pendidikan yang berkualitas akan membawa perubahan yang besar dalam dunia pendidikan sehingga guru-guru pada masa yang telah berlalu, masa kini, maupun masa akan datang menjadi guru yang punya peran dalam dunia pendidikan sehingga guru yang mempunyai profesi kependidikan harus menjaga moral, akhlak, perilaku anak-anak Bangsa Indonesia sehinga bisa menjadi anak-anak yang mempunyai akhlak yang mulia, berbakat, berprestasi dan mempunyai keterampilan.
pendidikan yang berkualitas akan membawa perubahan yang besar dalam dunia pendidikan sehingga guru-guru pada masa yang telah berlalu, masa kini, maupun masa akan datang menjadi guru yang punya peran dalam dunia pendidikan sehingga guru yang ...
Guru merupakan profesi yang mengharuskan adanya kemahiran atau kecakapan spesifik dalam menghasilkan suatu produk untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan orang lain. Suatu profesi harus mempelajari atau menguasai bidang tertentu, melibatkan aktivitas intelektual, dipersiapkan secara profesional, membutuhkan proses pendidikan dan pelatihan yang kesinambungan, lebih mengutamakan kepentingan dan layanan publik daripada individu dan pribadi, terwadahi dalam organisasi profesi, dan menjanjikan jenjang karier yang permanen. Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 memberi amanat bahwa guru memiliki kegiatan pokok, yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih anak, serta melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada pelaksanaan kegiatan pokok. Bagaimana standar guru? Kompetensi apa yang harus dimilikinya? Bagaimana mengembangkan profesi guru? Buku ini secara tuntas memaparkan tentang profesi dan profesionalisme guru, kualifikasi dan kompetensi guru serta bagaimana karier dan pengembangan profesionalisme guru. Setelah membaca buku ini Anda akan memahami bahwa keberadaan profesi guru sangat penting untuk diperhatikan serta ditingkatkan dalam pelaksanaan tugas dan pekerjaannya.
Guru merupakan profesi yang mengharuskan adanya kemahiran atau kecakapan spesifik dalam menghasilkan suatu produk untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan orang lain.
Buku ini dipersembahkan kepada para mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan khususnya, para pendidik, para pemerhati pendidikan Islam dan pembaca sekalian, semoga dapat menjadi pedoman teoretis dan praktis dalam melaksanakan pendidikan.Buku ini berisikan berbagai ulasan yang berkenaan dengan hal-hal :Landasan filosofis keilmuan Filsafat Pendidikan Islam; landasan ontologi mempertanyakan hakekat dari Filsafat Pendidikan Islam, pasal ini membahas pengertian dan ruang lingkup Filsafat Penddikan Islam. Landasan Epistemologi membahas bagaimana bangunan teori Filsafat Pendidikan Islam, pasal ini membahas sumber, pendekatan dan metode dalam studi Filsafat Pendidikan Islam. Landasan aksiologi mempertanyakan kegunaan Filsafat Pendidikan Islam, pasal ini membahas urgensi dan fungsi Filsafat Pendidikan Islam dan perbandingan antara Filsafat Pendidikan Islam dengan Filsafat Pendidikan Barat
Buku ini dipersembahkan kepada para mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan khususnya, para pendidik, para pemerhati pendidikan Islam dan pembaca sekalian, semoga dapat menjadi pedoman teoretis dan praktis dalam melaksanakan ...
Dalam buku ini dibahas secara lengkap mengenai ; Sejarah dan Perkembangan Filsafat Kontemporer; Sejarah Lahirnya Filsafat Pendidikan; Filsafat dan Pendidikan; Landasan Filsafat dalam Pendidikan; Sistematika Filsafat Pendidikan; Hubungan Filsafat, Manusia dan Pendidikan; Aliran Filsafat Pendidikan; Peranan Filsafat Pendidikan; Aksiologi Filsafat Dan Sistem Pendidikan Nasional; Filsafat Pendidikan Dalam Organisasi Program Pendidikan Karakter; Konservatisme, Liberalisme Dan Kritisme Pendidikan; dan Teori Ekonomi Modern Buku ini membahas konsep berfilsafat dalam era postmodernisme adalah hasil penggabungan dari berbagai jenis fondasi pemikiran. Mereka tidak mau terkungkung dan terjebak dalam satu bentuk fondasi pemikiran filsafat tertentu. Dalam buku ini, belum rinci menjelaskan peran sains pada dirinya sendiri, melainkan peran sains sebagai ideologi dan scientism saja di mana kebenaran ilmiahlah yang dianggap kebenaran yang paling sahih dan meyakinkan.
Dalam buku ini dibahas secara lengkap mengenai ; Sejarah dan Perkembangan Filsafat Kontemporer; Sejarah Lahirnya Filsafat Pendidikan; Filsafat dan Pendidikan; Landasan Filsafat dalam Pendidikan; Sistematika Filsafat Pendidikan; Hubungan ...
Buku ini mencoba merangkum berbagai filsafat pendidikan dalam konteks Kurikulum Merdeka. Berbagai aliran filsafat pendidikan seperti vitalisme, eksistensialisme, dan humanisme, berperan penting dalam membentuk metode dan teknik pendidikan. Masing-masing aliran memberikan perspektif yang berbeda dalam menyampaikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik. Filsafat pendidikan juga berfungsi sebagai panduan untuk mengatasi masalah-masalah pendidikan dengan prinsip-prinsip filosofis. Secara umum, filsafat pendidikan dibagi menjadi dua: progresif, dipengaruhi oleh Dewey dan Rousseau, dan revolusioner, yang menyoroti hubungan sekolah dengan masyarakat dan kekuasaan dalam proses tersebut. Landasan filsafat pendidikan mencakup gagasan tentang hakikat manusia, pengetahuan, nilai-nilai, dan perilaku yang dianut oleh lembaga pendidikan.