Sebanyak 898 item atau buku ditemukan

KEPEMIMPINAN DAN ETOS KERJA DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM Konsep dan Implementasi

Ini adalah buku perdana yang bisa penulis persembahkan kepada segenap pembaca. Buku mengenai kepemimpinan dan etos kerja di lembaga pendidikan tentu sudah banyak ditelurkan oleh para penulis. Namun, hadirnya buku ini paling tidak menjadi pelengkap buku-buku yang sudah ada. Setidaknya ada beberapa pembeda dari buku ini dengan buku-buku lainnya yang setema. Karena berangkat dari perbedaan itu buku ini akhirnya rampung ditulis dan sampai di tangan pembaca.

Ini adalah buku perdana yang bisa penulis persembahkan kepada segenap pembaca.

PENDIDIKAN ISLAM DALAM SOROTAN AL-QUR’AN DAN AL-HADITS (KAJIAN KOMPREHENSIF TAFSIR DAN HADITS TARBAWI)

Buku ini ditulis, dengan tujuan untuk menambah cakrawala dan wawasan tentang apa, mengapa dan bagaimana seharusnya komponen-komponen pendidikan Islam diformulasikan dan diaktualisasikan, sehingga menjadi sebuah ‘ibrah, cermin, inspirasi, dasar, landasan dan rujukan utama yang dapat diaplikasikan dalam institusi dan dunia pendidikan masa kini, yang kian hari kian mengalami degradasi, kegersangan yang cukup signifikan dan mengkhawatirkan dengan berbagai kompleksitas persoalaan yang sangat serius di sana sini. Khususnya, bagi mereka para calon pendidik dan atau para pendidik yang akan atau telah berkecimpung di dalam lembaga pendidikan Islam dalam menjalankan tugas-tugas ketarbiyahan mereka sesuai dengan tuntunan ajaran Islam, sebagaimana telah diabadikan dalam sorotan al-Qur’an dan al-Hadits. Selain itu, Buku ini juga telah disesuaikan dengan garis-garis besar Silabi yang dikeluarkan oleh Ditjen Kelembagaan Agama Islam Kementerian Agama RI, kemudian penulis kembangkan sesuai dinamisasi problematika pendidikan Islam masa kini. Buku ini bukan saja untuk STAIN/IAIN/UIN, tetapi juga untuk Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (PTAIS), khususnya pada Program Studi PAI Jurusan Tarbiyah.

Buku ini ditulis, dengan tujuan untuk menambah cakrawala dan wawasan tentang apa, mengapa dan bagaimana seharusnya komponen-komponen pendidikan Islam diformulasikan dan diaktualisasikan, sehingga menjadi sebuah ‘ibrah, cermin, inspirasi, ...

Teknik Menulis Karya Ilmiah Berbasis Aplikasi dan Metodologi

Buku ini terdiri dari 9 (sembilan) bab, yaitu pendahuluan, kode etik (orisinal dan plagiat), bahasa dan huruf, kuripan, tahapan penulisan, abstrak, referensi, kelengkapan kti, dan studi pustaka. Melalui pendekatan program aplikasi dan metodologi yang berupa contoh dan gambar, diharapkan mempermudah pembaca untuk belajar dan menerapkan langsung pada tulisan-tulisan illmiah yang dibuatnya dengan mengikuti kaidah dan kode etik penulisan yang baik dan benar. Program aplikasi pengolah kata merupakan program yang biasa digunakan saat ini, hanya tinggal mengoperasikan fungsi-fungsi yang ada maka hasil tulisan kita menjadi lebih baik. Sedangkan metodologi yang dicantumkan dalam buku ini hanya metodologi studi kepustakaan saja, namun diharapkan mampu diterapkan pada metodologi-metodologi yang lain.

Buku ini terdiri dari 9 (sembilan) bab, yaitu pendahuluan, kode etik (orisinal dan plagiat), bahasa dan huruf, kuripan, tahapan penulisan, abstrak, referensi, kelengkapan kti, dan studi pustaka.

“5 Teknik Jitu” Mahasiswa Menyusun Skripsi

Banyak mahasiswa takut berhadapan dengan “Skripsi”, khususnya semester akhir. Padahal, skripsi hanyalah satu di antara beberapa syarat dan berjumlah 6 SKS. Ibarat di penghujung laga, maka persepsi mahasiswa akan skripsi menjadi ketakutan sendiri. Logikanya, tidak mungkin seorang mahasiswa langsung menulis atau membuat skripsi, jika ia tidak melaksanakan praktik perkuliahan dulu dan itu justru membutuhkan masa (periode) yang panjang ketimbang skripsi secara umum hanya butuh 1 semester saja.

... dan “mencuri dan mempublikasikan“ dari “bahasa, pikiran, ide, atau ekspresi“ penulis lain dan representasi mereka sebagai karya asli seseorang. Plagiarisme dianggap sebagai ketidakjujuran akademik dan pelanggaran etika jurnalistik.

TEKNIK PENYUSUNAN SKRIPSI

Bagi kebanyakan mahasiswa, membuat karya ilmiah berupa skripsi bukan hal yang mudah bahkan membuat skripsi masih menjadi hal yang sangat menakutkan terlebih bagi mahasiswa yang tidak terbiasa menulis. Bahkan jika boleh memilih, mahasiswa akan lebih memilih masuk kuliah selama beberapa semester ketimbang mengerjakan skripsi. Sementara tugas pembuatan skripsi sudah menjadi syarat wajib bagi mahasiswa yang ingin mendapat gelar strata satu (S1) baik di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Skripsi juga merupakan sebuah bukti yang menunjukkan kemampuan akademik mahasiswa yang bersangkutan dalam penelitian yang berhubungan dengan masalah pendidikan sesuai dengan bidang studinya masing-masing. Sebagai sebuah karya ilmiah, penulisan skripsi haruslah mengacu kepada ketentuan-ketentuan atau kaidah-kaidah yang sudah ditetapkan oleh sebuah Perguruan Tinggi. Skripsi juga harus disusun dengan menggunakan prosedur dan tata cara yang sistematik dengan suatu bahan acuan dan kebenaran yang berlaku dalam dunia keilmuan. Dalam beberapa hal antara satu perguruan tinggi yang satu dengan lain memiliki ketentuanketentuan yang berbeda dalam penyusunan skripsi. Meskipun secara umum antara satu perguaran tinggi dengan perguruan tinggi yang lain memiliki kesamaan. Ketentuan-ketentuan penulisan skripsi yang cukup ketat itu membuat mahasiswa mendapati banyak kesulitan di dalam menulis skripsi. Beberapa buku panduan tentang penyusunan skripsi sudah banyak ditulis terutama oleh para dosen yang mengampu bidang matakuliah Metododologi Penelitian Skripsi. Hal itu dilakukan dalam rangka memudahkan para mahasiswa di dalam menulis skripsi. Salah satunya adalah buku yang ada di tangan pembaca ini. Buku yang berjudul “Teknik Penyusunan Skripsi” yang ditulis oleh seorang dosen di sebuah Perguruan Tinggi Ilmu Tarbiyah di Muara Enim ini merupakan sebuah upaya membantu mahasiswa di dalam menyusun skripsi. Buku yang ada ditangan pembaca ini merupakan hasil pengalaman penulisnya selama mengajar matakuliah Metodologi Penelitian dan Praktik Penelitian Pendidikan pada Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STITar) Kabupaten Muara Enim. Buku ini layak dimiliki oleh para mahasiswa sebagai bahan acuan dalam menyusun skripsi. Buku ini menejelaskan panjang lebar tentang cara menyusun skripsi dengan baik. Baik penyusuan skripsi lewat penelitian pustaka maupuan penelitian lapangan. Dalam buku ini juga dicantumkan contoh penyusunan skripsi, tentang cara membuat judul skripsi yang baik, cara menyusun latar belakang masalah yang baik, dan lain-lain. Terbitnya buku yang berjudul “Teknik Penyusuan Skripsi” ini diharapkan akan menjadi bahan referensi bagi mahasiswa dan juga mempermudah bagi para mahasiswa dalam menyusun skripsi. Selamat membaca!!!

c) Sesuaikan judul skripsi dengan kebutuhan masyarakat Apa gunanya jika
karya tulis yang dibuat itu hanya memenuhi kewajiban untuk ... Tidak mungkin
dalam menulis karya ilmiah hanya hasil temuannya saja tanpa ada dasar teori.

E-Learning Pembelajaran Bahasa Arab

Adapun maksud dan tujuan penulisan dan penyusunan karya ini adalah untuk memberikan referensi dan suplemen tambahan bagi pegiat bahasa Arab untuk berinovasi dan berimprovisasi dalam proses kegiatan belajar mengajar. Pembelajaran di era industri digital 4.0 saat ini memerlukan orientasi baru dengan mengusung tiga literasi baru: (1) literasi data, (2) literasi teknologi, dan (3) literasi manusia. Selain itu, pembelajaran 4.0 memiliki 9 tren yang menuntut pembelajaran bisa dilaksanakan secara terbuka dan jarak jauh. Untuk itulah, buku ini disusun untuk membekali para pegiat bahasa Arab baik secara teoritis maupun praktis dalam merancang pembelajaran terbuka dan jarak jauh dengan konsep e-learning berbasis moodle agar pembelajaran dapat diakses oleh siapapun dan kapanpun tak terbatas ruang dan waktu.

Berlatih Jurnalistik Jurnalistik merupakan kegiatan menggali, menyaring serta menyampaikan informasi. ... Sangatlah penting bagi sekolah untuk mengadakan kegiatan ini untuk mencetak jurnalis-jurnalis yang professional dan berkualitas.

Sistem Operasi

Pada dasarnya sistem operasi, selama ini sudah sering kita gunakan baik pada komputer atau mobile device, Misalnya sistem operasi linux, windows pada Komputer dan android, IoS pada mobile device. Buku ini sangat cocok untuk semua kalangan yang ingin mempelajari tentang sistem operasi terutama bagi Dosen dan Mahasiswa.

Pada dasarnya sistem operasi, selama ini sudah sering kita gunakan baik pada komputer atau mobile device, Misalnya sistem operasi linux, windows pada Komputer dan android, IoS pada mobile device.

Pengantar Manajemen Pendidikan

Pemahaman para pengelola dan personil pendidikan tentang: Konsep Administrasi/Manajemen Pendidikan, Bidang Garapan Manajemen Pendidikan, Kepemimpinan Pendidikan, Pengembangan dan Pemberdayaan Guru, Analisis Kebijakan Pendidikan, Supervisi Pendidikan, Manajemen Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah, Manajemen Mutu Pendidikan, merupakan faktor yang dapat memengaruhi pencapaian tujuan pendidikan yang bermutu.

Pemahaman para pengelola dan personil pendidikan tentang: Konsep Administrasi/Manajemen Pendidikan, Bidang Garapan Manajemen Pendidikan, Kepemimpinan Pendidikan, Pengembangan dan Pemberdayaan Guru, Analisis Kebijakan Pendidikan, Supervisi ...

Evaluasi Hasil Belajar

Dewasa ini manfaat evaluasi semakin berkembang karena semakin banyak dipelajari dan didalami oleh para ahli evaluasi yang bukan saja ahli pendidikan, tetapi juga didalami para konsultan dan profesional di berbagai bidang ilmu yang bervariasi. Posisi evaluasi digunakan oleh sebagian besar para pemegang kepentingan di semua lembaga, terutama dibidang pendidikan. Buku ini dibagi menjadi 7 bab, dimana Bab 1 buku ini berisikan tentang konsep evaluasi hasil belajar. Pada bagian awal akan diuraikan konsep dan defenisi tentang evaluasi beserta maknanya. Bab 2 menguraikan tentang konsep pengembangan dan penyusunan silabus dengan menggunakan kurikulum 2013. Bab 3 menguraikan tentang konsep pengembangan instrumen yang dapat digunakan untuk mengukur hasil belajar dengan menggunakan kurikulum 2013. Bab 4 menguraikan tentang syarat-syarat suatu instrumen yang dapat digunakan untuk mengukur hasil belajar dengan menggunakan kurikulum 2013. Bab 5 menguraikan tentang konsep dan langkah dalam melakukan analisis instrumen secara empiris. Bab 6 tentang pengolahan data hasil belajar yang dapat dilakukan pada pembelajaran dengan menggunakan kurikulum 2013. Materi pengolahan data hasil belajar, merupakan salah satu tugas guru untuk mengetahui perkembangan kompetensi peserta didik setelah dilakukan pembelajaran. Bab 7 menguraikan tentang konsep pembuatan laporan data hasil belajar. Suatu program kegiatan pembelajaran akan bermakna bila dilakukan pengukuran dan penilaian terhadap program tersebut.

Posisi evaluasi digunakan oleh sebagian besar para pemegang kepentingan di semua lembaga, terutama dibidang pendidikan. Buku ini dibagi menjadi 7 bab, dimana Bab 1 buku ini berisikan tentang konsep evaluasi hasil belajar.