Sebanyak 8 item atau buku ditemukan

Politik pendidikan agama dalam era pluralisme

telaah historis atas kebijaksanaan pendidikan agama konfesional di Indonesia

Historical analysis on religion education in Indonesia.

Historical analysis on religion education in Indonesia.

Politik pendidikan

menggugat birokrasi pendidikan nasional

Political influence in Islamic formal and non-formal education in Indonesia.

Thaba , Abdul Aziz , Islam dan Negara dalam Politik Orde Baru , Jakarta : Gema
Insani Press , 1996 . Tholkhah , Imam ... Umar , Nasaruddin , Argumen
Kesetaraan Jender : Perspektif Al - Qur'an , Jakarta : Paramadina , 1999 .
Undang ...

Politik Pendidikan

Liberalisasi pendidikan tinggi secara kebijakan membuat alokasi subsidi pemerintah berkurang, sehingga meningkatkan pemasukan dari masyarakat untuk sumber pendanaan pendidikan tinggi. Dampak langsung dari liberalisasi pendidikan tinggi adalah tertutupnya akses masyarakat berpenghasilan rendah untuk mengenyamnya. Secara tren, liberalisasi pendidikan tinggi di dunia dimulai oleh negara maju, kemudian dikuti oleh negara berkembang. Buku ini membahas secara khusus kebijakan liberalisasi pendidikan tinggi di Indonesia dan India. Mengapa membandingkan pendidikan tinggi Indonesia dan India? Keduanya memiliki kesamaan yaitu merupakan negara berkembang yang sedang berjuang dalam meningkatkan perekonomiannya. Namun, yang menarik meskipun memiliki kesamaan, terdapat perbedaan dalam proses dan implementasinya. Implementasi dari liberalisasi pendidikan di Indonesia dan India dapat dilihat pada penyelenggaraan PTN-PTN di kedua negara tersebut. Implementasi di Indonesia sendiri dapat dilihat di PTN seperti UI, ITB, dan UGM yang menerapkan jalur ujian masuk mandiri untuk calon-calon mahasiswanya dan menerima sumber pendanaan dari masyarakat lebih tinggi. Di dalam buku ini akan dibahas bagaimana liberalisasi pendidikan tinggi diterapkan di Indonesia dan India. Khusus untuk konteks Indonesia, di dalam buku ini akan dijelaskan alasan di balik keluarnya kebijakan tersebut dari pembuat dan pelaksana kebijakan pada awal liberalisasi pendidikan tinggi.

Liberalisasi pendidikan tinggi secara kebijakan membuat alokasi subsidi pemerintah berkurang, sehingga meningkatkan pemasukan dari masyarakat untuk sumber pendanaan pendidikan tinggi.

Mempertegas politik pendidikan, menyongsong visi baru universitas

Government's influence in educational system of universities and colleges in Indonesia.

Government's influence in educational system of universities and colleges in Indonesia.

Ideologi Politik Pendidikan Kontemporer

Berbicara mengenai ideologi, makna ideologi secara definitif mengalami perkembangan dari masa ke masa. Pada awalnya, ideologi diartikan sebagai ilmu tentang ide (Destutt de Tracy) kemudian berkembang ke arah pengertian yang bercorak pejoratif dan negatif (Marx dan Marxis), di mana ideologi dipahami sebagai bentuk ilusi, kekuasaan, kesadaran palsu, dan hegemoni. Berikutnya, seorang non-Marxis, Karl Mannheim menyumbangkan pemikirannya dengan mengemukakan pengertian baru, yakni ideologi sebagai pandangan hidup, weltanschauung atau world view.

Buku Ideologi politik pendidikan kontemporer ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Politik Pendidikan Penguasa

Buku ini berusaha membahas tantangan yang dihadapi oleh pendidikan yang secara umum selalu terbentur oleh kepentingan elit penguasa. Pendidikan, semua orang tahu itu, sejatinya adalah proses pembebasan. Tujuannya jelas: menciptakan individu yang mer-deka, matang,bertanggung jawab dan peka terhadap realitas sosial. Pendidikan, alih-alih membebaskan, menjadi proyek pembodohan massal. Oleh penguasa, pendidikan dipolitisasi, dikeruk menjadi lahan komodiitas, dan direkayasa sedemikian rupa untuk mengabdi kepada kepentingan politik sesaat. "

Pendidikan, alih-alih membebaskan, menjadi proyek pembodohan massal. Oleh penguasa, pendidikan dipolitisasi, dikeruk menjadi lahan komodiitas, dan direkayasa sedemikian rupa untuk mengabdi kepada kepentingan politik sesaat. "