Sebanyak 77 item atau buku ditemukan

Sukses Profesi Guru dengan Penelitian Tindakan Kelas

Guru mengemban tugas sejati bagi proses kemanusiaan, pemanusiaan, pencerdasan, pembudayaan, dan pembangun karakter bangsa. Undang-undang (UU) No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, sebagai dasar legal pengakuan atas profesi guru serta mengangkat martabat dan peran guru sebagai agen pembelajaran dalam meningkatkan mutu pendidikan nasional. Guru merupakan faktor penentu terhadap keberhasilan pembelajaran. Untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal dibutuhkan guru kreatif dan inovatif yang selalu mempunyai keinginan terus menerus memperbaiki dan meningkatkan mutu proses belajar di kelas yang tentunya berpengaruh terhadap peningkatan mutu pendidikan. Salah satu upaya dalam meningkatkan mutu proses belajar dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan kelas (PTK) pertama kali diperkenalkan Kurt Lewin pada tahun 1946 ahli psikologi sosial Amerika Serikat, di Indonesia PTK baru dikenal pada tahun 80-an. PTK terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Empat tahapan utama tersebut yang saling berkaitan sering disebut dengan istilah siklus. Siklus pada hakikatnya adalah rangkaian riset-aksi-riset-aksi yang dilakukan pada saat penelitian. PTK memiliki peranan yang sangat penting dan strategis untuk meningkatkan mutu pembelajaran. dengan harapan dapat mengidentifikasi dan mendeteksi kelemahan atau kekurangan yang terjadi dalam proses belajar mengajar dengan mencari solusi yang tepat

PTK memiliki peranan yang sangat penting dan strategis untuk meningkatkan mutu pembelajaran. dengan harapan dapat mengidentifikasi dan mendeteksi kelemahan atau kekurangan yang terjadi dalam proses belajar mengajar dengan mencari solusi ...

Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas

(PTK)

Zaman telah berubah, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Segala perkembangan ini harus diantisipasi agar seluruh bangsa tidak tertinggal dalam percaturan di tingkat global. Harus diakui, perkembangan kehidupan dan ilmu pengetahuan abad 21 sekarang ini memang telah terjadi pergeseran, baik ciri maupun model pembelajaran. Hal inilah yang harus direspons oleh stake-holders pendidikan khususnya pahlawan tanpa tanda jasa yaitu guru dan dosen. Tugas utama seorang guru dan dosen adalah merancang, menyajikan, dan mengevaluasi bahan ajar, disesuaikan dengan kondisi lingkungan yang membatasinya, dengan tujuan agar peserta didik (siswa dan mahasiswa) memperoleh hasil belajar yang optimal. Oleh karena itu guru dan dosen harus menguasai dan mengembangkan ketiga ranah profesi yang perkembangannya semakin kompleks sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Buku Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Penelitian Tindakan Kelas PAK

Classroom Action Research in Christian Class

Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Kristen pertama kali dikenal dengan istilah penelitian tindakan yang diambil dari frase bahasa Inggris Classroom Action Research. Classroom Action Research secara sederhana dapat diartikan dengan riset aksi kelas, kajian tindakan dalam kelas dan riset tindakan kelas. Classroom Action Research maka dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas Pendidikan Agama Kristen merupakan kegiatan terencana dalam mencermati/observasi tindakan kegiatan belajar mengajar yang secara sengaja dimunculkan dan terjadi dalam kelas pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Namun perlu disadari bahwa tindakan tersebut bukanlah dari siswa melainkan berasal dari guru serta guru menfasilitasi siswa dalam melaksanakan tindakan tersebut.

Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Kristen pertama kali dikenal dengan istilah penelitian tindakan yang diambil dari frase bahasa Inggris Classroom Action Research.

Panduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas

Salah satu upaya pengembangan profesionalitas guru dapat dilakukan dengan pembelajaran berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Selain untuk mempelajari teori-teori yang berkaitan dengan pembelajaran, PTK juga mampu menjadi solusi pemecahan masalah yang dihadapi oleh guru dalam proses pembelajaran. Misalnya, terkait metode pengajaran, pembelajaran siswa, penilaian yang akan digunakan, dan tata kelola ruang kelas. Lantas, bagaimana melaksanakan PTK? Buku ini akan menjawab pertanyaan tersebut melalui pembahasan tentang PTK, langkah-langkah praktis penerapannya, serta contoh PTK. Dikemas dengan bahasa sederhana dan lugas, buku ini sangat cocok untuk dijadikan panduan menyusun PTK. Baca buku ini dan jadilah guru yang mampu memperbaiki mutu pembelajaran di kelas! Sellingpoint: 1. Hakikat PTK 2. Alur Penalaran dan Aspek Pokok PTK 3. Jenis dan Model PTK 4. Contoh PTK

Salah satu upaya pengembangan profesionalitas guru dapat dilakukan dengan pembelajaran berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

PENELITIAN TINDAKAN KELASPanduan bagi Pembelajar Bahasa

BAGIAN PERTAMA KONSEP DASAR PENELITIAN Rasa Ingin Tahu Manusia Batasan Penelitian Jenis Penelitian BAGIAN KEDUAPARADIGMA PENELITIAN TINDAKAN KELAS Sejarah Singkat Penelitian Tindakan Kelas Penelitian Tindakan kelas dan Peningkatan Kualitas Pembelajaran BAGIAN KETIGAAPLIKASI PENELITIAN TINDAKAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA Wacana Pengantar Aktivitas Pendahuluan Mengidentifikasi dan Menganalisis Masalah Refleksi Ketika Belajar di SekolahMenengah Berdiskusi dengan Siswa Sekolah Menengah Berdiskusi dengan Guru Menelaah Kurikulum Menelaah Buku Pelajaran Merumuskan Masalah Merencanakan Alternatif Pemecahan Masalah Aktivitas Inti Menyusun Proposal Melaksanakan Tindakan Kelas Perencanaan Pelaksanaan Observasi Refleksi Aktivitas Akhir Menganalisis Data Menyusun Laporan Penelitian Aktivitas Tambahan Menulis Artikel Ilmiah Mempublikasikan Artikel Ilmia

BAGIAN PERTAMA KONSEP DASAR PENELITIAN Rasa Ingin Tahu Manusia Batasan Penelitian Jenis Penelitian BAGIAN KEDUAPARADIGMA PENELITIAN TINDAKAN KELAS Sejarah Singkat Penelitian Tindakan Kelas Penelitian Tindakan kelas dan Peningkatan Kualitas ...

Buku Saku Penelitian Pendidikan Penelitian Tindakan Kelas Penulisan Karya Ilmiah

Ilmu maju berkembang berkat penelitian. Begitu juga Ilmu Pendidikan. Ilmu Pendidikan maju berkembang berkat penelitian pendidikan. Kelompok yang memajukan ilmu pendidikan dan ilmu pengajaran di antaranya adalah guru, yang melakukannya lewat penelitian. Penelitian yang dilakukan guru sekaligus merupakan bagian dari pengembangan profesi dan kariernya. Pada umumnya jenis penelitian yang digunakan guru dalam melaksanakan tugas penelitiannya ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan utama penulisan buku ini adalah untuk membantu guru dan calon guru dalam menyusun karya ilmiah dan melaksanakan penelitian, khususnya penelitian pendidikan dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Oleh karena itu, isi buku ini disusun sedemikian rupa agar mudah dipahami dan kompatibel untuk kepentingan praktis. Buku Saku Penelitian Pendidikan Penelitian Tindakan Kelas Penulisan Karya Ilmiah ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Buku Saku Penelitian Pendidikan Penelitian Tindakan Kelas Penulisan Karya Ilmiah ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Cara Termudah Memahami, Melaksanakan, Serta Menulis Laporan Dan Artikel Penelitian Tindakan Kelas

Guru sebagai tenaga profesional mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting dalam mencapai Visi Kemdikbud 2025 yaitu Menghasilkan Insan Indonesia Cerdas dan Kompetitif. Oleh karena itu, profesi guru harus dikembang-kan sebagai profesi yang bermartabat sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Konsekuensi dari jabatan guru sebagai profesi, diperlukan suatu sistem pembinaan dan pengembangan terhadap profesi guru secara terprogram dan berkelanjutan melalui kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Buku Cara Termudah Memahami, Melaksanakan, Serta Menulis Laporan Dan Artikel Penelitian Tindakan Kelas ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research)

Disertai Contoh Judul Skripsi dan Metodologinya

Berdasarkan tujuan tersebut digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) karena penelitian ini bersifat reflektif dan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan proses belajar-mengajar di kelas secara optimal. Perbaikan dalam hal ini adalah terjadinya perubahan ke arah yang lebih baik, mencakup perubahan proses pembelajaran, peran guru, dan respons anak terhadap materi yang disampaikan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan model kolaborasi yang mengutamakan kerja sama antara kepala sekolah dan guru selaku peneliti. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini merupakan upaya untuk mengkaji apa yang terjadi dan telah dihasilkan atau belum tuntas pada langkah upaya sebelumnya. Hasil refleksi digunakan untuk mengambil langkah lebih lanjut dalam upaya mencapai tujuan penelitian. Dengan kata lain refleksi merupakan pengkajian terhadap keberhasilan atau kegagalan terhadap pencapaian tujuan tindakan pembelajaran.

Buku Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research): Disertai Contoh Judul Skripsi dan Metodologinya ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Metode Penelitian Tindakan Kelas Panduan Praktis Untuk Mahasiswa Dan Guru

Buku Penelitian Tindakan Kelas Panduan Praktis untuk Mahasiswa dan Guru ini hadir untuk membantu mahasiswa calon guru (PAUD) dan guru PAUD dalam memahami bagaimana melaksanakan PTK. Setiap bagiannya disajikan dengan disertai contoh-contoh yang membantu mahasiswa dan guru tidak hanya pada bagaimana menyusun proposal tetapi juga menyampaikan hasil dari penelitian. Dengan melakukan PTK dengan cara-cara yang benar maka guru PAUD bukan hanya dapat menyelesaikan masalah yang ada tetapi juga mampu memunculkan berbagai inovasi dan kreasi baik dalam metode pembelajaran, media yang digunakan, maupun interaksi yang sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran anak usia dini. Metode Penelitian Tindakan Kelas Panduan Praktis Untuk Mahasiswa Dan Guru ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Pemanfaatan media belajar, sumber belajar, dan narasumber B. Permasalahan dalam Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak dan Faktor Penyebabnya Setiap manusia tentu memiliki masalah. Dan masalah terjadi pada berbagai aspek kehidupan, ...

Kiat Mudah Membuat Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Taman Kanak-Kanak

Alternatif yang baik untuk peningkatan profesional guru adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hal ini terjadi karena dalam PTK guru diajak untuk merumuskan masalah yang dihadapi, merumuskan langkah-langkah solusi, kemudian melakukan refleksi terhadap solusi, dan akhirnya dapat melakukan pengembangan proses pembelajaran sesuai temuan dalam PTK. Menurut Depdiknas (2003:3) PTK adalah peningkatan reflektif yang dilakukan oleh guru di dalam kelas dalam rangka memecahkan masalah. Jadi PTK dilakukan dalam beberapa siklus sampai masalah terpecahkan. Menurut Suharsimi Arikunto(2006:3) PTK adalah suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi di dalam kelas secara bersamaan Berdasarkan dua pendapat dapat disimpulkan bahwa PTK adalah penelitian yang dilakukan oleh guru dengan tindakan terhadap proses pembelajaran di kelas dalam rangka memecahkan masalah yang di hadapi.

Buku Kiat Mudah Membuat Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Taman Kanak-Kanak ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.