Pendidikan merupakan suatu tugas yang mencabar. Baik sebagai guru di sekolah mahupun ibubapa di rumah, tugas mendidik dilihat sebagai suatu tanggungjawab. Justeru adakalanya menyebabkan kita terlepas pandang dengan melihat tugas mendidik hanyalah berlaku di sekolah sahaja. Oleh itu aktiviti meningkatkan pengetahuan, kefahaman dan kemahiran mendidik dianggap hanya perlu dilakukan oleh guru di sekolah. Buku ini menjelaskan mengapa setiap individu sebenarnya merupakan pendidik. Samada sebagai guru di sekolah, ibubapa di rumah, mahupun ahli masyarakat, kita semua perlu sentiasa berusaha menambah pengetahuan, meningkatkan kefahaman dan kemahiran dalam mendidik. Tanpa usaha meningkatkan kefahaman dan kemahiran maka proses mendidik anak-anak didik kita lebih menjurus kepada ‘trial and error’ dan merugikan. Dalam buku ini perbincangan tentang teori, kaedah, strategi dan pendekatan psikologi dalam mendidik telah dilakukan dengan membandingkannya dengan pengalaman-pengalaman seharian. Penulis telah dengan sengaja membandingkan pengalaman-pengalaman seharian yang beliau lalui baik sebagai guru di sekolah atau pensyarah di pusat pengajian tinggi mahupun sebagai bapa di rumah supaya kefahaman dan penguasaan kemahiran mendidik dapat difahami dengan lebih mudah. Menjadi harapan penulis supaya buku ini dijadikan sebagai rujukan tambahan berkenaan dengan proses memahami dan meningkatkan kemahiran mendidik dalam kalangan kita semua. Amiin.
Sebab itubila bercerita tentang psikologi pendidikan kita akan memahaminya
sebagai suatu proses pengaplikasian ilmu psikologi dalam pendidikan yang
boleh menyumbang kepada pemahaman dan pengamalan dalam proses pendidikan.
Buku ini penulis susun berdasarkan kurikulum nasional PTKIS dan silabus STIT Prodi PAI, diharapkan dengan kehadiran buku ini dapat membantu para mahasiswa dalam usaha menguasai masalah psikologi pendidikan sesuai dengan tuntutan silabus dalam rangka mempersiapkan diri untuk menjadi guru (pendidik) yang profesional di masa mendatang.
2009, (2) diktat Ulumul Hadits tahun 2008, (3) diktat Sejarah Pendidikan Islam
tahun 2009, (4) diktat materi PAI tahun 2010, (5) diktat Filsafat Pendidikan tahun
2009, (6) Modul Manajemen Pendidikan Islam 2010. Penelitian yang dilakukan ...
Materi yang dibahas dalam buku ini mencakup: (1) Gambaran Umum Psikologi Pendidikan (2) Pendidikan berdasarkan Perkembangan Kognitif (3) Pendidikan berdasarkan Perkembangan Sosial (4) Pendidikan berdasarkan Perkembangan Moral (5) Variasi Individu (6) Variasi Kelompok (7) Pendidikan Siswa Berkebutuhan Khusus (8) Manajemen Kelas (9) Asesmen Kelas.
Materi yang dibahas dalam buku ini mencakup: (1) Gambaran Umum Psikologi Pendidikan (2) Pendidikan berdasarkan Perkembangan Kognitif (3) Pendidikan berdasarkan Perkembangan Sosial (4) Pendidikan berdasarkan Perkembangan Moral (5) Variasi ...
Psikologi pendidikan dan pembelajaran menawarkan sejumlah gagasan segar untuk memberikan daya rangsang bahwa, psikologi pendidikan Islam merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari; di manapun dan kapanpun berada. Karena dengan mempelajari dan mendalami dengan seksama, kita akan terbawa arus, menjadikan hidup kita akan teratur dipengaruhi oleh mindset apa yang sedang kita baca, kita pikirkan dan kita rasakan, sehingga menjadi habbit, yakni tindakan yang kita lakukan secara berulang-ulang, baik itu sadar ataupun tidak sadar, akan menjadi kebiasaan dalam hidup.
Psikologi pendidikan dan pembelajaran menawarkan sejumlah gagasan segar untuk memberikan daya rangsang bahwa, psikologi pendidikan Islam merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari; di manapun dan kapanpun berada.
Untuk memenuhi kebutuhan akan psikologi terapan dengan pendekatan baru itulah, buku Psikologi Pendidikan ini disusun dengan harapan dapat memberikan kontribusi yang berarti dan memantapkan kualitas kompetensi calon guru dan guru serta dosen profesional yang bertugas pada jenjang masing-masing.
Untuk memenuhi kebutuhan akan psikologi terapan dengan pendekatan baru itulah, buku Psikologi Pendidikan ini disusun dengan harapan dapat memberikan kontribusi yang berarti dan memantapkan kualitas kompetensi calon guru dan guru serta dosen ...
Definisi psikologi pendidikan dari sarjana - sajana yang lain , misalnya : H . C .
Whiterington : Psikologi pendidikan adalah studi yang sistematis mengenai
proses dan faktor - faktor kejiwaan yang bersangkut paut dengan pendidikan .
E. PERANAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN Psikologi pendidikan mempelajari
pelajar atau siswa , belajar , dan mengajar . Prinsip - prinsip ini memusatkan
perhatian , di mana informasi , keterampilan , nilai , dan sikap diteruskan dari
guru ke ...