Sebanyak 451 item atau buku ditemukan

Kurikulum dalam tantangan perubahan

Kurikulum tidak terlepas dari perubahan, sehingga selalu dikatakan setiap perubahan kurikulum selalu identik dengan pergantian Menteri. Namun, dalam hal kenyataannya, jika kurikulum tidak mengalami perubahan, maka kurikulum tidak akan mampu untuk menjawab tantangan zaman. Lebih-lebih lagi, setiap zaman yang dilewati manusia, menampilkan corak yang beragam dari tingkah laku anak didik.

Namun, dalam hal kenyataannya, jika kurikulum tidak mengalami perubahan, maka kurikulum tidak akan mampu untuk menjawab tantangan zaman.

Pembinaan Dan Penilaian Kesesuaian Modul Pembelajaran Kendiri Alat Muzik Yangqin Untuk Pendidikan Muzik Tingkatan Empat, Kurikulum Bersepadu Sekolah Menengah Malaysia

The study was conducted to develop and evaluate the applicable of self-learning module on the techniques of playing Yangqin as a music subject for form four sylabbus. Model Teras-Cabang Shaharom (1994) instructional design model was applied to develop this module. This study gained the data through structured interview techniques, documents and questionnairs. The finding indicated the basic skills of playing Yangqin including posture, techniques of playing the Yangqin, holding technique of the bamboo beater and exercising other fundamental techniques.

The study was conducted to develop and evaluate the applicable of self-learning module on the techniques of playing Yangqin as a music subject for form four sylabbus.

TELAAH KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Buku ini merupakan pengantar atau kajian bagi siapa pun yang hendak mengembangkan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini dari berbagai sudut pandang, yakni : Filosofis, yuridis, psikologis dan pedagogis. Tujuannya adalah agar pengembangan kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini dapat dirancang sesuai kebutuhan anak berdasarkan tahapan perkembangan dan pertumbuhan anak. Kurikulum merupakan komponen yang penting dalam pembelajaran. Kurikulum akan mengarahkan anak mau diapakan anak tersebut, dan dijadikan apa anak tersebut. Oleh sebab itu, pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini tidak dapat dilakukan secara sembarangan, khususnya pada usia dini (0-6 tahun) agar anak mencapai tumbuh kembang secara optimal. Dalam usaha memberikan pemahaman tentang apa dan bagaimana kurikulum PAUD yang dapat mengoptimlakan tumbuh kembang anak, penulis mencoba memberi gagasan tentang kurikulum PAUD dari berbagai perspektif. Selain itu, Penulis berharap buku ini bisa menjadi titik tolak dari landasan yang kokoh bagi pelaksana perancangan kurikulum PAUD baik di Perguruan Tinggi, lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, maupun bagi pihak- pihak yang berkepentingan. Bahan ajar ini berisi materi tentang pengertian kurikulum; konsep dasar kurikulum; Landasan kurikulum; Peran dan Fungsi kurikulum; Hakikat dan Dimensi Kurikulum, proses penyusunan kurikulum, Model- Model Kurikulum Anak Usia Dini, Teori- teori Evaluasi kurikulum, Evaluasi Kurikulum Anak Usia Dini. Bahan ajar ini dirancang agar dapat digunakan mahasiswa dalam melaksanakan tugasnya. Materi ini diberikan mahasiswa PG- PAUD dengan harapan dapat mengimplementasikan hasil perkuliahan sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai. Calon guru PAUD harus memiliki kualifikasi akademik yang memadai tentang konsep dasar kurikulum, hakikat kurikulum dan pendekatan kajian teoritik maupun praktik mengenai kurikulum. Modul ini tidak satu-satunya yang dapat digunakan oleh mahasiswa dalam menambahkan materi lainnya sebagai suplemen bagi pengembangan materi sesuai dengan karakteristik peserta didik dan perkembangan ilmu.

Buku ini merupakan pengantar atau kajian bagi siapa pun yang hendak mengembangkan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini dari berbagai sudut pandang, yakni : Filosofis, yuridis, psikologis dan pedagogis.

Kerangka dasar keilmuan dan pengembangan kurikulum

Curriculum planning for higher education applied in Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Curriculum planning for higher education applied in Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Kurikulum Pembelajaran Penjas

Buku ini berisikan tentang hal-hal yang elementer berkaitan dengan kurikulum dan pengembangan model pembelajaran dalam Pendidikan jasmani di Sekolah Dasar. Pada penyajian buku ini terbagai beberapa bagian yang berkaitan dengan konsep kurikulum dan pembelajaran yang membahas pengertian, tujuan dan prinsip pengembangan kurikulum. Kemudian model pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani dibahas mengenai kriteria pengembangan model pembelajaran dan desain perencanaan, implementasi dan evaluasi dalam pembelajaran Penjas. Selanjutnya, untuk melengkapi kajian kurikulum dan pembelajaran pada bagian akhir buku ini disajikan contoh penelitian pengembangan model pembelajaran kuantum Penjas di Sekolah Dasar, yang berisikan rancangan model pembelajaran kuantum Penjas, pelaksanaan model pembelajaran kuantum Penjas, dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran Penjas di SD.

Selanjutnya, untuk melengkapi kajian kurikulum dan pembelajaran pada bagian akhir buku ini disajikan contoh penelitian pengembangan model pembelajaran kuantum Penjas di Sekolah Dasar, yang berisikan rancangan model pembelajaran kuantum ...