Kemampuan mempelajari berbagai hal baru di sekelilingnya sudah dimiliki manusia sejak lahir. Akan tetapi, sejalan dengan waktu, maka berbagai hal yang harus dan ingin diketahui oleh seseorang pun semakin meningkat. Maka, pada satu titik tertentu, kemampuan belajar tersebut harus didukung oleh proses belajar mengajar yang efektif sehingga apa yang didapat dan dipelajari dapat diserap dan diimplementasikan dalam kehidupan individu tersebut. Buku ini menyajikan berbagai pembahasan tentang desain pembelajaran dalam kerangka pembentukan proses belajar mengajar yang efektif dan bermakna bagi peserta didik. Apa yang dimaksud dengan desain pembelajaran dan teori psikologi yang menjadi landasannya menjadi perbincangan pembuka naskah ini. Selanjutnya, perbincangan bergeser kepada kebutuhan dan analisis pembelajaran yang dirangkai dengan cara menganalisis karateristik peserta didik dan perumusan tujuan pembelajaran khusus. Dan, sebagai penutup rangkaian perbincangan adalah pembahasan mengenai pengembangan instrumen penilaian, strategi, dan bahan pembelajaran, serta evaluasi terhadap pembelajaran. Buku persembahan penerbit Prenada Media Group.
Alasan penulis melakukan penelitian dan menuliskan buku ini dilatarbelakangi oleh masih adanya pendidik yang mengalami kendala dalam melakukan penilaian pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013. Penilaian Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 Memang dapat dikatakan cukup kompleks, penilaian ini meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik yang dalam pelaksanaannya pendidik harus memahami betul tahapan-tahapan dan teknik penilaian yang tepat untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan. Buku ini mencakup hal-hal yang mendasar hingga membahas bagaimana pendidik melakukan penilaian terhadap peserta didik baik dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik serta menyajikan teknik-teknik yang dapat digunakan lengkap dengan tahapan-tahapan yang harus dilakukan. Dengan Buku ini diharapkan pendidik dapat memberikan nilai secara procedural dan sesuai dengan ketentuan dalam Kurikulum 2013. Selain itu, penulis juga berharap buku ini dapat menjadi acuan bagi pendidik dalam melakukan penilaian secara objektif agar tidak ada ketimpangan dalam memberikan penilaian. Subjektivitas dalam penilaian akan membuat ketidakpercayaan siswa terhadap gurunya yang pada akhirnya dapat menurunkan motivasi belajar dan semangat siswa dalam menuntut ilmu. Dengan Mengerti tahapan penilaian secara utuh maka stigma “anak emas” yang biasa muncul dikalangan peserta didik pun akan hilang apabila pendidik mengerti bagaimana cara menilai peserta didik yang baik dan benar.
Alasan penulis melakukan penelitian dan menuliskan buku ini dilatarbelakangi oleh masih adanya pendidik yang mengalami kendala dalam melakukan penilaian pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013.
Membaca rangkuman materi dan berlatih soal merupakan cara cepat untuk mengasah kemampuan terhadap penguasaan materi. Rangkuman yang menyajikan poin-poin penting serta ditulis dengan bahasa sederhana dan mudah dipahami akan membantu siswa dalam kegiatan belajar. Buku ini menyajikan rangkuman materi Matematika kelas XII SMA selama satu tahun pelajaran, soal-soal latihan, dan jawaban. Soal mulai dari yang paling mudah, sulit, sampai memerlukan analisis ada di buku ini.
Membaca ringkasan dan berlatih soal merupakan cara cepat untuk mengasah kemampuan terhadap penguasaan materi. Ringkasan disajikan berupa poin-poin penting dan ditulis dengan bahasa sederhana serta mudah dipahami. Soal mulai dari yang paling mudah, agak sulit, sampai memerlukan analisis semua ada di buku Ringkasan Materi dan Latihan Soal IPA Kelas VIII berdasarkan Kurikulum 2013. Buku ini dilengkapi pula dengan kunci jawaban dan pembahasan soal-soal analisis.
Buku Ringkasan Materi dan Latihan Soal Bahasa Inggris Kelas XII SMA/ MA ini disusun berdasarkan Kurikulum 2013. Terdiri atas materi-materi semester gasal dan semester genap. Materi yang disusun dalam buku ini dirancang sedemikian rupa sehingga mengarah ke model pembelajaran kontekstual. Selain itu, setiap materi yang disajikan dilengkapi dengan latihan soal-soal beserta kunci jawabannya. Buku ini dapat mempermudah pembaca mempelajari bahasa Inggris sesuai jenjang kelas.
Membaca rangkuman materi dan berlatih soal merupakan cara cepat untuk mengasah kemampuan terhadap penguasaan materi. Rangkuman yang menyajikan poin-poin penting dan ditulis dengan bahasa sederhana dan mudah dipahami akan membantu siswa dalam kegiatan belajar. Buku ini menyajikan rangkuman materi Biologi kelas XII SMA/MA selama satu tahun pelajaran, soal-soal latihan, dan jawaban. Soal mulai dari yang paling mudah, sulit, sampai memerlukan analisis ada di buku ini.
Kompleksnya dalam proses pembuatan rapor, perlu di sikapi dengan mencari solusi untuk meringankan dan mempercepat kerja guru matapelajaran ataupun wali kelas. Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi menggunakan teknologi komputer. Pada kesempatan kali ini penulis menawarkan sebuah aplikasi berbasis microsoft Office Excel sebagai solusi membantu kerja gurumatapelajaran ataupun wali kelas dengan nama “SI NIDRA” yang merupakan singkatan dari Apikasi Nilai dan Rapor.
Kompleksnya dalam proses pembuatan rapor, perlu di sikapi dengan mencari solusi untuk meringankan dan mempercepat kerja guru matapelajaran ataupun wali kelas.