Salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa agar dirinya berhasil dengan baik dalam menulis skripsi, tesis dan disertasi adalah dikuasainya materi metodologi penelitian. Agar bisa mengusai materi tersebut maka mahasiswa harus mempelajari berbagai sumber belajar. Untuk itulah penulis mencoba menyusun sebuah Metodologi Penelitian ini agar bisa bermanfaat sebagai sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Buku ajar ini diperuntukan bagi dosen, mahasiswa dan siapa saja yang berminat melakukan peneltiian sebagai bahan perkuliahan dengan penyajian yang lebih praktis, dimulai dengan uraian atau penjelasan yang singkat padat tetapi bisa dipahami pembaca. Buku ini bisa dipelajari dalam waktu yang relatif singkat, karena bahan disajika sedemikian rupa. Dengan buku ini pembaca bisa membedakan mana penelitian kuantitatif dan mana penelitian kualitatif, penelitian konvensional dan penelitian tindakan. Mudah-mudahan buku ini bermanfaat bagi siapa saja yang berminat untuk menadakan riset dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Apa yang disajikan dalam buku ini hanyalah merupakan garis besar materi kuliah. Untuk memperluas dan memperdalam wawasan dalam bidang ini diharapkan hahasiswa membaca berbagai refensi yang relevan, terutama yang buku-buku dijadikan acuan dalam penulisan diktat ini. Penulis menyadari bahwa banyak kelemahan yang terdapat pada buku ini, ”Tiada gading yang tak retak”, buku ini masih perlu terus disempurnakan, baik yang menyangkut isi, pengungkapan, maupun sistematika penulisan. Untuk itu saran serta kritik yang konstruktif senantiasa penulis harapkan.
Salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa agar dirinya berhasil dengan baik dalam menulis skripsi, tesis dan disertasi adalah dikuasainya materi metodologi penelitian.
Penelitian dalam bidang sosial, pendidikan, kebudayaan dan keagamaan memiliki puluhan tawaran metodologis. Namun demikian, tidak dapat dielakkan adanya pengaruh kuat dari pendekatan dalam penelitian kuantitaif atau kualitatif. Dalam penelitian ilmu sosial, pendekatan kuantitatif dan kualitatif sudah berkembang sekitar tahun 1960-an sehingga para pakar tidak lagi mempersoalkannya. Bahkan, terdapat kecenderungan adanya kesesuaian metodologis terhadap topik penelitian meskipun tidak dimungkiri sebagian pakar khususnya di Indonesia masih terpetak-petak dalam kubu kuantitaif dan kubu kualitatif. Sering kali pakar kuantitatif dalam bidang ilmu-ilmu sosial menjadi fanatik dan bertolak belakang dengan kubu kualitatif yang menganggap pendekatan kualitatif sebagai penelitian yang tidak obyektif, subyektif, tidak representatif, dan tidak reliable. Buku yang terdiri atas delapan bab ini akan mengajak pembaca memahami seluk beluk metodologi penelitian kualitatif dalam ranah pendidikan, sosial, kebudyaan dan keagamaan. Buku ini akan lebih jauh mengulas metode penelitian kualitatif sebagai salah satu tipe penelitian yang tidak kalah populer dan kredibel dengan tipe kuantitatif.
Mampu membedakan latar belakang penelitian antara penelitian kuantitatif dan kualitatif. b. Mampu membedakan fokus penelitian antara penelitian kuantitatif dan kualitatif. c. Mampu membedakan masalah penelitian yang membedakan ...
Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi adalah buku ajar yang sederhana yang disusun oleh Tim Dosen STT Jaffray untuk melengkapi buku-buku metode penelitian yang sudah ada sebelumnya. Buku ajar ini memiliki kelebihan yang lain karena buku ini disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa dalam penelitian teologi khususnya pendidikan teologi yang meliputi teologi, pendidikan Kristen serta secara holistik dalam gereja dan interaksi sosial. Pemahaman teknik pengumpulan data dan statistika penelitian yang benar dapat membantu mahasiswa untuk menghasilkan metodologi penelitian yang benar pula sehingga hasil penelitiannya dapat dipertanggungjawabkan. Buku ajar ini adalah buku dasar dalam metodologi penelitian yang sangat membantu mahasiswa untuk memahami definisi dan penerapan metodologi penelitian dalam penulisan karya ilmiah, skripsi, tesis dan disertasi. Secara khusus buku ini memberikan contoh struktur penyusunan kajian biblika, struktur skripsi, tesis, disertasi dan struktur penulisan jurnal serta penulisan catatan kaki dan kepustakaan.
Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi adalah buku ajar yang sederhana yang disusun oleh Tim Dosen STT Jaffray untuk melengkapi buku-buku metode penelitian yang sudah ada sebelumnya.
Buku Ajar ini disusun berdasarkan teori dan praktik yang di dapat oleh penulis baik dari bangku kuliah, maupun praktik di dunia kerja, beberapa kasus diambil dari hasil penelitian yang dilakukan dalam bidang Akuntansi.
Kongregasi Pendidikan Katolik. area perkembangan yang sekarang ini lebih
membutuhkan perhatian khusus. "Realitanya, kita tumbuh di dalam kematangan
afektif ketika hati kita melekat pada Allah. Kristus membutuhkan para imam yang
...
Adapun tema utama yang dikembangkan dalam buku ini berkisar pada topik-topik krusial seperti, tahap perkembangan individu dari masa bayi, anak-anak sampai remaja, pemberdayaan kearifan lokal dalam PAUD dan analisis sosiokultural Vytgotsky, kontrol diri dan kematangan emosional, konsep diri dan pengembangannya, keteramPilan komunikasi diadik dan implikasinya dalam pembelajaran, dan keterampilan sosial serta perkembangarinya. Buku persembahan penerbit prenadaMedia
Adapun tema utama yang dikembangkan dalam buku ini berkisar pada topik-topik krusial seperti, tahap perkembangan individu dari masa bayi, anak-anak sampai remaja, pemberdayaan kearifan lokal dalam PAUD dan analisis sosiokultural Vytgotsky, ...
Perkembangan dunia terkini menghadapkan kita pada banyak realitas-realitas baru. Disiplin ilmu dalam ilmu pengetauhan terbukti tidak bisa berdiri sendiri tanpa disiplin ilmu yang lain. Integrasi antar disiplin ilmu inilah yang berusaha ditulis oleh saudara Asrori dalam bukunya. Asrori menyebutnya sebagai pendekatan multidispliner. Pendekatan ini berusaha membuat sintesis dari perspektif-perspektif ilmu. Melalui bukunya berusaha memadukan pendidikan dan psikologi sebagai sintesis ilmu pengetauhan dan menyajikan kerangka teoritis yang menguatkan integrasi tersebut. Pendekatan ini memang belum banyak mendapatkan perhatian, khususnya dalam institusi pendidikan. Masih ada anggapan pendekatan multidisipliner adalah pendekatan yang tidak jelas. Anggapan tersebut lahir karena pengkotak-kotakan yang kaku. Buku ini berusaha mengulas bagaimana pendidikan membutuhkan psikologi dalam proses transfer ilmu pengetauhan dan nilai-nilai etika-moral. Dengan berusaha mengkompilasi teori-teori yang otoritatif, buku tersebut tersaji secara detail, sistematis dan mudah dipahami. Penting bagi pegiat pendidikan untuk membaca buku tersebut. Dalam konteks yang lain, buku Psikologi Pendidikan ini penting untuk dibaca bagi pegiat pendidikan atau pembuat kebijakan di Indonesia dikarenakan kondisi negara kita yang belum benar-benar baik. Buku yang anda pegang menjadi penting untuk dibaca. Buku yang mengkompilasi teori-teori tentang prilaku individu. Memahami prilaku individu menjadi penting untuk digunakan sebagai modal mendesign lingkungan belajar yang kita cita-citakan. Pendidikan tidak akan mampu membentuk manusia “paripurna” tanpa memahami ilmu tentang prilaku manusia (psikologi).
Integrasi antar disiplin ilmu inilah yang berusaha ditulis oleh saudara Asrori dalam bukunya. Asrori menyebutnya sebagai pendekatan multidispliner. Pendekatan ini berusaha membuat sintesis dari perspektif-perspektif ilmu.