Sebanyak 181 item atau buku ditemukan

Ilmu Nahwu Bahasa Arab

Belajar bahasa Arab tidak terlepas dari mempelajari ilmu sharaf dan Ilmu Nahwu. Ilmu sharaf mempelajari perubahan kata dari satu bentuk ke bentuk lain, dari kata kerja berubah menjadi kata benda, nama tempat, waktu bekerja dan seterusnya. Sedangkan ilmu Nahwu mempelajari kedudukan kata dalam kalimat, apakah sebagai subjek, predikat atau objek berdasarkan dengan tanda harakat atau I’rab di akhir kata tersebut. Kedua ilmu saling berkaitan dalam prakteknya, sekalipun dalam pembelajarannya ilmu sharaf lebih dahulu dipelajari dari ilmu Nahwu atau keduanya berbarengan. Mempelajari ilmu Nahwu dalam bahasa Arab tidak sesulit yang dibayangkan atau didengar dari cerita-cerita yang pernah memelajarinya. Bahkan ada yang sudah bertahun-tahun mempelajarinya tapi juga lupa dan bosan mempelajarinya karena tidak paham. Membaca buku ini akan menjadi berbeda, sekalipun pembaca adalah pembelajar pemula ilmu Nahwu. Buku yang berada di tangan pembaca ini adalah salah satu buku diktat pembelajaran Bahasa Arab disiplin ilmu Nahwu. Buku ini disusun dengan merujuk pada buku-buku ilmu Nahwu kontemporer yang dipakai di Timur Tengah disajikan dengan bahasa Indonesia yang sederhana dan mudah dipahami oleh pembaca.

Belajar bahasa Arab tidak terlepas dari mempelajari ilmu sharaf dan Ilmu Nahwu.

Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Dialektika Revolusi Industri 4.0

Tulisan ini berupa hasil penelitian yang dilatarbelakangi oleh belum termanfaatkannya Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran bahasa Arab pada beberapa MTs Negeri di Kota Padang, padahal TIK pada zaman sekarang ini adalah merupakan media yang sesuai dengan jiwa dan karakter peserta didik. Berdasarkan informasi yang didapatkan bahwa belum termanfaatkannya media TIK ialah karena tidak ada pedoman bagi pendidik untuk mengintegrasikan pembelajaran bahasa Arab dengan TIK. Diharapkan dari penelitian ini dapat membantu guru untuk memahami cara mengintegrasikan pembelajaran bahasa Arab dengan TIK, dan hasil akhir yang digambarkan dalam buku ini ialah berupa sebuah model pembelajaran bahasa Arab berbasis TIK

Tulisan ini berupa hasil penelitian yang dilatarbelakangi oleh belum termanfaatkannya Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran bahasa Arab pada beberapa MTs Negeri di Kota Padang, padahal TIK pada zaman sekarang ini adalah ...

Potret Pembelajaran Bahasa Arab Di Pesantresn Gontor VIII Indonesia

Lembaga pendidikan ini didirikan pertama kali kira-kira pada abad 18-an oleh Raden Mohammad Hadikusumo Sulaiman Djamaluddin yang merupakan cicit dari kanjeng Pangeran Adipati Anom Sultan Kesepuhan Cirebon. Sebagai salah seorang santri senior Pesantren Tegalsari Ponorogo, beliau mendapatkan tugas dari Kyai Khalifah, yang juga mertuanya, untuk mendirikan pesantren yang sama dengan pesantren Tegalsari. Dengan dibantu oleh 40 orang santri, beliau berangkat menuju tempat yang telah ditunjukkan mertuanya. Tempat tersebut tergolong daerah tidak bertuan yang masih dipenuhi oleh pepohonan rimbun, binatang-binatang buas, dan sekaligus tempat persembunyian para penyamun, warok, pembegal, dan orang-orang berperangai kotor, yang dikenal dengan tempat kotor atau “enggon kotor” (disingkat menjadi Gontor). Di sana beliau mulai babad desa dan mendirikan pondok yang dikenal dengan pesantren Gontor sesuai dengan nama tempatnya.

Buku Potret Pembelajaran Bahasa Arab Di Pesantresn Gontor VIII Indonesia ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Belajar Bahasa Arab Modern

Untuk Pemula

Menguasai Bahasa Arab Modern (BAM) memiliki manfaat yang sangat besar antara lain untuk: a. Mampu membaca dan menterjemahkan segala bentuk tulisan bahasa Arab modern seperti koran, majalah, tabloid, buku-buku baru, dokumen-dokumen resmi, dan lain-lain. b. Mampu mendengar, memahami, berbicara dan menterjemahkan segala pidato resmi yang disampaikan dalam bahasa Arab baik oleh penutur asli (al-natiqin biha) atau bukan (ghair al-antiqin biha). c. Mampu menulis dalam format artikel, surat resmi atau dokumen lain. Dari ketiga manfaat di atas, maka menguasai bahasa Arab modern juga dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan peluang pekerjaan dan memperluas jaringan bisnis di bidang-bidang yang terkait dengan bahasa Arab baik sebagai pembicara, penyiar, penerjemah, penulis, akademisi, dosen, pengusaha di negara-negara yang memakai bahasa pengantar Bahasa Arab. Sedangkan kemampuan kitab kuning berfungsi untuk mencetak seorang santri menjadi ulama yang mumpuni.

Menguasai Bahasa Arab Modern (BAM) memiliki manfaat yang sangat besar antara lain untuk: a.

Imla Metode pembelajaran bahasa Arab

Buku yang berada di tangan para pembaca ini adalah buku tentang imla. Imla merupakan salah satu cabang ilmu bahasa Arab: bahasa al-Quran. Imla menjadi bagian terpenting dari bahasa Arab yang menyempurnakan fungsi dasarnya. Sebagai cabang dari bahasa Arab, imla memiliki tugas memberi pemahaman dan pengertian yang mendalam terkait bahasa Arab dengan cara mempelajari tata cara dan kaidah penulisan.

Buku yang berada di tangan para pembaca ini adalah buku tentang imla.