Sebanyak 134 item atau buku ditemukan

Inovasi akad sebagai strategi pengembangan produk pada perbankan syariah

On product innovation of Islamic bank in Nanggroe Aceh Darussalam Province, Indonesia.

On product innovation of Islamic bank in Nanggroe Aceh Darussalam Province, Indonesia.

Produk Perbankan Syariah

Menjelaskan secara rinci dan singkat tentang produk-produk perbankan syariah yang sekarang berkembang pesat di Indonesia.

Menjelaskan secara rinci dan singkat tentang produk-produk perbankan syariah yang sekarang berkembang pesat di Indonesia.

Fundraising Wakaf Uang Melalui Perbankan Syariah (Loka Media)

Potensi wakaf uang di Indonesia diyakini sangat besar dan dari tahun ke tahun semakin meningkat, mengingat jumlah penduduk muslim di Indonesia yang mencapai 210 juta jiwa dan jumlah tersebut terus bertumbuh setiap tahun serta pendapatan per kapita juga tumbuh seiring dengan pertumbuhan ekonomi negara Indonesia yang selalu positif selama sepuluh tahun terakhir. Potensi tersebut akan menjadi aktual apabila seluruh aspek penunjang perwujudan potensinya dikelola dengan maksimal. Penghimpunan wakaf uang dapat terwujud dengan mengoptimalkan penghimpunan wakaf uang melalui perbankan syariah, karena pada umumnya perbankan syariah merupakan lembaga keuangan yang profesional dalam mengelola dana investasi. Fundraising adalah suatu bentuk/kegiatan penggalangan dana dan sumber daya lainnya seperti wakif/donator dari masyarakat baik individu, kelompok, organisasi, perusahaan ataupun pemerintah yang digunakan untuk mencapai misi atau tujuan lembaga wakaf dan juga bisa dimaknai sebagai menggalang wakif untuk mengembangkan usaha-usaha sosial (social enterprise) (Suparman, 2009). Buku ini yang berjudul "Fundraising Wakaf Uang Melalui Perbankan Syariah", merupakan hasil dari disertasi penulis berdasarkan penelitian yang mendalam dan dapat digunakan sebagai referensi yang bisa dipertanggungjawabkan secara akademik.

Potensi wakaf uang di Indonesia diyakini sangat besar dan dari tahun ke tahun semakin meningkat, mengingat jumlah penduduk muslim di Indonesia yang mencapai 210 juta jiwa dan jumlah tersebut terus bertumbuh setiap tahun serta pendapatan per ...

ANALISIS PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MARKET SHARE ASET PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor internal dan eksternal perbankan syariah terhadap market share aset perbankan syariah di Indonesia. Data yang digunakan adalah data time series periode Januari 2012 – September 2016, yang bersumber dari Statistik Perbankan Indonesia dan Statistik Perbankan Syariah. Alat analisis yang digunakan penulis dalam penelitian ini menggunakan metode Ordinary Least Square (OLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel inflasi dan non performing financing (NPF) berpengaruh signifikan negatif, sedangkan dana pihak ketiga (DPK) dan jumlah kantor berpengaruh signifikan positif secara parsial terhadap market share aset perbankan syariah di Indonesia. Ditemukan dengan nilai Adjusted R Square 85,26%, sedangkan sisanya 15,74 dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Secara simultan, dengan nilai signifikan sebesar 0,000000 maka keseluruhan variabel independen memiliki pengaruh signifikan terhadap market share aset perbankan syariah di Indonesia.

Sederhananya, office channeling adalah kegiatan yang dilakukan oleh bank konvensional yang memiliki unit usaha ... Laporan keuangan layanan syariah wajib digabungkan dengan laporan keuangan Kantor Cabang Syariah induknya pada hari yang ...

MONOGRAF PERBANKAN SYARIAH

MONOGRAF PERBANKAN SYARIAH Penulis : Wiwik Saidatur Rolianah, S.E.I., M.E, Nurul Istifadhoh, S.E.I., M.E dan Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah Angkatan 2017/2018 Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-309-356-9 Terbit : Januari 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Buku monograf perbankan syariah ini sebagai hasil penelitian antara dosen dan mahasiswa program studi perbankan syariah Angkatan 2017/2018 Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Kanjeng Sepuh Gresik Jawa Timur. Penulisan monograf ini bertujuan untuk menganalisis terkait strategi marketing, peningkatan kualitas kinerja, strategi penghimpunan dana pihak ketiga (DPK), dan pengaruh asset liability management pada perbankan syariah di Indonesia. Bank Syariah sebagai lembaga perbankan yang menghimpun dana dari masyarkat dan menyalurkannya sesuai dengan prinisp-prinsip kaidah syariah yang sudah diatur sesuai dengan aturan dari MUI. Tentunya perbankan syariah juga harus memperhatikan marketing dari perbankan, SDM yang ada, dan pengelolaan dari ALMA (Asset, Liability, and Management) dalam mengatur perjalanan dari lembaga keuangannya yaitu perbankan syariah sehingga kebijakan atau langkah yang diambil sudah tepat sasaran. Harapan dari penulis untuk buku mongraf perbankan syariah ini mempunyai manfaat baik bagi para peneliti dan praktisi perbankan khususnya lembaga perbankan syariah. Penulis menyadari segala keterbatasan dalam buku monograf perbankan syariah ini tetapi dengan segala kekurangannya semoga buku ini bisa menjadi jalan amal jariyah ilmu yang bermanfaat bagi penulis. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

MONOGRAF PERBANKAN SYARIAH Penulis : Wiwik Saidatur Rolianah, S.E.I., M.E, Nurul Istifadhoh, S.E.I., M.E dan Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah Angkatan 2017/2018 Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-309-356-9 Terbit : Januari 2021 www ...

Modul Perbankan Syariah

Modul ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang sedang menempuh konsentrasi Industri Perbankan. Selain itu mahasiswa diberikan gambaran secara umum jika bekerja sebagai Teller Bank. Modul ini membahas tentang; a) Transaksi Pembukaan Lab. Bank Syariah; b)Transaksi Tabungan, dalam bab ini membahas tentang proses Pembukaan Rekening Tabungan, Transfer Antar Rekening, Blokir Rekening Tabungan dan Tutup Rekening Tabungan; c)Transaksi Deposito, disini membahas tentang Register Deposito, Pembukaan Deposito, Cetak Validasi Deposito, Cetak Bilyet dan Perpanjangan Deposito; d) Transaksi Pembiayaan; e) Transaksi Akhir Hari dan terakhir.

Modul ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang sedang menempuh konsentrasi Industri Perbankan.

Hukum Perbankan dan Perbankan Syariah

Secara sederhana hukum perbankan (banking law) adalah hukum yang mengatur segala sesuatu yang menyangkut tentang bank, baik kelembagaan, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan usaha bank. Bank merupakan salah satu lembaga keuangan yang fungsi utamanya sebagai penghimpun dan penyalur dana masyarakat. Ini berarti, kita akan membicarakan peraturan hukum (norma hukum) dan asas-asas hukum, struktur hukum, dan budaya hukum yang mengatur segala sesuatu yang menyangkut tentang bank. Perkembangan perbankan menunjukan dinamika dalam kehidupan ekonomi. Sebelum sampai pada praktik-praktik yang terjadi saat ini, pada banyak permasalahan yang terkait dengan masalah-masalah saat ini. Masalah utama yang muncul dalam praktik perbankan adalah pengaturan system keuangan yang berkaitan dengan mekanisme, penentun volume uang yang beredar dalam perekonomian. Untuk menjawab masalah ini, muncul beberapa faham antara lain faham merkantilisme dan faham liberalism ekonomi. Permasalahannya inilah yang kemudian mendorong munculnya regulasi-regulasi perbankan, karna memang praktik perbankan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap volume uang. Buku ini, berusaha untuk memaparkan aspek-aspek hukum perbankan sebagaimana disebutkan di atas, tujuannya supaya para pembaca khususnya mahasiswa bisa memahami persoalan perbankan dari aspek regulasi dan oprasionalnya. Buku ini juga membahas tentang Perbankan Syariah meliputi,regulasi pendirian, produk serta system lain yang mengatur di dalamnya. Selain itu, buku ini juga membahas aspek hukum pendirian dan produk Baitul Maal wa Tamwil (BMT). Semoga buku ini bisa memberikan manfaat sebagai bahan bacaan terutama di kalangan mahasiswa yang mengambil mata kuliah Hukum Perbankan atau lainnya yang membahas seputar dunia perbankan serta pengaturannya di Indonesia

Secara sederhana hukum perbankan (banking law) adalah hukum yang mengatur segala sesuatu yang menyangkut tentang bank, baik kelembagaan, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan usaha bank.

Pengetahuan, Persepsi, Dan Sikap Pengurus Masjid Terhadap Perbankan Syariah

Buku ini merupakan hasil pengembangan pengetahuan persepsi dan sikap pengurus masjid terhadap perbankan syariah. Ide ini berawal dari ditemukannya pengurus sebuah Masjid yang tidak menyimpan kas masjid di bank syariah. Padahal, para pengurusnya berlatar belakang pendidikan pesantren yang notabene telah mengetahui keharaman riba. Dalam buku ini akan dideskripsikan sejauh mana sebenarnya pengetahuan para pengurus masjid tersebut terhadap bank syariah. Selanjutnya akan dideskripsikan tentang persepsi mereka terhadap produk dan jasa bank syariah. Berdasarkan persepsi dan pengetahuan para pengurus masjid tersebut memunculkan sikap mereka terhadap produk dan jasa bank syariah. Buku ini berguna sebagai masukan bagi stake holder perbankan syariah di negeri ini sebagai bahan masukan dan pertimbangan dalam pengembangan strategi pemasaran bank syariah di masa depan.Dengan membaca buku ini kita akan mengetahui bagaimana realita yang terjadi di tengah-tengah masyarakat seputar perbankan syariah.Akhirnya berdasarkan realita tersebut dapat disusun langkah-langkah konkrit untuk pengembangan bank syariah di masa depan. Buku persembahan penerbit ByPass

Buku ini merupakan hasil pengembangan pengetahuan persepsi dan sikap pengurus masjid terhadap perbankan syariah.