Sebanyak 3607 item atau buku ditemukan

KESIAPAN ANAK MASUK SEKOLAH DASAR

Para orangtua di Indonesia selalu menekankan orientasi kesiapan anak hanya pada aspek membaca, menulis dan berhitung (aspek akademik). Namun sesungguhnya kesiapan anak masuk sekolah dasar tidak hanya membutuhkan aspek kognitif saja namun juga harus mempersiapkan aspek yang lain seperti aspek fisik-motorik, sosial, emosi, moral dan agama. Kesiapan menjadi hal yang sangat penting untuk dimiliki anak, sebab anak yang telah siap untuk pergi ke sekolah akan memberikan keuntungan dan kemajuan dalam perkembangan lebih lanjut. Sementara anak-anak yang tidak memiliki kesiapan mungkin hanya akan frustrasi jika ditempatkan di lingkungan akademik. Melalui kesiapan sekolah anak-anak mendapatkan jalur yang pasti untuk karir akademis jangka panjang. Seiring dengan faktor penentu utama faktor kesiapan sekolah seperti latar belakang keluarga, intervensi yang diberikan kepada anak-anak dan guru, pengalaman pendidikan anak usia dini, konten kurikulum dan pengalaman guru adalah faktor yang mempengaruhi kesiapan sekolah. Melalui buku ini penulis ingin menyampaikan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan orangtua dalam mempersiapkan anak masuk sekolah dasar. Buku ini diharapkan menjadi refleksi dan masukan bagi orangtua, guru dan pemerintah untuk mempersiapkan anak masuk sekolah dasar bukan hanya siap pada aspek kognitif saja melainkan pada aspek yang lain.

Namun sesungguhnya kesiapan anak masuk sekolah dasar tidak hanya membutuhkan aspek kognitif saja namun juga harus mempersiapkan aspek yang lain seperti aspek fisik-motorik, sosial, emosi, moral dan agama.

Pendidikan Dasar Inklusif : Teori dan Implementasi: Bintang Pustaka

Buku ini diberi judul “Pendidikan Inklusif (Teori & Implementasi)”. Sebagaimana, yang telah ditulis diatas pendidikan inklusif dalam penyelenggaraannya menempatkan anak-anak normal pada umumnya dan anak berkebutuhan khusus didalam lingkup sekolah yang sama (reguler) untuk mendapatkan kesetaraan pendidikan. Sebagai bentuk perhatian dari pemerintah telah ditunjukkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 70 tahun 2009 pasal 2 mengenai pendidikan inklusif dengan tujuan “setiap warga negara Indonesia mempunyai berkesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang sama dan bermutu disetiap jenjang pendidikan tanpa membeda-bedakan latar-belakang, kondisi fisik/mental, jenis kelamin, dan status sosial ekonomi”.

99 Muhammad Idrus, “Layanan Pendidikan Bagi Anak Gifted,” PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2013, https://doi.org/. Nur'aeni, Buku Ajar Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus........, hlm. 100.

Dasar-dasar Penelitian Pendidikan

Buku ini masih bersifat dasar-dasar penelitian pendidikan karena belum memberikan gambaran yang detail mengenai pelaksanan kegiatan penelitian pendidikan, diharapkan para pembaca mulai tertarik untuk mengkaji lebih jauh mengenai apa, mengapa, dan bagaimana melakukan penelitian pendidikan, oleh karena itu penulis merasa penting untuk membuat suatu karya ilmiah yang secara praktis untuk melakukan penelitian di bidang pendidikan.

Buku ini masih bersifat dasar-dasar penelitian pendidikan karena belum memberikan gambaran yang detail mengenai pelaksanan kegiatan penelitian pendidikan, diharapkan para pembaca mulai tertarik untuk mengkaji lebih jauh mengenai apa, ...

PEMBELAJARAN MEMBACA NYARING DI SEKOLAH DASAR

Bagi seorang guru, meningkatkan kualitas pembelajaran merupakan salah satu tugas yang wajib dijalani. Guru sebagai pelaksana dalam proses belajar mengajar harus mampu mengelola kelas agar proses belajar mengajar menarik perhatian siswa, sehingga hasil belajar dapat tercapai dengan baik. Keterampilan membaca merupakan kunci menuju pembelajaran kemampuan membaca. Maka sudah selayaknya menjadi perhatian guru karena penguasaan terhadap keterampilan membaca ini pada masa sekarang berada pada taraf masih rendahnya motivasi belajar, sehingga hasilnya sangat memprihatinkan. Buku yang berjudul Pembelajaran Membaca Nyaring di Sekolah Dasar ini terdiri dari 4 (empat) bagian Pendahuluan, Pengertian Belajar, Pembelajaran Membaca, dan Pembelajaran Membaca Nyaring di Sekolah Dasar.

Buku yang berjudul Pembelajaran Membaca Nyaring di Sekolah Dasar ini terdiri dari 4 (empat) bagian Pendahuluan, Pengertian Belajar, Pembelajaran Membaca, dan Pembelajaran Membaca Nyaring di Sekolah Dasar.

MENGAJAR DAN BELAJAR MENJADI GURU SEKOLAH DASAR

Menjadi seorang guru ibarat seorang petani yang berusaha untuk menjadikan tanamannya menghasilkan panen yang melimpah. Maka petani tersebut memupuki, mengusir hama dan membersihkan rumput pengganggu lainnya. Sama hal dengan guru, menyalurkan pengetahuan, memberi contoh, membimbing siswa untuk tumbuh menjadi lebih baik sampai pada mengarahkan siswa untuk bisa keluar dari kesulitan yang dihadapi disekolah dari aspek belajar, pribadi, sosial dan bahkan karier.Buku ini terdiri dari enam bab. Setiap pembahasan bab merupakan serangkaian kemampuan yang harus dimiliki oleh sertiap pendidik, terlebih khusus calon guru sekolah dasar. Selain itu membantu para mahasiswa, pengajar dan pencinta bacaan pendidikan untuk menambah referensi. Adapun gambaran dari buku ini adalah, Bab 1 Menyajikan kompetensi yang harus dimiliki guru, Bab 2 pentingnya mengelolah kelas secara fisik dan psikis, bab 3 mengurai kekuatan dari pemanfaatan media belajar, bab 4 tentang hasil belajar siswa, bab 5 tentang cara-cara mendiagnosis dan membantu siswa yang bermasalah dalam belajar, dan bab 6 tentang kedudukan dan peran penting layananan bimbingan dan konseling di sekolah dasar

Menjadi seorang guru ibarat seorang petani yang berusaha untuk menjadikan tanamannya menghasilkan panen yang melimpah.

Kamus Bahasa Indonesia

Kosakata atau istilah-istilah dalam berbagai bidang ilmu, terus berkembang dan bertambah dari waktu ke waktu. Oleh sebab itu, diperlukan kamus untuk menerjemahkan dan mencari padanan katanya. Selain itu, kamus juga berperan dalam menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, memperkaya bahasa, dan sarana berkomunikasi. Kamus Bahasa Indonesia ini memuat ribuan kosakata, baik kosakata ilmiah maupun populer, lengkap dengan definisi dan arti yang lengkap dan padat. Selain itu, untuk memudahkan pemahaman, kamus ini juga dilengkapi dengan kelas kata dan turunan kata. Jadi, sangat tepat jika kamus ini dijadikan pegangan oleh para pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum. Buku Persembahan penerbit Bmedia

Kamus Bahasa Indonesia ini memuat ribuan kosakata, baik kosakata ilmiah maupun populer, lengkap dengan definisi dan arti yang lengkap dan padat.

KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA

Menggunakan Bahasa Indonesia secara Baik dan Benar

Buku ini disusun sebagai salah satu upaya dalam rangka pengembangan keterampilan berbahasa Indonesia tersebut. Meskipun demikian, sasaran utama buku ini adalah masyarakat akademis di perguruan tinggi. Pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi hendaknya bermuara pada penguasaan kompetensi, terutama keterampilan menulis, yang ditunjang oleh keterampilan membaca dan bernalar. Bahasa Indonesia sebagai mata kuliah umum (MKU) menuntut mahasiswa memiliki kemampuan dalam menyampaikan argumen keilmuan melalui karangan ilmiah, seperti artikel, laporan kajian, makalah, atau tugas akhir. Hal ini merupakan bentuk-bentuk tuntutan akademis yang harus dipenuhi oleh insan akademis dalam lingkungannya. Sebagai insan akademis, mahasiswa dituntut untuk menguasai keterampilan menulis, tanpa mengabaikan keterampilan membaca, berbicara, dan menyimak. Akan tetapi, keterampilan menulis mahasiswa selama ini jauh dari harapan. Tagihan-tagihan akademis yang berupa makalah, laporan buku, atau laporan hasil penelitian tidak mencerminkan ketepatan metodologi. Selain itu, bahasa yang digunakan tidak memperlihatkan pernalaran yang tepat, juga tidak menunjukkan kesadaran terhadap kaidah bahasa Indonesia. Oleh karena itu (tidak berlebihan), buku ini disediakan secara khusus bagi mahasiswa peserta MKU Bahasa Indonesia agar dapat melatih (dan menguasai) keterampilan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar untuk pelbagai keperluan, terutama untuk penulisan karya ilmiah. Dengan berlatih menulis sejak awal, mahasiswa terbantu ketika mereka hendak menyusun tugas akhir. Akan tetapi, buku ini juga dapat dijadikan acuan bagi guru, dosen, dan jurnalis berkenaan dengan tugas keprofesionalan mereka. Pokok-pokok yang dibahas dalam buku ini meliputi kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia; keterampilan berbicara formal; menyimak untuk keperluan studi; membaca intensif dan ekstensif; membaca untuk keperluan studi; pilihan kata; kalimat efektif; pengembangan paragraf; pernalaran dalam berbahasa; menulis rancangan karangan; menulis makalah; menulis laporan penelitian; menulis ringkasan dan abstrak; masalah penulisan ejaan.

Buku ini disusun sebagai salah satu upaya dalam rangka pengembangan keterampilan berbahasa Indonesia tersebut.

EYD Bahasa Indonesia

Fasih ngomong Bahasa Indonesia belum tentu tahu tata bahasa Indonesia yang baik dan benar. Ketika menulis, kadangkala kita sering salah menempatkan tanda baca, kutipan, huruf kapital, penulisan nama dan gelar, dsb. Gunakan buku ini untuk memperbaiki struktur tata bahasa Indonesia-mu, karena berisi panduan lengkap: 1. EYD Bahasa Indonesia terbaru. 2. Perkembangan Ejaan Bahasa Indonesia. 3. Penggunaan huruf kapital dan huruf miring. 4. Penggunaan tanda baca. 5. Penggunaan kutipan langsung dan tidak langsung. 6. Penggunaan kata baku dan tidak baku. 7. Penggunaan kata-kata serapan. 8. Penulisan nama pengarang dalam kutipan. 9. Penggunaan awal dan akhiran dari bahasa asing. 10. Daftar singkatan dan akronim. [Mizan, Bentang Pustaka, Study Aid, Bahasa Indonesia, EYD, Ejaan, Indonesia]

Gunakan buku ini untuk memperbaiki struktur tata bahasa Indonesia-mu, karena berisi panduan lengkap: 1. EYD Bahasa Indonesia terbaru. 2. Perkembangan Ejaan Bahasa Indonesia. 3. Penggunaan huruf kapital dan huruf miring. 4.

Master Bahasa Indonesia

Panduan Tata Bahasa Indonesia Terlengkap

Fasih berbicara bahasa Indonesia belum tentu tahu tata bahasa Indonesia yang baik dan benar, bukan? Ketika menulis, terkadang kita dihadapkan pada permasalahan terkait penempatan tanda baca, penulisan nama atau gelar, penyusunan kutipan, dan sebagainya. Ya, dalam bahasa Indonesia, ragam bahasa tulis berbeda dengan ragam bahasa lisan. Oleh karena itu, buku ini hadir untuk membantumu, karena berisi panduan lengkap struktur tata bahasa Indonesia, yang meliputi: - Kaidah penggunaan kata baku dan kata tidak baku - Kaidah penulisan tanda baca, imbuhan, kutipan, dan daftar pustaka - Kaidah penggunaan kata serapan dan pengindonesiaan kata nama - Kaidah penulisan surat resmi, karya ilmiah, resensi, editorial, artikel, esai, pidato, dan sebagainya - Unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik karya sastra - Periodisasi kesusastraan Indonesia - Daftar kesalahan dalam berbahasa Indonesia - Daftar kata baku dan tidak baku - Daftar singkatan dan akronim - Kumpulan majas, idiom, dan peribahasa Indonesia - Kamus mini bahasa Indonesia [Mizan, Bentang Pustaka, Bahasa Indonesia, Kata, Kalimat, Indonesia]

Fasih berbicara bahasa Indonesia belum tentu tahu tata bahasa Indonesia yang baik dan benar, bukan?

Intisari Lengkap Bahasa Indonesia

Untuk SD, SMP, SMA, dan Umum

Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, tidak hanya digunakan secara lisan, tetapi juga dalam tulisan. Pada waktu menulis menggunakan bahasa Indonesia, seringkali kita mendapati kesulitan atau kesalahan, seperti penggunaan tanda baca, kata baku, singkatan, unsur serapan, dan sebagainya. Oleh karena itu, buku ini hadir sebagai salah satu solusi bagi para pelajar dan pembelajar bahasa Indonesia. Buku ini berisi tentang tata bahasa Indonesia, seperti: kata, kalimat, penggunaan tanda baca, singkatan, angka, lambang bilangan, kata serapan, kata majemuk, idiom, kata baku dan tidak baku, majas, peribahasa, dan perkembangan sastra di Indonesia, yang disertai dengan contoh-contohnya. Buku ini disusun secara praktis, sehingga mudah untuk dipelajari dan dipahami. -Indonesia Tera-

Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, tidak hanya digunakan secara lisan, tetapi juga dalam tulisan.