Sebanyak 30 item atau buku ditemukan

Pengembangan Pembelajaran Matematika MI/SD: RPP dan Media

Buku ini secara garis besar adalah contoh RPP Kurikulum 2013 mata pelajaran Matematika MI dengan bermacam-macam tema pembahasan dan kelas yang dilengkapi dengan berbagai metode, model, dan media pembelajaran, sehingga buku ini diharapkan dapat memberikan gambaran dan panduan bagi guru yang hendak mengajar Matematika di kelas. Penulis yakin bahwa buku ini jauh dari kata sempurna. Meskipun demikian penulis berharap buku ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan penulis memohon kritik dan saran jika terdapat kekurangan. Terima kasih

Buku ini secara garis besar adalah contoh RPP Kurikulum 2013 mata pelajaran Matematika MI dengan bermacam-macam tema pembahasan dan kelas yang dilengkapi dengan berbagai metode, model, dan media pembelajaran, sehingga buku ini diharapkan ...

Strategi Pembelajaran Matematika

Buku ajar ini disusun dengan memberikan contoh design pembelajaran matematika dengan menerapkan model-model pembelajaran tertentu, yang dapat memberikan gambaran jelas terkait penerapan metode ataupun mode kooperatif learning dalam pembelajaran matematika. Materi pada buku ajar ini meliputi hakekat matematika, teori-teori pembelajaran, penalaran dalam pembelajaran matematika, diagnosis kesulitan belajar matematika, strategi, metode, model pembelajaran matematika, serta contoh design pembelajaran matematika. Materi pada buku ini disusun dengan penjelasan yang cukup mendalam sehingga mudah untuk memahaminya.

Materi pada buku ajar ini meliputi hakekat matematika, teori-teori pembelajaran, penalaran dalam pembelajaran matematika, diagnosis kesulitan belajar matematika, strategi, metode, model pembelajaran matematika, serta contoh design ...

Model-Model Pembelajaran Matematika

Model pembelajaran adalah bentuk pembelajaran yang disajikan oleh guru, agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan. Model ini nantinya digunakan guru untuk mengorganisasikan kelas, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Model pembelajaran tentunya tidak sekadar alat penyampai materi, tapi juga dapat memberikan dorongan dan minat belajar bagi siswa. Tak terkecuali pada mata pelajaran matematika. Mata pelajaran matematika umumnya hanya mengandalkan metode konvensional berupa penjelasan yang dijabarkan oleh guru, dan siswa hanya mencatat atau menghafal rumus/konsep. Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan berbagai model pembelajaran yang efektif, agar pembelajaran matematika dapat berjalan dengan menarik dan juga mudah dipahami oleh siswa. Buku ini menjabarkan berbagai model pembelajaran matematika, yang dapat membantu guru untuk memilih model pembelajaran yang tepat dan efektif.

Buku ini menjabarkan berbagai model pembelajaran matematika, yang dapat membantu guru untuk memilih model pembelajaran yang tepat dan efektif.

Model Pembelajaran Inovatif Untuk Pembelajaran Matematika Di Kelas IV Sekolah Dasar

Pembelajaran matematika ialah suatu tinjauan (pelajaran) penting yang harus diberikan pada peserta didik dari sekolah dasar dalam memperlengkapi peserta didik dengan kemahiran berhitung juga 2 mengolah data. Kemampuan itu sangat dibutuhkan supaya peserta didik mempunyai kecakapan dalam menemukan, mengolah, juga memperoleh data dalam mempertahankan kelangsungan hidup yang selalu mengalami perubahan. Oleh sebab itu pembelajaran matematika sering atau selalu dipakai dalam menyelesaikan sebuah permasalahan dengan gagasan atau ide yang dimiliki oleh peserta didik. Model pembelajaran merupakan perencanaan yang meliputi pola-pola yang akan diterapkan dan dijadikan sebagai acuan dalam proses pembelajaran. Model Pembelajaran Inovatif Untuk Pembelajaran Matematika Di Kelas IV Sekolah Dasar ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Model Pembelajaran Inovatif Untuk Pembelajaran Matematika Di Kelas IV Sekolah Dasar ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Model Pembelajaran Matematika Situation-Based Learning di Sekolah Dasar

Isi buku ini menjelaskan serta memaparkan bagaimana proses/gambaran pembelajaran matematika di sekolah dasar dengan menggunakan model pembelajaran SBL. Buku ini dilengkapi dengan contoh RPP dan LKS (bahan ajar) pada kelas 4 dan kelas 5, untuk materi geometri yang di desain berdasarkan karakteristik SBL. Selain itu, dalam buku ini juga dilampirkan lembar observasi untuk kegiatan guru dan siswa terkait pelaksanaan proses pembalajaran SBL. Hal ini bertujuan, supaya guru dan siswa memiliki rambu-rambu kegiatan apa saja yang harus dilakukan ketika diterapkannya pembelajaran SBL.

Isi buku ini menjelaskan serta memaparkan bagaimana proses/gambaran pembelajaran matematika di sekolah dasar dengan menggunakan model pembelajaran SBL.

Perencanaan Pembelajaran Matematika

Buku ajar ini dimaksudkan sebagai referensi kepada mahasiswa pada mata kuliah perencanaan pembelajaran matematika. Isi buku ajar ini dipilah dan disesuaikan dengan yang diajarkan pada setiap pertemuan perkuliahan. Buku ini juga diharapkan dapat menjadi bahan bacaan/rujukan bagi para pembaca yang berminat mempelajari pembelajaran Matematika, terutama yang berprofesi sebagai guru atau calon guru. Pembahasan materi dalam buku ini disusun dalam bentuk yang sangat sederhana dan disertai contoh-contoh yang spesifik untuk pembelajaran Matematika. Hal ini dilakukan agar dapat mudah dipelajari dan dipahami serta praktis digunakan dalam pembelajaran Matematika. Pada pelaksanaan pembelajaran siswa perlu berinteraksi dengan berbagai hal yang dapat menjadi sumber belajar. Sumber belajar sangat penting bagi siswa untuk memberi pengalaman sebagai proses pembentukan pemahaman terhadap materi yang dipelajari. Adanya pengalaman atau pengetahuan awal siswa merupakan dasar dalam mempelajari bahan yang akan diajarkan. Kemudian materi pelajaran yang bersifat praktis dan berhubungan dengan kehidupan nyata akan menarik minat dan sekaligus dapat memotivasi belajar. Dan selanjutnya, strategi yang dipilih guru dalam melaksanakan suatu pembelajaran sangat ditentukan oleh pemahaman guru terhadap teori belajar yang mendasarinya.

karena itu, diperlukan suatu perencanaan yang diwujudkan dalam suatu desain
pembelajaran. Asumsi berikutnya yaitu, karena pembelajaran dipandang
sebagai suatu sistem maka perencanaan yang dilakukan juga perlu
menggunakan ...

Program Perencanaan Pembelajaran Matematika

Buku ajar Program Perencanaan Pembelajaran Matematika ini disusun dengan memperhatikan aspek tujuan instruksional umum dan tujuan instruksional khusus yang tertuang dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS) perkuliahan Program Perencanaan Pembelajaran Matematika. Penyajian materi di dalam buku ajar ini membantu mahasiswa untuk berpikir deklaratif dan menggali informasi dan pengetahuan yang dimilikinya sebelumnya. Materi dalam buku ajar ini, terdiri atas 8 bab mengenai cara merancang pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang diberlakukan pemerintah. Setiap bab dalam buku ini dalam buku ini dilengkapi dengan pendahuluan yang berisikan penggunaan dari bab tersebut dan setelah bagian pendahuluan dilanjutkan dengan manfaat dari materi pelajaran yang berisikan kegunaan dari buku ajar tersebut, setelah itu berisikan isi dari materi tersebut. Program Perencanaan Pembelajaran Matematika ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Buku ajar Program Perencanaan Pembelajaran Matematika ini disusun dengan memperhatikan aspek tujuan instruksional umum dan tujuan instruksional khusus yang tertuang dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS) perkuliahan Program Perencanaan ...

Media Pembelajaran Matematika

Matematika merupakan ilmu universal yang mempunyai peranan penting dalam berbagai disiplin ilmu dan mengembangkan daya pikir manusia, serta mendasari perkembangan teknologi modern. Olehnya itu, mata pelajaran matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik dari jenjang sekolah dasar hingga sekolah lanjutan untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berfikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif serta dapat menyelesaikan masalah yang dihadapinya dalam kehidupan sehari-hari.

Buku Media Pembelajaran Matematika ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Buku ini berupa penjelasan antara Evaluasi, Penilaian, Pengukuran dalam pembelajaran. Dalam Sistem pendidikan antara Evaluasi, Penilaian, Pengukuran secara sepintas tidak bisa dibedakan mempunyai arti yang sama. Padahal dalam dari Evaluasi, Penilaian, Pengukuran tapi maknanya berbeda. Penulis disini akan membahas satu persatu mengenai Evaluasi, Penilaian, Pengukuran dalam dunia pendidikan. Semoga dengan adanya buku ini bisa bermanpaat terutama dalam bidang pendidikan.

Buku ini berupa penjelasan antara Evaluasi, Penilaian, Pengukuran dalam pembelajaran.