Sebanyak 50 item atau buku ditemukan

Pendidikan Pancasila

Pendidikan Pancasila merupakan salah satu mata kuliah wajib yang selalu ada di universitas. Pendidikan Pancasila dapat membentuk warga negara yang baik dan paham akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara serta memiliki rasa cinta dan nasionalisme terhadap negara Indonesia. Modul ini akan membahas sejarah singkat kelahiran Pancasila serta dinamika Pancasila setelah kemerdekaan bangsa Indonesia; Pancasila sebagai dasar negara; Pancasila sebagai sistem filsafat; Pancasila sebagai sistem etika; kedudukan dan fungsi pancasila; dan pancasila sebagai ideologi negara. Semoga modul ini dapat bermanfaat secara baik dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembelajaran pendidikan Pancasila, dalam rangka memantapkan kepribadian anak bangsa.

Pendidikan Pancasila merupakan salah satu mata kuliah wajib yang selalu ada di universitas.

Buku Saku Moderasi Beragama untuk Perempuan Muslim

Buku ini merupakan pembahasan teoretis dan praktis mengenai moderasi beragama dalam kehidupan berkewarganegaraan di Indonesia. Dari masalah keagamaan, kebangsaan, dan rumah tangga membuat fokus tema buku ini masih global dan bersifat pengantar saja. Oleh karena itu buku ini pun menuntut para pembacanya untuk menuliskan pengalaman mereka yang terkait dengan moderasi beragama di lingkungan mereka, baik di keluarga, tempat mengaji, tetangga, ataupun tempat lainnya yang lebih bersifat publik. Demikian karena buku ini ditujukan untuk para penyuluh agama Islam perempuan yang ada di Bandung Raya.

Buku ini merupakan pembahasan teoretis dan praktis mengenai moderasi beragama dalam kehidupan berkewarganegaraan di Indonesia.

Central Bank Risk Management, Fintech, and Cybersecurity

Based on technical assistance to central banks by the IMF’s Monetary and Capital Markets Department and Information Technology Department, this paper examines fintech and the related area of cybersecurity from the perspective of central bank risk management. The paper draws on findings from the IMF Article IV Database, selected FSAP and country cases, and gives examples of central bank risks related to fintech and cybersecurity. The paper highlights that fintech- and cybersecurity-related risks for central banks should be addressed by operationalizing sound internal risk management by establishing and strengthening an integrated risk management approach throughout the organization, including a dedicated risk management unit, ongoing sensitizing and training of Board members and staff, clear reporting lines, assessing cyber resilience and security posture, and tying risk management into strategic planning.. Given the fast-evolving nature of such risks, central banks could make use of timely and regular inputs from external experts.

Based on technical assistance to central banks by the IMF’s Monetary and Capital Markets Department and Information Technology Department, this paper examines fintech and the related area of cybersecurity from the perspective of central ...

Revitalisasi kompetensi mahasiswa sebagai calon guru

studi kesiapan mahasiswa PIAUD IAIN Salatiga untuk melaksanakan praktek lapangan

On teacher competence of student of teachers school in Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia.

Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan

Buku Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan ini pada intinya membahas tujuh topik utama. Pertama, pemahaman tentang peran dan pentingnya Total Quality Service dalam pendidikan. Kedua, pembahasan tentang perbaikan mutu berkelanjutan dan standar mutu dalam pendidikan. Ketiga, tentang budaya pendidikan dan budaya organisasi, serta jaringan komunikasi dalam pendidikan. Keempat, dalam membangun lembaga pendidikan yang baik maka perlu mengetahui jati diri lembaga, citra dan jaminan kualitas. Kelima, pemahaman tentang kualitas pendidikan dan keunggulan kompetitif. Keenam, pembahasan yang lebih praktis, yaitu tentang studi kasus tentang sekolah-sekolah bertaraf (branding): Terpadu, Program Khusus. Ketujuh, studi kasus tentang sekolah/madrasah bertaraf (branding): Islami, Boarding school dan terpadu.

Buku Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan ini pada intinya membahas tujuh topik utama.

Habituasi Dan Teknik Penulisan Laporan Aktualisasi Untuk CPNS Kementerian Perdagangan

Penulisan buku ini merupakan suatu proses dalam mendapatkan dan menyebarkan pengetahuan dan wawasan mengenai penanaman nilai-nilai dasar CPNS melalui proses habituasi pada Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil. Buku ini diharapkan mampu memberikan sumbangan wawasan dan keterampilan yang diperlukan para CPNS agar mampu melaksanakan dan melaporkan kegiatan aktualisasi yang merupakan rangkaian dari agenda habituasi dengan baik. Habituasi Dan Teknik Penulisan Laporan Aktualisasi Untuk CPNS Kementerian Perdagangan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Berselancar di media sosial menjadi rutinitas karena mereka mendapat reward berupa hilangnya rasa bosan dengan mendapat informasi atau berita baru, video lucu, dsb. Dengan pendekatan ini, agar mengurangi kebiasaan mengakses media sosial ...

Imam Tirmidhi's Contribution Towards Hadith

Mr Hoosen who obtained an M.A. degree with distinction in Islamic Studies at the Rand Afrikaans University , has many years experience as a teacher of Islamic Sciences at the well - known Dâr alUlûm in Newcastle .

Pendidikan Karakter Islami Bangun Peradaban Umat

Hakekat Pendidikan karakter Islami adalah ikhtiar dalam rangka membentuk pribadi anak-anak pemuda dan orang dewasa agar menjadi seorang muslim sejati, beriman teguh, beramal saleh dan berakhlak mulia, sehingga ia menjadi salah seorang anggota masyarakat yang sanggup hidup di atas kaki sendiri mengabdi kepada Allah dan berbakti kepada bangsa serta tanah airnya, bahkan sesama umat manusia. Di dalam Islam, karakter dikenal dengan sebutan “akhlak”, perkataan akhlak berasal dari bahasa Arab yaitu jamak dari “khuluqun” yang berarti budi pekerti, perangai, tingkah laku (tabiat) dan adat kebiasaan.[1] Akhlak merupakan sifat yang tumbuh dan menyatu di dalam diri seseorang, sehingga dari sifat itulah terpancar sikap tingkah laku perbuatan seseorang. Abdullah Salim menyebutkan bahwa akhlak Islami adalah perangkat tata nilai bersifat samawi dan azali, yang mewarnai cara berfikir, bersikap dan bertindak seseorang Muslim terhadap dirinya, terhadap Allah dan Rasul-Nya, serta terhadap alam lingkungannya. Samawi berarti akhlak ini seluruhnya bersumber pada Al-Qur’an dan Hadits, sedangkan Azali berarti bahwa akhlak Islam tersebut bersifat tetap, tidak berubah walaupun tata nilai atau norma-norma dalam kehidupan masyarakat berubah sesuai dengan perubahan masa dan keadaan [2]. Dalam kehidupan masyarakat tempat kita berinteraksi, sering kita menemukan istilah-istilah yang berkaitan dengan perilaku manusia yaitu; Akhlak, moral, karakter, budi pekerti, adab, etik, mental. Dilihat dari fungsi dan perannya, hubungan dari beberapa istilah ini adalah sama, yaitu menentukan hukum atau nilai dari suatu perbuatan yang dilakukan manusia untuk ditentukan baik-buruknya. Kesemua istilah tersebut sama-sama menghendaki terciptanya keadaan masyarakat yang baik, teratur, aman, damai, dan tenteram sehingga sejahtera bathiniah dan lahiriah. Adapun perbedaannya, adalah terletak pada sumber yang dijadikan patokan untuk menentukan baik dan buruk serta terlihat pula pada sifat dan kawasan pembahasannya.

Hakekat Pendidikan karakter Islami adalah ikhtiar dalam rangka membentuk pribadi anak-anak pemuda dan orang dewasa agar menjadi seorang muslim sejati, beriman teguh, beramal saleh dan berakhlak mulia, sehingga ia menjadi salah seorang ...