Sebanyak 621 item atau buku ditemukan

Karakteristik Individu dan Lingkungan Kerja serta Pengaruhnya terhadap Kepuasan Kerja Karyawan

Buku ini menjelaskan tentang karakteristik seorang individu dan lingkungan kerja serta pengaruhnya terhadap kepuasan kerja karyawan.

... dan pembinanan anak usia dini, anak berkebutuhan khusus (ABK) dan Bunda Asuh. ... antara lain yaitu : Unit Pendikan SD inklusi pelangiku, Unit PAUD, ...

Karakteristik dakwah Islamiyah pada masyarakat pinggiran di Kotamadya Banjarmasin

laporan penelitian

Golongan Anak - anak Masyarakat golongan anak - anak yang menjadi obyek
dakwah antara umur 44- 12 tahun , yaitu usia sekolah Taman Kanak - kanak ( TK
) dan Sekolah Dasar ( SD ) , mereka berjumlah 6.0.37 orang . Aktivitas mereka ...

Karakteristik kebahasaan warga transmigrasi di Sitiung, Provinsi Sumatera Barat

suatu kajian sosiolinguistik

Languages used by Javanese, Sundanese and Madurese migrants at Sitiung, West Sumatra, Indonesia.

Ketujuh , guru - guru , terutama guru sekolah dasar di daerah sekitar pemukiman
transmigran didominasi oleh guru yang berpenutur bahasa Minangkabau .
Kedelapan , anak - anak warga transmigran usia sekolah menengah pertama
dan ...

Pengaruh karakteristik personil dan karakteristik organisasi terhadap efektivitas pemerintahan kelurahan di Kecamatan Semarang Timur Kotamadya Semarang

... karena usia lima tahun merupakan awal masa pendidikan seorang anak ,
sesuai dengan berakhirnya masa belita . Adapun perinciannya ialah sebagai
berikut Tabel II , 12 Penduduk Menurut Pendidikan ( bagi umur 5 tahun ke atas )
NO Jenis Pendidikan Jumlah ... SD Tidak tamat SD Belum tamat SD 7 8 Tidak
sekolah Jumlah 169.037 100,00 6 i Dari tabel II.12 nampak bahwa penduduk di
kecamatan ...

MEMAHAMI KARAKTERISTIK ANAK

Buku merupakan media pembelajaran dan sumber informasi yang paling penting dalam peradaban manusia.

Buku merupakan media pembelajaran dan sumber informasi yang paling penting dalam peradaban manusia.

Pengembangan Instrumen Karakter dalam Pembelajaran IPA

Pendidikan karakter merupakan salah satu upaya untuk membangun karakter unggul seperti diamanahkan dalam tujuan pendidikan nasional. Pendidikan karakter dilakukan sejak di Pendidikan Anak Usia Dini hingga perguruan tinggi. Salah satu kesulitan pendidik dalam melaksanakan pendidikan karakter adalah asesmen dan evaluasinya, sehingga sering kali pendidik melaksanakan pembelajaran tanpa menanamkan karakter dan penilaiannya. Buku Pengembangan Instrumen Karakter ini menjelaskan tentang konsep pengembangan instrumen, khususnya karakter, dan teknik analisis pengujian validitas dan reliabilitasnya. Uraian detail tentang langkah pengembangan instrumen, cara menganalisis hasil pengembangan dan hasil pengembangan mengantar pembaca untuk dapat mengikutinya dengan mudah. Buku ini bermanfaat bagi calon guru, guru, peneliti, dan para pemangku kebijakan bidang pendidikan. Kelugasan bahasa dalam menjelaskan konsep instrumen karakter sangat membantu para pemerhati pendidikan dalam memahami teknik analisis kualitas instrumen dan jenis instrumen karakter. Penyajian instrumen mulai dari karakter disiplin, tanggung jawab, toleransi, kreatif, local wisdom, konservasi, Entrepreneurship, peduli, religius, kepedulian sosial, rasa ingin tahu, hingga global citizen. Berbagai instrumen untuk menilai karakter disajikan dengan detail beserta hasil validasi dari segi konten/isi dan reliabilitasnya. Teknik perhitungan indeks validitas dan reliabilitas juga disampaikan dengan runtut. Teori tes klasik dan teori tes modern 1-parameter logistik (Rasch Model) digunakan untuk menganalisis validitas dan reliabilitas instrumen yang telah dikembangkan. Buku Pengembangan Instrumen Karakter ini dapat digunakan sebagai contoh dalam pengembangan suatu instrumen, khususnya karakter. Diharapkan buku ini membawa manfaat bagi pelaku, peneliti dan pemerhati pendidikan karakter dan segera disusul dengan karya-karya tentang evaluasi berikutnya.

Pendidikan karakter merupakan salah satu upaya untuk membangun karakter unggul seperti diamanahkan dalam tujuan pendidikan nasional.

Model pembelajaran pendidikan karakter

panduan operasional untuk pembelajaran online dan dilengkapi contoh implementasi pada mapel PAI & BP

Dalam ajaran Islam, karakter adalah akhlak. Akhlak berasal dari bahasa Arab, yaitu kata al-khuluq. Akhlak dimaknai sebagai tingkah laku, perangai, budi pekerti, atau moral yang indikator baik buruknya berlandaskan pada ajaran agama. Berdasarkan hal tersebut, karakter sebagai akhlak adalah selama penekanan dan landasannya berpusat pada ajaran agama, khususnya ajaran Agama Islam. Sehingga, tujuan pendidikan karakter yaitu berupaya mewujudkan manusia yang berakhlak mulia, berupa akhlak kepada Allāh dan Rasul-Nya, akhlak kepada dirinya sendiri, akhlak kepada sesama manusia, dan akhlak kepada lingkungan sekitarnya. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter seyogyanya dilakukan dengan pendekatan yang komprehensif, yaitu bukan hanya fokus pada pendekatan nalar, tetapi juga harus ada pendekatan hati dan latihan atau pembiasaan. Selain itu, pelaksanaan pendidikan karakter juga harus mampu menyesuaikan dengan situasi, kondisi, dan berbagai perkembangan yang mempengaruhi kehidupan manusia.

Aplikasi pembelajaran online merupakan bagian yang menentukan karakteristik dari suatu lingkungan pembelajaran. Setiap aplikasi memiliki dan membentuk karakteristik tertentu. Karakteristik tersebut akan mempengaruhi bagaimana interaksi ...

Media Pengembangan Pendidikan Karakter Bagi SIswa Sekolah Dasar

Pengantar Kata : Kepala Dinas Pendidikan Kota Gorontalo

Materi bercerita untuk anak usia dini sebaiknya yang ringan saja, seperti pembiasaan makan dengan cuci tangan, ... Dalam bercerita untuk anak usia dini bahasa yang dipakai menggunakan bahasa anak atau bahasa yang disederhanakan.