Sebanyak 878 item atau buku ditemukan

Filsafat Ilmu di Era Milenial

Menulis adalah melukiskan suatu yang ada dalam pikiran atau membuat memori menjadi kenyataan dan sebagian mengatakan mengaksarakan pikiran dan logika dalam media. Makna sederhana tentang menulis adalah menyampaikan ide dalam suatu pla􀆞orm baik melalui kertas atau media digital. Tulisan adalah ibarat symbol masa lampau tentang peradaban manusia, mengejawantahkan persembahan manusia tentang pemahaman suatu zaman atau sebuah katalis dari peradaban manusia. Berangkat pada makna di atas, maka setiap menulis adalah karya yang harus disusun atas landasan perencanaan dan penyusunan yang matang, agar memberi pencerahan yang baik pada suatu topik ulasan. Penyusunan tersebut tentunya memiliki filosofi tersendiri yang berbeda dengan yang lain. Tulisan berjudul “Filsafat Ilmu di Era Milenial” sudah sangat banyak dan tersebar luas di banyak kalangan, meskipun demikian, buku ini tetap mempunyai nilai filosofis dengan makna berbeda dengan karya sejenis sebagai torehan pemikiran yang berbeda minimal pada aspek ruang dan waktu.

Menulis adalah melukiskan suatu yang ada dalam pikiran atau membuat memori menjadi kenyataan dan sebagian mengatakan mengaksarakan pikiran dan logika dalam media.

Dasar-Dasar Ilmu Kepemimpinan Teori Dan Aplikasi

Buku dasar – dasar Ilmu Kepemimpinan ini merupakan kumpulan konsep – konsep serta aplikasi dalam ilmu kepemimpinan. Penyusunan buku dasar – dasar Ilmu Kepemimpinan ini membutuhkan waktu dan pemikiran yang mendalam, oleh karena itu kritik dan saran dari berbagai pihak akan sangat bermanfaat guna penyempurnaan dimasa mendatang

Buku dasar – dasar Ilmu Kepemimpinan ini merupakan kumpulan konsep – konsep serta aplikasi dalam ilmu kepemimpinan.

Strategi, Kepemimpinan dan Motivasi Kerja : Teori dan Aplikasi

trategi, Kepemimpinan dan Motivasi Kerja : Teori dan Aplikasi PENULIS: Hakimi, S.STP, M.Si. ISBN : 978-623-7503-18-7 www.guepedia.com Sinopsis: Berhasil tidaknya penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan dan pelayanan publik sangat tergantung pada kualitas dan kuantitas sumber daya manusianya. Manajemen yang sering diartikan oleh para ahli sebagai proses mendayagunakan orang lain untuk mencapai suatu tujuan, hanya akan berlangsung efektif dan efisien jika para pimpinan organisasi mampu memotivasi para bawahan dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya. Organisasi pemerintahan perlu didukung oleh seorang pemimpin yang memiliki jiwa kepemimpinan dengan menunjukkan dirinya sebagai pemimpin yang profesional, adil, mempunyai strategi yang mampu menggerakkan dan memotivasi bawahan dalam rangka pencapaian tujuan organisasi. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kecamatan adalah perangkat daerah yang langsung berhubungan dengan pelayanan kepada masyarakat, harus didukung dengan aparatur yang mempunyai semangat dan motivasi kerja yang tinggi. Sehingga peran pimpinan di kecamatan harus mampu mengarahkan dan memotivasi aparatur penyelenggara pemerintahan. Dalam buku ini dikupas strategi kepemimpinan dan motivasi kerja meliputi teori dan aplikasi pimpinan pada level kecamatan untuk memotivasi bawahannya sehingga pelayanan publik dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Buku ini hadir dan mencoba membahas berbagai permasalahan yang ada dan mencari akar penyebabnya berkaitan dengan strategi kepemimpinan dan motivasi kerja aparatur penyelenggara pemerintahan melalui kajian teori dan aplikasi di lapangan. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

trategi, Kepemimpinan dan Motivasi Kerja : Teori dan Aplikasi PENULIS: Hakimi, S.STP, M.Si. ISBN : 978-623-7503-18-7 www.guepedia.com Sinopsis: Berhasil tidaknya penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan dan pelayanan publik ...

KOMITMEN MEMBANGUN PENDIDIKAN (Tinjauan Krisis Hingga Perbaikan Menurut Teori)

Pendidikan merupakan variabel utama dalam memajukan suatu bangsa. Karenanya, pendidikan adalah investasi yang paling menjanjikan dan strategis dalam membentuk sumber daya manusia. Oleh karenanya untuk mewujudkan itu maka seluruh unsur – unsur pendidikan harus saling terintegrasi dan bersinergi dengan sistem yang lain untuk kencapai tujuan itu. Meminjam istilah Ki. Hadjar Dewantara Bapak Pendidikan Indonesia bahwa Tri Pusat Pendidikan (keluarga, sekolah, dan masyarakat) harus saling melengkapi dalam mewujudkan mansyarakat berkeadaban. Dalam rangka memajukan pendidikan dibutuhkan komitmen dari seluruh unsur stake holders terkait. Kerja sama baik dengan menggunakan prinsip - prinsip manajemen juga merupakan hal yang penting dalam menghasilkan pendikan unggul dan bermutu. Buku yang ada di tangan pembaca ini merupakan gagasan penulis yang dituangkan berangkat dari melihat kegelisahan pada lembaga- lembaga pendidikan, out put yang dihasilkan pendidikan terasa kurang maksimal, begitu juga fenomena pengelolaan pendidikan yang masih semeraut dalam tatatan manajemen, juga komitmen membangun pendidikan para pemangku kepentingan pendidikan belum menjadi prioritas utama dalam membangun pendidikan. Hadirnya buku ini ingin menuangkan dan menjelaskan tentang komitmen membangun pendidikan berdasarkan tinjauan kritis yang berbasis teoritis dalam menjawab problema dan tantangan pendidikan. Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam membantu menyusun dan menerbitan buku ini, kepada editor, korektor, dan penerbit penulis merasa berhutang banyak tanpa bantuan mereka sulit rasanya buku ini sampai ke tangan pembaca. Buku ini merupakan edisi kedua dari edisi pertama yang merupakan penyempurnaan dan perbaikan guna lebih memberikan kajian-kajian yang mendalam. Buku yang berada ditangan pembaca ini diharapkan tetap memberikan kontribusi guna kemajuan dunia pendidikan. Terakhir, sebagai karya manusia biasa penulis menyadari karya ini masih kurang dari kesempurnaan. Oleh karenanya kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif dari para pembaca yang budiman. Di atas segalanya dan dengan penuh kerendahan hati, buku ini penulis hantarkan ke hadapan para pembaca. Dengan harapan semoga bermanfaat adanya.

Apabila kedelapan etos tersebut senantiasa dilakukan guru dalam melaksanakan tugas di sekolah, maka hal ini akan membentuk menjadi sebuah kebiasaan, dan pada akhir sikap dan kebiaasaan itu akan membentuk menjadi karakter.

FILSAFAT ADMINISTRASI

Filsafat merupakan pengetahuan tentang prinsip-prinsip yang menjadi penuntun pada pengetahuan tentang eksistensi sehingga mampu menentukan kebijakan dalam mencapai tujuan tertinggi. Lahirnya filsafat ilmu pengetahuan bermula dari aktivitas berpikir namun tidak semua aktivitas berpikir dapat disebut berfilsafat. Berfilsafat adalah berpikir yang tujuannya adalah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran sehingga dengan berfilsafat manusia dapat sampai kepada kebenaran. Buku ini memberikan pemahaman secara menyeluruh mengenai filsafat dan filsafat administrasi. Buku ini terdiri dari 18 bab, yang diawali dengan pembahasan mengenai Sejarah Perkembangan Filsafat sebagai pengantar untuk memahami kemunculan dan perkembangan filsafat serta filsafat klasik barat di Yunani dan Athena. Demikian pula filsafat klasik timur di Mesir, Sumeria, Iran, India dan Cina.

... paradigma administrasi serta etika dan moral filosofis administrasi. ... Pengorganisasiaan, Komunikasi serta Pengarahan dan Pengendalian.

Filsafat Ilmu Pengetahuan

Setiap karya yang disusun atas landasan perencanaan dan penyusunan yang matang dapat memperoleh hasil yang baik. Penyusunan tersebut tentunya memiliki filosofi tersendiri yang berbeda dengan yang lain. Karya Filsafat Ilmu Pengetahuan tentu sudah sangat banyak dan tersebar luas di banyak kalangan, meskipun demikian, buku ini tetap mempunyai nilai filosofis yang memilikinya dengan berbagai makna berbeda dengan karya sejenis, minimal pada aspek ruang dan waktu dalam rencana dan penyusunannya. Pilihan materi dalam setiap Bab yang disajikan merupakan topik-topik yang dipandang sebagai bagian yang berperan dalam merunut kembali perkembangan ilmu pengetahuan dulu dan kini. Buku ini berusaha untuk menyambungkan kembali alur pengetahuan yang dianggap renggang akibat munculnya era globalisasi yang di barengi dengan model kehidupan yang begitu renggang atas masa dan kehidupan kini dengan masa lampau.

Karya Filsafat Ilmu Pengetahuan tentu sudah sangat banyak dan tersebar luas di banyak kalangan, meskipun demikian, buku ini tetap mempunyai nilai filosofis yang memilikinya dengan berbagai makna berbeda dengan karya sejenis, minimal pada ...

PENERAPAN BIOTEKNOLOGI VERSUS LINGKUNGAN HIDUP : PERSPEKTIF FILSAFAT LINGKUNGAN

Buku ini berupaya untuk menyelidiki landasan filosofis yang lebih dalam terkait dengan gerakan ligkungan dan mudah-mudahan buku yang sederhana ini dapat menambah khasanah literatur khususnya di bidang filsafat lingkungan dan ilmu filsafat pada umumnya di masa sekarang dan yang akan datang

Buku ini berupaya untuk menyelidiki landasan filosofis yang lebih dalam terkait dengan gerakan ligkungan dan mudah-mudahan buku yang sederhana ini dapat menambah khasanah literatur khususnya di bidang filsafat lingkungan dan ilmu filsafat ...

DASAR-DASAR FILSAFAT ILMU

Buku yang merupakan bagian dari dasar-dasar atau pengantar dalam dalam bidang filsafat ilmu secara umum. Buku yang sederhana ini sengaja ditujukan bagi khalayak umum, pemerhati filsafat ilmu, mahasiswa level sarjana maupun pascasarjana di lingkungan perguruan tinggi yang biasanya subjek ‘filsafat ilmu’ hadir sebagai ilmu bantu untuk bidang-bidang lain dan termasuk juga di berbagai prodi baik di lingkungan perguruan tinggi Islam (PTKIN/PTKIS) maupun Perguruan Tinggi Umum di bawah Kemendikbud-dikti Mudah-mudahan buku kecil yang sederhana ini dapat menambah khazanah literatur di bidang filsafat ilmu kontemporer di masa sekarang dan yang akan datang terutama di lingkungan pekerjaan maupun Pendidikan tinggi di Madura.

Buku yang merupakan bagian dari dasar-dasar atau pengantar dalam dalam bidang filsafat ilmu secara umum.

Filsafat Pendidikan Jasmani

Maksud pokok penulisan buku ini adalah dalam rangka memenuhi kebutuhan pokok mahasiswa terhadap referensi mata kuliah Filsafat Pendidikan Jasmani. Oleh karena itu, diharapkan buku ini menjadi rujukan bagi mahasiswa untuk mengetahui dan memahami lebih mendalam tentang Filsafat Pendidikan Jasmani. Para mahasiswa, penulis berharap anda akan merasa senang mempelajari buku ini, walaupun isi dan sistematikanya masih banyak kesalahan dan kekurangannya. Oleh karena itu untuk kepentingan penyempurnaan, penulis sangat berharap saran dan masukannya dari berbagai kalangan, khususnya mahasiswa.

Maksud pokok penulisan buku ini adalah dalam rangka memenuhi kebutuhan pokok mahasiswa terhadap referensi mata kuliah Filsafat Pendidikan Jasmani.

FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM (Sejarah, Ruang Lingkup, dan Peranannya)

FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM (Sejarah, Ruang Lingkup, dan Peranannya) PENULIS: Ah. Birrul Walidain ISBN : 978-623-251-424-9 www.guepedia.com Sinopsis: Perkembangan ilmu pengetahuan telah membawa perubahan yang sangat signifikan terhadap dimensi kehidupan manusia baik dari segi ekonomi, sosial budaya, maupun dunia pendidikan. Didalam era globalisasai yang ditandai kemajuan- kemajuan penting dalam teknologi informasi dan komunikasi, mendorong terjadinya pula perubahan- perubahan dalam pembelajaran. Pendidikan agama harus dapat menumbuhkan sikap kritis, inovatif dan dinamis sehingga menjadi pendorong peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan demi pelaksanaan agama. Kita menyadari bahwa pelaksanaan pendidikan agama Islam di sekolah- sekolah masih belum sesuai dengan kualitas seharusnya dan apa yang diharapkan oleh masyarakat, terutama dalam hal- hal yang berkenaan dengan profesionalisasi guru agama. Beberapa tujuan mengkaji filsafat pendidikan Islam yaitu :(a) membantu para Guru menjadi paham akan persoalan-persoalan mendasar pendidikan demi profesionalismenya, (b)memungkinkan untuk mengevaluasi secara lebih baik sebagai solusi bagi persoalan persoalan pendidikan (c) membekali mereka berpikir secara aktif tentang tujuan hidup dan pendidikan, (d) memberikan bimbingan dalam pengembangan suatu sudut pandang yang konsisten secara internal sesuai dengan tujuan pendidikan. Dari penjelasan tersebut maka penulis memilih beberapa materi diantaranya tentang : Pengertian, ruang lingkup dan peranan filsafat pendidikan Islam, Sejarah perkembangan filsafat pendidikan Islam, Hakikat pendidikan Islam, manusia sebagai peserta didik, Titik singgung unsur pendidikan dalam ajaran agama, Tujuan pendidikan Islam dan tujuan risalah, Unsur-unsur empiri dalam proses pendidikan Islam, Islam universal dan Islam lokal dalam proses pendidikan Islam, Interelasi filsafat pendidikan Islam, ilmu tauhid, ilmu fiqih dan akhlak, Tinjauan filosofis tentang metode, lingkungan, dan kurikulum pendidikan Islam, Ragam pemikiran filsafat pendidikan Islam para tokoh, serta Arah baru pendidikan Islam di Indonesia. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM (Sejarah, Ruang Lingkup, dan Peranannya) PENULIS: Ah. Birrul Walidain ISBN : 978-623-251-424-9 www.guepedia.com Sinopsis: Perkembangan ilmu pengetahuan telah membawa perubahan yang sangat signifikan terhadap ...