Sebanyak 3514 item atau buku ditemukan

Pemikiran Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Studi Tentang Sistem Among Dalam Proses Pendidikan

Buku ini sangat cocok untuk menjadi referensi bagi para guru sebagai “pamong” yang lebih cenderung menjadi navigator peserta didik sesuai dengan semboyan Tut Wuri Handayani. Buku ini ditulis dalam bahasa yang sederhana, dalam istilah keseharian sehingga meskipun membahasa sesuatu yang sangat serius, namun mudah dipahami.

Buku ini sangat cocok untuk menjadi referensi bagi para guru sebagai “pamong” yang lebih cenderung menjadi navigator peserta didik sesuai dengan semboyan Tut Wuri Handayani.

Sistem Pendidikan di Negeri Kangguru

Studi Komparatif Australia dan Indonesia

Buku ini adalah merupakan hasil refleksi kami dalam melakukan penelitian kurikulum di Australia. Awalnya, kami tertarik meneliti kurikulum Australia karena adanya kemandirian kurikulum Sekolah Australia yang sangat otonom. Bahkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau kurikulum 2006 kita mengadopsi School Based Curriculum Development Australia. Hal yang kental diimpor dari Australia adalah terkait konsep pembelajaran bahasa Inggris dengan pendekatan Genre Based. Tentu saja, ini membuat kami ingin melihat kebijakan politik, struktur kurikulum, sistem persekolahan, kegiatan stake holder sekolah, kesiapan guru dan komitmennya terhadap implementasi kurikulum dan pandangan para ahli kurikulum di sana. Hasilnya kami rangkum dalam buku ini. Karena waktu yang sangat terbatas yakni sepuluh hari untuk mengunjungi beberapa tempat di Melbourne Australia, maka ada beberapa bagian artikel yang kami copy-paste dari berbagai website terutama web resmi pemerintah Australia. Kami memiliki asumsi bahwa data website itu adalah milik publik dan diperbolehkan untuk diduplikasi atau dimodifikasi sesuai peruntukannya. Dalam daftar pustaka, kami cantumkan alamat resminya. Kami tidak memiliki cukup waktu untuk pergi ke semua tempat untuk meneliti sehingga informasi dari website menjadi pendukung penting dalam buku walaupun bukan inti dari isinya. Intisari dari buku ini tidak diduplikasi dari catatan manapun, ini original dari refleksi kami sebagai peneliti. Untuk mengetahui secara maksimal pendidikan dan kurikulum serta cara hidup Australia, kami mencoba untuk melakukan perjalanan tanpa guide dan jemputan. Ini ditujukan untuk memahami nilai-nilai kehidupan yang hadir secara empiris di Australia. Kunjungan ke tiga universitas terkenal Australia, konjen Indonesia di Melbourne, beberapa sekolah dan berdiskusi dengan para guru merupakan kegiatan terintegrasi satu sama lainnya. Kami juga merekam semua perjalanan melalui foto, audio atau video. Semua terekam dengan baik dan sesuai dengan data lapangan. Data-data itu diinterpretasikan sesuai dengan analisis data, baik secara objektif maupun subjektif. Setelah memahami sistem pendidikan Australia dengan melihat langsung ke sekolah SD dan SMP-SMA, kami melihat ada gerakan yang diinspirasi oleh Australia di Indonesia. Namanya, Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) di Yogyakarta. Karena memiliki ide yang sama, maka kami pun meneliti GSM sebagai bagian tidak terpisahkan dalam buku ini. Jadi buku ini pun berisi tentang ide inspiratif faktual yang dilakukan oleh GSM di Indonesia.

Buku ini adalah merupakan hasil refleksi kami dalam melakukan penelitian kurikulum di Australia.

Bunga Rampai Studi Komparatif Pendidikan Indonesia dan Negara-Negara Lain

Mengomparasikan Indonesia yang memiliki beragam budaya dan heterogenitasnya dengan Amerika Serikat, Jepang, Singapura, Denmark, Australia, Finlandia, dan beberapa negara maju di dunia sesungguhnya tidak semata-mata hanya membandingkan saja, tetapi lebih dari itu. Sebagai negara yang baru berada dalam euforia demokrasi, peradaban yang dibangun Indonesia tentu belum dapat dibandingkan secara utuh dan padu dengan negara-negara maju. Namun, setidaknya Indonesia memiliki keberadaban dalam tata aturan kehidupan bermasyarakat yang dilandasi kebinekaan dan semangat untuk saling bergotong royong serta menjunjung tinggi semangat kekeluargaan. Membandingkan Indonesia dengan apa yang sudah dicapai negara-negara maju di dunia adalah dalam rangka menggali sisi positif yang telah dicapai mereka dapat dijadikan rujukan bagi kita semua. Terdapat berbagai hal yang mendasari lahirnya artikel-artikel dalam buku ini, salah satunya adalah mengetahui persoalan pendidikan pada umumnya, dan secara khusus terkait pendidikan bahasa. Selain itu, melalui buku ini, ingin mengenalkan juga berbagai sudut pandang budaya negara-negara maju yang diharapkan dapat menginspirasi masyarakat Indonesia.

Konsep pendidikan dan pendidikan literasi di Australia menjadi alternatif menuju konsep pendidikan dan pendidikan literasi menuju peningkatan mutu dan kualitas pendidikan Indonesia unggul. Keunggulan mutu pendidikan Autralia yang ...

Administrasi Pembelajaran (Studi Praktis Mahasiswa di Lembaga Pendidikan)

Buku yang berjudul Administrasi Pembelajaran (Studi Praktis Mahasiswa Di Lembaga Pendidikan) ini telah disusun dengan maksimal dan mendapatkan banyak bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan buku ini. Untuk itu, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami untuk menyelesaikan tugas ini. Praktik Pengayaan Lapangan (PPL) merupakan salah satu tugas yang wajib diselesaikan mahasiswa/i untuk memenuhi dan melatih mahasiswa untuk menetapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai bidang studinya masiung-masing. Dari PPL ini mahasiswa mendapatkan pengalaman faktual yang dapat digunakan sebagai data untuk mengembangkan diri sebagai calon tenaga kependidikan yang sadar akan tugas dan tanggung viii ix viii jawabnya sebagai tenaga akademik dalam dunia pendidikan. Program PPL yang diawali dengan kegiatan observasi, diskusi antara mahasiswa dengan pihak sekolah, konsultasi program kerja, pelaksanaan program kerja dan pembuatan laporan. PPL di sekolah bertujuan agar mahasiswa dapat mengerti dan memahami kinerja lembaga kependidikan formal, serta dapat mengembangkan potensi yang dimiliki untuk terjun ke dalam kehidupan masyarakat yang sesungguhnya, dalam hal ini adalah masyarakat sekolah. PPL merupakan salah satu bentuk pendidikan dengan memberikan pelatihan dan pengalaman belajar yang berhubungan dengan masyarakat khususnya dunia pendidikan sehingga dapat mengidentifikasikan permasalahan dan mengatasinya yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) sebagai perguruan tinggi yang mencetak tenaga kependidikan atau calon guru, juga harus meningkatkan kualitas lulusannya agar dapat bersaing dalam dunia kependidikan baik dalam skala nasional maupun internasional. Sejalan dengan Tri Dharma keguruan tinggi yang ketiga, yaitu pengabdian masyarakat (dalam hal ini masyarakat sekolah) maka tanggung jawab seorang mahasiswa setelah menyelesaikan tugas-tugas belajar di kampus adalah mentransformasikan dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari kampus kepada masyarakat, khususnya masyarakat sekolah. ix Dari hasil pengaplikasian itulah pihak sekolah dan mahasiswa (khususnya) dapat mengukur kesiapan dan kemampuannya sebelum nantinya mahasiswa benarbenar menjadi bagian dari masyarakat luas, tentunya dengan bekal keilmuan dari universitas.

Hasil pengamatan menunjukan bagaimana staf dan pegawai sangat merawat dan memanfaatkan sarana dan prasarana dengan sangat baik sehingga penelitian ini memfokuskan bagaimana sarana dan prasarana meningkatkan administrasi pendidikan. dan ...