Sebanyak 236 item atau buku ditemukan

Teori dan Model Manajemen Pendidikan: Sebuah Kajian Fundamental

Teori dan Model Manajemen Pendidikan: Sebuah Kajian Fundamental merupakan buku utama bagi mahasiswa, dosen dan stakeholder pendidikan lainnya yang menyediakan pengetahuan dan wawasan secara komprehensif tentang manajemen pendidikan. Buku ini berbeda dengan buku manajemen pendidikan pada umumnya karena membahas eksistensi manajemen pendidikan sebagai sebuah bidang ilmu dan praktik yang dibangun berdasarkan kajian situasi organisasi dalam konteks pendidikan yang melibatkan ilmu manajemen. Pembahasan di dalam buku ini diawali tentang kebutuhan, permasalahan, dan solusi dalam pendidikan; pentingnya manajemen dalam organisasi pendidikan; tantangan dan pengembangan manajemen pendidikan; konteks pendidikan Indonesia; organisasi sebagai sebuah sistem; konsep dasar desain organisasi; jenis-jenis desain organisasi; dan organisasi pendidikan. Pembahasan selanjutnya adalah tentang sejarah dan perkembangan ilmu manajemen, pengertian, karakteristik, fungsi, tujuan, dan prinsip-prinpsip manajemen; konsep dasar dan prosedur manajemen proses dalam pendidikan; sejarah dan perkembangan manajemen pendidikan, terminologi, pengertian, urgensi teori, prinsip operasional, fungsi dan tujuan manajemen pendidikan; sektor kajian manajemen pendidikan, dan model-model manajemen pendidikan.

... pendekatan kuantitatif salah satu tokoh manajemen yang paling terkenal dalam adalah Peter F. Drucker (1909- 2005) ... approach), pendekatan sistem (systems approach), pendekatan kontigensi (contingencyapproach), pendekatan manajemen ...

Manajemen Pendidikan

Konsep manajemen pendidikan, manajemen kurikulum, iklim budaya sekolah, manajemen pengembangan lembaga sekolah dan manajemen mutu terpadu. Manajemen pendidikan merupakan upaya perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan, dan penilaian usaha-usaha dalam ruang lingkup pendidikan dengan bekerja sama antar pihak pendidikan agar bisa mencapai tujuan pendidikan.

Konsep manajemen pendidikan, manajemen kurikulum, iklim budaya sekolah, manajemen pengembangan lembaga sekolah dan manajemen mutu terpadu.

Manajemen Pendidikan: Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan Islam

Manajemen pemasaran Pendidikan adalah manajemen dengan sistem yang berlandaskan pada hakikat saling berhubungan antara semua bidang fungsional dalam sebuah lembaga Pendidikan sebagai dasar pengambilan keputusan di bidang pemasaran yang berorientasi pada konsumen. Dewasa ini, diskursus tentang pemasaran lembaga pendidikan Islam khususnya lembaga madrasah nampak belum terlalu banyak menjadi bahan kajian serius atau mungkin relatif diabaikan oleh para sarjana maupun pengelola lembaga-lembaga pendidikan Islam. Pasalnya, masih banyak pihak yang beranggapan bahwa istilah bisnis seperti pemasaran relatif tidak tepat jika dibawa dalam lingkup madrasah, bahkan cenderung terkesan adanya unsur yang hendak mengkomersialkan institusi madrasah yang tentu saja bertentangan dengan pernyataan kebanyakan para pengelola madrasah (dan anggapan masyarakat pada umumnya) bahwa madrasah adalah suatu usaha amal sosial. Padahal, sesungguhnya tidaklah sama dan sebangun antara pemasaran dengan komersial, Pemahaman bahwa pemasaran dalam pendidikan tidaklah mutlak harus berhubungan dengan kegiatan bisnis dan menjadikan pendidikan sebagai sesuatu komoditas Tentang Penulis Ngalimun, M.Pd., M.I.Kom dilahirkan di Terusan Karya Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah. Pendidikan tinggi beliau diawali pada Program D.11 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI Darussalam Martapura. Setelah lulus beliau melanjutkan pendidikannya ke jenjang S.1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Achmad Yani Banjarmasin. Kemudian S.2 Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. dan S.2 Ilmu Komunikasi Universitas Islam Kalimantan. Beliau sedang melanjutkan program doktoral S3 Manajemen Pendidikan Islam di UIN Raden Mas Said Surakarta. Saat ini bekerja sebagai Dosen FKIP Universitas Muhammadiyah Banjarmasin dan juga menjadi Dosen di beberapa perguruan tinggi antara lain: Universitas Achmad Yani Banjarmasin, Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Institut Agama Islam Palangka Raya, Politeknik Kesehatan Banjarmasin, Sekolah Tinggi Kesehatan Husada Borneo Banjarbaru dan Akademi Pariwisata Nasional Banjarmasin.

Padahal, sesungguhnya tidaklah sama dan sebangun antara pemasaran dengan komersial, Pemahaman bahwa pemasaran dalam pendidikan tidaklah mutlak harus berhubungan dengan kegiatan bisnis dan menjadikan pendidikan sebagai sesuatu komoditas ...

BUNGA RAMPAI ANALISIS MANAJEMEN PENDIDIKAN : KAJIAN TEORITIS DAN PRAKSIS

Bunga Rampai ini merupakan simbol semangat intelektual yang mengakaji ilmu tentang Analisis Manajemen Pendidikan baik dari sisi teoritis, eksploratif, maupun aplikatif. Dimana Manajemen Pendidikan suatu proses perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, dan pengawasan harus disusun secara cermat dan simultan untuk dapat mengelola segala sumber daya yang berupa manusia, uang, material, metode, mesin, market, waktu, dan informasi, untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien dalam bidang pendidikan. Kontributor buku ini adalah para pendidik, peneliti dan pemerhati dunia pendidikan di Indonesia. Mereka memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda. Penulisan buku ini juga dilandasi atas pentingnya update penelitian terbaru tentang kajian ilmu manajemen pendidikan. Buku ini terdiri dari 18 artikel yang dimasukan ke dalam 18 bab dalam buku ini. Upaya penyusunan buku ini dilakukan untuk mendokumentasikan karya-karya yang dihasilkan para penulis sehingga dapat bermanfaat bagi pembaca secara lebih luas untuk membangun pendidikan Indonesia yang Cerdas, Unggul, Berkarakter, Bermartabat dan Berintegritas.

Bunga Rampai ini merupakan simbol semangat intelektual yang mengakaji ilmu tentang Analisis Manajemen Pendidikan baik dari sisi teoritis, eksploratif, maupun aplikatif.

MANAJEMEN PENDIDIKAN

Buku Manajemen Pendidikan ini disusun sebagai pegangan bagi dosen/mahasiswa dan juga pengelola pendidikan di lembaga pendidikan tenaga kependidikan. Penguasaan terhadap materi buku ini diharapkan memberi mereka kemampuan dasar untuk melaksanakan pengelolaan pendidikan dengan baik.

Buku Manajemen Pendidikan ini disusun sebagai pegangan bagi dosen/mahasiswa dan juga pengelola pendidikan di lembaga pendidikan tenaga kependidikan.

BUKU AJAR MANAJEMEN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH

Buku Ajar Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah ini dapat terselesaikan dengan baik. Penulisan Buku Ajar ini dilatarbelakangi adanya upaya peningkatan mutu pembelajaran di Prodi Manajemen Pendidikan Kristen (MPK), Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen Institut Agama Kristen Negeri Tarutung. Selain itu, berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Prodi MPK tahun 2021, publikasi dosen untuk buku ajar jumlahnya masih perlu ditingkatkan. Fenomena yang demikian sebenarnya tidak hanya terjadi di Prodi MPK, melainkan di beberapa Prodi yang ada di IAKN Tarutung dan bahkan di Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen lainnya yang ada di Indonesia.

Buku ajar manajemen pendidikan dasar dan menengah membahas tentang bagaimana proses manajemen satuan pendidikan dasar dan menengah atau sekolah dapat dilakukan.