Sebanyak 4 item atau buku ditemukan

Ilmu Dakwah

Suatu Pengantar

Diriwayatkan Al Bukhari dari Ibnu Umar Ra. berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda, "Sungguh dari jenis pohon, ada pohon yang tak berguguran daunnya, dan ia laksana orang beriman, katakanlah padaku pohon apakah itu?", orang-orang mengira itu adalah pohon yang ada di lembah, dan aku mengira itu adalah pohon kurma, namun aku malu (mengatakannya - Ibnu Umar masih sangat junior pada saat itu), kemudian mereka berkata, beritahukanlah pada kami wahai Rasulullah, Rasulullah Saw menjawab, "ia adalah Pohon Kurma,". Dr Ahmad Syalabie berkata, kurma itu tak melepaskan daunnya, sebagaimana orang beriman tak pernah menanggalkan misi dakwah dari dirinya. Nabi diutus sebagai rahmat bagi semesta, karenanya cahaya dakwah haruslah menerangi segenap jiwa di dunia. Buah manis dakwah tampak pada tegaknya keadilan, tersemainya kebajikan dan tenggelamnya kebathilan. Dakwah merajut persatuan ummat manusia di bawah simpul ikatan (aqidah) yang suci, tak ada Tuhan yang patut disembah selain Allah, Sang Pencipta yang syariat-Nya merupakan bentuk cinta-Nya yang Maha Sempurna. Dakwah merupakan kemuliaan, karena dengannya seseorang melibatkan diri pada tersemainya cahaya rabbani di jagad raya. Pendakwah sejatinya merupakan para pewaris misi para Nabi yang mulia. Lisan, tangan dan akhlak mereka adalah teladan yang membumikan nilai-nilai Al Quran di persada alam. Karena itu, pekerjaan dakwah memerlukan bekal ilmu dan keterampilan yang dipandu nilai-nilai wahyu. Buku ini mencoba memotret dakwah dari pelbagai sisi sebagai catatan kecil bagi mereka yang mendedikasikan diri sebagai thaifah yang mengingatkan kaumnya apabila mereka kembali untuk senantiasa menjaga diri.

Lisan, tangan dan akhlak mereka adalah teladan yang membumikan nilai-nilai Al Quran di persada alam. Karena itu, pekerjaan dakwah memerlukan bekal ilmu dan keterampilan yang dipandu nilai-nilai wahyu.

Tradisi Retorika

Kerangka Teoretis Penelitian Ilmu Komunikasi Kajian Retorika

Dunia akan sangat menarik untuk dikaji dari sudut pandang ilmu komunikasi. Melalui kajian yang mendalam, Aristotle mengenalkan tiga pendekatan paling efektif untuk membujuk manusia, yaitu ethos, pathos dan logos. Melalui kajian komunikasi, Albert Mehrabian mengemukakan bahwa cara kita menyampaikan lebih penting dari apa yang kita ucapkan. Bahwa dampak keseluruhan dari pesan terdiri dari 7% verbal (kata-kata), 38% vokal dan 55% non-verbal (perasaan, sikap dan mimik wajah). Melalui kajian komunikasi pula Michael Foucault menemukan kekuatan dalam retorika. Sebagai contoh, sistem yudisial memerintah kita melalui hukum, sedangkan hukum itu sendiri hadir dalam bentuk bahasa dan diskursus (retorika). Kemanapun kita pergi, kita akan menemukan retorika, karena ia menurut Wayne Booth bersifat universal dan arsitektonik (menjadi kerangka bagi semua disiplin ilmu). Robert Craig (1999) mencatat terdapat tujuh tradisi dalam ilmu komunikasi, dan yang tertua di antaranya adalah tradisi retorika. Melalui Buku Seri Penelitian Komunikasi vol. 1 Tradisi Retorika, penulis berupaya mengulas kerangka teoretis penelitian komunikasi bidang kajian retorika secara sederhana. Buku ini bertujuan memberikan pengertian dasar terhadap retorika secara historis dan konseptual. Pada bagian akhir penulis menyarankan telaah lanjutan sebagai rujukan inti untuk pemahaman yang lebih khusus dan mendalam. Penulis berharap buku kecil ini dapat membantu mahasiswa tingkat dasar untuk melakukan penelitian di bidang ilmu komunikasi, khususnya dalam kajian retorika. Semoga bermanfaat.

Robert Craig (1999) mencatat terdapat tujuh tradisi dalam ilmu komunikasi, dan yang tertua di antaranya adalah tradisi retorika.

Virtue-spirited Marketing

Success Recipe Pemasaran di Era Informasi

Pemasaran terus tumbuh seiring dinamika pasar. Di tengah masyarakat pasca industri, juga disebut era informasi & jasa, pemasar dituntut untuk naik kelas. Sebagaimana konsumen sudah semakin bijak dan cerdas. Era keterbukaan informasi membuka setiap tabir bumi dan seisinya. Residu-residu yang timbul di balik pembangunan ekonomi yang revolusioner menyisakan banyak masalah: disparitas sosial yang semakin curam, menipisnya sumber daya alam, diskriminasi dan ketidakadilan sosial serta beragam problematika lainnya. Pemasar di era informasi tidak bisa berpikir sektoral. Dia tidak bisa berperan sekadar mewakili profitabilitas perusahaan, di saat bumi tempat dia berbisnis juga dalam ancaman. Buku ini ditulis untuk menjawab itu, pemasaran di era informasi bukan sekadar pemasaran konvensional. Pemasaran yang efektif di era informasi adalah Pemasaran Berjiwa Kebajikan (Virtue Spirited Marketing), saat virtue bukan lagi sekadar gimmick, tetapi ia menjadi DNA bisnis yang dengannya Perusahaan beroperasional.

Buku ini berisi konsep, tren global dan contoh virtue-spirited marketing kelas dunia.

Gold Will Always Remain Gold

Fikih Kontemporer tentang Harta, Produk Keuangan dan Etika Bisnis Berbasis Syariah

Buku ini mengulas masalah kekinian terkait konsepsi harta, sejarah uang komoditas hingga uang kripto, lima akad dasar keuangan syariah disertai produk turunannya, fikih perniagaan hingga tiga penyebab harta haram. Buku ini berusaha membumikan prinsip syariah melalui tinjauan historis sekaligus praktis.

Buku ini mengulas masalah kekinian terkait konsepsi harta, sejarah uang komoditas hingga uang kripto, lima akad dasar keuangan syariah disertai produk turunannya, fikih perniagaan hingga tiga penyebab harta haram.