Karakteristik dan perkembangan psikologi yang khas, membuat proses belajar dan mengajar bagi anak usia dini menjadi khusus. Kekhususan tersebut tak hanya terletak dalam ragam aktivitas yang digunakan (sebagai media menyampaikan pelajaran) seperti bermain, bernyanyi, menggunting, dan menyusun balok, tetapi juga dalam metode asesmen dan penelitian. Dalam kaitan khusus tersebutlah buku ini, berbicara lugas tentang metodologi penelitian bagi anak usia dini dalam tiga bagian. bagian awal buku ini menyajikan pengantar penelitian pendidikan secara umum, di bagian kedua: pengantar penelitian kelas dan langkah demi langkah penyusunan proposal penelitian. Dan bagian ketiga, sebagai penutup: aplikasi penelitian tindakan kelas dan bagaimana menyusun laporan hasil penelitian.Ê *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)
Buku ini mengkaji konsep dasar statistika disertai beberapa aplikasinya, ditambah pula kajian mengenai praktik pengolahan data kuantitatif yang berhasil dijaring melalui penelitian. Dalam buku ini, metode penyajiannya dibuat sedemikian rupa sehingga para pembaca dapat menggunakannya dengan cukup mudah. Sesuai dengan nama dan isi kajiannya yang bersifat dasar, buku ini tidak membeberkan penurunan sifat-sifat, rumusrumus, dan aturan-aturan yang memerlukan matematika lanjut. Hal ini dengan maksud agar isi buku ini dapat diikuti oleh setiap pembaca dengan berbagai latar belakang.
Buku ini mengkaji konsep dasar statistika disertai beberapa aplikasinya, ditambah pula kajian mengenai praktik pengolahan data kuantitatif yang berhasil dijaring melalui penelitian.
Salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa agar dirinya berhasil dengan baik dalam menulis skripsi, tesis dan disertasi adalah dikuasainya materi metodologi penelitian. Agar bisa mengusai materi tersebut maka mahasiswa harus mempelajari berbagai sumber belajar. Untuk itulah penulis mencoba menyusun sebuah Metodologi Penelitian ini agar bisa bermanfaat sebagai sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Buku ajar ini diperuntukan bagi dosen, mahasiswa dan siapa saja yang berminat melakukan peneltiian sebagai bahan perkuliahan dengan penyajian yang lebih praktis, dimulai dengan uraian atau penjelasan yang singkat padat tetapi bisa dipahami pembaca. Buku ini bisa dipelajari dalam waktu yang relatif singkat, karena bahan disajika sedemikian rupa. Dengan buku ini pembaca bisa membedakan mana penelitian kuantitatif dan mana penelitian kualitatif, penelitian konvensional dan penelitian tindakan. Mudah-mudahan buku ini bermanfaat bagi siapa saja yang berminat untuk menadakan riset dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Apa yang disajikan dalam buku ini hanyalah merupakan garis besar materi kuliah. Untuk memperluas dan memperdalam wawasan dalam bidang ini diharapkan hahasiswa membaca berbagai refensi yang relevan, terutama yang buku-buku dijadikan acuan dalam penulisan diktat ini. Penulis menyadari bahwa banyak kelemahan yang terdapat pada buku ini, ”Tiada gading yang tak retak”, buku ini masih perlu terus disempurnakan, baik yang menyangkut isi, pengungkapan, maupun sistematika penulisan. Untuk itu saran serta kritik yang konstruktif senantiasa penulis harapkan.
Salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa agar dirinya berhasil dengan baik dalam menulis skripsi, tesis dan disertasi adalah dikuasainya materi metodologi penelitian.
Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi adalah buku ajar yang sederhana yang disusun oleh Tim Dosen STT Jaffray untuk melengkapi buku-buku metode penelitian yang sudah ada sebelumnya. Buku ajar ini memiliki kelebihan yang lain karena buku ini disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa dalam penelitian teologi khususnya pendidikan teologi yang meliputi teologi, pendidikan Kristen serta secara holistik dalam gereja dan interaksi sosial. Pemahaman teknik pengumpulan data dan statistika penelitian yang benar dapat membantu mahasiswa untuk menghasilkan metodologi penelitian yang benar pula sehingga hasil penelitiannya dapat dipertanggungjawabkan. Buku ajar ini adalah buku dasar dalam metodologi penelitian yang sangat membantu mahasiswa untuk memahami definisi dan penerapan metodologi penelitian dalam penulisan karya ilmiah, skripsi, tesis dan disertasi. Secara khusus buku ini memberikan contoh struktur penyusunan kajian biblika, struktur skripsi, tesis, disertasi dan struktur penulisan jurnal serta penulisan catatan kaki dan kepustakaan.
Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi adalah buku ajar yang sederhana yang disusun oleh Tim Dosen STT Jaffray untuk melengkapi buku-buku metode penelitian yang sudah ada sebelumnya.