Sebanyak 36 item atau buku ditemukan

Pendidikan (Islam) dan Logika Interpretasi

Kebijakan, Problem dan Interpretasi Pendidikan di Indonesia

Memahami pendidikan Islam tidaklah semudah mengurai term 'Islam' dan term 'pendidikan', karena selain berbagai predikat yang melekat di dalamnya, Islam juga merupakan satu substansi dan subjek penting yang sangat kompleks. Karenanya untuk memahami pendidikan Islam berarti kita harus melihat aspek utama misi agama Islam yang diturunkan kepada ummat manusia dari sisi pedagogis. Islam sebagai ajaran yang datang dari Allah sesungguhnya merefleksikan nilai-nilai pendidikan yang mampu membimbing dan mengarahkan manusia, sehingga menjadi manusia yang paripurna. Islam sebagai agama yang rahmatan li al- 'Alamin—holistic—te\ab memberikan way of life bagi manusia menuju kehidupan bahagia—yang tentu pencapaiannya sangat bergantung kepada pendidikan (Priatna, 2014). Dengan demikian ada hubungan resiprokal antara Islam dengan pendidikan. Hubungan antara keduanya bersifat organis-fungsionah, pendidikan berfungsi sebagai alat untuk mencapai tujuan Islam, dan Islam menjadi kerangka dasar pengembangan pendidikan Islam, serta memberikan landasan sistem nilai untuk mengembangkan berbagai pemikiran tentang pendidikan Islam. Tetapi karena kompleks dan luasnya kajian Islam yang harus diimplementasikan melalui pendidikan, maka banyak persoalan yang dihadapi pendidikan Islam untuk mencapai idealitas Islam itu sendiri. Mulai dari pencapaian tujuan, anggaran, manajerial, tenaga pendidik, kepemimpinan (kepala sekolah), sampai pada interpretasi dan implementasi agama (Islam) yang terjebak pada keshalehan individu dan ibadah spiritual. Agama (Islam) tidak diterjemahkan sebagai sumber nilai dan etik, sehingga dalam konteks kepemimpinan misalnya—sebagaimana diskursusnya terjadi saat ini—ada adagium yang mengatakan lebih baik memilih pemimpin non-lslam yang jujur daripada pemimpin yang nota bene-nya beragama Islam tetapi cenderung korup. Hal ini tidak akan terjadi jika agama (Islam) dipahami sebagai sumber etik, di sinilah urgensinya pendidikan (Islam) untuk memediasi kesenjangan antara pemahaman agama dengan realitas—iman dan amal. Solusi yang menarik—dalam konteks pendidikan—adalah merubah mindsets guru in believe and values, bukan pada materi atau metode tapi pada guru dan semangatnya. Sehingga al-lslamu ya'lu wala yu'la 'alaih menjadi sebuah keniscayaan.

Memahami pendidikan Islam tidaklah semudah mengurai term 'Islam' dan term 'pendidikan', karena selain berbagai predikat yang melekat di dalamnya, Islam juga merupakan satu substansi dan subjek penting yang sangat kompleks.

Pembangunan desa dalam perencanaan

Rural sustainable development planning program in Indonesia.

Dalam pembangunan desa dipentingkan pembelajaran bertindak ( action
learning ) untuk bekerja membangun desa ( action for voluntary rural
development ) . Oleh karena itu , dibuatlah bermacam - macam proyek pedesaan
: pembuatan ...

Buku Penunjang Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pengembangan Silabus Kurikulum 2013 versi 2016 Peserta Didik Kelas IX Satuan Pendidikan SMP/MTs, dan atau Sederajat Semester Ganjil dan Genap

Bab I “Kondisi Geografis Negara-negara Benua Asia dan Benua lainnya dengan Potensi Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia Terhadap Dampak Antarruang”. Bab II “Pengaruh Interaksi Sosial Dalam Pluralitas Masyarakat Indonesia Serta Terjadinya Konflik dan Integrasi”. Selain itu, juga dilengkapi rangkuman, tugas kelompok dan mandiri, Ujian Kompetensi, tugas proyek, Studi kasus, sehingga peserta didik dapat mantap mempelajarinya dan diharapkan agar dapat dimaknai dengan baik. Tujuan yang diharapkan antara lain 1) Untuk mengatasi ketidaksediaan buku Teks di perpustakaan sekolah, 2) Untuk mengembangkan Silabus kurikulum 2013 versi 2016, 3) Untuk membantu peserta didik pada pelaksanaan pembelajaran di sekolah, dan 4) Untuk mengembangkan profesi guru dalam pembuatan karya tulis ilmiah dalam bentuk bahan ajar pada pelaksanaan pembelajaran di sekolah

Bab I “Kondisi Geografis Negara-negara Benua Asia dan Benua lainnya dengan Potensi Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia Terhadap Dampak Antarruang”.

Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran: Disesuaikan Dengan Kurikulum 2013 Edisi Kedua

Kemampuan mempelajari berbagai hal baru di sekelilingnya sudah dimiliki manusia sejak lahir. Akan tetapi, sejalan dengan waktu, maka berbagai hal yang harus dan ingin diketahui oleh seseorang pun semakin meningkat. Maka, pada satu titik tertentu, kemampuan belajar tersebut harus didukung oleh proses belajar mengajar yang efektif sehingga apa yang didapat dan dipelajari dapat diserap dan diimplementasikan dalam kehidupan individu tersebut. Buku ini menyajikan berbagai pembahasan tentang desain pembelajaran dalam kerangka pembentukan proses belajar mengajar yang efektif dan bermakna bagi peserta didik. Apa yang dimaksud dengan desain pembelajaran dan teori psikologi yang menjadi landasannya menjadi perbincangan pembuka naskah ini. Selanjutnya, perbincangan bergeser kepada kebutuhan dan analisis pembelajaran yang dirangkai dengan cara menganalisis karateristik peserta didik dan perumusan tujuan pembelajaran khusus. Dan, sebagai penutup rangkaian perbincangan adalah pembahasan mengenai pengembangan instrumen penilaian, strategi, dan bahan pembelajaran, serta evaluasi terhadap pembelajaran. Buku persembahan penerbit Prenada Media Group.

Kemampuan mempelajari berbagai hal baru di sekelilingnya sudah dimiliki manusia sejak lahir.

Canadian Islamic Schools

Unravelling the Politics of Faith, Gender, Knowledge, and Identity

Based on eighteen months of fieldwork and interviews with forty-nine participants, Canadian Islamic Schools provides significant insight into the role and function that Islamic schools have in Diasporic, Canadian, educational, and gender-related contexts.

My experiences as a community activist and Muslim parent in the Islamic school
system have inevitably informed my ... in education – activism that in this instance
includes providing pedagogical and political support for Islamic schools.

Women and Islamic Law in a Non-Muslim State

A Study Based on Decisions of the Sharīʻa Courts in Israel

This book is methodologically unique in scholarly literature on Muslim society. Its originality lies in the fact that the rich material offered by the shari'a courts is given a thorough analysis with a view to drawing conclusions about the present-day phenomena in Arab society and processes that the society has been undergoing in modern times. Aharon Layish examines every aspect of the social status of Muslim women that fi nds expression in the shari'a courts: the age of marriage, stipulations inserted in the marriage contract, dower, polygamy, maintenance and obedience, divorce, custody of the children, guardianship, and succession. Each chapter opens with a short legal introduction based on all the sources of law applying in shari'a courts, followed by social analyses and a study of the attitudes and approaches of the qadis, or Muslim religious judges. Layish examines the relationship between shari'a and Israeli legislation: Do shari'a courts have regard to the provisions of Israeli law? What is the relationship between shari'a and social custom, and which is decisive in regard to Israeli Muslim women? To what extent does Israeli law actually affect Israeli Muslim women? What is the attitude of the qadis toward Israeli legislation? Women and Islamic Law in a Non-Muslim State is an important and original study that will be of interest to students and scholars of Islamic law, comparative law, sociology, and modernization. "I found the book both informative and suggestive. Not only does it provide specifi c information about the problems involved in the application and manipulation of a number of different legal codes dealing with family roles and relationships, but it throws some light on the evolution of the traditional, patrilineal, patriarchal family in its adaptation to an alien sociopolitical environment. This subject lies at the very heart of all studies of the global process called 'modernization.'"-Amal Rassam, American Journal of Sociology

Maintenance out of the estate is unknown in Islamic law. The widow is not
entitled to maintenance out of her husband's estate; according to the sharfa, she
takes a share of it. 1 2 8 Her maintenance is the responsibility of her children.
However ...

Tafsir Cinta

Tebarkan Kebajikan dengan Spirit Al-Quran

Cinta adalah misteri. Meskipun puluhan buku telah mengurainya, tapi cinta tetap cinta. Selalu saja menarik untuk terus digali kandungannya. Cinta tidak saja sebuah misteri, tapi juga sebuah energi. Buku yang ada di hadapan Anda berusaha mengungkap cinta dari sudut pandang yang berbeda. Dilatarbelakangi oleh temuan penulis yang menunjukkan bahwa belum ada buku yang secara khusus menggali cinta berdasarkan Al-Quran, maka buku ini berusaha merumuskan cinta dengan menafsirkan term-term yang selalu digunakan Al-Quran ketika berbicara tentang cinta. Di sinilah Anda akan menemukan konsepsi Al-Quran tentang cinta dan cara-cara menggapainya. [Mizan, Hikmah, Novel, Indonesia]

Dari luar , saya tampak seperti klien terapi atau meditasi yang baik , atau rekan
dalam konseling berpasangan , tepatnya karena saya telah memiliki wawasan
yang luar biasa . Saat menemukan hal baru , rasa lega menyertai . Kadang , rasa
 ...