Sebanyak 47 item atau buku ditemukan

METODOLOGI PENELITIAN & TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH

Penelitian merupakan salah satu cara mendapatkan pengetahuan ilmiah. Oleh sebab itu penelitian dikatakan sebagai metode ilmiah atau cara ilmiah untuk mendapatkan pengetahuan. Ilmiah artinya memiliki sifat keilmuan atau bercirikan keilmuan. Ada tiga ciri ilmiah yakni logis atau rasional, empiris dan sistematis. Oleh karena itu, rasional/logis, empiris dan sistematis merupakan karakteristik dari suatu penelitian ilmiah. Buku yang sedang di hadapan Anda ini merupakan salah satu buku yang harus dibaca oleh para peneliti mengingat metodologi penelitian menjadi senjata utama untuk mendapatkan dan menganalisis data secara valid sehingga dapat diperoleh hasil penelitian yang akurat dan terpercaya. Tak kalah pentingnya adalah bagaimana cara menyajikan hasil penelitian dalam bentuk karya tulis sehingga hasil penelitian lebih bisa dinikmati dan dimanfaatkan oleh khalayak umum terutama untuk penelitian-penelitian selanjutnya.

Penelitian merupakan salah satu cara mendapatkan pengetahuan ilmiah.

METODOLOGI PENELITIAN DAN MENDELEY untuk Optimasi Penulisan Karya Ilmiah

Buku ini juga akan memberikan informasi secara lengkap mengenai perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengorganisir sumber sitasi dan pustaka dengan baik, selain itu pembaca juga diberikan kajian lengkap bagaimana cara menggunakan perangkat lunak dalam membuat sitasi dan daftar pustaka secara mudah.

... Methodology. Springer-Verlag London Cassuto, Leonard. “On the Dissertation: How to Write the Introduction.” The Chronicle of Higher Education, May 28, 2018; Radich, Michael. A Student's Guide to Writing ... Scientific Writing for Impact ...

Pedoman Penulisan Karya Ilmiah

Buku ini disusun sebagai panduan praktis penulisan karya ilmiah bagi mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) Institut Pertanian Bogor. Selain format fisik yang diseragamkan untuk diikuti, disampaikan juga bentuk karya ilmiah di lingkungan Fateta-IPB dan sistematika penulisannya, sistem pengacuan sumber yang dipakai, serta contoh praktis format penulisan.

Demikian seterusnya sehingga masalah yang dihadapi dapat dituntaskan dengan pendekatan secara ilmiah. Anda akan melihat beberapa jenis karya ilmiah dalam Pedoman ini. Karya ilmiah yang dimaksud di sini dapat berupa laporan praktik ...

Pedoman Penulisan Karya Ilmiah

Tidak sedikit para mahasiswa dan mahasiswi yang mengalami kesulitan di dalam membuat karya ilmiah (skripsi, tesis, disertasi dan lain sebagai). Kesulitan itu disebabkan oleh pelbagai faktor. Minimnya pemahaman terhadap apa itu karya ilmiah serta kurangnya pengetahuan dan keterampilan teknis terkait bagaimana cara penulisan karya ilmiah adalah dua di antara kendalanya. Buku ini disusun untuk membantu para mahasiswa dan mahasiswi untuk memahami apa itu karya ilmiah dan bagaimana cara penulisan karya ilmiah. Sementara itu, perbincangan karya ilmiah yang dimaksud di dalam buku ini lebih difokuskan kepada skripsi dan karya tulis ilmiah (KTI). Melalui buku ini, pembaca dapat memahami pengertian, tujuan dan manfaat karya ilmiah serta bagaimana langkah-langkah menyusunnya mulai dari tahap awal hingga akhir. Pembahasan buku ini sendiri mulai dari pembahasan ihwal pengertian, tujuan dan manfaat karya ilmiah, rancangan penelitian, usulan penelitian, penyusunan laporan KTI/Skripsi, tata cara penulisan, bimbingan dan presentasi, penilaian karya ilmiah, hingga pedoman dan standar penulisan karya ilmiah. Buku ini dapat dibaca khususnya bagi para mahasiswa dan mahasiswi yang tengah menempuh tugas akhir atau yang mengikuti mata kuliah Penulisan Karya Ilmiah. Selain itu, buku ini dapat berguna pula bagi para pengajar dan dosen pembimbing karena buku ini pun menghadirkan pedoman, penilaian dan garis-garis besar penulisan karya ilmiah sehingga lewat buku ini para pengajar dan dosen pembimbing dapat mengarahkan peserta didiknya untuk menghasilkan karya ilmiah yang lebih tearah, optimal dan memenuhi standar penulisan karya ilmiah.

Tidak sedikit para mahasiswa dan mahasiswi yang mengalami kesulitan di dalam membuat karya ilmiah (skripsi, tesis, disertasi dan lain sebagai).

PEDOMAN PENULISAN KARYA ILMIAH UNTUK SISWA SMA

Keterampilan menulis karya ilmiah sangat penting artinya bagi siswa dalam rangka mengerjakan tugas-tugas riset di sekolah maupun dalam rangka persiapan memasuki dunia kerja. Selama mengikuti pendidikan di sekolah, mereka sering diberikan tugas menulis karya ilmiah berupa makalah atau artikel yang berkaitan dengan kegiatan riset yang diikutinya. Lebih dari itu, menulis karya ilmiah harus dipenuhi oleh siswa sebagai salah satu persyaratan menyelesaikan studi di sekolah. Di samping itu, berbagai lomba atau kompetisi menulis karya ilmiah dilaksanakan oleh berbagai instansi, baik instansi pemerintah maupun instansi swasta yang melibatkan pihak sekolah. Hal ini tentu merupakan kesempatan emas bagi siswa untuk mengadu kemampuannya dalam menulis karya ilmiah. Mereka yang benar- benar memiliki keterampilan dalam menulis karya ilmiah akan mampu memenangkan lomba yang bergengsi tersebut. Siswa memiliki ruang tersendiri untuk menulis karya ilmiah. Karya ilmiah tersebut sering menjadi masalah tersendiri bagi siswa. Permasalahannya bukan terletak pada sedikit banyaknya tugas menulis yang diberikan oleh guru, namun bagaimana tata cara penulisan karya ilmiah yang baik dan benar. Di antara karya ilmiah yang harus ditulis oleh siswa selama proses pembelajaran di sekolah diantaranya makalah, essay, artikel, laporan penelitian, proposal penelitian, tugas akhir riset dan sebagainya. Sebagaimana diketahui bahwa kegiatan menulis karya ilmiah merupakan bagian yang tidak terpisahkan di dalam seluruh proses pembelajaran yang dialami oleh setiap siswa selama menuntut ilmu di sekolah. Pada setiap semester, siswa harus menulis karya ilmiah dalam berbagai bentuk di setiap bidang keilmuan yang mereka tempuh. Dengan demikian, mereka diharapkan akan memiliki wawasan yang lebih luas dan mendalam mengenai apa yang disebut dengan karya tulis ilmiah dan bagaimana tata cara penulisannya. Namun, keterampilan menulis bagi sebagian besar orang, tidak terkecuali siswa, bukan pekerjaan yang mudah. Keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang paling tinggi tingkatannya dibandingkan keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menyimak (mendengarkan). Hal ini mudah dipahami, karena dilihat dari segi tahapan pemerolehan bahasa, keterampilan menulis dilakukan pada tahapan terakhir setelah pemerolehan keterampilan menyimak, berbicara, dan membaca. Akhadiah (1997) menyatakan bahwa berbeda dengan kemampuan menyimak dan berbicara, kemampuan menulis tidak diperoleh secara alamiah. Dari keempat keterampilan berbahasa yang ada yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, keterampilan menulis khususnya menulis karya ilmiah dianggap paling sulit. Untuk menguasainya, sungguh diperlukan proses yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat tinggi (high order thinking skills). Menulis bukan merupakan aktivitas tunggal, melainkan kompleks karena didahului oleh aktivitas-aktivitas berbahasa yang lain, seperti membaca dan menyimak. Oleh karena itu, sudah selayaknya setiap siswa memiliki keterampilan yang memadai dalam menulis karya ilmiah, baik berupa laporan hasil penelitian maupun artikel atau jurnal penelitian. Untuk menunjang harapan tersebut, perlu adanya sebuah buku pedoman yang bisa dijadikan sebagai panduan oleh siswa dalam melaksanakan penelitian sekaligus melaporkannya menjadi laporan penelitian yang berupa Tugas Akhir Penelitian.

Keterampilan menulis karya ilmiah sangat penting artinya bagi siswa dalam rangka mengerjakan tugas-tugas riset di sekolah maupun dalam rangka persiapan memasuki dunia kerja.

PENULISAN KARYA ILMIAH (SKRIPSI) : Suatu Pedoman

Penulis skripsi bagi seorang mahasiswa merupakan suatu kewajiban yang harus dijalani apabila ia ingin menyelesaikan studinya. Untuk itu ia harus memiliki bekal pengetahuan dan kemampuan untuk meng-organisasikan kemampuannya itu ke dalam pokok-pokok pikiran yang dituangkan dalam bentuk karya ilmiah. Selain berbekal pengetahuan dan kemampuan, mahasiswa harus memahami teknik menyusun skripsi, sehingga ia akan memperoleh kemudahan dalam menyelesaikan tugas akhir yang dikerjakannya. Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka disusunlah buku Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi) : Suatu Pedoman yang berisikan seluk beluk skripsi sampai pada teknik penulisannya. Harapan penulis, buku yang sederhana ini mampu memberi pedoman dan tuntutan bagi bahasiswa di dalam menyusun skripsi. Pada kesempatan ini kami juga menyampaikan terima kasih kepada pihak Penerbit Lakeisha yang telah berkenan menerbitkan buku ini.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka disusunlah buku Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi) : Suatu Pedoman yang berisikan seluk beluk skripsi sampai pada teknik penulisannya.

Teknik Penulisan Karya Ilmiah

Setelah mahasiswa menyelesaikan perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami karakteristik tulisan laporan skripsi kedudukan karya ilmiah diperguruan tinggi, penyusunan laporan skripsi, sistematika isi laporan dan mengenal jenis-jenis karya ilmiah. Dalam perkuliahan ini dibahas (1) kedudukan karya ilmiah di PT, (2) karakteristik tulisan dan laporan ilmiah, (3) tujuan penyusunan laporan ilmiah, (4) sistematika isi laporan ilmiah, (5) pemakaian bahasa ragam ilmiah, (6) penyusunan proposal penelitian, (7) pengembangan kerangka teori/kajian pustaka, (8) perencanaan metode penulisan laporan, (9) penyusunan laporan ilmiah, (10), etika pengutipan, dan (11) penilaian laporan ilmiah. Mata kuliah ini termasuk kategori mata kuliah yang berpraktikum sebab mahasiswa akan langsung terjun ke lapangan untuk mengambil data sebagai bahan laporan dan praktik menulis laporan skripsi secara berproses di bawah bimbingan dosen pembimbing. Diperguruan tinggi pada umumnya kedudukan karya tulis ilmiah sangat penting dan merupakan bagian dari tuntutan formal akademik. Dilihat dari jenisnya, karya tulis ilmiah terdiri atas makalah, skripsi, dan tesis, dan disertasi. Pengertian laporan adalah bentuk penyajian fakta tentang suatu keadaan atau suatu kegiatan, pada dasarnya fakta yang disajikan itu berkenaan dengan tanggung jawab yang ditugaskan kepada pelapor. Fakta yang disajikan merupakan bahan atau keterangan untuk informasi yang dibutuhkan, berdasarkan keadaan objektif yang dialami sendiri oleh pelapor (dilihat, didengar, atau dirasakan sendiri) ketika pelapor telah melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan. Karya ilmiah atau tulisan ilmiah adalah karya seorang ilmuan yang ingin mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang diperolehnya melalui kepustakaan, kumpulan pengalaman, penelitian dan pengetahuan orang lain. Definisi lain menyatakan bahwa karya tulis ilmiah adalah serangkaian kegiatan penulisan yang didasarkan pada pengkajian atau penelitian ilmiah yang ditulis secara sistematis menggunakan bahasa prinsip-prinsip ilmiah. Pada dasarnya, hal terpenting yang harus dipikirkan oleh seorang penulis karya ilmiah pada tahap persiapan ini adalah pemilihan topik. Pemilihan.Topik/Masalah. untuk. Karya. llmiah Hal-hal. yang. patut. Dipertimbangkan .pada. saat. Memilih .topik. untuk tulisan .tersebut. Aturan penulisan kutipan dan sumber kutipan yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah di lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Setelah mahasiswa menyelesaikan perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami karakteristik tulisan laporan skripsi kedudukan karya ilmiah diperguruan tinggi, penyusunan laporan skripsi, sistematika isi laporan dan mengenal jenis ...

Pedoman Penulisan Karya Ilmiah : Graf Literasi

Salah satu indikator kinerja kaum akademisi adalah mampu membuat karya ilmiah dalam bentuk makalah. Kemampuan dalam membuat karya ilmiah untuk sebagian orang dirasakan mudah, namun sebaliknya dirasakan begitu sulit. Mencermati permasalahan di atas, maka suatu kewajaran itu terjadi, karena membuat karya ilmiah memang berbeda dengan tulisan bebas pada umumnya. Menulis karya ilmiah sangat terikat dengan aturan baku yang sudah ditetapkan. Buku ini hadir sebagai bahan bacaan dalam memperkaya pemahaman baik di kalangan guru dan siswa. Semoga buku ini bermanfaat dan menjadi solusi dari masalah-masalah yang dihadapi dalam menulis karya ilmiah. Najib Quroisin, M. Pd.

Buku ini hadir sebagai bahan bacaan dalam memperkaya pemahaman baik di kalangan guru dan siswa. Semoga buku ini bermanfaat dan menjadi solusi dari masalah-masalah yang dihadapi dalam menulis karya ilmiah. Najib Quroisin, M. Pd.