Sebanyak 370 item atau buku ditemukan

ANALISIS FUNGSI SINTAKTIK Menuju Kalimat efektif (Sintaksis Bahasa Indonesia)

Perkembangan teknologi informasi pada era keterbukaan telah melahirkan transparansi pada semua bidang kehidupan tanpa batas wilayah, waktu, jarak, bangsa, ataupun negara di mana pun di dunia ini. Perkembangan dan kemajuan itu terpacu oleh aktivitas generasi milenia pada zaman ini. Pencapaian kemajuan di bidang teknologi informasi itu tidak akan terjadi tanpa peran bahasa dan teknologi digital. Untuk memasuki era itu, diperlukan kemampuan berpikir kritis, berekspresi, dan berinteraksi secara cerdas, serta berkomunikasi dengan efektif. Untuk itu, diperlukan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan berbahasa secara efektif. Buku ini memaparkan strategi analisis sintaktik kalimat bahasa Indonesia dari data penggunaan bahasa Indonesia di berbagai sumber. Analisis fungsi sintaktik subjek, predikat, objek, pelengkap, dan keterangan melahirkan tipe kalimat tunggal dan kalimat majemuk. Kaidah kalimat tunggal disajikan dari analisis data ke pemaparan tipe kalimat. Sementara itu, kaidah kalimat majemuk disajikan dari hasil analisis data kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat serta kalimat majemuk campuran. Adapun pembahasan kesalahan struktur kalimat, kesalahan diksi, dan kesalahan ejaan memperkaya wawasan kita dalam mewujudkan penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar menuju penguasaan kalimat efektif. Sementara itu, pemahaman akan kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia akan menguatkan rasa persatuan dan kesatuan kebangsaan kita dalam pencerdasan kehidupan bangsa menuju bahasa Indonesia berjaya di bumi pertiwi dan bermartabat di negara sahabat.

(9) Kepala desa—aparat pemerintah yang langsung menghadapi rakyat—perlu memberikan pengawasan ataupun penerangan langsung lingkungan. kepada anggota C agar tidak merusak l PUnsur-unsurnya ublishing/K Gwarganya-03/G ...

BUKU AJAR BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH

Buku ajar ini disusun dengan tujuan untuk memudahkan proses belajar mengajar di kelas, dimana mahasiswa mempunyai referensi dalam mempelajari mata kuliahBahasa Indonesia di SD kelas rendah. Selain itu dengan menggunakan buku ajar, maka mahasiswa dapat menyerap materi dengan lebihbaik, dan memahami konsep dalam mengajar Bahasa Indonesia khususnya di kelas rendah SD. Buku ini telah disesuaikan dengan Satuan Acara Perkuliahan (SAP), dan diharapkan dapat digunakan untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Dalam penyusunan buku ini, penyusun tidak menggunakan banyak Referensi atau sumber rujukan. Sumber rujukan menggunakan artikel bermuatan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan mahasiswa khususnya yang berasal dari Wilayah Pegunungan Tengah Papua.

Buku ajar ini disusun dengan tujuan untuk memudahkan proses belajar mengajar di kelas, dimana mahasiswa mempunyai referensi dalam mempelajari mata kuliahBahasa Indonesia di SD kelas rendah.

Bangun kalimat bahasa Indonesia

Grammar of Indonesian language.

Kedua ruas kalimat itu merupakan ruas babawan langsung kalimat , yakni langsung dibawahkan oleh kalimat , tidak dibawabkan oleh ruas lain sebagai subruas . Kedua - duanya diisi oleh puak yang mandiri ; artinya , tidak dibawahkan oleh ...

Pola kalimat bahasa Indonesia siswa sekolah dasar di Jawa Barat

Sekitar jam 10 rombongan anak - anak itu // tiba di kebun binatang / dan langsung anak - anak itu // turun dari mobilnya . ( 1020 / VI / 02 ) . 11. Pukul 8.00 anak - anak // sudah berkumpul di halaman sekolah / dan anak - anak // sudah ...

Kebakuan dan ketidakbakuan kalimat dalam bahasa Indonesia

The standard sentences of the Indonesian language.

Padahal , seharusnya hubungan itu secara langsung . Artinya , objek langsung mengikuti kata kerjanya . Oleh karena itu , kalimat ( 71b ) tidak baku . 72. a . la menulis surat ( baku ) . b . la tulis surat ( tidak baku ) .