Sebanyak 115 item atau buku ditemukan

Optimalisasi Media Pembelajaran

Dalam kerangka esensi pembelajaran mengacu pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, perhatian utama guru, dosen adalah bagaimana perkembangan kompetensi siswa atau mahasiswa meliputi aspek penguasaan konsep, keterampilan, penerapan, dinamika sikap, motivasi belajar. Media Belajar menciptakan suasana gembira, keasyikan belajar, merangsang keterampilan berpikir, imaginasi, mengasah rasa ingin tahu, suka kinerja ilmiah, dan pada giliranya tumbuh motivasi belajar tiada habis, jiwa mandiri dan integritas pribadi siswa, berbudi pekerti (Montessori). Optimalisasi Media Belajar akan mendorong guru, dosen pada praktik gaya baru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), agar RPP tidak berhenti pada bentuk arsip administrasi sekolah, namun sampai pada bagaimana merancang secara cerdas dan jeli, mencari, menemukan, menghadirkan, menyeleksi, memilih, menentukan dan memikirkan cara dan langkah efektif suatu rangkaian media belajar. Optimalisasi Media Belajar adalah suatu elemen utama proses belajar siswa aktif. Optimalisasi Media Belajar semoga menjadi suatu langkah strategis meningkatkan standar pendidikan nasional, khususnya standar proses, sarana dan prasarana.

Optimalisasi Media Belajar akan mendorong guru, dosen pada praktik gaya baru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), agar RPP tidak berhenti pada bentuk arsip administrasi sekolah, namun sampai pada bagaimana merancang secara ...

Media Pembelajaran PKn di SD

Buku Media Pembelajaran PKn di SD merupakan buku yang berisi tentang konsep dasar Media Pembelajaran PKn dan contoh-contoh media pembelajaran PKn yang keretif dan inovatif yang dapat diterapkan pada peserta didik khususnya di Sekolah Dasar. Buku ini dibuat harapannya dapat membantu pendidik dalam mencari refrensi tentang media pembelajaran PKn di SD, karena di dalam buku ini tidak mengkaji tentang konsep media pembelajaran saja tetapi dilengkapi dengan deskripsi media pembelajaran, materi pembelajaran, bahan dan alat, langkah-langkah pembuatan media pembelajaran dan dilengakpi dengan cara penggunaan media tersebut dalam pembelajaran. Dengan adanya pemaparan yang lengkap diharapkan dapat membantu pembaca yang ingin mencoba membuat dan menerapkan media pembelajaran PKn di SD.

Buku Media Pembelajaran PKn di SD merupakan buku yang berisi tentang konsep dasar Media Pembelajaran PKn dan contoh-contoh media pembelajaran PKn yang keretif dan inovatif yang dapat diterapkan pada peserta didik khususnya di Sekolah Dasar.

Media Pembelajaranan Berbasis ICT

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT terhadap Hasil Belajar Mahasiswa

Media Pembelajaran Matematika

Matematika merupakan ilmu universal yang mempunyai peranan penting dalam berbagai disiplin ilmu dan mengembangkan daya pikir manusia, serta mendasari perkembangan teknologi modern. Olehnya itu, mata pelajaran matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik dari jenjang sekolah dasar hingga sekolah lanjutan untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berfikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif serta dapat menyelesaikan masalah yang dihadapinya dalam kehidupan sehari-hari.

Buku Media Pembelajaran Matematika ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Best Practice: IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK TEKS WAWANCARA BAHASA JAWA PADA SISWA KELAS VIII

Dari Konsep, Contoh, dan Lembar Kerja Pedoman Best Practice

Best Practice ini disusun berdasarkan pengalaman terbaik penulis ketika proses pembelajaran teks wawancara. Dalam karya tulis ini, diuraikan tentang cara pemecahan masalah yang menjelaskan langkah-langkah atau cara-cara dalam memecahkan masalah, termasuk hambatan hambatan yang harus diatasi secara rinci dalam pembelajaran bahasa Jawa. Perlu diketahui juga bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dan digunakan dalam best practice ini telah memenangkan penghargaan dalam Lomba Inovasi Pembelajaran Tingkat Nasional sebagai Juara 2

Best Practice ini disusun berdasarkan pengalaman terbaik penulis ketika proses pembelajaran teks wawancara.

Media Pembelajaran

Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik

Pembelajaran pada dasarnya merupakan suatu proses komunikasi yang melibatkan guru sebagai sumber informasi, dan siswa sebagai penerima pesan. Media pembelajaran adalah alat komunikasi pada saat kegiatan belajar mengajar yang digunakan oleh guru dan siswa. Artinya, media komunikasi pembelajaran diperuntukkan penerima pesan agar dapat menangkap secara benar dan utuh segala informasi yang disampaikan saat proses pembelajaran. Buku ini berupaya untuk mengupas segala yang berhubungan dengan pengembangan komunikasi media pembelajaran sesuai dengan semakin cepatnya perkembangan teknologi. Hal-hal yang dibahas di dalam buku ini meliputi hakekat alat peraga, jenis-jenis media pembelajaran, klasifikasi dan karakteristik media pembelajaran, sampai e-learning. Mudah-mudahan buku ini bermanfaat untuk semua pihak yang merasa peduli dunia pendidikan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran.

Media pembelajaran adalah alat komunikasi pada saat kegiatan belajar mengajar yang digunakan oleh guru dan siswa.

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Khusus di TK dan SD kelas rendah pembelajaran tematik maka software yang mendukung tema yang sedang dipelajari. 4. Kerjasama dengan orangtua menjadi penting. Komputer bisa menjadi pusat kegiatan belajar bagi anak di dalam keluarga.