perbedaan yang sering muncul itu mengenai, misalnya, perbedaan penentuan ukuran sampel, perbedaan mengenai peran teori dalam penelitian, perbedaan penentuan paradigma, dan sebagainya. Tidak sedikit yang berpandangan keliru bahwa dalam penelitian kualitatif, peneliti boleh sesukanya menentukan ukuran sampel atau bahkan sesukanya menentukan siapa yang boleh dijadikan sampel. Pandangan pribadi peneliti juga sering kali tercampur ke dalam hasil penelitian, disengaja atau tidak disengaja. Masalah validitas atau objektivitas penelitian juga sering kali diabaikan padahal seharusnya prinsip tersebut tetap harus dipertahankan. Buku ini memberikan kejelasan mengenai berbagai masalah tersebut dengan mengacu pada berbagai sumber rujukan utama yang diakui secara luas dan digunakan oleh banyak perguruan tinggi top dunia. Buku ini mudah dipahami dan dapat digunakan oleh peneliti pemula atau mereka yang sudah berpengalaman Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Buku riset kualitatif ini membahas mengenai bagaimana melakukan penelitian kualitatif dengan baik dan benar dengan penjelasan lengkap dan cukup mendalam tentang berbagai aspek riset kualitatif.