Sebanyak 7 item atau buku ditemukan

ANALISIS FUNGSI SINTAKTIK Menuju Kalimat efektif (Sintaksis Bahasa Indonesia)

Perkembangan teknologi informasi pada era keterbukaan telah melahirkan transparansi pada semua bidang kehidupan tanpa batas wilayah, waktu, jarak, bangsa, ataupun negara di mana pun di dunia ini. Perkembangan dan kemajuan itu terpacu oleh aktivitas generasi milenia pada zaman ini. Pencapaian kemajuan di bidang teknologi informasi itu tidak akan terjadi tanpa peran bahasa dan teknologi digital. Untuk memasuki era itu, diperlukan kemampuan berpikir kritis, berekspresi, dan berinteraksi secara cerdas, serta berkomunikasi dengan efektif. Untuk itu, diperlukan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan berbahasa secara efektif. Buku ini memaparkan strategi analisis sintaktik kalimat bahasa Indonesia dari data penggunaan bahasa Indonesia di berbagai sumber. Analisis fungsi sintaktik subjek, predikat, objek, pelengkap, dan keterangan melahirkan tipe kalimat tunggal dan kalimat majemuk. Kaidah kalimat tunggal disajikan dari analisis data ke pemaparan tipe kalimat. Sementara itu, kaidah kalimat majemuk disajikan dari hasil analisis data kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat serta kalimat majemuk campuran. Adapun pembahasan kesalahan struktur kalimat, kesalahan diksi, dan kesalahan ejaan memperkaya wawasan kita dalam mewujudkan penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar menuju penguasaan kalimat efektif. Sementara itu, pemahaman akan kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia akan menguatkan rasa persatuan dan kesatuan kebangsaan kita dalam pencerdasan kehidupan bangsa menuju bahasa Indonesia berjaya di bumi pertiwi dan bermartabat di negara sahabat.

(9) Kepala desa—aparat pemerintah yang langsung menghadapi rakyat—perlu memberikan pengawasan ataupun penerangan langsung lingkungan. kepada anggota C agar tidak merusak l PUnsur-unsurnya ublishing/K Gwarganya-03/G ...

Menyusun Kalimat Efektif Dengan Cll

Dalam buku ini disampaikan bagaimana seorang pengajar berperan membantu para siswa SMP untuk belajar menyusun kalimat efektif dalam menulis, sehingga para siswa menyampaikan ide gagasannya dalam bentuk tulisan. Pengajar merupakan orang yang sangat berperan dalam penyelenggaraan proses pembelajaran. Kelas terdiri atas sejumlah siswa yang dibimbing oleh pengajar atau guru melalui pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan siswa untuk dapat mencari, mengolah, dan memiliki ilmu yang dipelajarinya. Dalam hal ini khususnya ilmu keterampilan berbahasa.

Dalam buku ini disampaikan bagaimana seorang pengajar berperan membantu para siswa SMP untuk belajar menyusun kalimat efektif dalam menulis, sehingga para siswa menyampaikan ide gagasannya dalam bentuk tulisan.

Kalimat efektif bahasa Indonesia

panduan pustaka

Grammar of Indonesian language.

5.5 Kalimat langsung dan tidak langsung Contoh : Itu hanyalah beberapa dari karya tulisnya yang telah dihasilkannya sejak ia mulai aktif menulis di awal tahun tujuh puluhan , sepulangnya dari Eropa . Walaupun begitu , ia berkata bahwa ...