Perkembangan menunjukkan suatu proses tertentu yaitu suatu proses yang menuju ke depan dan tidak dapat diulang kembali. Dalam perkembangan manusia terjadi perubahan-perubahan yang sedikit banyak bersifat tetap dan tidak dapat diulangi karena perkembangan menunjukkan pada perubahan-perubahan dalam suatu arah yang bersifat tetap dan maju. Di antara para psikolog ada yang tidak membedakan antara istilah perkembangan dan pertumbuhan namun ada yang lebih setuju menggunakan istilah pertumbuhan. Hal ini mungkin untuk menunjukkan bahwa seseorang bertambah dalam berbagai kemampuan yang bermacam-macam bahwa ia lebih mengalami diferensiasi dan juga ia pada tingkatan yang lebih tinggi dan lebih mengalami integrasi. Pertumbuhan yang dimaksud di sini adalah pertumbuhan yang mennyangkut ukuran-ukuran badan dan fungsi-fungsi fisik yang murni. Menurut pendapat para psikolog istilah perkembangan lebih dapat mencerminkan sifat-sifat yang khas mengenai gejala-gejala psikologis yang tampak. Pertumbuhan fisik memang mempengaruhi perkembangan psikologis, pertumbuhan fungsi-fungsi otak misalnya memungkinkan anak bisa tersenyum, berjalan, bercakap-cakap dan lain sebagainya. Kemampuan berfungsi dalam tingkat yang lebih tinggi ini sebagai hasil sebuah pertumbuhan yang biasa disebut sebagai kematangan. Perkembangan dapat pula dilukiskan sebagai suatu proses yang kekal dan tetap yang menuju ke arah suatu organisasi pada tingkat intergrasi yang lebih tinggi berdasarkan proses pertumbuhan, kematangan dan belajar. Sedangkan psikologi kepribadian lebih memusatkan perhatiannya pada sifat-sifat kepribadian yang umum dan yang khusus (yang membedakan seseorang dari yang lain) serta kombinasi sifat-sifat tersebut hingga mewujudkan totalitas kepribadian tertentu. Psikologi perkembangan lebih mempersoalkan faktor yang umum yang mempengaruhi proses perkembangan yang terjadi di dalam diri kepribadian yang khas itu. Titik berat yang diberikan oleh para psikolog perkembangan ada pada relasi antara kepribadian dan perkembangan, hal ini disebabkan oleh pendapat sebagian besar para psikolog bahwa keseluruhan kepribadian itulah yang berkembang meskipun beberapa komponen dapat lebih menonjol perkembangannya pada masa-masa tertentu daripada komponen lainnya misalnya fungsi indra dan fungsi motorik menonjol pada tahun-tahun pertama.
Pengalaman Organisasi; Ketua Umum Keluarga Siswa PGAN Puteri Malang (
1968-1069), Wakil Ketua Lembaga Dakwah Pusat (LDP) PMII di Malang (1976-
1978), Pimpinan Majelis Taklim AlIqlimiyah Samarinda (anggota + 3000 orang) ...
Keenam , persebaran dan kualitas guru yang masih perlu ditingkatkan . ... makanan tambahan bagi siswa , dan pembebasan uang sekolah di lingkungan SD Inpres , misalnya , tidak akan dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi karena ...
Sepengetahuan penulis, buku yang mengupas tentang media pembelajaran dan
diterbitkan dalam versi Bahasa ... sudah cukup lama tidak dilakukan
pembaharuan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
yang ada.
Dasar - dasar Pendidikan Menurut Islam : Kelantan , Pustaka Aman Press Sdn . Bhd . Al - Ghazali , 1980. Ihya'a Ulumuddin , Jilid 3. Indonesia : Penerbit Aisli . Ghazali b . Basri , 1984. Masalah kepada " Masalah " Ilmu Terbitan Jabatan ...
Pernyataan Sutan bahwa ' ' Ilmu Jiwa Modern menghancurkan kepercayaan
kaum seniman akan semangat yang memuliakan jiwa manusia ” , sungguh bisa
kita jadikan titik tolak dari perdebatan , justru karena ilmu jiwa modern - terutama
...
171 172 174 175 177 178 Chartism but one phase of the general labor movement Activities of the Christian Socialists . Patronage of the co - operative movement Championship of the labor unions . . Altered attitude of the ruling
classes to ...
This book analyses the reform movement in Iran and the Egyptian opposition movement since the early 1990s in their historical contexts. It argues that the contemporary movements seen on the streets of the regions today represent the culmination of over twenty years of mobilisation by social movements.
Buku Metodologi Ilmu Tafsir ini. Ada dua tujuan penerbitan buku ini. Pertama, mengajak para mahasiswa dan kalangan terpelajar lainnya untuk mendalami Alquran dengan sistematika berpikir yang runtut tentang Alquran. Kedua, mengajak warga masyarakat awam untuk kembali kepada Alquran dengan menengok cara Alquran memberikan penjelasan hukumnya. Dengan bahasa yang mudah dicerna dan sistematika penyajian yang menarik, buku ini diharapkan dapat mendekati konstituennya, yakni umat Islam dari berbagai lapisan masyarakat. Kami yakin, buku ini sangat penting untuk dibaca dan dipelajari secara saksama. Dengan begitu, setiap pribadi muslim akan dapat memahami sejarah tafsir Alquran hingga praktik aplikasinya.
Tafsir Tarbawy (Corak Pendidikan) Tafsir tarbawy lebih berorientasi pada ayat-
ayat tentang pendidikan (âyât at-tarbawi). Berbeda dengan corak tafsir lainnya,
kitab tafsir tarbawi relatif sedikit. Beberapa kitab tafsir yang bisa disebutkan ialah
...