Sebanyak 3608 item atau buku ditemukan

MENGAPA MENGHAFAL AL -QUR'AN ?

Motivasi Menghafal Salafus Sholih dan Tren Menghafal Jaman Now

Buku "Mengapa Menghafal AL-Qur'an" ini penulis dihadirkan sebagai jawaban dan refleksi kita bersama atas fenomena "menghafal al-Qur'an" yang akhir-akhir ini semakin digrandungi di Indonesia. Sejak munculnya tayangan Hafiz Indonesia di televisi, seakan -akan "tahfidz" sekarang menjadi primadona sehingga banyak orang yang akhirnya ikut -ikutan menghafal al-Qur'an dan banyak pula lembaga

93 Tuntutan Ekonomi dan Hukum Mencari Uang dengan Al-Qur'an Kebutuhan akan kemapanan ekonomi merupakan tuntutan hidup di dunia bagi semua orang, tak terkecuali bagi orang-orang yang hafal al-Qur‟an. Kita semua membutuhkan uang, sandang, ...

Implementasi Metode Pembelajaran Audio Visual berbasis Kartu Pintar sebagai Media Ajar pada Taman Pendidikan Al-Qur’an Padirah, Jebres

Taman Pendidikan Al-Qur’an merupakan fasilitas pendidikan informal yang berfokus pada pendidikan keagamaan. Melalui itu, TPA memberikan pembelajaran keagamaan, terutama pada anak-anak, dalam rangka menciptakan generasi yang cerdas secara intelek dan emosional tetapi juga cerdas rohani. Sehingga dalam pelaksanaanya TPA harus memiliki mutu dan kualitas yang baik. Hal tersebut terwujud dalam bentuk keberadaan sarana dan prasana pendukung yang mumpuni dan memadai. Permasalahan terbesar yang dialami oleh TPA dewasa ini adalah keberadaan dari sarana dan prasarana yang kurang memadai, seperti dalam hal keberadaan pengajar serta metode pembelajaran yang dilakukan. Pada buku ini dijelaskan tentang trobosan metode pembelajaran audio visual berbasis kartu pintar sebagai media ajar yang dapat meningkatkan mutu dan kualitas dari Taman Pendidikan Al-Qur’an. Mitra kami merupakan salah satu TPA di Kota Surakarta, yaitu TPA Padirah yang mengalami permasalah-permasalahan yang lazim dialami oleh sebuah TPA seperti kurangnya pengajar, waktu pembelajaran yang singkat serta metode pembelajaran yang masih konvensional. Menyadari permasalahan tersebut TPA Padirah ingin berbenah sehingga melalui program ini dapat meningkatkan mutu dan kualitas TPA Padirah.

Taman Pendidikan Al-Qur’an merupakan fasilitas pendidikan informal yang berfokus pada pendidikan keagamaan.

PENDIDIKAN BERBASIS AL-QUR’AN

Pendidikan berbasis Al-Qur'an adalah sarana perekayasaan sosial bagi umat Islam yang berdasarkan Al-Qur'an dan Al-Sunnah untuk menuju kesempurnaan hidup manusia hingga mencapai Insan kamil, yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah (taqarrub) dan meraih kebahagiaan di dunia dan di akhirat kelak. Pencapaian kesempurnaan hidup melalui proses pendidikan itu juga merupakan tujuan dari Pendidikan Islam itu sendiri. Materi Pendidikan berbasis Al-Qur'an berisikan tentang berbagai macam ilmu pengetahuan sebagai sarana yang menghubungkan hamba dengan Tuhan-Nya, dengan itu ia mendekatkan diri secara kualitatif kepada-Nya, sehingga manusia dapat mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat kelak. Namun yang menjadi prioritas materi yang terpenting dari pendidikan berbasis Al-Qur'an itu adalah bidang akhlak. Karena dengan memiliki akhlak yang mulia, semua orang bisa bertanggung jawab dalam hidupnya. Pendidikan berbasis Al-Qur'an tidak hanya ditafsirkan sebagai kegiatan atau cara untuk mengajar anak didik saja, namun lebih dari itu. Yang dimaksudkan dengan metode pendidikan adalah juga menjadikan guru (al-mu'allim) sebagai figur sentral untuk dapat dijadikan teladan bagi anak didiknya. Bahkan Imam Al-Ghazali mengemukakan bahwa metode pendidikan adalah sejenis pendidikan guru atau pelatihan guru (teacher education or trainning). Jadi, dapat dipahami bahwa metode pendidikan tidak hanya dipahami sebagai suatu cara dalam mengajar tetapi jauh dari itu yaitu usaha membina dan melatih guru sebagai figur sentral bagi anak didiknya agar menjadi teladan yang baik. Proses pengembangan pendidikan berbasis Al-Qur'an berdasarkan gambaran konsep hakikat manusia dalam Al-Qur'an yang meliputi aspek tujuan, kurikulum, metodologi, dan evaluasi pendidikan, pada dasarnya dipahami sebagai sebuah ikhtiar untuk mengembangkan seluruh wujud eksistensi manusia dalam arti nilai totalitas, struktur, kedudukan, dan peran serta potensi-potensi yang dimilikinya. Oleh karena itu, konsep manusia dalam Al-Qur'an menjadi muatan yang perlu diperhitungkan dalam mengembangkan teori dan praktek pendidikan. Dengan adanya keterlibatan pandangan dasar Al-Qur'an tentang hakikat manusia ini, pengembangan pendidikan diharapkan bisa menyeluruh sesuai dengan gambaran hakikat manusia yang sebenarnya.

Pendidikan berbasis Al-Qur'an adalah sarana perekayasaan sosial bagi umat Islam yang berdasarkan Al-Qur'an dan Al-Sunnah untuk menuju kesempurnaan hidup manusia hingga mencapai Insan kamil, yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah ...

MANAJEMEN STRATEGI PENGEMBANGAN APARATUR NEGARA

Segala puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas kasih dan anugerah-Nya yang senantiasa menyertai saya sehingga buku berjudul Manajemen Strategi Pengembangan Aparatur Negara bisa diselesaikan. Manajemen ASN merupakan suatu pengelolaan ASN untuk menghasilkan ASN yang profesional, memiliki nilai dasar, etika profesi, bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme. Hal ini bertujuan agar instansi yang menaungi ASN dapat terus bertahan dan bersaing, serta mewujudkan ASN profesional, bertanggung jawab, jujur, serta adil karena dominasi teknologi saja tidak cukup jika tidak ditunjang dengan ASN yang andal. Oleh karena itu, pengembangan ASN sebagai bagian dari sumber daya ekonomi yang berharga tidak dapat ditunda lagi. Buku ini sangat bermanfaat bagi pemimpin instansi, manajer, para ASN, serta mahasiswa yang berkeinginan memperdalam kajian mengenai manajemen aparatur sipil negara. Pada kesempatan ini, penulis mengucapkan terima kasih kepada Prof. Dr. Mohamad Rizan, M.M. sebagai Promotor dan Usep Suhud, M.Si., Ph.D. sebagai Co-Promotor serta semua pihak yang telah membantu. Penulis mohon kepedulian para ahli untuk memberikan kritik konstruktif demi sempurnanya buku ini.

Segala puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas kasih dan anugerah-Nya yang senantiasa menyertai saya sehingga buku berjudul Manajemen Strategi Pengembangan Aparatur Negara bisa diselesaikan.

Manajemen Keperawatan “Pengelolaan Metode Tim dan Latihan Manajemen Konflik"

Buku ini dilengkapi dengan metode pengelolaan ruangan yaitu TIM, dengan menjelaskan secara rinci tugas kepala ruangan, ketua tim, perawat pelaksana, serta buku dilengkapi dengan cara menghitung tenaga perawat, BOR, dan ALOS. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan 50 kasus manajemen konflik yang terbaru sesuai saat pandemi Covid-19, sehingga seorang perawat dapat belajar mengenai masalah yang ada saat ini.

Buku ini dilengkapi dengan metode pengelolaan ruangan yaitu TIM, dengan menjelaskan secara rinci tugas kepala ruangan, ketua tim, perawat pelaksana, serta buku dilengkapi dengan cara menghitung tenaga perawat, BOR, dan ALOS.

Pendidikan luar sekolah

manajemen strategi : konsep, kiat, dan pelaksanaan

Strategic management on vocational education in Indonesia.

Strategic management on vocational education in Indonesia.

Pengembangan Model Program Pendidikan Luar Sekolah Dalam Memberdayakan Masyarakat Eks Lokalisasi Dolly

Buku Mengenai Pengembangan Model Program Pendidikan Luar Sekolah Dalam Memberdayakan Masyarakat Eks Lokalisasi Dolly

Buku Mengenai Pengembangan Model Program Pendidikan Luar Sekolah Dalam Memberdayakan Masyarakat Eks Lokalisasi Dolly