Sebanyak 34 item atau buku ditemukan

KEWIRAUSAHAAN (ENTREPRENEURSHIP) DALAM PANDANGAN ISLAM (HISTORIS-POLITIK DAN EKONOMI)

Data BPS pada bulan Februari 2019 menyebutkan bahwa jumlah pengangguran terbuka yang merupakan lulusan universitas mencapai 839.019 orang atau 12% dari total pengangguran yang mencapai 6.816.840 orang. Hal tersebut menekankan bahwa lulusan perguruan tinggi tidak bisa lagi sekedar mengandalkan ijazah untuk mencari pekerjaan, akan tetapi dibutuhkan kemampuan dan keterampilan bagi lulusan universitas sehingga dapat terserap ke dunia industri/usaha. Salah satu langkah alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menanamkan jiwa wirausaha pada mahasiswa. Universitas sebagai lembaga pendidikan harus turut berperan aktif untuk membangun dan mengarahkan mahasiswanya untuk bergerak dalam dunia wirausaha sebagai upaya menangani masalah pengangguran para lulusannya. Buku yang ada di hadapan pembaca ini menjelaskan mengenai kewirausahaan, analisis bisnis dan studi kelayakan bisnis, aspek pasar dan pemasaran, konsep bisnis dan waralaba, membangun jaringan bisnis dalam persaingan global, nilai-nilai dan etika bisnis dalam agama Islam, serta kewirausahaan dalam perspektif Islam.

Data BPS pada bulan Februari 2019 menyebutkan bahwa jumlah pengangguran terbuka yang merupakan lulusan universitas mencapai 839.019 orang atau 12% dari total pengangguran yang mencapai 6.816.840 orang.

Manajemen Pengembangan Softskill Entrepreneurship Santri

Buku Manajemen Pengembangan SoftSkill Entrepreneurship ini hadir sebagai bagian penting dari pengembangan pembelajaran dan pendidikan Islam khususnya Pesantren. Buku ini hadir sebagai penyemangat baru terhadap pengkajian pendidikan Pesantren terkait dengan dominanisasi era revolusi Industri 4.0. Secara praktis, buku ini hadir juga sebagai penyeimbang pendidikan yang sudah digalakkan oleh pemerintah dimana entrepreneurship menjadi ikon diberbagai lembaga pendidikan. Namun ada yang berbeda, buku yang kami susun ini berdasarkan pada penelitian langsung di sebuah pondok pesantren entrepreneurship. Semua santri disetingg dari awal masuk untuk menjadi entrepreneur dan sekaligus memiliki kemampuan sebagaimana yang ada pada pesantren. Penyusunan buku ini tidak hanya menyajikan tentang konsep entrepreneurship secara umum. Akan tetapi dipaparkan juga bagaimana proses pembentukan, pembelajaran, brainwash entrepreneurship sampai pada pelatihan wirausahana.

Buku Manajemen Pengembangan SoftSkill Entrepreneurship ini hadir sebagai bagian penting dari pengembangan pembelajaran dan pendidikan Islam khususnya Pesantren.

Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Kejuruan Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan Sebagai Sekolah Berbasis Sistem Ganda (Dual-Based-System) Dan Kewirausahawan (School-Based Entrepreneurship)

Buku Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Kejuruan; Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan sebagai Sekolah Berbasis Sistem Ganda (Dual-Based-System) dan Kewirausahawan (School-BasedEntrepreneurship) ini disajikan sebagai salah satu khazanah keilmuan tentang manajemen mutu pendidikan kejuruan, sehingga dapat dijadikan acuan bagi mahasiswa, tenaga pendidik dan kependidikan, para peneliti, pemerhati dan penggiat pendidikan serta stakeholder lainnya yang membutuhkan. Buku ini terdiri dari tujuh bab yang membahas tentang berbagai isuisu krusial dalam dunia pendidikan kejuruan baik secara teoretis dan kontekstual terkait manajemen mutu pendidikan kejuruan. Kajian awal dimulai tentang keberadaan sekolah menengah kejuruan sebagai bagian sistem pendidikan nasional, keberadaan SMK sebagai penyedia tenaga kerja tingkat menengah, dan relevansi keberadaan SMK terhadap tuntutan dunia kerja dan tantangan global. Bab 2 membahas paradigma pengembangan manajemen sekolah kejuruan, konsep dasar manajemen sekolah menengah kejuruan, problematik yang dihadapi SMK dalam mengembangkan manajemen sekolah kejuruan dan pemberdayaan pendidikan kejuruan. Pada bab 3, penulis membahas tentang esensi sekolah menengah kejuruan sebagai sebuah organisasi pendidikan yang meliputi komponen pembentuk organisasi SMK, kerja sama antara SMK vi dengan dunia usaha dan industri dan stakeholder lainnya serta reaktualisasi partisipasi masyarakat terhadap pendidikan kejuruan. Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Kejuruan Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan Sebagai Sekolah Berbasis Sistem Ganda (Dual-Based-System) Dan Kewirausahawan (School-Based Entrepreneurship) ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Kejuruan Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan Sebagai Sekolah Berbasis Sistem Ganda (Dual-Based-System) Dan Kewirausahawan (School-Based Entrepreneurship) ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan ...

Pengembangan Kurikulum Entrepreneurship Berbasis Multikultural

Penelitian tentang pendidikan kewirausahaan selama ini fokus pada pengembangan kurikulum secara umum, implementasinya, dan strategi yang digunakan. Namun penelitian pendidikan kewirausahaan yang menghubungkannya dengan pendidikan multikultural belum dilakukan. Padahal, kesadaran multikultural dewasa ini menjadi sebuah kompetensi pendukungan yang penting untuk dikuasai seorang entrepreneur. Hal ini tak lepas dari fakta bahwa interaksi di dunia ekonomi dan indsutri telah menjelma menjadi interaksi lintas budaya, lintas bahasa, dan lintas bangsa. Dengan adanya kesadaran multikultural, seorang entrepreneur akan lebih luwes dan adaptif dalam menjalin jaringan kerjanya dengan orang lain. Konversi hasil penelitian ke dalam buku ini kami maksudkan supaya hasil penelitian yang kami lakukan dapat lebih mudah diakses oleh khalayak sehingga nilai guna hasil penelitian ini kian bertambah.

Penelitian tentang pendidikan kewirausahaan selama ini fokus pada pengembangan kurikulum secara umum, implementasinya, dan strategi yang digunakan.

ENTREPRENEURSHIP Perspektif Ilmu Pengetahuan, Empiris dan Agama

buku yang berjudul ”ENTREPRENEURSHIPPerspektif Ilmu Pengetahuan, Empiris dan Agama.Kehadiran buku ini diharapkan bisa menjadi bahan bacaan dan rujukan bagi para mahasiswa dan pembaca secara umum yang tertarik dalam duniaEntrepreneurship

buku yang berjudul ”ENTREPRENEURSHIPPerspektif Ilmu Pengetahuan, Empiris dan Agama.Kehadiran buku ini diharapkan bisa menjadi bahan bacaan dan rujukan bagi para mahasiswa dan pembaca secara umum yang tertarik dalam duniaEntrepreneurship

Metode Fenomenologi Aplikasi pada Entrepreneurship

Prof. Dr. Conny R Semiawan – Guru Besar Pada Universitas Negeri Jakarta Buku Metode Fenomenologi Aplikasi Pada Entrepreneurship merupakan sumbangan berharga dari para penulis untuk para peneliti yang berkecimpung dalam dunia penelitian ilmu-ilmu sosial dan kemanusiaan. Sebagai metode alternatif, metode Fenomenologi merupakan bagian dari metode kualitatif. Metode ini memiliki kekhususan tersendiri dalam memahami gejala, situasi, dan perilaku manusia atau kelompok manusia. Manusia selalu memberi arti pada tindakan, sikap dan perilakunya. Setiap tindakan dan perbuatan manusia selalu mengandung arti tertentu berdasarkan pemahaman yang diberikannya atas realitas yang dihadapinya. Untuk mengerti dan memahami inti terdalam dari sikap dan tindakannya, peneliti harus terlibat langsung dalam diskusi dan wawancara dengan subyek penelitian. Peneliti harus masuk dalam alam pikiran partisipan sambil menaruh dalam tanda kurung (bracketing) semua praduga dan asumsi peneliti tentang topik yang diteliti. Ungkapan partisipan yang diungkapkannya dalam wawancara menjadi data utama dalam analisa nanti. Hasilnya berupa inti sari pemahaman dan pengertian partisipan yang diungkapkan dengan bahasa atau ungkapan biasa. Ungkapan biasa ini kemudian dibahasakan oleh peneliti dalam bahasa ilmiah yang dipahami dalam konteks ilmu yang dipelajari. Dalam kaitannya dengan Entrepreneurship, peneliti akan membahasakan hakikat atau inti terdalam pengalaman entrepreneurs dalam bahasa dan ungkapan yang biasanya dipahami dalam bidang studi Entrepreneurship. Buku ini sangat bermanfaat bagi para peneliti yang ingin memperdalam metode penelitian Fenomenologi khususnya dalam aplikasi pada Entrepreneurship. Saya sangat mengapresiasi para penulis yang berhasil menyelesaikan buku ini. Buku penelitian seperti ini masih sangat langka tersedia dalam bahasa Indonesia. Selamat membaca dan menikmatinya. Prof. Dr. Ir. Rudy Tarumingkeng – Direktur Pascasarjana UKRIDA Jakarta Usaha untuk mengembangkan Entrepreneurship di Indonesia menjadi salah satu program penting pemerintah dalam pembangunan sosial ekonomi. Perguruan Tinggi berperan mencari terobosan baru untuk memahami dan memecahkan persoalan yang dihadapi oleh para entrepreneur melalui penelitian-penelitian akademiknya. Buku Metode Fenomenologi Aplikasi Pada Entrepreneurship ini adalah suatu kontribusi kreatif pada penulis membantu para peneliti yang hendak memahami secara mendalam tentang hakekat entrepreneurship, sebagaimana dialami oleh para pelakunya. Buku ini akan sangat membantu peneliti dan peminat entrepreneurship. Usman Syihab, PhD – Universitas Islam Negeri, Syarif Hidayatullah, Jakarta Kajian Fenomenologi bersifat lintas ilmu. Buku ini memberikan pencerahan kepada para peneliti, khususnya dalam bidang entrepreneurship, sekaligus menyodorkan suatu alternatif pemanfaatan pendekatan Fenomenologis. Walaupun ia lebih pada bidang entrepreneurship, tetapi kajian filosofis dan aplikasikanya dapat diterapkan pada ilmu-ilmu lain. Pendekatan Fenomenologis berlaku untuk semua fenomena sejauh ia disadari, dialami, dan dijadikan objek perhatian. Buku ini sangat bermanfaat bagi siapa saja yang berminat dalam penelitian.

Buku Metode Fenomenologi Aplikasi Pada Entrepreneurship ini adalah suatu kontribusi kreatif pada penulis membantu para peneliti yang hendak memahami secara mendalam tentang hakekat entrepreneurship, sebagaimana dialami oleh para pelakunya.

Entrepreneurship (Kewirausahaan)

Buku ajar mata kuliah kewirausahaan (entrepreneurship) ini disusun dalam rangka melengkapi buku teks yang telah ada dan bersifat memandu mahasiswa untuk menguasai konsep-konsep Entrepreneurship (Kewirausahaan), menyusun proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan praktek bisnis sehingga mahasiswa semakin mudah mempelajarinya. Buku ajar ini berisi mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha, mengembangkan semangat wirausaha, membangun komitmen dalam berwirausaha, mengelola resiko bisnis, membangun visi dan misi bisnis, peluang bisnis, mengelola aspek-aspek pengelolaan bisnis (aspek manajemen, aspek organisasi, aspek pemasaran, aspek produksi, aspek pembiayaan (arus kas dan BEP), akuntansi usaha mikro/kecil (akuntansi usaha mikro/kecil dan laporan keuangan), permodalan (jenis modal dan sumber modal), proposal bisnis, mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan K 13.

Buku ajar mata kuliah kewirausahaan (entrepreneurship) ini disusun dalam rangka melengkapi buku teks yang telah ada dan bersifat memandu mahasiswa untuk menguasai konsep-konsep Entrepreneurship (Kewirausahaan), menyusun proposal Program ...

Smart in Entrepreneurship: Revolusi Strategis Mengubah Proses Bisnis untuk Meledakan Perusahaan

Jika manajemen pengalaman pelanggan berfokus pada titik interaksi dengan
pelanggan atau “ titik sentuh ” dengan pelanggan , maka manajemen hubungan
pelanggan berfokus pada setelah bersentuhan dengan pelanggan yang ...