Sebanyak 22 item atau buku ditemukan

ADA APA DENGAN DOA KITA

215 Doa Penting; Telaah Kritis atas Hadis-Hadis

Allah telah mencipatakan jalan vertikal dari bumi ke langit, dan sebaliknya, jalan horisontal, dari langit ke bumi. Perjalanan itu teramat halus dan lembut sehingga tidak tersentuh oleh pancaindera dan kemampuan apapun yang dimiliki oleh manusia. Inilah kenyataan yang seharusnya menyadarkan dan menginsafkan seorang hamba yang mengerti posisi dari dihadapan-Nya, memahami kekurangan, keterbatasan, dan kelemahan diri yang karena ia membutuhkan rahmat dan anugerah Allah yang maharahman dan maharahim. Sayangnya, banyak orang yang menggunakan doa yang dari sisi penjelasan posisi dan kedudukan hadis (takhrijul hadits) atas kesahihan sebuah doa tidak diperhatikan. Padahal kritik para ahli jarh dan ta’dil merupakan kebutuhan dan harus disegerakan. Ini penting dilakukan karena daya kritis umat semakin tinggi dan ketenteraman rohani merupakan sesuatu yang urgen. Syarah tentang kandungan dan makna sebuah doa merupakan sesuatu hal yang tidak kalah pentingnya karena ia dapat menambah keyakinan dan kekhusyukan dalam bermunajah. Buku doa ini menyertakan keterangan dari beberapa imam, baik aspek etimologi maupun terminologi, dan konten maknanya.

Allah telah mencipatakan jalan vertikal dari bumi ke langit, dan sebaliknya, jalan horisontal, dari langit ke bumi.

SHALAT-SHALAT BID'AH

Telaah Kritis atas Hadis-Hadis

Pembaca akan mendapatkan penjelasan yang rinci mengenai beberapa sholat sunah yang dinilai bid'ah. dan karena ini pelaksanaanya jangan mendapat nilai, justru ia akan melakukan perbuatan yang mengundang dosa. Buku ini hadir untuk mencerahkan wawasan tentang tatacara sholat sunnah yang merujuk pada dalil yang jelas, valid, dan shahih.

Pembaca akan mendapatkan penjelasan yang rinci mengenai beberapa sholat sunah yang dinilai bid'ah. dan karena ini pelaksanaanya jangan mendapat nilai, justru ia akan melakukan perbuatan yang mengundang dosa.

Telaah Kritis Terhadap Injil Barnabas

"Injil Barnabas", dapatkah dipercaya sebagai Injil yang sejati? Terguncangkah iman Kristiani karena ledakan peredarannya? Tersipukah umat Kristen dengan kelicikannya? Buku ini berupaya menyibak kedoknya, dengan cara meninjaunya secara kritis kesahiihan historisitas, fakta-fakta geografis, isi tulisan dan asal-usulnya. Kiranya umat Allah boleh menarik lega seusai membaca buku ini.

"Injil Barnabas", dapatkah dipercaya sebagai Injil yang sejati?

DASAR-DASAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

P endidikan Anak Usia Dini (PAUD) saat ini sedang berkembang dengan baik di Indonesia, mulai dari minat dan partisipasi masyarakat terhadap PAUD, perhatian pemerintah terkait kebijakan untuk PAUD, bertumbuhnya lembaga-lembaga PAUD, hingga bertumbuhnya program studi PAUD di tingkat Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta agar dapat melahirkan caloncalon pendidik PAUD yang berkualitas. Dari pertumbuhan ruang lingkup PAUD ini sehingga dibutuhkan Bahan Ajar yang membahas tentang Dasar-dasar PAUD agar calon-calon pendidik PAUD dapat mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan PAUD. Secara garis besar, buku ini membahas tentang hakikat anak usia dini, sejarah, teori, dan tokoh-tokoh pendidikan anak usia dini, pengantar perkembangan anak usia dini, teori-teori perkembangan anak usia dini, belajar dan pembelajaran anak usia dini, pendidikan inklusi untuk anak usia dini, bermain dan permainan anak usia dini, perkembangan kreativitas anak usia dini, perkembangan sosial emosional anak usia dini, dan evaluasi perkembangan anak usia dini. Semoga buku yang sederhana ini dapat memberi gambaran besar tentang pendidikan anak usia dini, mulai dari hakikat anak, sejarah PAUD, perkembangan anak, dan pembelajaran anak usia dini. Sehingga calon pendidik anak usia dini dapat memahami konsep dasar PAUD secara holistik. Selain itu, kehadiran buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang bermakna bagi pengembangan wawasan para pembaca yang mempunyai kepedulian terhadap pendidikan anak usia dini.

Pemikiran Martin Luther sangat berpengaruh terhadap pendidikan anak usia dini akan pentingnya pendirian lembaga pendidikan anak usia dini sebagai tempat untuk anak belajar literasi, numerasi, musik, olah raga, moral dan agama.

KAJIAN TEORI FILSAFAT ILMU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)

Buku Kajian Teori Filsafat Pendidikan Anak Usia Dini membahas falsafah ilmu serta kajian­kajian yang terkait. Pada beberapa pem­bahasan dikembangkan dengan implementasi pendidikan anak usia dini dalam perspektif Islam. Penulis berharap buku ini dapat bermanfaat bagi para penulis­nya sebagai motivasi untuk mengembangkan kreativitas dan kualitas tulisan berikutnya. Selanjutnya, bagi khalayak pencinta pendidikan khususnya di bidang filsafat ilmu, semoga buku ini memberikan wa­wasan dan pandangan baru dalam memahami filsafat ilmu.

Pengertian dan Karakteristik Anak Usia Dini . ... 95 95 96 97 98 98 99 99 101 102 103 106 108 108 110 116 BAGIAN VIII PENDIDIKAN ANAK USIA DINI: PERSPEKTIF ISLAM . ... Anak Usia Dini dalam Islam ........... Pendidikan Akhlak pada Anak .

FIQIH KONTROVERSI Jilid 1

Beribadah antara Sunnah dan Bid'ah

Buku ini hadir untuk memberi pencerahan agar, dalam hal pelaksanaan ibadah, tidak lagi cenderung pada mitos, atau “ungkapan kata kyai”. Ulasan buku ini didukung oleh dalil-dalil yang jelas. Terhadap kehadiran buku ini, hindari pelampiasan emosi yang tidak pada tempatnya. Bukalah dengan keikhlasan sehingga kebaikan yang Allah anugerahkan akan menyelusup ke dalam kalbu kita.

Buku ini hadir untuk memberi pencerahan agar, dalam hal pelaksanaan ibadah, tidak lagi cenderung pada mitos, atau “ungkapan kata kyai”.

PENGANTAR MANAJEMEN PAUD

Satuan pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal. Manajemen adalah proses yang terjadi di dalam, atau sebagai bagian dari, organisasi proses yang diikuti oleh para manajer mencapai visi, misi, strategi, dan tujuan organisasi. Manajemen dibutuhkan oleh semua organisasi karena tampa manajemen semua usaha akan sia-sia dan pencapaian tujuan akan lebih sulit. Sedangkan yang dimaksud dengan manajemen pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumber daya pendidikan anak usia dini (PAUD) untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien dalam menumbuh kembangkan segala potensi yang ada dalam diri manusia baik secara mental, moral dan fisik untuk menghasilkan manusia yang dewasa dan bertanggung jawab sebaga

Satuan pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian ...

STUDI TAKHRIJ HADIS

Kajian Tentang Metodologi Takhrij dan Kegiatan Penelitian Hadis

Hadis memiliki peranan sentral dan sangat penting, terutama sebagai hujjah dalam menetapkan hukum dan penjelas konten Al Quran. Hadis memiliki tiga unsur utama: sanad, matan dan perawi. Ketiga unsur ini menjadi hal penting dan menentukan derajat sebuah Hadis; apakah diterima (maqbul) atau ditolak (mardud); apakah muttashil (bersambung) atau munqathi’ (putus). Sebutan shahih (valid), atau dlaif (invalid, lemah) untuk sebuah hadis merupakan hasil keputusan akhir dari kajian sebuah Hadis. Ilmu yang secara khusus mendalami Hadis, termasuk sisi a’dalah, tsiqoh, dan dlabith­ setiap perawi lazim disebut Takhrijul Hadits. Takhrij al Hadits merupakan cara untuk menempatkan letak Hadis dalam sumbernya yang orisinil, berikut sanadnya, dan menjelaskan martabatnya. Dalam konteks keindonesiaan, buku ini merupakan panduan praktis yang universal dan komprehensif dalam kajian takhrîj Hadis. Di dalamnya memuat banyak hal terkait dengan ilmu Hadis, termasuk pengertian Takhrij al Hadits; objek kajian; metode penerapan takhrij, berikut contoh praktisnya. Buku ini layak “ditetapkan” sebagai ”ensiklopedi mini” untuk menyelami lautan khazanah studi Hadis yang sangat luas dan dalam; dan karena itu, ia menjadi nutrisi wajib para pelajar studi ilmu keislaman.

Hadis memiliki peranan sentral dan sangat penting, terutama sebagai hujjah dalam menetapkan hukum dan penjelas konten Al Quran.

TAFSIR PENDIDIKAN

Konsep Pendidikan Berbasis Alquran

Setiap Muslim sudah bersepakat bahwa Al Quran memberikan penjelasan yang sangat gambling tentang gambaran dan karakter kehidupan dunia dan akhirat. Tidak hanya itu, Al Quran juga sudah memberikan rambu-rambu yang jelas kepada manusia, termasuk tentang konsep pendidikan yang komprehensif. Sebuah pendidikan disebut komperehensif jika ia berorientasi pada kepentingan hidup di dunia dan akhirat sekaligus. Hasil yang diharapkan dari konsep pendidikan yang komprehensif itu adalah lahirnya insan kamil. Media terbaik untuk menciptakan adalah pendidikan. Salah satu penunjang konsep pendidikan adalah buku. Pada jenjang manapun, buku merupakan sarana pendukung yang utama, selain media lainnya. Sejatinya, buku ini berkaitan erat dengan matakuliah Tafsir Tarbawi, Tafsir Pendidikan. Nomenklatur matakuliah ini berkaitan dengan tafsir Al Quran, dan karena itu, konten buku ini akan selalu berkaitan dengan penjelasan Al Quran tentang pendidikan dan pengetahuan. ………….. Buku yang menunjang Matakuliah Tafsir Tarbawi ini mengulas konsep dasar pendidikan Islam; landasan metode pendidikan qur’ani; metode dan proses pembelajaran dalam Islam; peserta didik dalam pendidikan Islam; pendidik dalam pendidikan Islam; tafsir ayat-ayat berdimensi pendidikan; kewajiban belajar mengajar, tujuan pendidikan, subyek pendidikan, obyek pendidikan, dan metode pengajaran. Target akhir, mahasiswa memiliki pengetahuan yang baik tentang pengantar tafsir pendidikan, mengenal Al Quran, sejarah dan perkembangan tafsir, metode, corak dan kaidah-kaidah penafsiran, pendidikan dan pendidikan Islam, konsep taklim, tarbiyah dan tahdzib. Dengan kemampuan itu, mereka juga diharapkan mampu mencetak generasi atau peserta didik dengan kepribadian yang lebih baik.

Salah satu penunjang konsep pendidikan adalah buku. Pada jenjang manapun, buku merupakan sarana pendukung yang utama, selain media lainnya. Sejatinya, buku ini berkaitan erat dengan matakuliah Tafsir Tarbawi, Tafsir Pendidikan.

METODOLOGI ILMU TAFSIR

Buku Metodologi Ilmu Tafsir ini. Ada dua tujuan penerbitan buku ini. Pertama, mengajak para mahasiswa dan kalangan terpelajar lainnya untuk mendalami Alquran dengan sistematika berpikir yang runtut tentang Alquran. Kedua, mengajak warga masyarakat awam untuk kembali kepada Alquran dengan menengok cara Alquran memberikan penjelasan hukumnya. Dengan bahasa yang mudah dicerna dan sistematika penyajian yang menarik, buku ini diharapkan dapat mendekati konstituennya, yakni umat Islam dari berbagai lapisan masyarakat. Kami yakin, buku ini sangat penting untuk dibaca dan dipelajari secara saksama. Dengan begitu, setiap pribadi muslim akan dapat memahami sejarah tafsir Alquran hingga praktik aplikasinya.

Tafsir Tarbawy (Corak Pendidikan) Tafsir tarbawy lebih berorientasi pada ayat-
ayat tentang pendidikan (âyât at-tarbawi). Berbeda dengan corak tafsir lainnya,
kitab tafsir tarbawi relatif sedikit. Beberapa kitab tafsir yang bisa disebutkan ialah
 ...