Sebanyak 37 item atau buku ditemukan

PANDUAN METODE PEMBELAJARAN KOLABORATIF DAN PARTISIPATIF

Panduan ini kami susun sebagai salah satu kontribusi kecil DIPP dalam meningkatkan kualitas pengajaran di lingkungan Universitas Airlangga. Dalam buku panduan ini kami tuliskan berbagai jenis bentuk pembelajaran kolaboratif beserta berbagai elemen penting yang terkait. Kami berharap panduan ini bisa membantu dosen memahami berbagai metode pembelajaran berbasis mahasiswa. Berbagai metode pembelajaran yang diterangkan dalam buku, yaitu Case-Based Learning/CBL, Problem- Based Learning/PBL, dan Project- Based Learning/PjBL adalah bentuk pembelajaran yang memberi penekanan khusus pada kolaborasi dan aktivitas mahasiswa sebagai pembelajar aktif. Metode pembelajaran ini merupakan bentuk pembelajaran yang sangat digalakkan untuk membentuk lulusan yang adaptif terhadap perubahan zaman. Dunia yang semakin terhubung dengan kemajuan teknologi digital dan informasi perlu didukung dengan sumber daya manusia yang mempunyai keterampilan berkomunikasi, berpikir kritis, berinovasi, dan berkolaborasi yang mumpuni. Keterampilan tersebut harus dilatih secara kontinu melalui metode pembelajaran yang memberi lebih banyak kesempatan pada mahasiswa untuk lebih aktif membangun pengetahuan dan berkreasi.

Panduan ini kami susun sebagai salah satu kontribusi kecil DIPP dalam meningkatkan kualitas pengajaran di lingkungan Universitas Airlangga.

Narasi Cinta di Balik Ujian-Nya

Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS. Al Baqarah: 155) اوملعٱو امنأ نأو ةنتف مكدلوأو مكلومأ للّٱ ۥهدنع ميظع رجأ ٢٨ “Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan Sesungguhnya ...

Buku Saku Penelitian Pendidikan Penelitian Tindakan Kelas Penulisan Karya Ilmiah

Ilmu maju berkembang berkat penelitian. Begitu juga Ilmu Pendidikan. Ilmu Pendidikan maju berkembang berkat penelitian pendidikan. Kelompok yang memajukan ilmu pendidikan dan ilmu pengajaran di antaranya adalah guru, yang melakukannya lewat penelitian. Penelitian yang dilakukan guru sekaligus merupakan bagian dari pengembangan profesi dan kariernya. Pada umumnya jenis penelitian yang digunakan guru dalam melaksanakan tugas penelitiannya ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan utama penulisan buku ini adalah untuk membantu guru dan calon guru dalam menyusun karya ilmiah dan melaksanakan penelitian, khususnya penelitian pendidikan dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Oleh karena itu, isi buku ini disusun sedemikian rupa agar mudah dipahami dan kompatibel untuk kepentingan praktis. Buku Saku Penelitian Pendidikan Penelitian Tindakan Kelas Penulisan Karya Ilmiah ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Buku Saku Penelitian Pendidikan Penelitian Tindakan Kelas Penulisan Karya Ilmiah ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Susila Hindu

Pembelajaran, Dukungan dan Implikasi dalam Membentuk Karakter Siswa

Buku referensi mengenai susila Hindu dalam membentuk karakter siswa dengan segmentasi para mahasiswa, dosen, peneliti, akademisi dan kaum intelektual.

Buku referensi mengenai susila Hindu dalam membentuk karakter siswa dengan segmentasi para mahasiswa, dosen, peneliti, akademisi dan kaum intelektual.

North Dakota Standards and Benchmarks

Content Standards: Library/Technology Literacy

The Library/Technology Literacy Standards for the State of North Dakota were developed during 2000-2002 by a team of library and technology specialists, assisted by representatives from the Department of Public Instruction. The initial task was to decide whether technology and library curricula overlapped enough to create a shared set of standards. The team agreed that this blend could be accomplished because of the common goals of the two groups, while acknowledging that differences would be addressed as well. The library/technology literacy standards combination is the result of technological developments that have come to play an increasing role in library operations. Students cannot access, evaluate, and use a full range of information sources without adequate technology knowledge and skills. At the same time, technology specialists find themselves addressing such matters as copyright awareness and critical analysis of information sources and tools, once the province of library specialists. Library and technology specialists also share an underlying, pre-eminent mission: to provide a foundation for lifelong learning. Information literacy forms the core of the library/technology document and is defined as the ability to access, analyze, evaluate, and communicate information in a variety of forms. These components must be addressed in order for students to become critical thinkers and lifelong users of information. This document identifies and defines the knowledge and skills necessary for students to be "information literate." Employing technology, students need to access, evaluate, and use information to solve problems and think critically. The ultimate goal is that students will be learning with information and technology, not learning about information and technology. The emphasis will be on "learning how to learn." It is the purpose of this document to provide school boards, administrators, educators, and parents with a guide to teaching information lite. It is not intended to serve as a handbook or text. A glossary is also included.

The Library/Technology Literacy Standards for the State of North Dakota were developed during 2000-2002 by a team of library and technology specialists, assisted by representatives from the Department of Public Instruction.