Sebanyak 49 item atau buku ditemukan

Strategi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di sekolah, berdasarkan pendekatan komunikatif

Teaching Indonesian language and literature; collection of articles.

Teaching Indonesian language and literature; collection of articles.

"Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Minoritas Muslim "

Agama menjadi sumbu penggerak kehidupan manusia. Sehingga tradisi keberagamaan melintasi aspek-aspek aktivitas manusia. Tidak saja ketika berada di ruang shalat tetapi menjangkau aspek yang sesungguhnya bukan merupakan ritual shalat itu sendiri. Bahkan dapat saja agama kemudian menjadi bagian dari gerakan politik praktis (Abbas J. Ali, 2009 : 50-65). Pengalaman Australia menunjukkan bisa juga terjadi dimana sekolah menjadi bagian dari gerakan politik dalam artian moral untuk mencapai tujuan yang lebih luas (Neil Cranston, et all, 2010:182-195). Sehingga jikalau faktor agama, politik, dan sekolah bergabung menjadi sebuah kekuatan, maka ini sebuah potensi untuk mengantar para peserta didik untuk menjadi warga dunia untuk kemajuan umat manusia. Buku Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Minoritas Muslim ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Aturan yang diberlakukan adalah adanya ketentuan bahwa tidak boleh berbahasa daerah dan bahasa Indonesia, demikian pula praktik berbahasa harus sesuai dengan hari yang ditentukan. Kalaupun peraturan ini ditetapkan tetapi tidak diawasi, ...

STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB: (MENGGELITIK PAKEM) PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, & MENYENANGKAN

Lembaga pendidikan saat ini mulai memberikan perhatian khusus guna merespon tuntutan tersebut. Terlihat dalam kurikulum di beberapa jenjang dan jenis lembaga pendidikan mulai diisi dengan pembelajaran bahasa Arab. Mempelajari suatu bahasa memang terikat dengan faktor kebiasaan, sehingga tidak heran banyak orang yang mampu berbahasa asing karena sering memperaktikkannya. Selain itu, mempelajari suatu bahasa juga terikat dengan strategi dan metode mempelajarinya. Buku ini hadir untuk memandu kita dalam mengusai bahasa Arab dengan berbagai strategi dan metodenya. Buku ini sangat layak digunakan, baik di kalangan umum, tenaga pendidik, siswa dan mahasiswa. Buku ini tidak menyajikan sudut pandang teori saja, tetapi juga terdapat contoh-contoh yang mempermudah kita untuk memahami bahasa Arab.

Hal ini sengaja ditekankan, karena berdasarkan pengamatan, banyak di antara guru bahasa Arab yang cenderung mengajak ... karena sistem tata bunyi bahasa Arab banyak berbeda dengan bahasa Indonesia dan bahasa daerah yang dikenal oleh ...

Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris

Dalam pembelajaran bahasa Inggris, ada beberapa terminologi terkait dengan status bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, English as an International Language (EIL). Ada beberapa sebutan bahasa Inggris sesuai dengan statusnya di dunia, seperti bahasa Inggris sebagai bahasa pertama (native language), bahasa kedua (second language), dan bahasa asing (foreign language). Sebagai bahasa internasional, terdapat tiga istilah dalam penggunaan bahasa Inggris di dunia, yaitu inner-circle, outer-circle, dan expanding-circle. Inner-circle adalah istilah yang mengacu pada status bahasa Inggris yang digunakan sebagai bahasa pertama, outer-circle merujuk pada status bahasa Inggris yang digunakan sebagai bahasa kedua, dan expandingcircle adalah istilah penggunaan bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa asing, seperti yang terjadi di Indonesia.

Dalam konteks EFL, pembelajar sudah diperkenalkan dengan bahasa asli atau bahasa ibu yang disebut dengan mother tounge atau native language atau first language, yakni bahasa daerah masing-masing. Pada awal masuk bangku TK atau SD, ...

STRATEGI PEMBELAJARAN

Judul : STRATEGI PEMBELAJARAN Penulis : Dr. M. Sobry Sutikno Ukuran : 21 cm x 14,5 cm Tebal : 144 Halaman ISBN : 978-623-6872-46-8 Abad 21 dikenal dengan istilah era globalisasi yang mana era tersebut sarat dengan perubahan-perubahan. Perubahan yang muncul begitu cepat dari semua lini termasuk dalam hal ini adalah aspek pendidikan. Dalam dunia pendidikan pun mengalami perubahan yang begitu cepat. Oleh sebab itu sudah saatnya bagi para pendidik untuk mulai memikirkan dan melakukan berbagai terobosan dalam upaya untuk mewujudkan pembelajaran yang bermutu. Menerapkan pembelajaran yang tidak hanya menekankan aspek ingatan, hafalan, (berbasis materi), namun sampai pada aspek penalaran dan kemampuan menggunakan keterampilan secara baik. Guru harus memiliki berbagai kemampuan dalam proses pem-belajaran, baik kemampuan penguasaan materi maupun penguasaan ilmu mendidik. Buku strategi pembelajaran ini berisi konsep dan aplikasi yang bisa menjadi sumber inspirasi bagi para pendidik, calon pendidik, dan para pembaca pada umumnya dalam upaya untuk mewujudkan proses pembelajaran yang bermutu, sehingga terhindar dari kabut hitam yang berjangkit dalam dunia pembelajaran. Catatan terpenting adalah untuk mempermudah peserta didik dalam memahami apa yang dipelajari, maka guru harus mampu menerapkan strategi pembelajaran yang tepat.

Judul : STRATEGI PEMBELAJARAN Penulis : Dr. M. Sobry Sutikno Ukuran : 21 cm x 14,5 cm Tebal : 144 Halaman ISBN : 978-623-6872-46-8 Abad 21 dikenal dengan istilah era globalisasi yang mana era tersebut sarat dengan perubahan-perubahan.

OPTIMALISASI STRATEGI PEMBELAJARAN

Strategi pembelajaran adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Komponen-komponen pendidikan dan pengajaran diatur sedemikian rupa sehingga memiliki fungsi yang optimal dalam mencapai tujuan pengajaran dan pendidikan. Strategi pembelajaran juga memberikan alternatif terhadap proses pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas. Semua sumber belajar, baik manusia maupun sarana dan prasarana dirancang dan direncanakan untuk membantu proses belajar para siswa. Untuk dapat melaksanakan tugasnya secara profesional, seorang guru dituntut dapat memahami dan memliki keterampilan yang memadai dalam mengembangkan berbagai strategi pembelajaran yang efektif, kreatif dan menyenangkan. Mencermati upaya reformasi pembelajaran yang sedang dikembangkan di Indonesia, para guru atau calon guru saat ini banyak ditawari dengan aneka pilihan strategi pembelajaran, yang kadang-kadang untuk kepentingan penelitian (penelitian akademik maupun penelitian tindakan) sangat sulit menermukan sumber-sumber literarturnya. Namun, jika para guru (calon guru) telah dapat memahami konsep atau teori dasar pembelajaran yang merujuk pada proses (beserta konsep dan teori) pembelajaran, maka pada dasarnya guru pun dapat secara kreatif mencobakan dan mengembangkan strategi pembelajaran tersendiri yang khas, sesuai dengan kondisi nyata di tempat kerja masing-masing, sehingga pada gilirannya akan muncul strategi-strategi pembelajaran versi guru yang bersangkutan, yang tentunya semakin memperkaya khazanah strategi pembelajaran yang telah ada.

Strategi pembelajaran adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Strategi pembelajaran

Pendidik merupakan komponen dari sistem pendidikan yang memiliki peran penting dalam menentukan keberhasilan suatu proses pembelajaran, karena tugas utama pendidik tidak hanya mengajar, tapi juga mendidik, membimbing, melatih, dan mengevaluasi proses dan hasil belajar dan pembelajaran. Dalam menjalankan tugasnya, pendidik juga dituntut untuk dapat mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif dan efisien, dan dapat memfasilitasi peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Untuk dapat mengelola pembelajaran secara efektif dan efisien, seorang pendidik membutuhkan pengetahuan tentang strategi pembelajaran. Buku dengan judul Strategi Pembelajaran hadir melengkapi berbagai literatur yang berkaitan dengan penerapan berbagai strategi pembelajaran terutama untuk menghadapi pembelajaran di abad 21. Buku ini diharapkan memperkaya khasanah pengetahuan serta pengalaman dalam penyampaian pembelajaran kepada peserta didik.

Buku dengan judul Strategi Pembelajaran hadir melengkapi berbagai literatur yang berkaitan dengan penerapan berbagai strategi pembelajaran terutama untuk menghadapi pembelajaran di abad 21.

RAGAM STRATEGI PEMBELAJARAN, Dilengkapi dengan Evaluasi Formatif

Dalam hal pembelajaran, banyak sekali senjata yang dapat digunakan oleh guru dalam menyampaikan ilmu/materi pada siswa, dan dapat melekat (pengetahuan tersebut) dalam jangka waktu yang lama, maka hal ini yang paling dibutuhkan adalah cara menggunakan senjata tersebut. Dengan adanya buku ini akan memberikan gambaran mengenai strategi pembelajaran di kelas untuk membantu menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa.

A. Strategi pembelajaran kontekstual B. Strategi pembelajaran problem possing C. Strategi pembelajaran problem solving D. Strategi pembelajaran open ended E. Strategi pembelajaran realistik 5. Salah satu kelebihan dari menggunakan ...