Belajar dan memahami bahasa Arab , khususnya bagi generasi Muslim , sangatlah penting , terutama untuk mendalami Al - Quran dan Al - Sunnah serta khazanah ilmu - ilmu agama Islam . Lebih - lebih saat ini , ketika arus ghazwul fikri ...
رواه الترمذي ) أَلفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيْمٌ حَرْفٌ ) ( رواه " Barangsiapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah ( Al- Qur`an ) , maka baginya satu kebaikan dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kebaikan .
Dalam hadis lain Rasulullah mengatakan, "Sesungguhnya seseorang yang berpagi-pagi mempelajari ayat-ayat lebih baik yang seperti itu daripada mengerjakan sembahyang sunat seratus rakaat". Oleh karena itu setiap mukmin mempunyai kewajiban dan tanggung jawab terhadap kitab sucinya. Di antaranya adalah mempelajari dan mengamalkannya. Buku ini menjelaskan cara cepat dan sederhana belajar membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar sebagai dasar pemahaman Al-Qur'an secara menyeluruh sesuai dengan tingkatan belajar Al-Qur'an yang pertama. Buku ini berisi dasar-dasar membaca Al-Qur'an seperti pengenalan huruf, tanda baris, cara mengeja, dan cara membaca yang dilengkapi dengan tajwid yang membahas cara pengucapan, menghilangkan bunyi huruf, danlain sebagainya. Dari hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, Rasulullah mengatakan, "Siapa-siapa yang mempelajari kitab Allah, kemudian mengamalkan isi yang terkandung di dalamnya, Allah akan menunjukinya dari kesesatan dan akan dipeliharanya pada hari kiamat dari siksa yang berat". -MediaPressindo-
Dalam hadis lain Rasulullah mengatakan, "Sesungguhnya seseorang yang berpagi-pagi mempelajari ayat-ayat lebih baik yang seperti itu daripada mengerjakan sembahyang sunat seratus rakaat".
Contohnya: ر ت ب ل م ن د و ك ي ا ك ح م ج س 7 B. Kefasihan membaca al-Qur'an 1. Pengertian Kefasihan Membaca al-Qur'an Menurut bahasa, kefasihan berasal dari kata fasih yang diberi imbuhan ke dan an, dengan demikian kata fasih berasal ...
Buku belajar membaca Al-Qur’an bagi anak berkebutuhan khusus menggunakan metode ummi, terdiri atas 5 bab. Bab pertama membahas tentang pendahuluan, bab kedua membahas tentang definisi dan ruang lingkup anak berkebutuhan khusus, bab ketiga membahas tentang Belajar Membaca Al-Qur’an, bab keempat membahas tentang Metode Belajar Membaca Al-Qur’an, bab kelima membahas tentang Metode Ummi Belajar Membaca Al- Qur’an dan bab keenam membahas tentang Analisis Hasil Belajar Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Metode Ummi.Metode Ummi merupakan sistem pembelajaran Al Qur’an yang telah tersusun dengan sangat rinci mengenai beberapa hal yang terkait dengan tahap-tahap yang harus dijalankan sebelum dilakukan pembelajaran. Dalam pembelajaran Al Qur’an metode ummi juga menggunakan alat peraga pada setiap jilidnya sehingga dapat memudahkan anak untuk memahami dan fokus pada pembelajaran Al Qur’an
Mengajarkan Al Qur'an kepada anak-anak memerlukan suatu metode atau cara tersendiri, agar dapat mencapai tujuan pembelajaran. Apalagi jika anak tersebut merupakan anak berkebutuhan khusus, dimana dalam pengajarannya memerlukan ...
Naskah ini merupakan bentuk laporan penelitian yang dituangkan dalam buku berjudul "Senangnya Belajar Membaca Lancar Dengan Model Pembelajaran Make a Match Berbantu Media Kartu Huruf Pada Siswa Kelas 1 SD". Di dalam buku ini, penulis menyajikan rangkuman kegiatan perbaikan hasil belajar membaca dengan memperhatikan lafal, intonasi, dan tanda jeda menggunakan model make a match. Buku ini juga memberikan gambaran yang rinci mengenai langkah - langkah pembelajaran yang inovatif dalam mengaktifkan siswa dalam belajar. Melallui buku ini, diharapkan pembaca dapat mengadopsi pembelajaran make a match berbantu media kartu huruf yang telah terbukti efektif pada penelitian tindakan kelas yang dilakukan peneliti.
Naskah ini merupakan bentuk laporan penelitian yang dituangkan dalam buku berjudul "Senangnya Belajar Membaca Lancar Dengan Model Pembelajaran Make a Match Berbantu Media Kartu Huruf Pada Siswa Kelas 1 SD". Di dalam buku ini, penulis ...
Gerakan literasi sekolah merupakan gerakan untuk menumbuhkan budi pekerti yang baik bagi masyarakat Indonesia, salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah membaca. Kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 dan dilaksanakan pada satuan pendidikan salah satunya adalah pendidikan Sekolah Dasar. Bentuk kegiatan yang dilakukan yaitu membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai dengan bahan bacaan buku non pelajaran untuk menumbuhkan minat baca siswa dan meningkatkan keterampilan membaca agar memperoleh pengetahuan yang luas terhadap segala hal. Buku dengan judul “Budaya Literasi Membaca dan Keterampilan Menulis Paragraf Siswa Sekolah Dasar” ini dibuat berdasarkan pengamatan dan pengalaman penulis sebagai pendidik pada sebuah instansi Sekolah Dasar serta sebagai upaya untuk melakukan penelitian dalam dunia pendidikan di era globalisasi, serta dipadukan dengan gerakan literasi sekolah yang sedang berlangsung untuk meningkatkan pengalaman dan pemahaman siswa secara aktual. Pembiasaan akan menjadi akar bagi siswa untuk berpikir secara logis dan kritis dalam melakukan berbagai kegiatan di sekolah.
Gerakan literasi sekolah merupakan gerakan untuk menumbuhkan budi pekerti yang baik bagi masyarakat Indonesia, salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah membaca.
Buku ini praktis dan menarik untuk berlatih membaca kalimat. Kalimat yang disajikan dirancang bertahap dari satu kata, dua kata, tiga kata, empat kata, lima kata atau lebih, hingga anak-anak akan terbiasa membaca kalimat dalam sebuah cerita.
Membaca merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh anak. Banyak cara yang dapat dilakukan agar anak bisa cepat membaca. Buku membaca ini di rancang khusus sebagai sarana pembelajaran yang efektif untuk segera pintar membaca yang dikemas secara praktis dan tepat sasaran. Buku ini juga menyajikan pembelajaran membaca secara bertahap dan disertai dengan gambar-gambar menarik. Di setiap detail halamannya selalu diberi nuansa gambar yang berbeda. Tujuannya agar kegiatan belajar membaca bisa dilakukan dengan cepat, mudah, dan menyenangkan. Sehingga anak akan tertarik dan termotivasi untuk terus belajar membaca.