Sebanyak 3607 item atau buku ditemukan

Statistika Pendidikan

Buku ini disusun untuk membantu mahasiswa ataupun peneliti pendidikan dalam memahami statistika pendikan. Dalam penyusunan Buku ini, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang dengan tulus turut membantu pelaksanaan penyusunan buku ini, disampaikan ucapan terima kasih yang mendalam. Semoga buku ini bermanfaat bagi mahasiswa dan para pembaca yang berminat mempelajari Statistika Pendidikan.

Semoga buku ini bermanfaat bagi mahasiswa dan para pembaca yang berminat mempelajari Statistika Pendidikan.

STATISTIKA PENDIDIKAN EDISI KEDUA (DENGAN STATISTIKA AL-QUR'AN)

Buku ini memiliki beberapa perbedaan dibanding buku statistika lainnya yang berbahasa Indonesia. Pertama, buku ini memiliki ruang lingkup dari konsep statistika hingga macam-macam data dan probabilitas yang terbagi menjadi dua belas bab. Bab tersebut dimulai dari statistika deskriptif, konsep dan macam-macam data, dan probabilitas. Kedua, penyajian dalam buku ini ringkas dan jelas. Dibandingkan dengan lingkup materinya, buku ini tergolong tipis, jelas dan lugas. Hal ini dapat dilihat dari beberapa hal penting dalam buku ini, seperti teori dasar statistika dan penggunaannya. Teori tersebut diharapkan cukup membekali pembaca khususnya pemula untuk memahami dan menyelesaikan persoalan-persoalan statistika dalam kehidupan sehari-hari dengan benar. Ketiga, dalam bab terakhir dalam buku ini adalah hal yang paling membedakan dari semua buku statistika yang berbahasa Indonesia, yaitu adalah materi tentang Statistika Al-Qur’an.

Buku ini memiliki beberapa perbedaan dibanding buku statistika lainnya yang berbahasa Indonesia.

Penyajian Data

Statistika

Konsep Statistik Deskriptif banyak digunakan dalam bidangekonomi dan bisnis secara umum, baik yangberskala lokal, nasional, dan internasional. Seiring dengan perkembangan jaman, konsep statistika deskriptif hampir digunakan di semua bidang, baik bidang ekonomi, politik, pendidikan, maupun pertanian. Pada bagian berikutnya, diberikan penyajian data yang menyangkut bagaimana menyajikan data dalam bentuk tabel, grafik, dan diagram.

Pada bagian berikutnya, diberikan penyajian data yang menyangkut bagaimana menyajikan data dalam bentuk tabel, grafik, dan diagram.

Pembelajaran Daring Yang Efektif: Prinsip Dasar, Pengembangan, Desain, Dan Asesmen

Bicara tentang keefektifan sebuah pembelajaran daring, secara umum terdapat dua hal penting yang perlu mendapatkan perhatian, yaitu eksistensi pembelajar/peserta didik dan hasil capaian belajar yang diinginkan. Yang pertama, berhubungan dengan ketersediaan portal pengguna (pembelajar/peserta didik, pengajar/instruktur, Fakultas/Lembaga/Institusi) yang mencakup deliveri Kurikulum via Learning Management Systems (LMS), layanan konsultasi, pendaftaran, Help Desk, ujian; server yang aman; sistem informasi pengguna; perpustakaan dijital; repositori obyek-obyek belajar; dan proses asesmen kualitas/mutu. Yang kedua, berhubungan dengan pedagogi dan konten/materi belajar yang meliputi tim pengembang pembelajaran, desainer pembelajaran, ahli/teknisi TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dan multimedia, dan petugas penanganan Hak Cipta. Untuk itu, sejauh mana tingkat keefektifan sebuah pembelajaran daring dapat tercapai, tentunya tergantung pada seberapa jauh kita dapat memahami, mendukung dan berkomitmen dalam memenuhi kriteria, tahapan dan proses yang dipersyaratkan, dalam rangka memenuhi gol dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, sebagaimana yang dijabarkan atau dideskripsikan dalam buku ini.

Bicara tentang keefektifan sebuah pembelajaran daring, secara umum terdapat dua hal penting yang perlu mendapatkan perhatian, yaitu eksistensi pembelajar/peserta didik dan hasil capaian belajar yang diinginkan.

Pengembangan Pendidikan Matematika SD

Pemahaman tentang teori-teori belajar, pendekatan dan model pembelajaran memiliki peran sangat penting dalam menunjang terlaksananya tujuan pembelajaran khususnya pada pelajaran matematika di sekolah dasar. Begitu pula dengan pemanfaat media dan alat peraga tidak kalah pentingnya sebagai sarana pendukung sehingga materi pelajaran dapat tersampaikan dengan baik. Mata kuliah pengembangan pendidikan matematika SD adalah salah satu mata Kuliah Keterampilan Proses Pembelajaran (MKKPP) pada program studi PGSD. Dimana tujuan dari mata kuliah ini untuk memberi pengalaman belajar kepada mahasiswa dalam mengembangkan pembelajaran metematika di sekolah dasar. Menguasai, merancang dan menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif dan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan serta merancang dan menggunakan media (alat peraga) pembelajaran matematika di sekolah dasar. Buku ajar ini disusun dengan tujuan untuk dapat digunakan sebagai acuan pedoman serta pegangan mahasiswa dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Mata kuliah pengembangan pendidikan matematika SD adalah salah satu mata Kuliah Keterampilan Proses Pembelajaran (MKKPP) pada program studi PGSD.

Pengembangan Keterampilan Menulis

Buku teks ini ditulis dalam rangka memenuhi tuntutan untuk melengkapi bahan ajar menulis dan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam pembelajaran menulis di perguruan tinggi, khususnya pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Baturaja. Melalui buku teks ini, penulis ingin mengajak para mahasiswa dan kalangan umum untuk belajar praktik menulis secara langsung dan praktis. Praktik menulis, memang tidak dapat dipisahkan dari menyimak, berbicara, dan membaca. Para mahasiswa penulis ajak menulis mulai dari menulis artikel ilmiah, makalah, laporan penelitian, dan menulis esai, sebagai salah satu bentuk karya tulis akademik.

Buku teks ini ditulis dalam rangka memenuhi tuntutan untuk melengkapi bahan ajar menulis dan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam pembelajaran menulis di perguruan tinggi, khususnya pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra ...

Pendidikan Anak Usia Dini

Dalam Berbagai Pendekatan

Keistimewaan edisi kelima ini selain sebagai textbook yang tetap menjadi sumber tepercaya bagi para orang tua (keluarga), pendidik, guru, dosen, peneliti, serta mahasiswa di bidang perkembangan dan pendidikan anak usia dini (PAU D); juga menyoroti pentingnya mempertimbangkan sejarah PAU D dari segi keragaman budaya, ilmu pengetahuan perkembangan, penelitian pencegahan dalam praktik dan kebijakan dini pada masa bayi dan balita, serta masa prasekolah, taman kanak-kanak, dan sekolah dasar, serta membahas perkembangan terbaru dalam kurikulum, strategi penilaian, dan metode pengajaran. Buku persembahan penerbit prenadaMedia -PrenadaMedia-

... membaca dan seni bahasa, musik, tarian dan gerakan, dan pendidikan seni. Ilmu pendidikan dan muatan berinteraksi dengan perkembangan anak dan penelitian usia dini untuk menampilkan petunjuk dan isyarat dalam membimbing rancangan, ...

Micro Teaching Berbasis Pendekatan Ilmiah

Judul : Micro Teaching Berbasis Pendekatan Ilmiah Penulis : Albert Efendi Pohan, S. Pd., M. Pd Desma Yulia, S. Pd., M. Pd Asmaul Husna, S. Pd., M. Pd Ukuran : 21 cm x 14,5 cm Tebal : 235 Halaman ISBN : 978-623-79437-4-7 Sinopsis: Buku berjudul Micro Teaching berbasis Pendekatan Ilmiah ini adalah buku ajar untuk mahasiswa semester VI Fakultas Keguguran dan Ilmu Pendidikan. Buku ini dikembangkan berdasarkan berdasarkan kurikulum 2013 dengan pendekatan ilmiah. Melalui buku ini, mahasiswa akan menguasai keterampilan-keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh mahasiswa sebagai calon guru. Buku ini juga memaparkan konsep pengembangan rencana pembelajaran, menerapkan keterampilan dasar guru dalam proses pembelajaran, proses pembelajaran dalam jaringan, konsep penilain pembelajaran, dan pengembangan soal-soal berbasis HOTS. Materi ajar di dalam buku ini dikembangkan agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan mengajar sesuai dengan konsep pengajaran yang relevan di lapangan. Buku berjudul Micro Teaching berbasis Pendekatan Ilmiah ini adalah buku ajar untuk mahasiswa semester VI Fakultas Keguguran dan Ilmu Pendidikan. Buku ini dikembangkan berdasarkan berdasarkan kurikulum 2013 dengan pendekatan ilmiah. Melalui buku ini, mahasiswa sebagai calon guru PPL akan mampu menguasai keterampilan-keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh mahasiswa saat melakukan praktek pengajaran di lapangan. Buku ini juga memaparkan secara sistematik konsep pengembangan rencana pembelajaran berbasis pendekatan ilmiah, menerapkan keterampilan dasar guru dalam proses pembelajaran, proses pembelajaran dalam jaringan, konsep penilain pembelajaran, dan pengembangan soal-soal berbasis HOTS. Materi ajar di dalam buku ini dikembangkan agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan mengajar sesuai dengan konsep pengajaran yang relevan di lapangan pada saat ini. Proses pembelajaran yang dirancang di dalam buku ini akan mendorong terciptanya proses pembelajaran yang berpusat pada siswa. Sehingga out-putnya siswa dapat mengembangkan konsep berpikir kritis dan solving problem.

Judul : Micro Teaching Berbasis Pendekatan Ilmiah Penulis : Albert Efendi Pohan, S. Pd., M. Pd Desma Yulia, S. Pd., M. Pd Asmaul Husna, S. Pd., M. Pd Ukuran : 21 cm x 14,5 cm Tebal : 235 Halaman ISBN : 978-623-79437-4-7 Sinopsis: Buku ...