Sebanyak 3277 item atau buku ditemukan

Ekonomi Mikro Islam - Rajawali Pers

Pembahasan mengenai ekonomi akan selalu melekat pada kehidupan manusia, hal ini disebabkan karena manusia tidak bisa lepas dari aktivitas ekonomi sepanjang hidupnya. "Terbatasnya sumber daya, tetapi tidak terbatasnya kebutuhan manusia", hal ini melatarbelakangi hadirnya ilmu ekonomi untuk mengatasi itu semua. Ekonomi dalam kajian keilmuan dapat dikelompokkan ke dalam ekonomi mikro dan ekonomi makro. Ilmu ekonomi mikro adalah salah satu cabang ilmu ekonomi yang memfokuskan pembahasannya pada perilaku ekonomi individu, rumah tangga, perusahaan, serta pasar. Ilmu ekonomi mikro juga mampu memberikan metode kepada rumah tangga perusahaan dan seseorang untuk mampu dalam mengelola sumber daya ekonomi yang tersedia sehingga mampu memperoleh keuntungan maksimum serta menciptakan solusi pada setiap pelaku ekonomi dalam mengambil sebuah kebijakan, baik pada harga maupun pada jumlah barang di pasar. Pernyataan tersebut tidak jauh berbeda dengan inti pembahasan dalam ekonomi mikro islami, yang menjelaskan bagaimana sebuah keputusan diambil oleh setiap unit ekonomi dengan memasukkan batasan-batasan syariah sebagai variabel yang utama. Buku Ekonomi Mikro Islam ini sangat tepat dijadikan sebagai literatur dalam kajian ekonomi mikro Islam, terkhusus mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di perguruan tinggi seluruh Indonesia. Materi-materi dalam buku ini di antaranya membahas mengenai Ekonomi Mikro Islam dan Ruang Lingkupnya; Model Perilaku Manusia I: Rasionalitas; Model Perilaku Manusia II: Optimalisasi Individu; Teori Perilaku Konsumen; Teori Permintaan Islam; Teori Produksi Islam; Teori Penawaran Islam; Teori Pasar dalam Islam; Ketidaksempurnaan Pasar dan Kebijakan Publik; Teori Harga; dan Efisiensi Alokasi dan Distribusi Pendapatan. Buku ini juga menguraikan pandangan-pandangan para ilmuwan atau ulama mengenai ekonomi mikro Islam. Penulis berharap dengan adanya buku ini mampu memberikan keyakinan yang kuat tentang teori ekonomi mikro Islam yang relevan dan dapat diterapkan dalam dunia nyata. Salah satu tujuannya adalah bagaimana menerapkan prinsip-prinsip ekonomi mikro islami dalam pengambilan keputusan agar mendapatkan solusi terbaik, yaitu solusi yang akan menguntungkan kita dan tidak menzalimi orang lain.

Pembahasan mengenai ekonomi akan selalu melekat pada kehidupan manusia, hal ini disebabkan karena manusia tidak bisa lepas dari aktivitas ekonomi sepanjang hidupnya.

MANAJEMEN KEUANGAN

Manajemen keuangan adalah kegiatan usaha sebagai bentuk tanggung jawab untuk memperoleh dan menggunakan dana perusahaan dalam mencapai tujuan dengan cara yang efektif. Pada intinya, manajemen keuangan adalah segala kegiatan perusahaan terkait cara menggunakan, memperoleh, dan mengelola dana perusahaan dalam mencapai tujuan dan target tertentu. Ruang Lingkup Manajemen Keuangan adalah pendanaan, investasi, dan pengelolaan asset. Dengan mengacu pada prinsip manajemen keuangan kehati-hatian (prudence), kemandirian (autonomy), Pengembalian yang memadai (adequate return), likuiditas (liquidity), Efisiensi (efficiency), Konsistensi (consistency), Transparansi (transparency). Buku ini akan membahas tentang: 1. Fungsi dan Peran Manajemen Keuangan 2. Analisis dan Diagnostik Laporan Keuangan 3. Manajemen Modal Kerja 4. Manajemen Kas dan Sekuritas 5. Manajemen Piutang 6. Manajemen Persediaan 7. Perencanaan Perusahaan Jangka Pendek dengan Analisis Biaya, Volume dan Laba atau Analisis Break Even Point 8. Estimasi Arus Kas Investasi Jangka Panjang 9. Teknik Penilaian Investasi Jangka Panjang: Average Rate of Return (ARR), Payback Period, Net Present Value, Profitability Index dan Internal Rate of Return 10. Capital Rationing 11. Biaya Modal (Cost of Capital)

Manajemen keuangan adalah kegiatan usaha sebagai bentuk tanggung jawab untuk memperoleh dan menggunakan dana perusahaan dalam mencapai tujuan dengan cara yang efektif.

Manajemen Keuangan

Berbasis Balanced Scorecard

Buku manajemen keuangan ini dirancang berdasarkan road-map teori-teori keuangan yang eligible, disusun secara kronologis dan terpadu dalam kerangka empat perspektif pengelolaan, yaitu perspektif keuangan, proses bisnis internal, learning and growth perspective (MSDM), dan kefokusan pada langganan, atau disebut sebagai ”Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard (BSC)”. Dengan demikian, posisi manajemen keuangan menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan fungsi manajemen lainnya dalam suatu organisasi. Adapun ruang lingkup domain fungsi keuangan antara lain: penentuan strategi pendanaan, strategi investasi, dan perlakuan laba serta kebijakan dividen. Keistimewaan buku ini adalah memadukan antara teori dan praktik menggunakan pendekatan riset bisnis yang didasari oleh teori-teori keuangan klasik dan kontemporer, didukung hasil-hasil riset di bidang keuangan, kasus-kasus bisnis untuk kondisi di Indonesia. Hal ini akan memudahkan bagi para pembaca, khususnya mahasiswa S-1 dan S-2 untuk pemodelan tesis di bidang keuangan, juga bagi S-3 yang akan mengembangkan teori untuk dijadikan acuan perancangan model penelitian. Selain itu, memudahkan pula bagi praktisi yang ingin mengaplikasikan manajemen keuangan secara komprehensif, melihat sinergi pengelolaan keuangan dengan fungsi manajemen lainnya secara terpadu, untuk memposisikan perusahaan menjadi kompetitif dan sustainable.

Buku manajemen keuangan ini dirancang berdasarkan road-map teori-teori keuangan yang eligible, disusun secara kronologis dan terpadu dalam kerangka empat perspektif pengelolaan, yaitu perspektif keuangan, proses bisnis internal, learning ...

BUKU AJAR MANAJEMEN KEUANGAN II

Buku Ajar Manajemen Keuangan II ini disusun sebagai buku panduan komprehensif yang menjelajahi kompleksitas dan mendalamnya tentang Manajemen Keuangan.. Buku ini dapat digunakan oleh pendidik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di bidang Keuangan dan di berbagai bidang Ilmu terkait lainnya. Buku ini umum dapat digunakan sebagai panduan dan referensi mengajar mata kuliah manajemen keuangan dan menyesuaikan Rencana Pembelajaran Semester tingkat Perguruan Tinggi masing-masing. Secara garis besar, buku ajar ini pembahasannya mulai dari Capital Budgeting atau Penganggaran modal, Cost Of Capital atau biaya modal, struktur modal, Analysis Impact of Leverage, Financial Planning. selain itu ada juga materi-materi mengenai Pendanaan Campuran - Sewa Guna, Kebijakan Dividen, Financial Behavior, dan di tutup dengan materi mengenai Break Even Poin Analysis. Buku Ajar ini disusun secara sistematis, ditulis dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Buku Ajar Manajemen Keuangan II ini disusun sebagai buku panduan komprehensif yang menjelajahi kompleksitas dan mendalamnya tentang Manajemen Keuangan.

Pengantar Manajemen Keuangan

Buku Pengantar Manajemen Keuangan ini merupakan kumpulan bahan kuliah Manajemen Keuangan. Diharapkan dengan membaca buku ini semakin mudah memahami masalah yang bersifat mendasar di bidang keuangan karena selain disajikan teori juga disertai dengan soal dan jawaban yang praktis dan mudah, sehingga siapa pun yang berkecimpung di dalam bidang keuangan akan dapat dijadikan alat bantu pengambilan keputusan di bidang keuangan. Bagi kalangan akademik buku ini dapat dijadikan bahan referensi tambahan terutama dosen dan mahasiswa yang sedang menekuni bidang Manajemen Keuangan di Perguruan Tinggi. Begitu pun materi ini dapat membantu para manajer keuangan yang setiap saat mengambil keputusan dengan perhitungan dan kalkulasi yang tepat. Pada buku ini, penulis memberikan bekal tentang pengantar manajemen keuangan sebagai bagian dari kajian manajemen keuangan yang diawali dengan konsep dasar manajemen keuangan, analisis rasio keuangan, manajemen modal kerja, manajemen kas, manajemen piutang, manajemen persediaan, perencanaan keuangan, dan nilai waktu uang (time value of money).

Buku Pengantar Manajemen Keuangan ini merupakan kumpulan bahan kuliah Manajemen Keuangan.

SWOT – BALANCED SCORECARD

Alat ukur yang paling banyak digunakan dalam dunia usaha saat ini adalah Analisis SWOT dan Balanced Scorecard. Freddy Rangkuti menggabungkan dua model populer tersebut menjadi kekuatan baru yang berdampak sangat dahsyat terhadap strategi dan kinerja perusahaan. Penggunaan kedua alat ukur ini secara sinergis akan menghasilkan kecepatan dan kemudahan dalam memantau dan mengendalikan jalannya suatu bisnis. Dalam buku ini, pembaca tidak hanya sekadar mempelajari teori, tetapi juga diajak langsung mengimplementasikan SWOT Balanced Scorecard. Buku ini membumikan SWOT Balanced Scorecard dengan berbagai contoh kasus agar mudah diikuti oleh pembaca awam sekalipun. Anda juga akan menemukan beragam contoh kuesioner, seperti Kuesioner Riset SWOT Balanced Scorecard Development Tool, Kuesioner OCAI, Kuesioner Riset SWOT, serta contoh kasus pengukuran risiko. Anda akan dipandu untuk menerjemahkan visi, misi, strategi, dan program korporat ke dalam seperangkat ukuran yang tepat. Semua ukuran tersebut disusun secara komprehensif dan terintegrasi dengan tujuan strategis, sasaran strategis, target, dan Key Performance Indicators. Dr. Freddy Rangkuti adalah pakar strategi bisnis dan marketing dengan pengalaman lebih dari 20 tahun dalam hal riset dan sebagai penasihat di berbagai perusahaan, seperti Asian Development Bank, SwissContact, Pertamina, Trans Corps (Trans TV & Trans 7), PT. Semen Gresik Tbk, PERSI (Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia), PT. Astra Otoparts Tbk, PT. Cogindo, PLN, PT. LG Indonesia, Bank Riau Kepri, Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, dan berbagai perusahaan swasta di Indonesia. Beberapa buku best seller yang ditulisnya antara lain Analisis SWOT (Cet.16), Business Plan (Cet. 9), dan Riset Pemasaran (Cet. 8), semuanya diterbitkan oleh PT. Gramedia Pustaka Utama. Buku Swot Balanced Scorecard ini adalah karyanya yang ke-19.

Freddy Rangkuti menggabungkan dua model populer tersebut menjadi kekuatan baru yang berdampak sangat dahsyat terhadap strategi dan kinerja perusahaan.

Personal SWOT Analysis

Seperti halnya SWOT Analysis sangat diperlukan oleh perusahaan untuk mengidentifikasi faktor-faktor peluang dan ancaman serta kekuatan dan kelemahan perusahaan tersebut, Personal SWOT Analysis merupakan metode yang penting bagi kita sebagai individu untuk mengevaluasi diri sendiri, untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan kita. Dengan cara itu kita dapat merencanakan kehidupan yang lebih baik dan bermanfaat. Tidak hanya mengajari kita cara menggali kekuatan diri dan mengevaluasi kepribadian, buku ini juga memandu kita melakukan manajemen diri berdasarkan Personal Balanced Scorecard. Tentu saja semua itu tidak ada artinya jika tidak Anda laksanakan. Terapkan pengetahuan yang Anda peroleh dari buku ini dan tetapkan niat untuk menjadi yang terbaik di bidang Anda. Insya Allah, yang Anda cita-citakan akan terwujud.

Seperti halnya SWOT Analysis sangat diperlukan oleh perusahaan untuk mengidentifikasi faktor-faktor peluang dan ancaman serta kekuatan dan kelemahan perusahaan tersebut, Personal SWOT Analysis merupakan metode yang penting bagi kita sebagai ...

Practical Strategic Management: How To Apply Strategic Thinking In Business

Many theoretical as well as practical books on management theory analyze a range of subjects from strategic management to business strategy, competitive strategy, marketing management, strategic marketing, one-to-one marketing, consumer behaviorism, growth strategy, functional strategy, and technology management. In addition, there are also many how-to books on strategy formulation.But not many books on the topic are written with a step-by-step guide on making practical strategic management decisions. The author presents 15 steps that combine strategy and marketing aspects in business. The steps are presented systematically and holistically. Readers will be able to maintain the “big picture” perspective, while being able to dive deep into each step. The guide is not written for “ideal situations” in business. Much attention is given to being aware of market trends, business competition, and the limitations of resources, to be able to apply practical strategic thinking in business.

The steps are presented systematically and holistically. Readers will be able to maintain the “big picture” perspective, while being able to dive deep into each step. The guide is not written for “ideal situations” in business.

UNDERSTANDING Islamic Finance

Dalam Understanding Islamic Finance, Muhammad Ayub memperkenalkan semua unsur penting dalam pasar yang makin berkembang ini, memberikan penjelasan mendalam serta penjabaran lengkap atas semua produk dan proses utama yang berkaitan dengan keuangan islami. Topik-topik utama yang dibahas antara lain: - prinsip-prinsip keuangan islami; - produk dan prosedur kunci yang digunakan atau mungkin diterapkan oleh Institusi Keuangan Internasional untuk mendanai beragam klien yang sesuai secara Syariah; - pembahasan peran yang bisa dimainkan keuangan islami dalam pembangunan sistem keuangan dan ekonomi; - contoh-contoh praktis dan operasional yang mencakup pengelolaan dana serta simpanan oleh bank, pembiayaan beragam sektor ekonomi, pengelolaan risiko, segi akuntansi, dan pasar serta instrumen keuangan islami; dan - penilaian atas kritik-kritik umum mengenai keuangan islami. Buku ini sangat penting bagi para profesional di bidang perbankan dan institusi keuangan yang berkomitmen untuk membangun solusi keuangan islami, juga para mahasiswa yang mendalami topik keuangan islami. ìMuhammad Ayub memberikan pemahaman paling menyeluruh mengenai kontrak, produk, dan sistem dalam keuangan islami. Dia menggali bagaimana konsepkonsep itu berakar dalam sistem ekonomi islami dengan cara yang menarik bagi para akademisi, sambil juga memberikan penjelasan terkait produk-produk yang bermanfaat bagi para praktisi keuangan.î óProfesor Rodney Wilson Direktur Pendidikan Pascasarjana, Durham University MUHAMMAD AYUB adalah Direktur Pelatihan, Pengembangan, dan Aspek Syariah di IIBI, London. Sebelumnya, dia bekerja di State Bank of Pakistan (bank sentral), mengepalai Divisi Ekonomi Islami dan Divisi Kesesuaian Syariah sebagai Senior Joint Director dalam Departemen Perbankan Islami dan Riset. Dia juga merupakan Kepala Perbankan Islami di NIBAF, divisi pelatihan SBP. Selain menyumbangkan banyak materi pelatihan mengenai topik ini, dia juga menjadi Master Trainer dalam teori serta praktik keuangan islami. Selama dua dekade terakhir, dia terlibat dalam R&D Industri Perbankan Islami, Pengembangan Produk, peraturan Prudential IB, Pengelolaan Risiko, kontrol dan audit terkait Syariah dalam institusi-institusi perbankan islami.

Dalam Understanding Islamic Finance, Muhammad Ayub memperkenalkan semua unsur penting dalam pasar yang makin berkembang ini, memberikan penjelasan mendalam serta penjabaran lengkap atas semua produk dan proses utama yang berkaitan dengan ...

Risk Analysis for Islamic Banks

Islamic finance is emerging as a rapidly growing part of the financial sector in the Islamic world and elsewhere. Currently, over 250 institutions in more than 45 countries practice Islamic finance and the industry growth rate is over 15% per annum.

Islamic finance is emerging as a rapidly growing part of the financial sector in the Islamic world and elsewhere.