Sebanyak 1 item atau buku ditemukan

TAHAPAN PENILAIAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Alasan penulis melakukan penelitian dan menuliskan buku ini dilatarbelakangi oleh masih adanya pendidik yang mengalami kendala dalam melakukan penilaian pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013. Penilaian Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 Memang dapat dikatakan cukup kompleks, penilaian ini meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik yang dalam pelaksanaannya pendidik harus memahami betul tahapan-tahapan dan teknik penilaian yang tepat untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan. Buku ini mencakup hal-hal yang mendasar hingga membahas bagaimana pendidik melakukan penilaian terhadap peserta didik baik dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik serta menyajikan teknik-teknik yang dapat digunakan lengkap dengan tahapan-tahapan yang harus dilakukan. Dengan Buku ini diharapkan pendidik dapat memberikan nilai secara procedural dan sesuai dengan ketentuan dalam Kurikulum 2013. Selain itu, penulis juga berharap buku ini dapat menjadi acuan bagi pendidik dalam melakukan penilaian secara objektif agar tidak ada ketimpangan dalam memberikan penilaian. Subjektivitas dalam penilaian akan membuat ketidakpercayaan siswa terhadap gurunya yang pada akhirnya dapat menurunkan motivasi belajar dan semangat siswa dalam menuntut ilmu. Dengan Mengerti tahapan penilaian secara utuh maka stigma “anak emas” yang biasa muncul dikalangan peserta didik pun akan hilang apabila pendidik mengerti bagaimana cara menilai peserta didik yang baik dan benar.

Alasan penulis melakukan penelitian dan menuliskan buku ini dilatarbelakangi oleh masih adanya pendidik yang mengalami kendala dalam melakukan penilaian pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013.