Sebanyak 451 item atau buku ditemukan

Model-Model Pembelajaran untuk Kurikulum Merdeka di Era Society 5.0

Karena masyarakat terus berubah, pembelajaran juga layaknya terus dimutakhirkan. Dengan adanya kemajuan teknologi dan perubahan pola hidup masyarakat, kita sedang memasuki era di mana cara-cara lama dalam pendidikan sudah kedaluwarsa dan perlu terus diperbaharui dan disesuaikan dengan tuntutan perkembangan masyarakat. Saat ini, di tengah gelombang disrupsi yang terus menerjang berbagai aspek kehidupan manusia, pembelajaran yang kreatif, inovatif dan berorientasi kepada kehidupan nyata harus terus diteliti, diuji coba dan diterapkan. Semua itu demi kesiapan peserta didik untuk menghadapi persaingan tiada batas yang telah dimulai bahkan tatkala mereka masih ada di bangku sekolah dan kuliah.

... pai tujuan tertentu . Terdapat beberapa teori yang mendasari Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT menurut ( Liang et al . , 2021 ) , yaitu : 1. Teori Kognitif Sosial . Teori ini menyatakan bahwa individu belajar melalui pengalaman ...

Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Moderasi Beragama

Allah Swt menciptakan mahlukNya selalu berbeda dalam segala hal, warna kulit, suku, kebangsaan, agama dan karakter psikologinya. Manusia sebagai salah satu mahluk Allah Swt diperintahkan agar mau dan mampu mengenal satu dengan lainnya agar mengetahui dan menemukan kemanfaatan di balik perbedaan yang ada. Di era distrupsi atau era digital yang ditandai dengan teknologi informasi, pendidikan dihadapkan dengan banyak problematika yang harus dijawab dengan cara yang rasional, objektif dan sistematis. Pendidikan dihadapkan dengan moralitas lulusan yang relatif rendah karena masih banyak terjadi tawuran antar pelajar, pelecehan seksual di lembaga pendidikan, perundungan guru, bullying siswa. Diluar pendidikan masih banyak terjadi kekerasan dengan membawa simbol simbol keagamaan, saling serang gara gara beda agama, suku, kelompok atau keyakinan. Bahkan sebagian kelompok masih ada yang memiliki keraguan terhadap Pancasila sebagai filosofi negara, sehingga ingin mengusung khilafah (pemberlakuan sistem negara Islam) yang diklaim sebagai perintah ajaran agama Islam. Fenomena tersebut secara pelan atau cepat pasti membahayakan kelangsungan negara dan bangsa Indonesia yang sudah terkenal sebagai bangsa yang cinta damai, rukun, gotong royong toleran dan demokratis. Upaya untuk mengatasi dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui pendidikan dan pembelajaran.

Allah Swt menciptakan mahlukNya selalu berbeda dalam segala hal, warna kulit, suku, kebangsaan, agama dan karakter psikologinya.

Analisis Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar

Pembahasan di dalam buku ini difokuskan pada Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar, dengan pertimbangan komunikasi dalam menyampaikan isi kebijakan, kesiapan sumber daya manusia yang dituju, sikap yang diberikan birokrasi dalam mencapai kesepahaman kebijakan di setiap struktur birokrasi dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Kajian di dalam buku ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap 1) proses komunikasi, 2) dukungan sumber daya, 3) disposisi, 4) dukungan struktur birokrasi, dan 5) ketercapaian implementasi kebijakan dalam pengimplemen tasian kebijakan Kurikulum Merdeka dengan merujuk pada Permendikbud Ristek No. 56 Tahun 2022 dan No. 262 Tahun 2022.

Pembahasan di dalam buku ini difokuskan pada Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar, dengan pertimbangan komunikasi dalam menyampaikan isi kebijakan, kesiapan sumber daya manusia yang dituju, sikap yang diberikan birokrasi dalam ...

ANALISIS PENGEMBANGAN KURIKULUM Ekpektasi Guru & Masyarakat, Teori, Partisipan Siswa

Guru bukan sekedar wahana untuk menyalurkan hobi atau sebagai pekerjaan sambilan, akan tetapi merupakan pekerjaan yang harus ditekuni untuk mewujudkan keahlian profesional secara maksimal. Sebagai tenaga profesional, guru memegang peranan dan tanggung jawab yang penting dalam melaksanakan program pengajaran di sekolah. Salah satu sasaran upaya tersebut adalah meningkatkan kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pengelola kurikulum di kelas dengan baik dan benar pada saat pembelajaran berlangsung. Pencapaian sasaran tersebut harus dapat dilihat dari bertambah profesionalnya guru dalam penampilan mengelola kelas, dan bertambah optimalnya proses belajar siswa. Bahan referensi bersisi tentang beberapa pokok permasalahan kurikulum pendidikan dan pembelajaran yang nantinya diharapkan menjadi acuan bagi mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran di kampus atau di sekolah. Bagaimana peran guru dapat mempersiapkan kurikulum di kelas dengan baik, sehingga tujuan instruksional bisa tercapai sebagaimana yang diharapkan.

Guru bukan sekedar wahana untuk menyalurkan hobi atau sebagai pekerjaan sambilan, akan tetapi merupakan pekerjaan yang harus ditekuni untuk mewujudkan keahlian profesional secara maksimal.

Mengungkap Filsafat Pendidikan di Balik Kurikulum Merdeka

Buku ini mencoba merangkum berbagai filsafat pendidikan dalam konteks Kurikulum Merdeka. Berbagai aliran filsafat pendidikan seperti vitalisme, eksistensialisme, dan humanisme, berperan penting dalam membentuk metode dan teknik pendidikan. Masing-masing aliran memberikan perspektif yang berbeda dalam menyampaikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik. Filsafat pendidikan juga berfungsi sebagai panduan untuk mengatasi masalah-masalah pendidikan dengan prinsip-prinsip filosofis. Secara umum, filsafat pendidikan dibagi menjadi dua: progresif, dipengaruhi oleh Dewey dan Rousseau, dan revolusioner, yang menyoroti hubungan sekolah dengan masyarakat dan kekuasaan dalam proses tersebut. Landasan filsafat pendidikan mencakup gagasan tentang hakikat manusia, pengetahuan, nilai-nilai, dan perilaku yang dianut oleh lembaga pendidikan.

Buku ini mencoba merangkum berbagai filsafat pendidikan dalam konteks Kurikulum Merdeka.