Sebanyak 3277 item atau buku ditemukan

Pengantar Bisnis

Buku Pengantar Bisnis Edisi Pertarna ini lebih mengedepankan pengertian bisnis dalarn tataran keindonesiaan, terutama pada koneksinya yang krusial pada arus deras persaingan global. Oleh karena itu, langkah pertama yang harus diketahui para mahasiswa adalah mendalami persoalan-persoalan pokok yang ada dalarn dunia bisnis; ciri-ciri dunia bisnis dan lingkungannya; unsur-unsur pokok dan pelengkap dalam mengelola suatu usaha serta aspek-aspek global kegiatan dunia bisnis saat ini. Buku persembahan Prenada Media Group.

Kebijakan untuk mengawasi perkembangan uang beredar merupakan bagian dari kebijakan moneter. Dalam ilmu ekonomi, studi mengenai peranan uang dalam perekonomian diliput dalam teori makroekonomi dan teori moneter.

Pengantar Hukum Perbankan di Indonesia

Sistem perbankan yang semakin berkembang menyebabkan mulai dirasakannya kebutuhan akan keberadaan suatu lembaga stabilisator perekonomian. Lembaga tersebut sampai saat ini dikenal sebagai Bank Sentral. Secara umum, Bank Sentral merupakan lembaga yang memiliki peran penting dalam perekonomian, terutama di bidang moneter, keuangan, dan perbankan. Hal ini nampak dari fungsi dan tujuan Bank Sentral yang tidak sama dengan bank komersial. Berdasarkan hal tersebut, maka buku ini berusaha mengangkat pembahasan mengenai Bank Sentral. Mulai dari perkembangan Bank Sentral sejak abad ke-17 hingga Bank Sentral pada masa ini yaitu Bank Indonesia. Selain itu, di dalam buku ini menyajikan eksistensi Bank Indonesia serta cara mengatasi permasalahan terhadap bank yang bermasalah baik dari faktor internal maupun eksternalnya. Di samping hal-hal tersebut, kedudukan hukum Bank Indonesia sebagai Bank Sentral juga berusaha disajikan di dalam buku ini.

(Sebagai sebuah Bank Sentral, isu independensi muncul jika diperlukan oleh hukum, adat/tradisi, teori perkembangan teori moneter, atau pendapat publik untuk melakukan tugas-tugas yang dianggap sebagai kepentingan umum.

Pengantar Ilmu Ekonomi

Buku Pengantar Ilmu Ekonomi ini penulis hadirkan khususnya kepada mahasiswa di lingkungan Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan sejenis lainnya hingga masyarakat pada umumnya. Banyak ahli atau pakar dan praktisi ekonomi berpendapat, Pengantar Ilmu Ekonomi adalah bagian yang sifatnya dasar-dasar saja, tetapi ahli lain berpendapat kalau Pengantar Ilmu Ekonomi bersifat umum saja yang artinya tidak mengupas lebih dalam. Intinya, Pengantar Ilmu Ekonomi adalah bagian yang dipelajari sebagai syarat sebelum melanjutkan kajian ilmu ekonomi yang lebih luas, mendalam dan menyeluruh (agregat) didukung dengan analisis yang tajam serta rumus-rumus, grafik, tabel dan diagram yang tingkat kerumitan lebih tinggi sehingga membutuhkan kajian-kajian dan pemikiran yang mendalam serta sangat matematis. Penulis berpendapat, Pengantar Ilmu Ekonomi mempelajari tentang Ilmu Ekonomi mikro maupun makro secara umum atau dasar-dasarnya saja seperti pengertian, berbagai asas, aspek-aspek, pengenalan ekonomi secara global dengan kebijakan terkait politik anggaran dan ruang lingkupnya secara umum.

Buku Pengantar Ilmu Ekonomi ini penulis hadirkan khususnya kepada mahasiswa di lingkungan Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan sejenis lainnya hingga masyarakat pada umumnya.

PENGANTAR ILMU EKONOMI Kajian Teoritis dan Praktis Mengatasi Masalah Pokok Perekonomian

Buku ini lahir dijadikan sebagai perwujudan terhadap pengembangan dasar ilmu ekonomi sebagaimana dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari terutama sebagai pelaku ekonomi yang berupaya keras dalam memenuhi kebutuhan hidupnya baik berupa pangan, sandang maupun papan. Kebutuhan tersebut senantiasa dapat terpenuhi tentunya dengan ilmu supaya dalam mendapatkan profit (keuntungan) didasari oleh penerapan ilmu ekonomi dalam memanajemenkan kehidupan ekonomi pula. Sumber daya yang ada berada dalam keadaan yang sangat terbatas namun kebutuhan manusia sangatlah tidak terbatas, sehingga diperlukan suatu upaya manusia atau masyarakat untuk mengatur atau menentukan pilihan-pilihan terhadap sumber daya yang terbatas itu untuk memenuhi kebutuhan manusia atau masyarakat yang tidak terbatas. Sebagaimana diketahui bahwa sumber daya yang ada ditengah manusia sebagai pelaku ekonomi itu berupa uang, modal, tanah, mesin, pendidikan, keahlian, dan sebagainya merupakan sesuatu yang terbatas dan harus dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan bukan digunakan dan dieksploitasi tanpa batas sehingga tidak ada kesinambungan bagi generasi yang akan datang. Dalam kasus tertentu misalnya seseorang yang ingin memiliki sepeda motor, kulkas, mesin cuci dan sebagainya sebagai barang yang sifatnya membutuhkan uang dalam jumlah relatif banyak, untuk bisa mendapatkan barang tersebut secara bersamaan sebagaimana disebabkan karena penghasilan pelaku ekonomi yang pas-pasan tentunya tidak mungkin bisa membeli semuanya dalam waktu yang bersamaan, maka sudah barang tentu pelaku ekonomi hendaknya berupaya untuk menentukan pilihan dengan membeli salah satu dari barang tersebut untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Pilihan itu ditentukan karena pada saat itu pelaku ekonomi memiliki keterbatasan sumber daya berupa uang. Berlandaskan terhadap kasus ekonomi tersebut, maka dapat dapat diketahui bahwa betapa pentingnya mempelajari ilmu ekonomi karena ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang upaya manusia baik secara individu atau masyarakat dalam menentukan sumber daya yang terbatas jumlahnya, untuk memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas. Sehubungan dengan hal tersebut, maka dilakukan penulisan buku yang berjudul Pengantar Ilmu Ekonomi. Buku ini merupakan hasil kajian kepustakaan yang menjadi teori utama (grounded theory) yang penulis temukan dalam berbagai literatur ilmiah berupa jurnal dan kutipan buku ajar yang lain. Penulis menyadari dengan berlandaskan kepada konsep bahwa ketika ilmu disebarluarkan kepada banyak orang maka ilmu tersebut akan memberikan manfaat kepada pemiliknya sehingga misi utama penulisan buku ini secara umum digunakan untuk menyebarkan ilmu pengetahuan tentang ilmu ekonomi kepada semua kalangan baik akademisi maupun praktisi singkatnya pembaca secara luas dan sekaligus semoga dapat tetap membuat penulis untuk tetap senantiasa rendah hati dan tunduk kepada ketaatan terhadap kemutlakan ilmu Tuhan Yang Maha Kuasa diatas segala ilmu sehinga satu harapa tersebut penulis yaitu dapat menyebabkan penulisnya belajar dan belajar lagi, karena sesungguhnya semakin banyak ilmu yang kita ketahui maka kita akan senantiasa merasa kecil dan tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan ilmu Tuhan yang sungguh besar dan luas.

Karl Marx serta para pemikir sistem ekonomi sosialis lainnya seperti Frederick Engels dan Vladimir Lenin , berdasarkan teori revolusi sosial yang dikembangkannya, mengemukakan bahwa kapitalisme membangkitkan material preconditions ...

Memahami Bisnis Bank

"""Buku ini menjelaskan semua yang perlu diketahui tentang bisnis bank. Seluruh modul dalam buku ini disesuaikan dengan 17 unit kompetensi General Banking Tingkat I dalam Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia yang mencakup komunikasi di tempat kerja, perencanaan, persiapan, dan pelaksanaan kegiatan penjualan produk dan jasa perbankan, penerapan standar layanan perbankan, transaksi keuangan bank, transaksi dana bank, transaksi atas jasa pembayaran, transaksi valuta asing, transaksi jasa perdagangan, analisis kredit, administrasi kredit, jenis investasi, pemantauan transaksi sesuai aspek hukum perbankan, penggunaan sistem teknologi informasi perbankan, interpretasi laporan keuangan, identifikasi risiko perbankan, dan tindaklanjut hasil audit. Buku yang disusun oleh Pokja General Banking I Ikatan Bankir Indonesia dan Lembaga Sertifikasi Profesi Perbankan ini, merupakan referensi wajib bagi setiap calon peserta yang akan mengikuti sertifikasi General Banking Tingkat I. Ujian sertifikasi ini ditujukan bagi setiap calon pegawai, pegawai bank level Officer, atau calon pimpinan bank. Buku ini juga disertai latihan soal yang membantu pembaca memahami isi buku sekaligus mempersiapkan diri mengikuti ujian sertifikasi."""

Ikatan Bankir Indonesia. b. SKN-BI Adalah kliring kredit keluar dari bank ke bank lain, atas perintah nasabah yang menggunakan sarana elektronik, sehingga tidak dibutuhkan warkat cetakan (hardcopy).

Virtue-spirited Marketing

Success Recipe Pemasaran di Era Informasi

Pemasaran terus tumbuh seiring dinamika pasar. Di tengah masyarakat pasca industri, juga disebut era informasi & jasa, pemasar dituntut untuk naik kelas. Sebagaimana konsumen sudah semakin bijak dan cerdas. Era keterbukaan informasi membuka setiap tabir bumi dan seisinya. Residu-residu yang timbul di balik pembangunan ekonomi yang revolusioner menyisakan banyak masalah: disparitas sosial yang semakin curam, menipisnya sumber daya alam, diskriminasi dan ketidakadilan sosial serta beragam problematika lainnya. Pemasar di era informasi tidak bisa berpikir sektoral. Dia tidak bisa berperan sekadar mewakili profitabilitas perusahaan, di saat bumi tempat dia berbisnis juga dalam ancaman. Buku ini ditulis untuk menjawab itu, pemasaran di era informasi bukan sekadar pemasaran konvensional. Pemasaran yang efektif di era informasi adalah Pemasaran Berjiwa Kebajikan (Virtue Spirited Marketing), saat virtue bukan lagi sekadar gimmick, tetapi ia menjadi DNA bisnis yang dengannya Perusahaan beroperasional.

Buku ini berisi konsep, tren global dan contoh virtue-spirited marketing kelas dunia.

Syariah Marketing

Peta pemasaran di Indonesia tampaknya menunjukkan tanda-tanda pergerakan dari pasar rasional ke pasar konsumer, bahkan ke pasar spiritual. Jika pada pasar rasional konsumer membeli barang atau jasa dengan pertimbangan rasional (misalnya, fungsi dan harga), pada pasar emosional dengan pertimbangan emosi (misalnya, cita rasa personal, prestise, cita-diri), maka pada pasar spiritual konsumer mulai mempertimbangkan nilai (baik-buruk, halal-haram). Inilah barangkali yang menjelaskan mengapa pasar syariah di Indonesia menunjukkan tanda-tanda ke arah perkembangan yang pesat, dengan profitabilitas tertinggi di dunia! Kendati demikian, perbankan syariah di Indonesia baru mencapai pangsa 1,3 persen dari total aset industri perbankan nasional. Padahal, dengan penduduk Muslim di Indonesia sekitar 200 juta, pasar syariah masih sangat terbuka. Lalu, bagaimana memperbesar pangsa pasar yang ada? Konsep syariah marketing kami tawarkan sebagai sebuah solusinya, terdiri dari strategi, taktik, dan value. Syariah marketing strategy dirancang untuk memenangkan mind-share, syariah marketing tactic didesain untuk memenangkan market-share, dan syariah marketing value direkayasa untuk memenangkan heart-share. Dengan landasan konsep yang kuat dan disertai berbagai contoh kasus nyata, buku ini menunjukkan kepada Anda bagaimana menerapkan solusi syariah marketing untuk memenangkan pasar perbankan, asuransi, dan lembaga-lembaga keuangan syariah lainnya di Indonesia. [Mizan, Pustaka, Referensi, Bisnis]

Lalu, bagaimana memperbesar pangsa pasar yang ada? Konsep syariah marketing kami tawarkan sebagai sebuah solusinya, terdiri dari strategi, taktik, dan value.

Multi Level Marketing Syariah Di Indonesia Dalam Perspektif Maqashid Syariah

Buku ini merupakan hasil penelitian penulis yang kebetulan saya sebagai promotor atau pembimbing pertamanya. Namun demikian tanggung jawab ilmiahnya tetap merupakan tanggung jawab penulis. Saya memberikan apresiasi yang mendalam jika akhirnya hasil penelitian ini dijadikan buku ilmiah dan dapat dijadikan bahan rujukan oleh para pembaca sekalian. Buku ini, menjelaskan hal-hal yang terkait dengan Multi Level Marketing Syariah di Indonesia mulai dari kehalalan Multi Level Marketing Syariah, produk-produk dan sistem perusahaannya juga tinjauannya dari sudut pandang Maqashid syariah. Buku ini wajar dijadikan bahan rujukan karena ditulis oleh orang yang berkompeten di bidangnya. Penulis adalah orang yang langsung berkecimpung memberikan kuliah, memotivasi, melatih mitra-mitra dalam Multi Level Marketing Syariah mulai dari memberikan pemahaman materi Multi Level Marketing Syariah sampai presentasi untuk menjadi leader hingga aplikasi merekrut mitra-mitra baru yang menjadi keharusan menuju kesuksesan di perusahaan Multi Level Marketing Syariah. Multi Level Marketing Syariah Di Indonesia Dalam Perspektif Maqashid Syariah ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Multi Level Marketing Syariah Di Indonesia Dalam Perspektif Maqashid Syariah ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Marketing Syariah: Hubungan antara Agama dan Ekonomi

Dalam syariah marketing, perusahaan tidak hanya berorientasi pada keuntungan semata, namun turut pula berorientasi pada tujuan lainnya yaitu keberkahan. Perpaduan konsep keuntungan dan keberkahan ini melahirkan konsep maslahah, ...