Sebanyak 451 item atau buku ditemukan

DESAIN KURIKULUM PENJASORKES

Kurikulum merupakan hal yang penting dalam pelaksanaan pedidikan yang didalamnya memuat program pengajaran, pengembangan materi, media pendidikan, pengelolaan kegiatan belajar-mengajar, dan evaluasi pendidikan. Berkaitan dengan hal diatas maka didalam buku ini dibahas tentang bagaimana mendesain kurikulum dan hal-hal yang berhubungan dengan pengembangan dan pembelajaran pendidikann jasmani dan kesehatan.

Oleh karena itu silabus bermanfaat sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, seperti pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian.

MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ADAB

Judul : MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ADAB Penulis : Niswatin Khoiriyah Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 140 Halaman No ISBN : 978-623-6233-91-7 SINOPSIS BUKU Buku ini membahas tentang Manajemen Kurikulum Pendidikan Adab. Buku ini penulis kontribusikan untuk dunia Pendidikan di Indonesia khsusnya berkaitan dengan manajemen kurikulum. Buku ini terdiri dari lima bab. Bab pertama membahas tentang pendahuluan. Bab kedua membahas tentang manajemen kurikulum yang meliputi pengertian manajemen kurikulum, prinsip manajemen kurikulum, fungsi manajemen kurikulum, dan ruang lingkup manajemen kurikulum. Bab ketiga membahas tentang pendidikan abad yang meliputi pengertian Pendidikan adab dan hal yang perlu dipahami dalam pendidikan adab. Bab ketiga membahas tentang Kuttab Al Fatih Sidoarjo dan generasi berakhlak mulia yang meliputi Kuttab Al Fatih Sidoarjo, generasi berakhlak mulia dan factor pendorong dan penghambat. Bab kelima membahas tentang studi manajemen kurikulum pendidikan adab yang meliputi paparan data, capaian pendidikan adab dan faktor pendorong dan penghambat pendidikan adab di Kuttab Al Fatih Sidoarjo.

Judul : MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ADAB Penulis : Niswatin Khoiriyah Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 140 Halaman No ISBN : 978-623-6233-91-7 SINOPSIS BUKU Buku ini membahas tentang Manajemen Kurikulum Pendidikan Adab.

Modul Kurikulum dan Pembelajaran

Buku ini berisi tentang Kurikulum dan Pembelajaran di mana di dalamnya dilengkapi dengan kajian singkat Kurikulum 2013 dan perkembangan pembelajaran saa ini yakni Merdeka Belajar. Modul ini disusun dengan sistematis mulai dari pembahasan defenisi kurikulum, sejarah kurikulum, landasan dan prinsip pengembangan kurikulum, sejarah kurikulum di Indonesia mulai dari masa prakemerdekaan, pascakemerdekaan, hingga era reformasi, komponen-komponen kurikulum, organisasi pengembangan kurikulum, hingga model pengembangan kurikulum. Sedangkan pembahasan pembelajaran seperti hakekat belajar, mengajar dan pembelajaran serta peta konsep belajar. Di buku ini dibahas juga tentang Merdeka Belajar.

Buku ini berisi tentang Kurikulum dan Pembelajaran di mana di dalamnya dilengkapi dengan kajian singkat Kurikulum 2013 dan perkembangan pembelajaran saa ini yakni Merdeka Belajar.

KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN : Panduan Lengkap bagi Guru Profesional

Pembelajaran merupakan aktivitas (proses) yang sistematis yang terdiri atas banyak komponen. Masing-masing komponen pembelajaran tidak bersifat parsial (terpisah) atau berjalan sendiri-sendiri, tetapi berjalan secara teratur, saling membutuhkan, komplementer dan berkesinambungan. Untuk itu, diperlukan pemahaman yang komprehensif berkenaan dengan kurikulum dan pembelajaran yang baik. Buku ini berjudul Kurikulum dan Pembelajaran: Panduan Lengkap bagi Guru Profesional, dimaksudkan memberikan wawasan pengetahuan bagi setiap guru dan calon guru saat ini mengenai pentingnya memahami kurikulum dan pembelajaran sesuai dengan konteks kekinian ilmu pendidikan di Indonesia. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan buku ini masih jauh dari sempurna, di sana sini masih banyak kekurangan dan kesalahan. Untuk itu semua guna perbaikan ke depan, penulis mengharapkan kritik dan saran kontruktif dari semua pembaca. Semoga buku menjadi amal jariah bagi penulis dan bernilai pahala di sisi Allah SWT. Amin Ya Rabbal’alamin!

Buku ini berjudul Kurikulum dan Pembelajaran: Panduan Lengkap bagi Guru Profesional, dimaksudkan memberikan wawasan pengetahuan bagi setiap guru dan calon guru saat ini mengenai pentingnya memahami kurikulum dan pembelajaran sesuai dengan ...

Kurikulum Pendidikan Islam

Telaah Filosofis dan Pengembangannya

Pendidikan tanpa dasar agama merupakan hal yang riskan. Ke depannya, peserta didik akan menjadi sosok-sosok yang serakah harta, gila jabatan, dan kehormatan. Jangankan rakyat, Tuhan pun tidak mereka takuti. Problematika ini muncul akibat kebijakan pendidikan yang diterapkan hanya sekadar formalitas belaka. Padahal telah disusun aturan yang jelas, yaitu melalui kurikulum sebagai bagian implementasi tujuan pendidikan, tak terkecuali pendidikan Islam di dalamnya. Oleh karenanya, topik masalah pendidikan akan selalu menarik untuk dikaji dan dikritisi. Namun, masalah yang selalu dihadirkan belum sepenuhnya melahirkan solusi ataupun gagasan yang konkret, sehingga pembahasan terkesan “ala kadarnya”. Hadirnya buku ini dapat menjadi salah satu cara untuk menemukan jawaban tersebut. Di dalamnya disajikan serpihan-serpihan problematika pendidikan melalui kritikan tajam yang dibalut dengan bahasa yang lugas namun tetap memperhatikan kesantunan, serta menawarkan solusi terhadap permasalahan ini. Oleh karenanya, kehadiran buku ini menunjukkan itikad serius demi mengembangkan kurikulum pendidikan Islam yang ideal sehingga sangat tepat untuk dibaca dan dijadikan referensi bacaan. Khususnya bagi kalangan pendidik, praktisi, akademisi, bahkan masyarakat umum sekali pun.

Oleh karenanya, kehadiran buku ini menunjukkan itikad serius demi mengembangkan kurikulum pendidikan Islam yang ideal sehingga sangat tepat untuk dibaca dan dijadikan referensi bacaan.

Telaah Kurikulum dan Perencanaan PAUD

PAUD merupakan pendidikan yang paling fundamental karena perkembangan anak di masa selanjutnya sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi bermakna yang diberikan sejak usia dini. Pendidikan anak usia dini harus dipersiapkan secara terencana dan bersifat holistik agar dimasa emas perkembangan anak mendapatkan distimulasi yang utuh, sehingga mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki anak. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam rangka pengembangan potensi tersebut adalah dengan program pendidikan yang terstruktur. Salah satu komponen untuk pendidikan yang terstruktur adalah kurikulum. Kurikulum PAUD itu sendiri adalah seperangkat bahan ajar yang diajarkan kepada peserta didik, khususnya pada usia dini (0-6 tahun) untuk mencapai tumbuh kembang secara optimal.

PAUD merupakan pendidikan yang paling fundamental karena perkembangan anak di masa selanjutnya sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi bermakna yang diberikan sejak usia dini.